wisata jawa timur

30 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Harus Kamu Kunjungi


Perkembangan wisata Jawa Timur dari tahun ke tahun terus menunjukkan hasil yang positif. Banyak wisata alam maupun edukasi baru yang bermunculan sehingga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kepenatan masyarakat.

Bila Sedulur sedang mencari tempat wisata terbaik di Jawa Timur, tenang karena kami sudah mempersiapkan lokasi terbaik untuk Sedulur. Penasaran dimana saja? Mari simak daftarnya berikut ini.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Spot Makan Nasi Goreng Terkenal di Surabaya

1. Meru Betiri

East Jawa Paradise

Jika Sedulur sedang membuat rencana untuk berwisata ke Jawa Timur, ada satu tempat yang cocok untuk disinggahi. Lokasi ini memiliki konsep wisata alam dan berada di wilayah perbatasan Jember dan Banyuwangi. Tempat wisata Jawa Timur ini bernama Meru Betiri.

Meru Betiri sendiri merupakan kawasan konservasi atau taman nasional. Di tempat ini, Sedulur bisa melihat berbagai macam hewan eksotis hingga menikmati pesona alam yang memanjakan mata.

Bila Sedulur beruntung, ada beberapa binatang yang dapat dijumpai seperti kera ekor panjang, penyu, ajag (sejenis anjing hutan asli Indonesia), serta landak. Bahkan, ada beberapa tanaman langka seperti Raflesia Zollingeriana dan Balanophora Fungosa di Meru Betiri.

Bentang alam Meru Betiri juga sangat cocok untuk Sedulur yang menyukai wisata jelajah alam karena banyak sekali bukit dan pantai. Namun, untuk bisa berwisata di tempat ini, Sedulur harus memiliki persiapan yang matang karena tidak cukup banyak tempat makan di lokasi tersebut.

2. Madakaripura

Detik

Masih wisata Jawa Timur yang memiliki konsep alam, kali ini ada air terjun Madakaripura. Wisata ini berlokasi di wilayah Probolinggo, Jawa Timur. Madakaripura memiliki bentang alam yang sangat cantik dan cocok untuk Sedulur yang penat dengan suasana perkotaan.

Untuk bisa berkunjung ke air terjun indah ini, Sedulur harus mempersiapkan diri secara matang karena harus melakukan tracking terlebih dahulu. Tentu persiapan yang matang akan membuat Sedulur bisa puas menikmati keindahan Madakaripura.

Tak hanya memiliki keindahan pada bentang alamnya saja, kisah sejarah dari air terjung setinggi 200 meter ini juga sangat menarik untuk disimak. Konon, air terjun ini menjadi tempat Gajah Mada bermeditasi. Sehingga memiliki nilai historis yang erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit di masa lalu.

3. Taman Nasional Baluran

Wisata jawa timur
Liputan6

Tempat wisata Jawa Timur selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran. Tempat ini sangat terkenal di kalangan pecinta petualangan, bahkan, Baluran sampai diberi julukan sebagai ‘The Little Africa of Java’ karena keindahannya yang mirip dengan bentang alam di Afrika.

Selain bisa menikmati suasana padang savana yang beitu luas, Sedulur juga bisa menjumpai beberapa hewan seperti banteng, rusa, hingga merak. Taman nasional seluas 25.000 hektar ini juga memiliki hutan unik serta pantai-pantai cantik yang bisa Sedulur jadikan tempat untuk bersantai.

Lokasinya berada di daerah Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Taman nasional ini buka mulai pukul 7 hingga 5 sore. Untuk masuk kawasan ini, Sedulur cukup membayar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu saja.

4. Ranu Manduro Mojokerto

Liputan6

Ranu Manduro termasuk salah satu tempat wisata Jawa Timur yang viral pada tahun 2019 silam. Sebab keindahan padang rumput berwarna hijau di sana mirip dengan suasana di luar negeri. Padahal, wilayah ini hanya tempat bekas galian pasir yang sudah lama ditinggalkan.

