pensiun wanita karir

Wanita Karir! Mau Pensiun di Usia Berapa?


Pertanyaan untuk karirisPada usia berapa Anda ingin pensiun? Sudah tahu bagaimana merencanakan keuangan Anda?

Jika belum, cari tahu informasi selengkapnya di artikel keuangan ini. Ya!

Ringkasan

  • Meskipun tidak ada usia pensiun yang ideal, kita haruskita punya tujuan agar kita bisa siapkan semua kebutuhanmu Secepatnya.
  • Sebelum memutuskan untuk pensiun, kita perlu mempersiapkan aspek finansial dan non finansial agar dapat kehidupan pensiun yang nyaman.

Wanita Karir, pada usia berapa Anda ingin pensiun?

Pensiun adalah hal yang mutlak. Tentu saja, kita tidak bisa dan tidak mampu mengabdikan seluruh hidup kita untuk bekerja.

Akan ada saatnya kita tidak bisa berhenti bekerja dan memanfaatkan masa tua kita sebaik-baiknya.

Hal ini juga berlaku untuk kariris. Pada akhirnya, kita harus menerima kenyataan bahwa suatu hari kita harus berhenti bekerja dan menikmati semua hasil kerja keras yang telah terkumpul selama ini.

Pensiun adalah topik yang rumit. Banyak hal yang perlu Anda persiapkan agar dapat menikmati masa pensiun yang nyaman dan tidak mengganggu orang lain.

[Baca Juga: Setelah Pensiun Masih Cari Uang Buat Sehari-hari, Gimana?]

Jika memungkinkan, akan lebih menyenangkan jika kita mencapai usia pensiun di usia muda, seperti Pixie Curtis, anak yang mampu mencapai usia pensiun di usia 15 tahun.

Pixie Curtis mampu mencapai usia pensiun ini dengan aksesorisnya yang disebut Pixie’s Bows dan produk mainan yang disebut Pixie’s Fidgets di awal tahun 2011.

Melalui dua usaha ini, ia berhasil menghasilkan US$21 juta, atau sekitar Rs.301 miliar, dalam dekade berikutnya.

Sementara itu, di bulan pertama Pixie’s Fidget, dia berhasil menjual produk senilai lebih dari $200.000, kamu tahu!

Pixie Curtis. Sumber: Sales.FP

Betapa indahnya hidup jika kita hak istimewa seperti Pixie Curtis, atau setidaknya lahir dalam keluarga besar, jadi tidak perlu mengambil terlalu banyak tanggung jawab.

Sayangnya, kita biasa-biasa saja, yang punya sedikit hak istimewa, selain itu kemampuan dan kemauan yang tinggi untuk bertahan hidup di tengah segala benturan.

Anggapan besarnya dana pensiun yang tidak main-main membuat kita enggan untuk merencanakannya, khawatir akan menjadi beban yang semakin membebani pundak kita.

Namun, kita tidak bisa begitu saja menutup mata terhadap apa yang jelas akan datang dan akan kita rasakan di masa depan.

Kemudian, Apakah Anda sudah memutuskan pada usia berapa Anda akan pensiun? Meski tidak ada usia pensiun yang ideal, kita tentu harus memiliki tujuan sendiri agar segala kebutuhan bisa kita persiapkan sedini mungkin.

Anda dapat menonton video ini selain keyakinan Anda pada target usia pensiun.

Apa yang perlu Anda persiapkan dan ajukan pertanyaan

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan, baik secara finansial maupun non finansial.

persiapan keuangan

Mari kita berpikir realistis, jika tidak hanya mental, kita juga membutuhkan kesiapan finansial yang lebih.

Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk hidup nyaman di masa pensiun?

Misalkan Anda pensiun pada usia 65 tahun. Artinya, Anda akan punya waktu untuk mengakumulasi dana pensiun selama 35 tahun.

Dengan pengeluaran sebesar 15 juta rupiah, pensiun seperti apa yang perlu Anda persiapkan?

Mari kita berhitung bersama dengan kalkulator keuangan saya! Anda dapat mengakses kalkulator keuangan Finansialku saya di sini.

Perhitungan dana pensiun

Berdasarkan skenario di atas, dana pensiun yang Anda butuhkan adalah sekitar Rp 22-23 miliar, dengan asumsi inflasi 5% per tahun.

Untuk masuk ke dana pensiun dalam jangka waktu yang ditentukan, Anda harus menginvestasikan 3,4 atau 3,5 juta rupiah Indonesia per tahun secara teratur selama 30 tahun.

Perhitungan dana pensiun

Setelah melakukan perhitungan ini, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan financial planner dari Finansialku yang bisa kamu hubungi melalui Konsultasi klien Keuangan saya melalui nomor whatsapp +6285158662940.

Mengapa saya harus berkonsultasi dengan financial planner dari Finansialku?

Dengan berkonsultasi, Anda bisa mendapatkan strategi untuk mengelola keuangan Anda, mengingat Anda memiliki komitmen baru untuk berinvestasi Rp 3,5 per bulan.

Anda mungkin menganggapnya bukan masalah besar, tapi bisa jadi salah satu pemicu rusaknya arus kas yang sudah menjadi kebiasaan Anda.

Selain itu, seorang perencana keuangan juga dapat membantu Anda memilih strategi keuangan dan investasi yang tepat sehingga ketika masa konsultasi selesai, Anda tetap dapat mencapai tujuan keuangan Anda sendiri.

Persiapan non-keuangan

Selain keuangan, ada juga beberapa hal di luar keuangan yang harus Anda persiapkan, beberapa hal yang harus Anda tanyakan dan beri tahu diri Anda.

Misalnya, tujuan karir yang masih ingin Anda capai sebelum Anda benar-benar berhenti bekerja, seperti promosi atau gaji yang ingin Anda terima.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mulai merencanakan kegiatan yang bisa Anda lakukan di masa pensiun.

Apa pendapat Anda tentang masa pensiun Anda? Apakah Anda akan mengisi kehidupan sehari-hari dengan bersantai di rumah dan membaca buku, atau berkeliaran mencari makna hidup untuk menemukan kedamaian?

Hal-hal tersebut dapat Anda pertimbangkan mulai sekarang agar Anda dapat berkonsultasi dengan financial planner saya untuk kebutuhan keuangan mereka.

Pastikan juga membicarakannya dengan pasangan, hal apa saja yang harus dipersiapkan bersama, dan apa yang bisa dilakukan pasangan untuk mempercepat proses pensiun nanti.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum pensiun bagi wanita karir. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang ini, silakan posting melalui kolom komentar, Ya!

Redaktur: Ratna S.Kh.

Sumber referensi:

  • Putri Mayla. 05 Nopember 2021. Karier mendekati pensiun? Ini adalah 5 pertanyaan yang sering diajukan. parapuan.co https://bit.ly/3QNgzht
  • Alfi Salima Putri. 10 Desember 2021 Bocah Miliarder Ini Bisa Pensiun Kaya di Usia 15 Tahun. Dream.co.id – https://bit.ly/3Qtoj7U




https://wvmuseums.org

Baca juga  50 Cara Mendapatkan Uang dengan Modal Kecil, Dijamin Untung!