wisata boyolali

20 Tempat Wisata Boyolali Paling Hits Untuk Segarkan Pikiran


Kota di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi untuk wisata bukan hanya Semarang atau Solo, tapi juga Boyolali. Banyak tempat wisata Boyolali yang bisa Sedulur kunjungi untuk healing atau sekedar menyegarkan pikiran. Kondisi alam yang indah membuat Boyolali layak dikunjungi.

Boyolali sendiri berada di dekat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, sehingga dari kondisi alamnya, wisata Boyolali diisi oleh tempat wisata alam. Udara sejuk di Boyolali membuat kita betah dan nyaman berada di dalamnya.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas rekomendasi tempat wisata Boyolali yang bisa jadi rekomendasi dan Sedulur kunjungi. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi!

1. New Selo

Sikidang

Rekomendasi tempat wisata Boyolali pertama yaitu New Selo, tempat wisata ini menjadi pilihan utama masyarkat untuk mengisi waktu liburan. Karena tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke New Selo, Sedulur harus menyiapkan kondisi fisik karena membutuhkan tenaga yang cukup ekstra. Ini disebabkan karena New Selo berada di daerah pegunungan dan kita perlu mendaki untuk sampai puncak.

Ketika sampai di puncak, Sedulur akan melihat indahnya alam hijau yang menakjubkan. Ditambah dengan suhu udara yang dingin, membuat pikiran Sedulur bisa segar kembali.

  • Alamat: Dusun III, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: Rp10 ribu

2. Bukit Gancik

Data Wisata

Bukit Gancik bisa jadi pilihan Sedulur selanjutnya. Bukit Gancik terletak di lereng Gunung Merbabu. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang seru, pemandanganya yang indah berupa alam hijau dengan sederet perbukitan hijau memanjakan mata.

Sedulur bisa piknik di sini dengan ditemani kabut tipis dan udara sejuk yang membuat segar. Selain itu, dilengkapi pula dengan gardu pandang yang memudahkanmu melihat pemandangan alam sekitar yang asri dan indah.

  • Alamat: Dusun Selo Nduwur, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: Rp10 ribu

3. Air Terjun Kedung Kayang

wisata boyolali
Solopos

Di awal disebutkan, bahwa Boyolali memiliki lanskap alam yang indah. Tentu di dalamnya ada banyak tempat wisata alam yang bisa Sedulur kunjungi. Salah satunya yaitu Air Terjun Kedung Kayang. Tempat wisata ini wajib Sedulur kunjungi ketaka berada di Boyolali.

Air Terjun ini memiliki ketinggian yang cukup sehingga menghasilkan aliran air deras dan memberikan udara yang seger.

Hal yang unik yaitu keberadaan air terjun ini yang berada di antara dua gunung, yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Bagi Sedulur yang ingin melepas penat pikiran dan pekerjaan, tempat wisata alam seperti air terjun merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi.

  • Alamat: Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp10 ribu

4. Omah Bambu Merapi

Kompas

Selanjutnya yaitu Omah Bambu Merapi yang bertempat di Selo yang berada di sekitar Gunung Merapi. Tempat wisata ini memiliki banyak spot foto yang bisa Sedulur jadikan konten untuk media sosial. Salah satu tempat wisata yang sangat instagramable.

Di tempat ini, Sedulur bisa melihat betapa megah dan gagahnya lereng Gunung Merapi dengan suasana alam yang asri dan indah. Dilengkapi dengan udara sejuk khas pegunungan yang bisa membuat Sedulur betah berlama-lama di tempat ini.

  • Alamat: Dusun III, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: Rp10 ribu
Baca juga  Resep Ote-Ote Gurih & Lezat untuk Camilan di Rumah

5. Waduk Cengklik

wisata boyolali
Kompas

Waduk Cengklik menjadi salah satu bendungan indah di Boyolali yang banyak dikunjungi sehingga menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata Boyolali. Luas bendungan ini sekitar 300 hektare dan bendungan membuat bendungan ini sudah ada sejak zaman Belanda.