Tak hanya cocok untuk bersantai di akhir pekan dan menikmati keindahan alam bersama keluarga. Tempat ini juga cukup sering dijadikan pilihan pengunjung untuk melakukan sesi pemotretan prewedding.

Bila Sedulur tertarik untuk berkunjung ke Ranu Manduro, sebaiknya berkunjung di akhir musim panas atau awal musim penghujan sebab rumput-rumputnya akan terlihat sangat hijau. Untuk jam operasionalnya, tempat ini bisa didatangi kapan saja.

Harga tiket masuk Ranu Manduro juga terjangkau. Sedulur cukup menyiapkan uang sekitar Rp 3 ribu sampai Rp 10 ribu per orang untuk bisa masuk. Lokasi tepat tempat wisata ini sendiri berada di Daerah Mandurono, Watesnegoro, Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

5. Gunung Bromo

Wisata jawa timur
Pikiran Rakyat

Wisata Gunung Bromo sudah menjadi salah satu tujuan utama wisatawan dari berbagai belahan dunia. Keindahan matahari terbit di gunung ini memang jadi buah bibir wisatawan yang datang.

Panorama eksotis lautan pasir Gunung Bromo juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain dapat menikmati keindahan alam, Bromo juga menawarkan kekayaan budaya dari Suku Tengger yang sering melakukan upacara di gunung suci tersebut.

Sambil menaiki jeep, Sedulur bisa mendapatkan pengalaman seru selama liburan di tempat ini. Tiket masuk per orangnya pun tidak mahal hanya sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu belum termasuk sewa jeep.

Jika ingin menikmati sunrise, Sedulur bisa berangkat pukul 02.00 WIB dari pos terdekat atau datang kapanpun karena tempat ini buka selama 24 jam. Lokasi persis gunung ini sendiri berada di Podokoyo, Tosari, Pasuruan.

BACA JUGA: Keunikan Papeda Kuliner Khas Indonesia Timur, Kaya Nutrisi

6. Pantai Delegan

Penawisata

Mencari wisata Jawa Timur yang memiliki pesona pantai, Sedulur bisa coba kunjungi Pantai Delegan. Pantai dengan pasir putih ini berlokasi di Panceng, Kabupaten Gresik. Air lautnya pun sangat jernih dengan pantulan warna biru kehijauan yang menambah apik bentang alamnya.

Pantai ini sangat ramah anak dengan berbagai fasilitas dan wahana permainan seru. Misalnya saja seperti banana boat, penyewaan ban, atau sepeda bebek air. Jadi untuk Sedulur yang ingin mengajak keluarga berwisata air, pantai ini sangat direkomendasikan.

Tiket masuknya juga murah, cukup bayar Rp10 ribu per orang Sedulur sudah bisa berkeliling sepuasnya di sekitar pantai. Pantai ini juga ramai dan memiliki banyak fasilitas pendukung jadi akan membuat Sedulur nyaman dan tidak perlu khawatir bila tiba-tiba lapar di lokasi.

7. Pantai Papuma

Wisata jawa timur
Lionmag

Jember juga memiliki pantai cantik bernama Pantai Papuma. Pantai ini memiliki pasir putih lembuat sehingga membuat suasana pantai begitu indah. Namun, salah satu ciri khas dari pantai Papuma adalah suasana eksotis saat sunset muncul di ufuk barat.

Selain bersantai, pantai ini juga asyik untuk berbagai aktivitas seperti menaiki perahu, bermain banana boat, hingga mencicipi ragam kuliner seafood yang ada. Sedulur juga bisa menjelajah kawasan Bukit Siti Hinggil atau Goa Jepang yang ada di sekitar pantai.

Untuk menikmati pesona pantai ini, Sedulur Cuma perlu menyiapkan biaya retribusi sebesar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu saja. Untuk waktu operasional pantai ini sendiri, bisa dikunjungi dari jam 08.00 sampai 16.00 WIB.

