wisata semarang

20 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi!


Ada banyak tempat wisata Semarang yang bisa dikunjungi untuk berlibur dan mengabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan. Dari mulai wisata alam, wisata edukasi hingga wisata lainnya yang dapat menghibur dan mengisi waktu luang bersama keluarga.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar wisata Semarang yang bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk didatangi. Yuk, mari langsung kita cek pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Tempat Healing di Bandung Terbaik & Termurah

1. Lawang Sewu

Detik

Tempat wisata Semarang pertama adalah Lawang Sewu. Tempat ini merupakan ikon kota Semarang. Gedung yang merupakan bekas kantor pusat Perusahaan Kereta Api Hindia-Belanda (Indonesia masa penjajahan Belanda).

Oleh pemerintah Indonesia, gedung ini sempat menjadi knator Djawatan Kerata Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer. Saat ini, Lawang Sewu dikonservasi sebagai bangunan cagar budaya dan musem.

Lawang Sewu merupakan salah satu lanmark paling populer di Semarang, dan terkenal dengan jumlah pintunya yang banyak hingga orang menyebutnya Lawang Sewu alias Seribu Pintu.

  • Alamat: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
  • Harga tiket: Rp 10.000 – Rp 30.000

2. Saloka Theme Park

IDN Times

Saloka Theme Park merupakan rekomendasi tempat wisata Semarang yang bisa Sedulur kunjungi selanjutnya. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Semarang, butuh waktu tempuh sekitar 1 jam dari Kota Semarang dengan menggunakan mobil untuk tiba di tempat wisata ini.

Saloka Park merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Wahana yang tersedia pun bervariasi, dari yang ramah anak sampai yang ekstrem seperti Bengak Bengok.

Bengak bengkok merupakan wahana berbentuk lingkaran yang akan bergerak berputar dan maju-mundur secara cepat, dan bahkan bisa miring hingga 90 derajat; dan Paku Bumi, wahana yang akan membuat kamu merasakan sensasi dijatuhkan dari ketinggian 38 meter lalu diangkat lagi dengan kecepatan tinggi.

  • Alamat: Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah 50773
  • Harga tiket: Tertera di tempat wisata

3. Klenteng Sam Poo Kong

wisata semarang
Kompas

Kelnteng Sam Poo Kong merupakan tempat wisata Semarang yang sudah terkenal secara nasional. Klenteng Sam Poo Kong juga merupakan bangunan bersejarah serta bangunan cagar budaya yang dimiliki oleh Semarang.

Terletak di sebelah barat daya Kota Semarang, klenteng ini tidak hanya dikenal karena bersejarah saja namun juga unik. Kelenteng yang juga dikenal dengan nama gedung Batu ini terletak di sebuah bukit batu dengan bentuknya berupa gua batu besar.

Konon kelenteng ini adalah tempat ini persinggahan pertama dari seorang laksamana dari Tiongkok yang terkenal karena beragama islam, Laksamana Cheng Ho.

  • Alamat: Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Kec. Semarang Bar, Kota Semarang.
  • Harga tiket: Rp5000-Rp65.000
  • Jam buka: 08.00-20.000

4. Kota Lama Semarang

Detik

Di setiap kota di Indonesia yang memiliki sejarah panjang masa penjajahan pasti memiliki konsep kota lama dengan gedung dan arsitektur bersejarah khas Belanda. Termasuk salah satunya kota Semarang yang juga terkenal dengan bangunan-bangunan lama bersejarah.

Kota Lama Semarang merupakan pusat perdagangan di Semarang yang terjadi pada abad ke 19-20. Kota Lama Semarang dikenal dengan banyaknya gedung tua bergaya Eropa yang unik yang dipertahankan melalui proses konservasi dan revitalisasi. Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi Kota Lama Semarang.

  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto, Kota Lama Semarang, Jawa Tengah
  • Harga tiket: Gratis
  • Jam buka: 24 Jam

5. Pagoda Avalokitesvara

wisata semarang
Jejak Piknik

Tempat wisata Semarang selanjutnya adalah Pagoda Avalokitesvara yang merupakan Pagoda tertinggi di Indonesia yang ketinggiannya mencapai 45 meter. Pagoda ini adalah salah satu dari dua bangunan utama di Vihara Buddhagaya Watugong – bangunan utama lainnya adalah Pagoda Dhammasala.

Namun di antara keduanya, Pagoda Avalokitesvara jauh lebih terkenal dan ikonik. Karena selain sebagai pagoda tertinggi di Indonesia juga karena pemandangan yang ada di sekitarnya sangat indah. Hal ini yang membuat pagoda ini menjadi salah satu daftar wisata yang wajib dikunjungi di Semarang.