Pada awalnya, pembangunan bendungan ini bertujuan untuk mengairi persawahan penduduk sekitar. Bagi Sedulur yang sangat menyukai pemandangan matahari terbenam, tempat ini jadi lokasi terbaiknya. Jangan lupa untuk berfoto dan mengabadikan pemandangan indah yang ada di sekitar bendungan ya!

  • Alamat: Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: Rp10 ribu

BACA JUGA: 17 Wisata Pantai Terkenal Jogja Dengan Panorama Cantik

6. Lembah Gunung Madu

Data Wisata

Lembah Gunung Madu berada di utara Boyolali. Tempat wisata ini masih terbilang baru, karena itu Lembah Gunung Madu wajib jadi tempat wisata yang Sedulur kunjungi dan masuk dalam daftar liburanmu.

Di tempat wisata ini, Sedulur bisa melihat pemandangan lembah dengan udara sejuk. Ada pula gua-gua yang dibangun penduduk sekitar yang konon dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian masyarakat pada zaman penjajahan Belanda.

  • Alamat: Jalan Raya Simo-Klego KM 5, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari pukul 09.00-18.00 WIB
  • Harga: Rp15 ribu

7. Agro Wisata Sapi Perah

wisata boyolali
Murianews

Boyolali merupakan salah satu kota di Indonesia yang menghasilkan susu sapi terbaik. Bahan di Jawa Tengah, Boyolali merupakan kota penghasil susu terbaik. Karena predikat tersebut, akan sangat tidak lengkap jika berada di Boyolali dan tidak berkunjung ke Agro Wisata Sapi Perah.

Di tempat wisata ini Sedulur dapat melihat bagaimana sapi-sapi terbaik yang menghasilkan susu berkualitas di rawat. Salah satu tempat wisata edukasi yang cocok dikunjungi bersama anak-anak. Ada banyak pelajaran yang bisa didapat saat berkunjung ke tempat ini.

Ditambah lagi, ketika berada di Agro Wisata Sapi Perah, Sedulur bisa mencoba bagaimana memerah susu. Serta disediakan pula susu murni yang bisa Sedulur cicipi.

  • Alamat: Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari Minggu pukul 14.00-16.00 WIB
  • Harga tiket: Rp10 ribu

8. Brown Canyon

Sikidang

Bagi Sedulur yang menyukai tempat wisata unik, Sedulur wajib datang ke Brown Canyon. Banyak orang yang menganggap tempat wisata ini mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Jika dilihat. Tempat sekilas memang terlihat kemiripan, karena banyak tebing batu cokelat menjulang.

Brown Canyon sebenarnya hanyalah perbukitan biasa yang berubah seiring perkembangan waktu akibat aktivitas penambangan. Meski terlihat tandus, tetap saja estetik dan bisa jadi salah satu tempat menarik untuk berfoto ria.

  • Alamat: Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: gratis

9. Taman Air Tlatar

wisata boyolali
Detik

Rekomendasi tempat wisata Boyolali selanjutnya yaitu Taman Air Tlatar. Temapat wisata ini banyak banyak direkomendasikan sebagai tempat wisata keluarga. Destinasi ini memiliki banyak fasilitas, mulai rumah makan lesehan, kolam renang, hingga kios cinderamata.

Bukan hanya itu, terdapat wisata ini juga terdapat kolam ikan dengan sejumlah koleksi yang amat cantik. Sedulur bisa menikmati suasana liburan yang asri dengan sambil melihat ikan-ikan yang dapat memberikan ketenangan.

  • Alamat: Kolam renang Tlatar, Dusun 2, Kebonbimo, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 08.00-18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp10 ribu
Baca juga  Memahami Manfaat Kerjasama pada Tim untuk Tiap Anggotanya

10. Trekking Gunung Merbabu

Kompas

Pesona dan keindahan Gunung Merbabu tidak perlu diragukan lagi, keindahannya pun sudah tidak asing di telinga pencinta alam. Salah satu yang paling berkesan yaitu jalur trekkingnya. Jalur trekkingnya banyak diminati karena menawarkan pemandangan indah.

