ya latif artinya

Arti Ya Latif dan Cara Meneladani dan Mengamalkannya


Asmaul Husna adalah sebutan, sifat dan gelar yang diberikan kepada Allah SWT. Dari 99 nama Allah SWT, ada satu sifat yang disebut Al Latif atau Ya Latif.

Selain memiliki makna yang sangat indah, sifat-sifat Allah SWT juga dapat dimaknai dengan menirunya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah amalan dzikir atau virid ya latif.

Ingin tahu makna Ya Latif dan apa saja manfaat mengamalkan Ya Latif dalam kehidupan? Simak detail lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Mengajarkan anak-anak ilmu asmaul husna dan artinya

Ya Latif artinya ada

font vektor

Perhatikan bahwa kata Al Latif berasal dari bahasa Arab latafa, yang terdiri dari huruf dasar lam, tho, dan fa, yang memiliki makna lembut atau mengalir. Dalam bahasa Arab klasik, Ya Latif berarti kebaikan, kelembutan, kebajikan dan kasih sayang. Jadi Allah Ya Latif artinya Allah Maha Penyayang.

Dalam hal ini, Al-Latif berarti bahwa Allah Maha Penyayang terhadap ciptaan-Nya. Allah Yang Maha Penyayang akan selalu memberikan sifat-sifat-Nya kepada manusia, tanpa memandang status, bahkan dengan cara yang tidak terduga.

Arti Nama I Latif

iya latif
pinterest

Dalam arti lain, ya latif berarti berbuat baik, memberi, mengagungkan, dan lemah lembut dalam mencapai apa yang dimaksudkan. Seperti 2 Arti Al Latif berikut ini:

  1. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, dan ilmu-Nya meliputi segala rahasia, hal-hal yang tersembunyi, hal-hal yang tidak terlihat, hal-hal yang ditaruh di dalam dada, dan segala sesuatunya, sekecil apapun itu.
  2. Allah itu lemah lembut terhadap hamba-hamba-Nya dan para wali-Nya, menyempurnakan kebaikan dan rahmat-Nya bagi mereka, mengangkat derajat mereka ke derajat yang tinggi, memudahkan urusan mereka dan menghindari kesulitan.
Baca juga  Lupa Password Email? Ini Cara Melihat Password Email di HP!

Singkatnya, kita dapat memaknai sifat I Latif sebagai sifat Allah SWT dalam menginginkan kebaikan dan manfaat bagi manusia dengan cara yang sangat tersembunyi dan tidak terduga.

BACA JUGA: Pahami Makna Allah SWT dalam Asmaul Husna Wajib Diketahui!

Argumen yang relevan

YA LATIV
iStock

Berikut beberapa dalil yang berkaitan dengan Al Latif:

1. Surat Al Mulk ayat 14

لَمُ لَقَۗ ال

Itu berarti: “Apakah Allah yang menciptakannya tidak mengetahui? Dan Dia Halus lagi Maha Mengetahui.”

2. Surat Yusuf ayat 100

لَى الْعَرْشِ ا لَهٗ ا الَ اَ

Itu berarti: “Dan dia mengangkat orang tuanya ke tahta. Dan mereka (semua) membungkuk kepadanya (Yusuf). Dan dia (Yusuf) berkata: “Wahai ayahku! Ini adalah taquil dari mimpi lama saya. Sungguh, Tuhanku telah menjadikannya kenyataan. Sungguh, Tuhanku berbuat baik kepadaku ketika dia membebaskanku dari penjara dan ketika dia membawamu keluar dari desa, setelah setan memutuskan (hubungan) antara aku dan saudara-saudaraku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

3. Surah Al-Anam, ayat 103.

لَا الْاَبْصَارُ الْاَبْصَارَۚ اللَّطِيْفُ الْخَبِيْر

Itu berarti: “Dia tidak dapat dijangkau dengan penglihatan, sementara Dia dapat melihat semua penglihatan ini, dan Dia adalah Yang Paling Halus, Yang Maha Tahu..”