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50265
  • Harga tiket: Tidak ada tiket masuk, pengunjung bisa memberikan donasi seikhlasnya
Baca juga  8 Potret Kondisi Rumah Petualangan Sherina yang Tak Terawat

BACA JUGA: 30 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Harus Kamu Kunjungi

6. Kampung Pelangi

BBC

Bukan hanya Malang yang memiliki kampung pelangi, wisata Semarang juga semakin meriah dan lengkap dengan adanya Kampung Pelangi. Kampung ini memiliki warna-warna yang cerah seperti pelangi. Dari yang awalnya kampung kumuh dan berubah menjadi kampung wisata yang indah.

Warna-warni yang diberikan di tembok-tembok, atap, dan bahkan jalanan di Kampung Pelangi memberikan kesan yang unik dan cerah. Tidak heran jika kampung ini menjadi salah satu kampung yang wajib dikunjungi ketika berada di Semarang.

  • Alamat: Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244
  • Harga tiket: Tidak ada harga tiket masuk

7. Museum Ranggawarsita

wisata semarang
Explore Semarang

Museum Ranggawarsita merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah, baik yang bersifat geologi maupun budaya. Merupakan museum paling terkenal di Jawa Tengah, Museum Ranggawarsita dikenal dengan koleksinya yang lengkap dan gedung serta fasilitas yang terawat.

Banyak pecinta sejarah dan budaya yang mampir ke Semarang dan wajib mengunjungi tempat wisata satu ini. Materi museum mulai dari pelajaran sejarah dari perkembangan bumi dan manusia, hingga pelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia tersimpan rapi di dalam museum ini.

  • Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kalibanteng Kidul, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50149
  • Harga Tiket Masuk: Dewasa: Rp 4.000; Anak-anak: Rp 2.000

8. Brown Canyon Semarang

Travelspromo

Brown Canyon merupakan salah satu tempat wisata populer yang ada di Semarang, dalam beberapa tahun ini Brown Canyon Semarang ramai dikunjungi wisatawan sebagai pilihan tempat berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pada dasarnya Browun Canyon hanya dataran tandus dan berpasir, namun area ini dikelola sebagai tempat wisata dan menjadi populer, terlebih karena tempatnya yang sangat instagramable. Pemandangannya juga unik, imbar dari pertambangan pasir tanah dan batu padas.

  • Alamat: Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang.
  • Harga tiket: Gratis
  • Jam buka: 24 Jam

9. Dusun Semilir Eco Park

wisata semarang
iNews

Dusun Semilir Eco Park buka sebagai tempat wisata terjadi pada tahun 2019 yang lalu. Meski begitu, tempat wisata ini langsung jadi salah satu yang terpopuler bagi warga Semarang dan sekitarnya karena bentuk eksterior dan interior bangunan yang unik.

Bangunan di Dusun Semilir Eco Park didesain berbentuk ala stupa pada Candi Borobudur, dengan bahan bangunan yang didominasi kayu. Tempat ini juga didesain untuk memiliki banyak spot foto keren, jadi tidak heran kalau banyak wisatawan yang datang ke sini untuk foto-foto.

Dusun Semilir Eco Park juga punya restoran dengan view yang bagus, dan ragam aktivitas yang menarik, seperti perosotan pelangi yang jadi salah satu ikon tempat ini.

  • Alamat: Jl. Soekarno-Hatta, No.49, Ngemple, Bawen Ngemplak, Semarang.
  • Harga tiket: Rp5000
  • Jam buka: 09.00-21.00

BACA JUGA: 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

10. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Tempat wisata Semarang ini terletak di kaki Gunung Ungaran. Tidak heran jika tempat ini memberikan pemandangan indah serta udara yang segar. Cocok bagi Sedulur yang mendambakan liburan dengan nuansa alam yang kuat.

Di tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai aktivitas outbound, kolam berenang hingga tempat bermain lainnya yang bernuansa alam.

  • Alamat: Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Central Java 50661
  • Harga Tiket Masuk: Rp 15.000

11. Taman Wilis

wisata semarang
Kompas

Taman Wilis menjadi salah satu tempat wisata Semarang yang lebih nikmat dijadikan sebagai tempat nongkrong atau sekedar ingin mencari angin segar. Taman ini sering dipakai wisatawan sekadar bersantai atau juga berolahraga.

Baca juga  20 Jenis Rempah Indonesia untuk Masakan Serta Manfaatnya

Taman Wilis terletak agak jauh dari pusat kota, sehingga kamu enggak bakal mendengar hiruk pikuk jalan raya di sini.