Baca juga  Bid'ah adalah? Pahami Pengertian dan Macam-Macamnya

8. Teluk Biru

Wisata Banyuwangi

Orang-orang pasti mengenal Teluk Hijau di Banyuwangi, akan tetapi Banyuwangi memiliki satu teluk lagi yang memiliki keindahan sama. Teluk tersebut adalah Teluk Biru, yang berada di wilayah Sengrong.

Jika kalian bertanya kepada orang Banyuwangi, belum tentu mereka mengetahui wisata eksotis ini. Teluk Biru terkenal karena pemandangan dalam lautnya yang indah dan tiada duanya. Bila suatu saat kalian ingin berkunjung, agar lebih mudah mencari lokasi ini, coba sebutkan nama Selanggrong. Nama ini merupakan sebutan lokal dari masyarakat sekitar untuk Teluk Biru.

Untuk mencapai tempat ini butuh perjuangan yang lumayan keras. Ada dua jalur yang bisa kalian ambil. Di jalur pertama, Sedulur harus melakukan tracking sepanjang 1 jam dari Pantai Rajegwesi. Jika kalian ingin kesana lebih cepat, kalian bisa menyewa kapal dan menghadapi ombak besar selama 15 menit.

9. Air Terjun Tancak

Jember Tourism

Satu air terjun lain di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi adalah air terjun Tancak. Air terjun ini terletak di daerah Jember, dan merupakan tempat yang sangat cocok untuk para petualang seperti Sedulur. Lokasi air terjun Tancak cukup mudah diakses, Sedulur bisa mencapai tujuan dengan berjalan sekitar dua kilometer dari titik berangkat. Namun, Sedulur harus berhati-hati karena selama perjalanan melewati medan sungai yang memiliki aliran deras ketika musim hujan.

Lokasi air terjun yang cukup tersembunyi, juga harus jadi perhatian Sedulur. Jadi sangat disarankan untuk berangkat secara berkelompok atau menyewa jasa pemandu untuk mencapai tempat ini. Pemandu kalian tentunya akan membawa kalian melalui jalur yang paling aman dan jauh dari bahaya.

10. Bukit Jaddih

TICMPU

Salah satu tempat wisata instagramable di Jawa Timur bisa Sedulur temukan di Bangkalan. Wisata ini dikenal dengan nama Bukit Jaddih. Sekilas tempat wisata Jawa Timur yang terkenal ini terlihat mirip dengan Tebing Breksi di Yogyakarta, namun dengan area yang lebih luas.

Pengunjung yang datang dapat bebas berfoto di berbagai spot menarik. Batuan kapur berwarna putih dengan pahatan berbagai bentuk jadi latar yang apik untuk foto dan di bagikan langsung lewat sosial media.

Sedulur juga dapat berenang dan bermain air di kolam buatan di tempat bekas penambangan kapur ini. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota yakni di Jalan Goa Pote, Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan.

Untuk tiket masuknya, Sedulur hanya perlu membayar Rp10 ribu dan itu sudah termasuk tiket untuk berenang. Tempat ini sendiri buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

BACA JUGA: Sejarah Rujak Cingur, Kuliner Khas Surabaya Yang Luar Biasa!

11. Bukit Kolam Sumenep

Blog Unik

Masih berada di area Pulau Madura, Sedulur juga bisa langsung berkunjung ke Bukit Kolam di Sumenep. Bukit ini cukup menarik untuk dijelajahi karena terdapat beberapa kolam buatan yang menjadi asal mula nama wisata ini.

Bukit Kolam Sumenep tergolong tempat wisata baru, sehingga banyak orang yang belum mengetahui keberadaan wisata alam ini. Akan tetapi, jika Sedulur ingin merasakan berenang di bukit, kalian bisa berkunjung ke sini. Sedulur juga bisa mendapatkan pengalaman melihat pemandangan Sumenep dari atas bukit.

