volume limas segi empat

Rumus Volume Limas Segi Empat Beserta Contoh Soalnya


Salah satu rumus yang dipelajari dalam matematika adalah rumus volume limas segi empat. Rumus ini juga merupakan salah satu rumus untuk menghitung ruang dan bangunan. Limas merupakan suatu bentuk ruang dan bangunan yang memiliki unsur dan ciri tersendiri.

Ciri dan jenisnya tentu saja mempengaruhi cara perhitungan dan rumus yang digunakan. Pada kesempatan kali ini selain membahas tentang rumus volume limas persegi panjang, pertama-tama kita akan membahas seperti apa bentuk piramida itu sendiri. Tentunya untuk memudahkan Sedulur memahaminya.

BACA JUGA: Rumus tinggi kerucut dengan contoh soal

Apa itu kapur?

semut aspal

Sebelum melanjutkan membahas rumus volume limas segi empat, Sedulur harus terlebih dahulu memahami apa itu limas. Setelah memahami piramida, akan lebih mudah untuk mempelajari rumus volume piramida. Karena perhitungan rumus limas segi empat tidak lepas dari representasi bentuk limas itu sendiri.

Limas sendiri merupakan bentuk tiga dimensi dengan bentuk seperti segitiga, bentuk tiga dimensi yang dikelilingi oleh berbagai las dasar dan sisi vertikal segitiga. Contoh piramida yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah Piramida Giza. Bentuk piramida disebut juga dengan piramida.

Rumus Piramida Segi Empat

Volume piramida persegi

Setelah memahami apa itu piramida, di bawah ini adalah rumus volume limas persegi panjang yang bisa kamu pelajari. Saudara-saudara harus mengetahui bahwa ciri-ciri volume limas persegi panjang adalah sebagai berikut:

  • Memiliki lima sisi, satu alas persegi panjang dan empat sisi segitiga.
  • Ada delapan bagian rusuk, yaitu empat bagian rusuk utama dan empat bagian sisi selimut.
  • Memiliki 5 puncak

Dengan memahami ciri-ciri di atas maka akan lebih mudah bagi Sedulur untuk memahami rumus luas permukaan limas segi empat. Di bawah ini adalah rumus luas limas persegi panjang yang bisa Anda pelajari:

  • Volume = (1/3) × luas alas × tinggi
  • Volume = (1/3) × s² × t
Baca juga  Pengertian Frasa Beserta Jenis-Jenisnya & Contohnya

Informasi:

  • c = sisi persegi
  • m = tinggi piramida

Contoh Soal

volume piramida segi empat
tim sterling

Contoh volume limas persegi panjang diperlukan agar Sedulur mengetahui cara menggunakan rumus luas alas limas persegi panjang dan dapat memahaminya dengan baik. Di bawah ini adalah contoh menghitung volume limas persegi panjang dengan menggunakan rumus:

Berapa volume piramida jika alasnya berbentuk persegi, masing-masing sisinya 10 cm, dan tingginya 18 cm?

Diketahui bahwa:

Volume pencarian:

  • Volume = (1/3) × luas alas × t
  • Volume = (1/3) × 10² × 18
  • V = (1/3) × 1800
  • V = 600 cm³

Jadi, berdasarkan perhitungan menggunakan rumus tinggi limas persegi panjang di atas, diketahui volume limas persegi panjang dari contoh soal di atas adalah 600 cm³.

BACA JUGA: Rumus tinggi kerucut dengan contoh soal

elemen piramida

volume piramida segi empat
semut aspal

Setelah mengetahui rumus dan cara menghitung limas segi empat, Sedulur juga perlu mengetahui unsur-unsur dari limas itu sendiri, yaitu:

  • Bidang lateral adalah sisi yang membatasi ruang piramida, yaitu antara sisi dasar dan sisi vertikal.
  • Tepi adalah bagian dari garis yang memotong dua sisi piramida.
  • Puncak piramida adalah titik pertemuan dua atau lebih tepi berbentuk piramida.
  • Titik puncak adalah titik pertemuan ujung-ujung sisi tegak lurus piramida.
  • Tinggi piramida adalah jarak antara puncak piramida dan bidang sisi alasnya

Fitur piramida

gulungan

Selain mengetahui unsur-unsur limas, berikut ciri-ciri limas yang akan melengkapi pemahaman Sedulur tentang volume limas persegi panjang:

  • Ini hanya memiliki satu titik tinggi. Semua jenis piramida hanya memiliki satu puncak.
  • Ini hanya memiliki satu sisi dasar. Semua jenis piramida hanya memiliki satu sisi alas dengan bentuk segitiga datar, atau empat, atau lima, atau seterusnya.
  • Ini memiliki bentuk segitiga. Jumlah sisi vertikal dalam bentuk limas tergantung pada jumlah sisi alas atau bentuk alas.
Baca juga  16 Kumpulan Puisi Tentang Alam yang Menyentuk & Bermakna

Salah satu jenis piramida, seperti dijelaskan di atas, adalah bangunan piramida. Piramida dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuk bidang dasar dan posisi simpul relatif terhadap bidang dasar sebagai berikut:

  • Piramida biasa atau normal adalah piramida, bidang dasarnya adalah segi enam biasa, bertepatan dengan bidang titik proyeksi dan pusat.
  • Piramida sewenang-wenang adalah piramida dengan basis dan simpul yang berubah-ubah, juga tidak beraturan atau sewenang-wenang.

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, pemahaman Sedulur tentang piramida seharusnya sudah sangat jelas dan lengkap. Yang perlu dilakukan Sedulur untuk menguasainya adalah dengan terus berlatih soal-soal menggunakan rumus-rumus yang sudah dibahas di atas. Dengan cara ini, Sedulur akan semakin mahir.

Jadi, kita berbicara tentang volume piramida persegi panjang. Semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda memahami Sedulur dengan lebih baik, terutama dalam hal menghitung bentuk ruang, seperti membangun limas segi empat.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org