  • Alamat: Jl. Wilis No.3, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50614
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

12. Kampung Batik Semarang

Direktori Pariwisata

Tempat wisata Semarang ini menjadi sentra batik di Semarang. Kampung ini dihidupi oleh masyarakat yang mayoritas merupakan pengrajin batik. Sedulur bisa melihat langsung proses pembuatan batik tradisional Semarang di sini.

Selain melihat proses pembuatannya, tentu Sedulur bisa membeli batik asli produksi Kampung Batik Semarang. Banyak juga wisatawan yang datang sekadar melihat keindahan kampung yang dihiasi dengan lukisan indah bertemakan batik di tembok-temboknya.

  • Alamat: Jl. Batik No.698A, Rejomulyo, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50227
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

13. Candi Gedong Songo

wisata semarang
Orami

Candi Gedong Songo merupakan salah satu candi yang ada di Semarang dan merupakan salah satu peninggalan di masa kerajaan tradisional. Candi Gedong Songo berarti Candi Sembilan Bangunan. Di Candi ini terdapat sembilan candi yang berdiri kokoh.

Di tempat ini juga dilengkapi dengan wisata lain, seperti hutan pinus yang cantik dan cocok untuk berfoto ria. Di daerah ini juga terdapat mata air dengan kandungan belerang di dalamnya. Sedulur bisa menikmati beragam destinasi wisata sekaligus.

  • Alamat: Jalan Candi Gedong Songo, Krajan Banyukuning, Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah
  • Harga tiket: Rp10.000 – Rp15.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00

14. Museum Kereta Api Ambarawa

Herritage KAI

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan salah satu museum transportasi Indonesia. Sedulur yang penasaran dengan sejarah kereta api di Indonesia, bisa mempelajari banyak di museum ini. Museum ini juga merupakan stasiun pertama yang ada di Hindia-Belanda (Indonesia masa penjajahan Belanda).

Di museum ini juga Sedulur bisa menaiki kereta uap yang merupakan kerata pertama yang dioperasikan di Indonesia. Menggunakan kereta uap tersebut, Sedulur akan diajak berkeliling ke kawasan wisata Ambarawa.

  • Alamat: Jl Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
  • Harga tiket: Ro10.000 – Rp100.000
  • Jam buka: 08.00 – 16.00

15. Cimory On The Valley

wisata semarang
Wisatainfo

Salah satu tempat wisata Semarang yang sangat ramah dikantong dan selalu tertarik untuk mengunjunginya. Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman berwisata edukasi yang cocok untuk anak, sekaligus berbelanja oleh-oleh khas Cimory.

Terdapat banyak spot foto, tempat bermain anak, hingga restoran yang menyediakan hidangan lezat dan murah. Cimory on The Valley ini juga menawarkan berbagai spot foto instagramable yang menarik untuk pengunjung.

Ditempat ini juga banyak olahan susu khas Cimry, mulai dari susu segar, yogurt, dan juga makanan beku lainnya. Selain menyediakan makanan dan minuman di restorannya, Cimory On The Valley juga memiliki wahana berupa mini zoo. Ada juga bangunan replika landmark dunia yang bisa untuk dijadikan latar belakang foto yang keren.

  • Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50552
  • Harga Tiket: Rp15.000–Rp75.000
  • Jam buka: Weekday: 10.00–18.00 WIB, weekend: 09.00–20.00 WIB

BACA JUGA: 20 Wisata Kuliner Surabaya Enak & Murah. Wajib Ke Sini!

16. Pasar Semawis

Industry

Jika Sedulur lagi berlibur jangan dulu menjaga makan atau diet. Terutama jika berkunjung ke tempat wisata Semarang. Salah satu wisata kuliner yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu Pasar Semawis. Di Pasar ini banyak aneka kuliner tradisional dan khas Semarang.

Pasar Semawis dibuka jam 18.00 WIB, pasar yang dulunya dibuka hanya untuk merayakan Tahun Baru Imlek ini menyediakan banyak makanan kaki lima. Mulai dari tradisional khas Semarang, makanan rebusan, makanan bakar-bakaran, hingga makanan kekinian pun ada.

Perlu dicatat Pasar Semawis hanya buka saat akhir pekan yakni Jumat – Minggu saja ya. Jangan salah jadwal liburan dan berkunjung ke Pasar Semawis ini ya!

  • Alamat: Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139
  • Harga Tiket Masuk: Gratis
Baca juga  Cara Memperbesar Ukuran JPG dengan Resolusi Terbaik!