Amalan Zikir Ya Latif

iya latif
iStock

Salah satu amalan yang baik adalah mengamalkan dzikir Ya Latif setiap hari. Dalam buku “Asmaul Husna 1001 Keputusan Hidup: Asmaul Husna” (99 Nama Allah) yang ditulis oleh Titin Supartina S.P., ada beberapa keutamaan mengamalkan dzikir ini, antara lain:

  • Orang yang membaca I Latif 129 kali akan terhindar dari depresi dan stres.
  • Barang siapa membaca dzikir Ya Latif 133 kali sehari, Allah akan memberikan makanan yang berlimpah.
  • Jika seseorang mengalami kesulitan, ia harus berwudhu dengan benar, kemudian melakukan shalat dua rakaat sesuai sunnah dan melanjutkan membaca dzikir Yalatif 100 kali, jika Allah menghendaki, Allah akan menunjukkan jalan keluar dari kesulitannya.
  • Bagi seorang saudagar membaca Ya Latif sebanyak-banyaknya setiap hari, insya Allah akan langganan tetap dan akan menjual barang dagangannya.
Baca juga  Mengenal Brosur dan Cara Membuatnya untuk Promosi Bisnis

Membaca Ya Allah Ya Latif 150 kali tentu bagus, tapi dilihat dari detail di atas, lebih baik sesuaikan jumlahnya. Membaca dzikir Ya Latifa untuk sahabat sebenarnya tidak ada salahnya juga, yang terpenting selalu meminta apapun kepada Allah SWT.

BACA JUGA: Arti dan Arti Nama Al-Amin yang merupakan gelar Nabi SAW.

Manfaat Wirid Ya Latif

iya latif
iStock

Selain keutamaan mengamalkan dzikir yang dijelaskan di atas, kitab Al-Habib Attas Al-Habsi “Tarifud dzuriyya al-habasiyyah” juga menyebutkan bahwa ada beberapa manfaat jika seseorang rajin mengamalkan wirid al-Latif. Berikut rinciannya:

  • Barang siapa ingin bebas dari kesulitan hidup dan terhindar dari bencana, menyebut nama Allah “Al-Latif” 16.641 kali. Bacaan ini akan lebih optimal jika ditambah dengan bacaan surat Yasin sebanyak 41 kali.
  • Jika 16.641 kali terlalu banyak, bacalah sebanyak-banyaknya, yang terpenting bacalah secara konsisten dan konsisten. Maka Allah akan mendekatkannya kepada kebaikan.
  • Barangsiapa membaca dzikir Ya Latif 129 kali, maka bisnis atau perdagangannya akan dipromosikan oleh Allah Swt, dan jika dibaca 133 kali, maka Allah akan menyediakan makanan yang cukup dan memudahkan pekerjaannya.
  • Jika dibaca 100 kali setelah berdirinya shalat sunnah, maka Allah akan mengabulkan segala keinginannya.

Bagaimana meniru dalam kehidupan sehari-hari

iya latif
iStock

Selain dzikir dan virid, Sedulur juga bisa meniru Al Latif dengan melakukan berbagai tindakan. Inilah yang harus dilakukan:

  • Berbuat baiklah kepada kaum muslimin dan sayangilah anak yatim dan fakir miskin.
  • Saya tidak suka berprasangka buruk terhadap orang lain.
  • Selalu bertindak dan bertindak dengan lembut.
  • Jaga perdamaian dan tidak suka konflik.
  • Saling menasihati dan mengingatkan kebaikan dengan kata-kata yang lembut.
  • Hormati perbedaan dan selesaikan semua masalah dengan tenang dan tenang.
  • Hormati yang lebih tua dan sayangi yang lebih muda.
  • Bertanggung jawab dan tidak sombong.
  • Mendamaikan mereka yang berselisih.
  • Gunakan kata-kata yang lembut dan lembut saat berbicara dengan orang lain.
  • Memiliki wajah bahagia.
  • Jangan menghina orang lain dengan kata-kata atau tindakan.
Baca juga  Sinopsis Story of Kale, Spin-Off dari film NKCTHI

Inilah Arti Saya Latif dan Bagaimana Meneladaninya Dalam Kehidupan Sehari-hari. Selain itu, kita juga bisa mengamalkan dzikir dan virid al-latif untuk mendapatkan keutamaan dan manfaat.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org