12. Puncak Ratu Pamekasan

Wisata jawa timur
Madureh

Di Madura tepatnya di daerah Pamekasan, terdapat pula panorama alam cantik seperti yang ada di Puncak Lawang. Nama tempat tersebut adalah Puncak Ratu Pamekasan.

Puncak ratu memiliki banyak spot selfie menarik dengan pemandangan lembah dan bukit yang menawan. Tempat wisata instagramable di Madura ini selalu jadi incaran kawula muda saat musim liburan tiba.

Sedulur juga bisa berfoto di spot gardu pandang, gerbang cinta, atau rumah pohon sambil bersantai menikmati pemandangan. Biaya masuk kawasan wisata ala mini juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 5 ribu per orang.

Selain itu, meski buka selama 24 jam, puncak bukit ini memiliki pemandangan paling cantik saat matahari terbit atau di pagi hari karena akan ada gumpalan kabut yang naik dari dataran rendah ke tinggi. Lokasi wisata ini berada di daerah Kongsi, Tebul Barat, Pegantenan, Kabupaten Pamekasan.

13. Simpang Lima Gumul

Wisata jawa timur
Info Kediri

Hampir setiap kota memiliki ikon pariwisatanya masing-masing. Hal ini juga berlaku untuk kota kecil di Jawa Timur, yaitu Kediri. Meskipun memiliki wilayah yang tidak begitu luas, Kediri memiliki ikon kota yang sangat spesial. Ikon ini dikenal dengan nama Simpang Lima Gumul. Keunikan tempat ini terletak pada bentuknya yang mirip dengan Arc de Triomphe di Perancis.

Monumen ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dan luas 804 meter persegi yang ternyata berkaitan erat dengan sejarah Kota Kediri. Tempat ini biasa menjadi lokasi nongkrong anak muda terutama saat akhir pekan.

Selain itu, di sekitar monumen Sedulur juga bisa mengunjungi tempat wisata Jawa Timur populer lainnya seperti Taman Gumul yang juga merupakan taman kota.

Wisata ini juga bisa diakses dengan bebas dan tidak memerlukan tiket khusus. Sedulur hanya perlu membayar parkir saja. Tempatnya pun buka 24 jam jadi bisa dikunjungi setiap waktu.

14. Waduk Pacal Bojonegoro

IDN Times

Tidak kalah cantik dari Waduk Sermo di Kulon Progo, Waduk Pacal Bojonegoro juga bisa menjadi destinasi Sedulur saat berkunjung ke Jawa Timur. Bendungan peninggalan Belanda ini sudah ada sejak tahun 1933 dan memiliki keindahan alam yang menawan.

Suasananya asri berkat pepohonan rindang di sekitar waduknya menjadi daya tarik utama untuk para wisatawan. Waduk ini juga kerap dipilih sebagai lokasi piknik santai bersama keluarga yang murah meriah.

Selain dapat menikmati pemandangan dari tepian waduk, Sedulur juga bisa menyewa getek untuk berkeliling kawasan danau buatan ini. Dan untuk biaya masuknya, Sedulur cukup membayar tiket seharga Rp5 rupiah saja.

Lokasi waduk ini berada di sisi selatan kota Bojonegoro, tepatnya di jalan Waduk Pacal, Kedungsumber, Temayang, Gondang, Bojonegoro.

15. Situs Trowulan

1001 Indonesia

Kawasan purbakala paling menarik di Jawa Timur terletak di Trowulan, Mojokerto. Dahulu kala, kawasan ini merupakan ibu kota dari Majapahit sebelum akhirnya peradaban tersebut hancur. Ada cukup banyak peninggalan situs budaya mulai dari candi, kolam segaran, hingga gapura yang konon menjadi tempat singgah atau rumah Gajah Mada.

