ukhti artinya

Arti Ukhti, Akhi, Akhwat, Ikhwan Beserta Makna & Contohnya


Sedulur tentunya sering menyapa pacarnya seperti wow. Uhti artinya salam untuk wanita muslimah. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa uhti adalah seorang wanita muslimah. Uhti memang menjadi nama panggilan yang cukup populer di Indonesia. Apalagi nama panggilan lain yang sering digunakan: ahi, ihvan, dan juga antum.

Ahi adalah nama panggilan untuk pria muslim. Seruan ini sering digunakan saat ada acara keagamaan seperti pengajian. Di bawah ini adalah penjelasan tentang pengertian akhi dan uhti yang perlu anda pahami agar tidak salah kaprah.

BACA JUGA: Sejarah Singkat dan Pelajaran Penting Ashabula Kahfa

Arti kata uhti dan contoh penggunaannya

pilih bebas

Seperti disebutkan di atas, kata uhti berarti ucapan yang ditujukan untuk wanita Muslim. Dalam bahasa Arab, kata uhti berarti saudaraku. Sedangkan menurut KBBI, kata uhti juga berarti saudara perempuan saya, kata ini merupakan bentuk tunggal dari kata saudara perempuan dan digunakan sebagai kata ganti orang kedua.

Biasanya sapaan ini digunakan untuk menyapa seseorang, atau dengan kata lain hanya digunakan untuk satu orang. Namun jika dilihat dari maknanya, saudara yang dimaksud dalam kata tersebut adalah saudara yang seagama, maka dapat kita simpulkan bahwa salam ukhti hanya ditujukan khusus untuk wanita muslimah.

Ini tulisan arabnya ๐Ÿ™ุง), yang biasanya digunakan untuk sapaan individu, dengan kata lain penggunaannya hanya untuk satu orang.

Arti persaudaraan

wow artinya
pilih bebas

Tidak hanya sebagai kata penyambutan, kata ukhti juga berarti menunjukkan ikatan persaudaraan sesama umat Islam. Pasalnya, saudara-saudara muslim selalu dianjurkan untuk menjalin dan memelihara persaudaraan, seperti dalam salah satu surah Al-Qur’an berikut yang artinya:

โ€œDan kamu semua berpegang teguh pada tali (agama) Allah, dan jangan terpecah belah, dan ingatlah rahmat Allah atas kamu ketika kamu bermusuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, maka karena rahmat Allah kamu menjadi kakak beradik.; dan Anda berada di tepi jurang neraka, kemudian Allah menyelamatkan Anda darinya. Demikianlah Allah menjelaskan kepadamu tanda-tanda kekuasaan-Nya agar kamu lurus.โ€ (Sura Ali Imran: 103)

BACA JUGA: 10 hukum, perintah Tuhan kepada manusia dan artinya

Berarti Akhvat dan contoh penggunaan

wow artinya
pilih bebas

Kata saudari adalah bentuk jamak dari kata uhti. Sedangkan menurut KBBI, akhvat berarti saudara perempuan, pacar atau muslim. Akhvat berarti “saudara perempuan” dan ditujukan kepada sekelompok wanita Muslim. Kata kakak biasanya digunakan sebagai kata ganti orang ketiga. Selain itu, kata akhvat juga digunakan untuk menyebut banyak wanita, atau untuk menyebut wanita Muslim pada umumnya.

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan antara uhti dan pegang terletak pada penggunaannya. Haht adalah untuk banyak wanita Muslim, sedangkan uhti hanya untuk wanita Muslim.

Arti kata ahi dan contoh penggunaannya

pilih bebas

Kata akhi berarti saudaraku. Dalam bahasa Arab, kata ahi juga memiliki arti yang sama yaitu saudaraku. Perbedaan dari kata uhti adalah kata ahi ditujukan kepada laki-laki. Kata ini merupakan bentuk tunggal dari ihwan dan biasanya digunakan sebagai kata ganti orang kedua.

Penggunaan kata ahi sama dengan kata uhti, namun bagi seorang muslim. Di Indonesia sendiri, istilah akhi tidak hanya digunakan untuk menyebut orang lain atau untuk menyebut jenis kelaminnya, tetapi juga berguna untuk menyampaikan kesan yang agak religius.

Persaudaraan artinya

pixabay

Kata Ikhwan merupakan bentuk jamak dari kata ahi. Ikhwan adalah sebutan untuk saudara atau sekelompok laki-laki pada umumnya. Menurut KBBI, kata ini merupakan kata ganti orang ketiga. Kata Ikhwan juga digunakan untuk menyebut banyak pria Muslim pada umumnya.

Tidak ada aturan khusus untuk menggunakan kata ihkwang. Namun, kata-kata ini tergantung pada siapa mereka digunakan, yaitu wanita atau pria. Perlu diingat bahwa penggunaan kata ini hanya untuk sesama muslim. Dengan demikian, penggunaan kata-kata tersebut tidak serta merta digunakan pada setiap waktu atau tempat.

Biasanya, kata-kata sapaan ini digunakan saat acara keagamaan sedang berlangsung, seperti organisasi kerohanian atau pengajian. Namun, beberapa kalangan keagamaan seperti pesantren juga menggunakan sapaan ini. Sedangkan bagi kaum awam sendiri, sapaan Ikhwan jarang digunakan karena takut salah atau salah tempat dan waktu.

BACA JUGA: Sejarah dan Isi Perjanjian Hudaybiya, Diplomasi Nabi S.A.V.