17. Pantai Marina

wisata semarang
Kompas

Berkunjung ke kota yang memiliki pantai, merupakan kewajiban untuk mendatangi dan mengunjunginya. Salah satu rekomendasi pantai yang ada di Semarang adalah Pantai Marina.

Terletak di dekat Bandara Ahmad Yani, pantai ini adalah tempat romantis untuk menikmati panorama sunset bersama pasangan.

Selain itu, Sedulur juga bisa berwisata air dengan menyewa kapal yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Di kapal Sedulur bisa menikmati pemandangan indah pantai sambil menyantap makanan yang lezat tentunya.

  • Alamat: Jalan Yos Sudarso, komplek PRPP, Tawang Sari, Semarang, Jawa tengah.
  • Harga Tiket Masuk: Rp 5.000

18. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia bisa jadi rekomendasi tempat wisata Semarang untuk dikunjungi. Menuju ke Taman Bunga Celosia juga tidak sulit dan banyak penunjuk jalan yang memberikan informasi tentang Taman Bunga Celosia ini.

Beberapa spot foto yang ditawarkan di tempat wisata Semarang ini, seolah mewakili hasrat MosS yang ingin berkeliling dunia. Mulai dari replika Patung Merlion di Singapura, Menara Eiffel di Paris, Kincir Angin di Belanda, hingga ragam warna-warni bunga cantik ditawarkan di sini.

Jangan salah, kendati tidak berada lereng kaki pegunungan, Sedulur masih bisa menghirup udara segar di sini dan membuat Sedulur bisa refreshing

  • Alamat: Jl. Candi Gedong Songo, RW 5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Semarang. Jawa Tengah.
  • Harga tiket: Rp15.000-Rp25.000
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB

19. Maron Mangrove Edupark

wisata semarang
Phinemo

Bagi Sedulur yang mencari tujuan wisata alam dengan kesegaran yang dapat menjernihkan tubuh dan pikiran, Maroon Mangrove Edupark adalah jawabannya. Sedulur bukan hanya dapat melihat hutan mangrove yang rimbun den menyejukkan, namun juga bisa melihat pemandangan indah lainnya.

Sedulur bisa melihat berbagai keindahan alam dengan suasananya yang asri. Untuk berfoto sebagai dokumentasi, setiap bagian dari tempat hiburan ini bisa jadi pilihan Sedulur untuk berfoto. Paling ikonik, terdapat menara pandangan setinggi 10 meter yang bisa Sedulur naiki, lho!

  • Alamat: Desa Tapak, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang
  • Harga tiket: Rp5000 per satu orang
  • Jam buka: Setap hari 08.00-17.00

BACA JUGA: 40+ Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Populer

20. Taman Kelinci

iTrip

Rekomendasi tempat wisata Semarang terakhir yaitu Taman Kelinci yang bisa Sedulur kunjungi sebagai waktu libur. Tempat wisata ini pada dasarnya mengusung konsep gabungan antara olahraga dan alam. Tersedia beberapa fasilitas berupa kolam berenang dan perosotan.

Juga ada area outbound untuk teman bermain anak-anak, menjadi liburan santai bisa untuk berbagai usia dan kalangan. Tempat ini sangat cocok menjadi tempat wisata untuk liburan keluarga

  • Alamat: Jalan Raya H. Toeyib Soebadi, Desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, Kabutpaten Semarang.
  • Harga tiket: Rp5000 per satu orang
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Itulah daftar tempat wisata Semarang yang bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk berlibur atau sekedar refreshing. Semoga rekomendasi tempat wisata di atas bisa memberikan pilihan tempat bagi Sedulur yang tengah bosan dan butuh healing.

Tidak lengkap jika berlibur atau berwisata tanpa membawa cemilan atau jajanan favorit. Selain untuk menahan lapar saat perjalanan, camilan juga bisa dinikmati saat Sedulur berada di tempat wisata. Makanya, liburan dan camilan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Sedulur bisa membeli berbagai camilan dan jajanan yang ada di Aplikasi Super. Harga jauh lebih murah ditambah banyak diskon dan hadiah yang tersedia. Bukan hanya itu, Sedulur bisa fokus packing persiapan di rumah tanpa harus keluar membeli camilan atau jajanan.

Hanya melalui aplikasi, Sedulur bisa mendapatkan berbagai jajanan dan camilan. Jangan khawatir, untuk setiap pemesanan Aplikasi Super memberikan gratis ongkor. Mudah, murah, untung melimpah merupakan jaminan. Yuk, cek aplikasinya dan belanja sekarang juga!




https://wvmuseums.org