Trowulan sendiri berada di tengah kota dengan beberapa kompleks purbakalanya tersebar di beberapa lokasi. Untuk bisa mengunjungi semua tempat yang menarik, disarankan datang dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Baca juga  Mengenal Profil Sandiah Ibu Kasur Pencipta Lagu Anak Anak

Pemerintah Mojokerto juga menjadikan desa di dekat candi menjadi kawasan wisata. Bagian depan rumah penduduk dibangun sebuah ruangan mirip bangunan zaman kuno yang bisa digunakan sebagai toko atau tempat wisatawan bersantai saat lelah menjelajahi Trowulan.

16. Jatim Park

Kompas

Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3 merupakan taman bermain yang berada di Kota Batu. Taman bermain ini menawarkan puluhan wahana unik dan cocok untuk anak-anak serta orang dewasa. Dengan harga tiket masuk yang beragam, mulai dari Rp30 ribu sampai Rp 170 ribu per orang, Sedulur bisa merasakan sensasi berlibur di theme park terbaik di Jawa Timur tersebut.

Wahana Jatim Park 1 juga bermacam-macam, Sedulur bisa bermain sampai puas di aneka wahana yang disajikan seperti roller coaster dan tornado. Selanjutnya di Jatim Park 2, Sedulur akan menemukan pengalaman yang berbeda, karena taman ini memiliki banyak atraksi dan pertunjukan. Pertama ada Batu Secret Zoo yang berisi banyak satwa dari berbagai dunia dan yang kedua adalah Museum Satwa yang berisi koleksi hewan yang telah mati dan diawetkan untuk keperluan edukasi.

Terakhir ada Jatim Park 3, yang menjadi arena theme park terbaru di Jawa Timur. Kawaasan ini memiliki beberapa zona di dalamnya seperti Little Amsterdam, Kampung Jepang, India, Korea, Forbidden City China, Dino Park, Zombie World dan masih banyak lagi. Selain berfoto, beberapa area memiliki atraksi permainan khusus.

Kalau Sedulur ingin datang ke tempat wisata di Jawa Timur tersebut, disarankan untuk datang saat hari biasa.

17. Kebun Binatang Surabaya

Detik

Kota Pahlawan juga punya banyak tempat menarik yang wajib Sedulur kunjungi. Salah satunya adalah Kebun Binatang Surabaya. Berbagai macam satwa bisa Sedulur temukan di dalam kebun binatang ini, mulai dari mamalia, aves, reptil hingga ikan.

Selain itu tersedia pula wahana spesial untuk para pengunjung seperti perahu air, menunggang hewan hingga atraksi satwa. Variasi acara dalam Kebun Binatang Surabaya ini tentu akan membuat liburan semakin seru.

Untuk tiket masuknya juga masih sangat terjangkau yaitu Rp 15 ribu per orang. Sedulur bisa mengunjungi tempat ini setiap hari antara pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

18. Kawah Ijen

Wisata jawa timur
The World Travel Guy

Kawah Ijen termasuk destinasi andalan di Kabupaten Banyuwangi yang menjadi tujuan pariwisata internasional. Tempat wisata Jawa Timur yang sudah buka ini memiliki atraksi langka yang hanya ada dua di dunia yakni Blue Fire atau Blue Flame.

Fenomena alam ini bisa Sedulur nikmati di puncak Kawah Ijen yang memiliki tinggi sekitar 2.444 mdpl. Dari atas kawah sedalam 200 meter, Sedulur bisa melihat kobaran api berwarna biru yang menyala indah pada saat gelap.

Untuk menuju lokasi Sedulur harus berjalan kaki dari titik pemberangkatan hingga puncak. Namun, jika Sedulur tidak mampu untuk berjalan jauh, ada jasa gerobak taksi manusia yang bisa digunakan. Waktu terbaik berkunjung berlangsung saat pagi hari mulai pukul 02.00 WIB, sebab Sedulur bisa menikmati blue fire dan sunrise sekaligus.