Arti panggilanmu

pilih bebas

Salah satu panggilan paling populer di Indonesia adalah antum. Kata ini digunakan untuk “kamu” atau “kamu”. Panggilan Anda adalah panggilan yang sederhana dan sangat halus bahkan untuk orang yang baru saja Anda temui. Selain itu, antum juga memiliki arti kata ganti jamak untuk orang kedua, tetapi hanya untuk laki-laki. Ada juga panggilan khusus untuk wanita.

Kata antum sendiri berasal dari perubahan bentuk kata tashrif, yang berasal dari bahasa Arab, dikaitkan dengan suatu benda berupa dhomir munfasil. Istilah antum sendiri berasal dari perubahan kata dhomir huwa yang berarti dia laki-laki, menjadi antum yang berarti kamu laki-laki.

Baca juga  Pengertian Usaha Kelompok Beserta Jenis & Ciri-Cirinya

Contoh penggunaan untuk uhti

  • Permisi, permisi Kakak, bolehkah saya bertanya jam berapa sekarang?
  • Wow, apakah Anda melakukan tugas matematika?
  • Apakah Anda sudah makan siang?
  • Terima kasih, Wah, sudah berkunjung.
  • Wow, kenapa kamu tidak datang ke bacaan kemarin?
  • Uhti An, terima kasih untuk makanannya
  • Selanjutnya pergi Nida, silakan masuk
  • Uhti Lalila bisa pulang dulu

Contoh penggunaan untuk saudara perempuan

  • Ada harapan agar para suster dapat mengambil saf yang tepat
  • Untuk para suster tolong berbaris di sebelah kanan
  • Untuk ujian praktek besok, hanya para suster yang disuruh membawa selimut kain perca.
  • Saudara-saudara, silakan masuk ke ruang komputer Saudara-saudara, silakan masuk ke kelas bahasa
  • Untuk kakak silahkan masuk ke kamar yang sudah disediakan
  • Tempat doa ini khusus untuk para suster.
  • Saudara-saudara, silakan masuk ke ruang komputer Saudara-saudara, silakan masuk ke kelas bahasa

Contoh penggunaan untuk ahi

  • Hei, apakah kamu sudah makan?
  • Maaf, tolong awasi dia, bro Adi.
  • Ahi, kamu baru saja dipanggil ke ruang keamanan
  • Tolong tanyakan akhir Ilham
  • Akhi, apakah kamu akan membaca besok?
  • Akhi, silakan masuk ke kamar direktur.

Contoh penggunaan untuk Ihwan

  • Tolong Ikhwan jangan terlalu banyak bercanda
  • Khusus untuk saudara kandung, mereka hanya bisa mengantarmu ke ruang tunggu
  • Untuk Persaudaraan, silahkan masuk ke ruang BK.
  • Jadwal vaksinasi ulang bergantian dan dimulai dengan Brotherhood terlebih dahulu.
  • Mengapa semua tugas yang diselesaikan saudara-saudara menjawab dengan jawaban yang sama?
  • Maaf, ruang makan ini hanya untuk Ikhwan.

Contoh Kalimat Bahasa Arab untuk Antum

  • Ah, antum? Ana musi aktsar min itsnain..!โ€, demikian orang Mesir berkata, โ€œAh, antum? Saya tidak lebih dari dua orang.

BACA JUGA: Bacaan Sholavat Jibril, Amalan Doa Memperoleh Mata Pencaharian

Hukum menyebut orang lain buruk

pilih bebas

Sebagaimana disebutkan di atas, Islam mengajarkan umatnya untuk memanggil saudara-saudara mereka nama baik. Misalnya, salam uhti, ahi atau antum. Islam melarang keras pengikutnya untuk bersumpah pada saudara mereka. Hal ini sejalan dengan firman Allah yang berbunyi:

Allah SWT berfirman dalam salah satu ayat-Nya:

Artinya: โ€œHai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menertawakan orang lain, (karena) bisa jadi mereka (yang ditertawakan) lebih baik dari mereka (yang ditertawakan). Dan juga wanita (mengolok-olok) wanita lain (karena) mungkin wanita (yang ditertawakan) lebih baik dari wanita (yang ditertawakan) dan tidak mengkritik diri sendiri (artinya tidak mengkritik orang lain, ) Dan tidak saling memanggil (buruk) judul. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (jahat) setelah iman. Dan barang siapa yang tidak bertaubat adalah orang yang durhaka.โ€ (Sura al-Khujurat, ayat 11).

Baca juga  Pengertian Sugar Daddy Beserta Fakta-Fakta Tentangnya

Ayat di atas mengingatkan kita untuk tidak mudah mengolok-olok orang lain, termasuk panggilan yang buruk dan tidak diinginkan. Nabi Muhammad pernah berkata bahwa ia mengatakan:

ุง ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุงู„

Artinya: “Kutukan seorang Muslim adalah kemaksiatan (dosa besar), dan perang melawannya adalah kekafiran.” (HR Bukhari dan Muslim).

Sementara itu, Imam An-Nawawi dalam Al-Muhadzab, hal 314, juga menjelaskan:

ุงู„ุฃู„ูุงุธ ุงู„ู…ุฐู…ูˆู…ุฉ ุงู„ู…ุณุชุนู…ู„ุฉ ุงู„ุนุงุฏุฉ ู„ู‡ ู„ู…ู† ุงุตู…ู‡ุŒ ุง ุง ! ! ุงู„ ! ู„ูƒุ› ู„ูