ukuran kertas f4

Ukuran Kertas F4 dalam Cm dan Cara Membuatnya di Word


Di bidang pendidikan dan perkantoran, penggunaan kertas untuk mencetak dokumen sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Biasanya digunakan kertas jenis HVS (Houtvry Schreifpapier), berasal dari bahasa Belanda, artinya kertas tulis tanpa serat kayu. Ada beberapa ukuran kertas HVS di Indonesia, salah satu yang paling populer adalah ukuran kertas F4.

Kertas F4 biasa disebut kertas folio. Kertas ini terutama digunakan untuk memfotokopi dokumen, seperti membuat salinan ijazah. Selain itu juga dapat digunakan untuk mencetak foto atau dokumen dari Microsoft Word atau Excel.

Meskipun banyak digunakan, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui ukuran F4 dalam sentimeter, apa perbedaannya dengan F4, dan cara mengatur ukuran F4 di Word. Lebih lanjut tentang ini akan dibahas di bawah ini. Ayo, lihat!

BACA JUGA: Ukuran kertas A1, A2, A3, A4, A5, A6 dalam cm, inci, piksel

Ukuran kertas F4

pilih bebas

Dalam milimeter, ukuran kertas F4 adalah 210 x 330 mm. Sedangkan ukuran kertas F4 adalah 21 x 33 cm. Dalam inci, kertas F4 berukuran 8,27 x 13. Ukuran F4 ini digunakan di Indonesia dan negara lain. Namun, di beberapa negara, kertas F4 berukuran 215 x 330 mm.

Di sisi lain, ukuran kertas F4 dalam piksel adalah 793,7 x 1247,2. Untuk membuat desain grafis di atas kertas, F4 Sedulur dapat menggunakan satuan piksel, yang dapat disesuaikan dengan perhitungan konfigurasi DPI (poin per inci). Kini Sedulur tidak perlu bingung lagi untuk membedakan format F4 dengan kertas lainnya.

Perbedaan ukuran kertas F4 dan A4

pilih bebas

Sebelum mengetahui ukuran F4, mungkin Sedulur sempat bingung membedakannya dengan ukuran A4. Sebenarnya tidak sulit untuk membedakan ukuran kertas folio (F4) dengan ukuran kertas kuarto (A4). Kertas folio lebih besar. Dibandingkan dengan A4, kertas F4 lebih lebar dan lebih tinggi. Jika A4 berukuran 21 x 29,7 cm, maka F4 berukuran 21 x 33 cm. Jauh lebih tinggi bukan?

BACA JUGA: 14 Fitur Kemasan Produk Yang Harus Diketahui Pengusaha

Cara mengatur ukuran kertas F4 di Word

ukuran kertas f4
pilih bebas

Salah satu alasan banyak orang bingung dengan ukuran kertas folio adalah karena Microsoft Word tidak menyediakan pengaturan untuk kertas folio.kertas tebal secara otomatis. Jadi pengguna harus memasukkannya secara manual. Jangan bingung, Sedulur bisa mempelajari cara mengatur ukuran kertas F4 di Word di bawah ini.

  • Pilih Tata Letak > Pengaturan Halaman > Kertas > Ukuran Kertas.
  • Pilih “Custom Size”, lalu isi kolom “Width: 21 cm” dan “Height: 33 cm”.
  • Klik Oke.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, ukuran kertas pada lembar Microsoft Word secara otomatis akan berubah menjadi ukuran F4. Setelah file Bahkan jika Anda menyimpan ukuran kertas dengan pengaturan ini, itu akan tetap 21 x 33 cm.

Cara mengatur ukuran kertas F4 di Excel

ukuran kertas f4
pilih bebas

Bagi Anda yang ingin mencetak dengan ukuran standar F4 di Excel, cara mengaturnya adalah dengan mengubah ukuran di Pencetak. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pilih Tata Letak Halaman.
  2. Klik Pengaturan Halaman, lalu pilih Opsi.
  3. pada properti pencetak pilih Pengaturan Cepat.
  4. Di bagian Ukuran Kertas, pilih Kustom. Kemudian ubah ukuran kertas menjadi F4 secara manual.
  5. Klik Oke. Pastikan bahwa properti pencetak Ukuran Kertas Printer bertuliskan Custom. Klik OK lagi.
  6. Pada akhirnya, Opsi Halaman, ukuran kertas terlihat kosong. Hal ini dikarenakan Sedulur mengubah ukuran kertas secara manual.
  7. Terakhir, klik OK.

BACA JUGA: 12 cara mudah membuat bunga kertas di rumah

Tips Memilih Kertas F4

pilih bebas

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan saat mencetak dokumen pada kertas F4, harus diperhatikan dalam pemilihan kertas. Ada tiga faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kertas F4, termasuk merek, tata bahasa kertas F4, serta warna dan bahan. Detailnya bisa dilihat di bawah ini.

Baca juga  Pengertian, Sejarah, Contoh & Perbedaanya

1. Perhatikan mereknya

ukuran kertas f4
pilih bebas

Sebelum membeli kertas folio atau F4, Sedulur harus terlebih dahulu melakukan survei untuk mengidentifikasi merek yang ada di pasaran. Setiap merek biasanya memiliki harga tersendiri. Apalagi kualitas kertasnya juga berbeda. Ada kertas berkualitas baik, dan ada kertas biasa yang mudah rusak.

Jika Anda ingin menggunakan kertas F4 untuk mencetak dokumen penting, sangat disarankan untuk membeli dari merek dengan kualitas terbaik. Namun, jika hanya digunakan untuk menyalin buku atau dokumen lain, kertas biasa tidak akan menjadi masalah. Singkatnya, pertimbangan merek ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, ya.

2. Tata Bahasa Kertas F4.

pilih bebas

Tips memilih kertas F4 selanjutnya adalah berat kertas. Seperti A4, ada beberapa kertas F4 di pasaran dalam berbagai bobot. Ada jenis kertas folio dengan berat 60 g/m². Ada juga yang beratnya 70 atau 80 g/m². Umumnya, jenis 60 dan 70 g/m² banyak digunakan di mesin fotokopi. Sedangkan 80 gsm banyak digunakan di perkantoran untuk mencetak dokumen penting.

3. Warna dan bahan

ukuran kertas f4
pilih bebas

Pertimbangan terakhir saat memilih kertas F4 adalah warna dan bahan. Beberapa warna F4 yang sering digunakan antara lain putih, kuning, pink, biru, dan hijau. Pemilihan warna ini tergantung dari kebutuhan Sedulur.

Jika hanya untuk mencetak atau menyalin buku atau dokumen umum, warna putih sering digunakan. Jika Anda menggunakan kertas F4 untuk mencetak dokumen khusus atau sebagai bingkai dokumen, warna selain putih adalah pilihan yang tepat. Namun perlu diingat, kertas berwarna F4 biasanya lebih mahal daripada kertas putih.

Selain warna, bahan kertas juga penting. Sesuaikan bahan kertas dengan file untuk dicetak. Sedulur dapat menggunakan kertas HVS untuk mencetak dokumen, kertas foto untuk mencetak foto. Ada juga bahan-bahannya Gading, kertas senidll.

Baca juga  Lengkap! Cara Top Up Gopay via m-Banking, ATM, dan Alfamart

Nah, itulah pembahasan mengenai ukuran kertas F4, cara mengaturnya di Word dan Excel, dan beberapa tips memilih kertas F4 yang tepat. Kini Sedulur tidak lagi direpotkan dengan penggunaan kertas F4 untuk bisnis percetakan. Mungkin bisa membantu!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org