19. Museum Angkut

Medcom

Museum Angkut masih terletak di kawasan Kota Batu yang merupakan pusat wisata Jawa Timur. Tempat wisata di Jawa Timur ini menawarkan aneka koleksi kendaraan untuk angkutan dari zaman kuno hingga modern. Ada aneka sepeda, motor, mobil, hingga miniatur pesawat terbang yang dipajang untuk menarik banyak wisatawan.

Selain menawarkan aneka koleksi kendaraan, museum yang memiliki luas hingga belasan hektar ini juga memiliki konsep theme park yang seru. Misalnya, pada salah satu bagian museum memiliki tema yang mirip dengan kawasan Hollywood hingga Eropa Kuno. Pada beberapa kesempatan juga ada parade mirip seperti karnaval.

Dengan koleksi kendaraan lebih dari 300 buah, kawasan Museum Angkut cocok untuk dijadikan tempat berfoto ria. Setiap hari ada ratusan orang berburu gambar di titik-titik menarik atau melakukan swafoto bersama dengan teman-teman.

20. Gili Labak

Wisata jawa timur
Wandernesia

Kekayaan alam kawasan Madura memang taka da habisnya. Di kawasan Sumenep terdapat sebuah pulau bernama Gili Labak yang keindahannya bisa menyamai Gili Trawangan yang ada di kawasan Lombok, Nusa Tenggara Timur.

Gili Labak bisa diakses dengan menggunakan perahu motor dengan tarif sewa Rp 350 ribu per 15 orang. Setelah melakukan perjalanan dari Kawasan Kalianget, wisatawan bisa menyaksikan birunya lautan yang bening dan juga pulau kecil yang memiliki pasir putih nan lembut.

Di tempat wisata ini, Sedulur bisa melakukan aktivitas menarik seperti berenang di air yang tenang dan menjelajahi pulau yang tidak begitu luas. Sedulur juga bisa snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang di Gili Labak.

21. Air Terjun Coban Rondo

Malang Times

Air Terjun Coban Rondo adalah destinasi unggulan di Batu selain aneka taman bermain. Terletak di lereng pegunungan, air terjun ini menawarkan 3 pesona kepada pengunjung. Pertama tentu saja gerojokan air dari atas bukit yang memberikan efek embun nan segar meski siang hari terasa begitu panas.

Kedua adalah bentang alam yang memikat. Karena terletak di kaki gunung, kawasan ini dipenuhi hutan yang lebat. Hewan liar seperti kera kadang turun saat pagi atau siang hari untuk mencari makan atau menunggu wisatawan yang kerap memberikan makanan kepada mereka.

Yang terakhir adalah kawasan mancakrida. Wisatawan yang datang bisa mengikuti kegiatan luar ruangan dengan mengasyikan. Ada permainan flying fox, panjat pohon, dan permainan lain yang membutuhkan ketangkasan. Oh ya, tidak jauh dari lokasi utama juga terdapat labirin yang cocok untuk lokasi berburu foto.

22. Wisata Bahari Lamongan atau WBL

Unimma FM

Kawasan Lamongan terletak di kawasan pesisir sehingga memiliki udara yang cukup panas. Namun, ada ribuan orang datang setiap harinya untuk menikmati serunya Wisata Bahari Lamongan atau WBL. Taman bermain yang dibangun di Tanjung Kodok ini menjadi tempat menghabiskan akhir pekan dengan aneka wahana bermain yang menarik.

Karena berada di dekat pantai, sebagian besar wahana di tempat wisata di Jawa Timur ini berhubungan dengan air. Wisatawan bisa bermain di kolam dengan aneka seluncuran, menggunakan kano di pantai, hingga memasuki ruangan hantu yang ngeri dan cocok untuk menguji nyali. Selanjutnya, kawasan ini juga memiliki museum kupu-kupu yang menyimpan banyak koleksi serangga dari berbagai daerah di Indonesia.

Harga tiket masuk di WBL adalah Rp 100 ribu saat akhir pekan dan Rp70 ribu di hari biasa. Dengan tiket itu, Sedulur sudah bisa menikmati semua wahana yang dibuka dari pukul 08.30 sampai 16.30 WIB. Oh ya, saat berwisata ke WBL jangan lupa untuk membeli aneka oleh-oleh nikmat seperti misalnya wingko Babad.

Baca juga  8 Kue Khas Imlek dan Filosofinya yang Bisa Datangkan Hoki

23. Gili Iyang

Portal Wisata

Pulau yang satu ini berada di daerah Madura. Memang pulau ini sangat amat jarang terdengar di telinga orang-orang, akan tetapi pulau ini dianggap sebagai salah satu tempat tersehat di dunia karena tingginya kadar oksigen.

Warga sekitar daerah ini mampu mencapai usia ratusan karena hal tersebut. Meskipun tempat ini tidak memiliki gunung ataupun perbukitan, udara di pulau ini amatlah segar, dan jika kalian mulai merasa suntuk dengan udara kota yang melelahkan, kalian akan menyukai tempat ini. Terdapat dua gua yang menarik untuk dikunjungi, yaitu gua Air dan gua Syafirah.

24. Pantai Jonggring Saloko

Holidayinaja

Masih wisata pantai, kali ini terletak di daerah Malang. Pantai Jonggring Saloka memang tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang karena banyaknya karang tajam yang berbahaya, tetapi jika kalian hanya datang ke pantai untuk bersantai dan menikmati pemandangan lautan biru, maka tempat ini sangat cocok. Sedulur juga bisa melihat putihnya pasir, jernihnya air laut, serta batu karang dengan bentuk yang istimewa di pantai ini.

Pantai Jonggring Saloko terletak cukup jauh dari Kota Malang, yaitu sekitar 70 kilometer. Namun, suasana di pantai ini cukupa asri dan sepi, cocok untuk Sedulur yang ingin mencari ketenangan.

25. Pantai Gondo Mayit

Detik

Memiliki nama yang cukup seram, Pantai Gondo Mayit atau berarti ‘bau mayat’ merupakan wisata Jawa Timur yang wajib dimasukkan dalam daftar liburanmu. Pantai satu ini terletak di Blitar, tepatnya di desa Tambak Rejo.

Meskipun tempat ini mungkin sangat jarang terdengar di telinga kalian, pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Timur loh. Selain itu, karakter pantai yang tidak memiliki karang tajam, membuat Pantai Gondo Mayit aman bagi kalian yang ingin berenang.

Namun, yang harus diperhatikan saat berenang atau bermain di pantai ini adalah ombaknya. Ombak di pantai ini terkenal sangat berbahaya karena tingkat kederasannya yang cukup tinggi.

26. Pantai Lon Malang Sampang

Wisata jawa timur
Jadesta

Salah satu pantai yang menjadi favorit warga Madura untuk camping santai adalah Pantai Lon Malang. Walaupun ada embel-embel nama Malang, ternyata pantainya terletak di Jalan Raya Batu Lenger, Batu Lenger Timur, Bira Tengah, Sokobanah, Kabupaten Sampang.

Panorama sunset dan sunrisenya menjadi daya tarik sehingga wisatawan selalu ramai berkunjung. Sedulur dapat bersantai bercengkrama bersama teman di atas hamparan pasir putih yang landai.

Keindahannya pun tidak kalah dari Pantai Wohkudu di Gunung Kidul yang juga sering menjadi spot berkemah. Pengalaman bermalam di tepian pantai ini bisa jadi pengalaman terbaik untuk Sedulur selama liburan.

Biaya masuk yang hanya Rp 5 ribu tentu tidak akan membuat kantong Sedulur jebol. Jika tak memiliki tenda, Sedulur bisa menyewa langsung di lokasi.