Jalur yang dimaksud adalah jalur Selo. Nantinya, Sedulur bisa melihat padang savana hingga bunga edelweis di jalur tersebut. Maka tidak heran jika jalur trekking di Gunung Merbabu ini menjadi salah satu tempat wisata wajib, tertuama bagi pecinta alam dan pendaki gunung.

Tentu untuk berada di tempat ini, Sedulur wajib menyiapkan kesehatan dan kekuatan fisik. Karena mendaki gunung tidak bisa dilakukan tanpa persiapan.

  • Alamat: Suroteleng, Kec. Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: Rp5 ribu

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Tempat Wisata Solo Terbaik Untuk Relaksasi

11. Kedung Goro

wisata boyolali
Merah Putih

Satu lagi tempat wisata Boyolali yang indentik dengan pemandangan alam, yaitu Kedung Goro. Kedung Goro merupakan wisata Boyolali yang berada di tengah hutan. Destinasi tersembunyi ini, memiliki pesona kolam air kehijauan nan jernih.

Juga terdapat deretan tebing di sekelilingnya yang semakin menambah keindahan Kedung Goro. Ditambah lagi kondisi udara yang segar semakin membuat nyaman berada di tempat wisata satu ini.

  • Alamat: Jl. Raya Wonosegoro, Bolo, Wonosegoro, Dusun II, Kauman, Kec. Kemusu, Kab. Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: gratis

12. Umbul Tirto

Kompas

Konon kabarnya, Umbul Tirto merupakan pemandian milik Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Saat ini, tempat tersebut dijadikan kolam air untuk umum. Namun, warga setempat masih sering mengadakan tradisi padusan, yakni prosesi mandi di Umbul Tirto sebagai langkah menyucikan diri.

Biasanya tradisi pedusan dilakukan saat menjelang bulan Ramadan, sebagai sebuah simbol menyucikan diri sebelum memasuki bulan yang suci.

  • Alamat: Umbulsari, Dukuh, Kec. Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga masuk: Rp5 ribu

13. Kebun Raya Indrokilo

wisata boyolali
Medius News

Terletak tidak jauh di pusat kota Boyolali, Kebun Raya Indrokilo menjadi salah satu tempat wisata dan rekreasi masyarakat. Kebun Raya Indrokilo menjadi salah satu ikon wisata Boyolali. Tempat ini dilenkapi dengan bebera wahana.

Mulai dari Taman Paku yang merupakan taman tematik yang edukatif, ada juga Taman Labirin yang memberikan hiburan, serta wahana-wahana lain yang bisa menjadi dinikmati di tempat wisata satu ini. Tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga.

  • Alamat: Area Sawah, Butuh, Kec. Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: Rp5,5 ribu

14. Waduk Bade

Sikidang

Selain berfungsi sebagai pembangkit listrik, Waduk Bade juga digunakan sebagai tempat wisata. Pemandangan di sini sangat indah, sehingga kerap digunakan untuk area piknik. Banyak juga wisatawan yang memancing karena ikannya yang berlimpah.

Bagi Sedulur yang tertarik berkunjung ke Waduk Gede, berikut ini informasi seputar Waduk Gede:

  • Alamat: Wates Timur, Bade, Kec. Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: Rp3 ribu

15. Restu Wijaya Waterboom

wisata boyolali
Jadwal Travel

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya yaitu Restu Wijaya Waterboom. Tempat wisata ini merupakan waterpark yang dilengkapi dengan bebrapa wahana. Seperti perosotan air hingga ember tumpah yang terdapat di beberapa kolam berenang.

Kolamnya sendiri terbagi atas dewasa dan anak-anak. Fasilitasnya pun lengkap, ada parkiran, musala, hingga kantin.

  • Alamat: Jl. Bangak – Simo, Kebayanan 3, Pelem, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: setiap hari, 07.30-17.15 WIB
  • Harga tiket: Rp10 ribu
Baca juga  Flash Sale Super Seratus 22-23 Oktober 2022

BACA JUGA: 22 Tempat Wisata Jakarta Terbaik Untuk Refreshing & Healing!