27. Kawasan Lumpur Lapindo

Wisata jawa timur
Liputan6

Musibah yang muncul akibat semburan Lumpur Lapindo ternyata membawa berkah tersendiri. Kawasan perkampungan yang terendam semburan lumpur kini menjadi tempat wisata Jawa Timur paling hits dan populer di Sidoarjo.

Banyak wisatawan yang penasaran dengan kondisi terkini dan ingin melihat langsung dampak semburan yang terjadi belasan tahun silam. Dari atas tanggul Sedulur  dapat melihat hamparan luas lumpur yang sudah mengering.

Di tempat ini pula Anda bisa melihat manekin yang menjadi monumen bagi para korban lumpuran dan sering menjadi lokasi foto wisatawan. Jika Sedulur tertarik, cukup membayar Rp10 ribu untuk naik tanggul dan Rp50 ribu untuk menuju pusat semburan.

28. Telaga Ngebel

IDN Times

Telaga Ngebel termasuk salah satu danau cantik yang tidak kalah menarik dari Danau Batur. Punggung gunung yang mengelilingi tepian danau menjadi panorama apik telaga ini.

Sedulur bisa menikmati keindahan Telaga Ngebel dengan menggunakan perahu atau sepeda air untuk berkeliling. Agar semakin seru, pihak pengelola juga menyediakan wahana menantang seperti flying fox.

Namun aktivitas paling menarik di Telaga Ngebel,  adalah wisata kulinernya. Sedulur bisa mencicipi menu ikan bakar atau buah durian di wilayah ini.

29. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise

Kota Malang memiliki banyak destinasi menarik dan satu yang cukup populer adalah Malang Night Paradise. Tempat wisata hits di Malang satu ini menawarkan wisata malam yang seru untuk rekreasi Sedulur bersama keluarga.

Ada banyak wahana permainan seru seperti pasar malam lengkap dengan lampu-lampu hias cantik. Pengunjung yang datang bisa puas berfoto dan mencoba wahana yang ada.

Tiket masuknya pun tidak terlalu mahal sekitar Rp55 ribu hingga Rp145 ribu untuk tiket terusan. Jadi wajar jika tempat ini selalu menjadi destinasi wisatawan yang datang ke Malang.

Tempat wisata Jawa Timur ini buka pada pukul 17.45 hingga 22.00 WIB, namun Sedulur tetap bisa datang lebih awal sebab siang harinya tempat ini menjadi Hawai Waterpark.

30. Bale Tani Jombang

Bale Tani Jombang

Meski terkenal sebagai Kota Santri, Jombang juga memiliki banyak destinasi wisata seru. Salah satunya adalah Agrowisata Bale Tani. Tempat wisata di Jawa Timur, ini sangat cocok dikunjungi untuk Sedulur yang memiliki anak kecil.

Selain dapat belajar mengenai pertanian, Sedulur juga bisa melakukan aktivitas wisata yang menyenangkan. Misalnya seperti berenang, berfoto di spot cantik, karaoke, hingga melakukan acara gathering keluarga dengan suasana lokasi yang asri.

Tempat ini juga menyediakan fasilitas pijat untuk Sedulur yang ingin relaksasi dan bersantai. Tiket masuknya pun tidak mahal, hanya Rp10 ribu per orang. Bale Tani buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Nah, itu tadi daftar rekomendasi tempat wisata Jawa Timur terbaik untuk Sedulur. Mulai dari wisata alam dengan minat khusus, samapi wisata edukasi yang ramah anak, semuanya bisa Sedulur temukan.

Jangan lupa sebelum berkunjung dan berwisata di lokasi-lokasi tadi, Sedulur sebaiknya mempersiapkan segala macam cemilan dan kebutuhan selama wisata di Aplikasi Super. Banyak sekali makanan dan minuman ringan yang bisa dibeli dengan harga yang murah.

Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah, karena setiap transaksi akan mendapatkan fasilitas gratis ongkir. Menarik sekali bukan? Jadi, buruan download Aplikasi Super sekarang juga!




https://wvmuseums.org