16. Kali Pepe Land

Kompas

Kali Pepe Land merupakan tempat wisata baru di Boyolali yang nyaman dan wajib kunjungi. Terutama bagi Sedulur yang mencari tempat untuk nongkrong bersama teman-teman. Terdapat banyak tempat duduk, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Sedulur tidak perlu khawatir tidak dapat tempat di Kali Pepe Land. Biasanya, tempat ini \ramai dikunjungi di sore hari,  dengan suasana senja menjelang malam memberikan pemandangan indah yang cantik. Dilengkapi dengan dekorasi dari beberapa lampu yang membuat pemandangan semakin indah.

  • Alamat: Banaran, Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 10.00 – 22.00.
  • Harga tiket: gratis

17. Museum R. Hamong Wardoyo

wisata boyolali
Solopos

Museum R. Hamong Wardoyo dapat menjadi tempat wisata yang dikunjugi ketika Sedulur berada di Boyolali. Museum merupakan tempat yang akan memberikan informasi lengkap tentang sejarah Kota Boyolali.

Koleksi dari Museum R. Hamong Wardoyo pun cukup beragam dan berada di antara taman yang cantik. Biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berisitirahat ataupun hunting foto terbaik.

  • Alamat: Jalan Pandanaran Nomor 19, Tegalmulyo, Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 setiap hari Senin tutup
  • Harga tiket: gratis

18. Masjid Cipto Mulyo Pengging

Nusantarapedia

Masjid Cipto Mulyo masih berada di kecamatan yang sama dengan Umbul Pengging, yakni Kecamatan Banyudono dan memiliki kaitan sejarah yang tak dapat dipisahkan.

Masjid Cipto Mulyo dibangun pada tahun 1838, atau tahun 1905 Masehi, jadi saat ini sudah berusia sekitar 117 tahun. Meski sudah berusia lebih dari 1 abad, tetap berdiri kokoh dan masih dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan ibadah.

Bangunannya kental akan suasana Jawa yang khas, dimana atapnya berbentuk limasan. Dan terdiri dari beberapa pilar serta lima buah pintu masuk utama. Yang paling menarik ialah arah kiblatnya.

  • Alamat: Dukuh Ireng, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.\
  • Jam buka: Selama 24 jam
  • Harga tiket: gratis

19. Candi Sari dan Candi Lawang

wisata boyolali
Solopos

Candi Sari atau disebut juga Candi Sari Cepogo, merupakan salah satu warisan cagar budaya di Boyolali yang dapat dijadikan tujuan wisata sejarah.  Kecamatan Cepogo bukan hanya memiliki Candi Sari saja, melainkan ada lagi satu buah candi peninggalan Kerajaan Mataram Hindu yaitu  Candi Lawang.

  • Alamat: Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Harga tiket: Candi Sari Boyolali gratis

BACA JUGA: 30 Tempat Wisata Bandung Terbaik Untuk Jernihkan Pikiran  

20 Bale Rantjah Park

Kompas

Rekomendasi tempat wisata Boyolali terakhir yaitu Bale Rantjah Park atau yang masyarakat sering sebut juga sebagai Bale Rantjah Beach. Di tempat wisata ini menghadirkan suasana pantai di Kabupaten Boyolali. Di tempat ini, menyuguhkan pemandangan pantai buatan.

Bukan hanya itu, di tempat ini dilengkapi dengan suasana nyiur melambai dengan kolam yang luas dengan keberadaan beberapa pulau kecil di tengahnya. Suasana tersebut memberikan suasana yang nyaman untuk melengkapi waktu liburan.

  • Alamat: Dusun II, Desa Gombang, Kec. Sawit, Kab. Boyolali, Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 20.00
  • Harga tiket: Rp20.000/orang

Nah itulah rekomendasi tempat wisata Boyolali yang bisa Sedulur kunjungi. Semoga dari daftar tempat wisata di atas ada yang cocok sebagai pilihan tempat liburan Sedulur. Jangan lupa persiapkan segala sesuatunya agar waktu liburan Sedulur menyenangkan.




https://wvmuseums.org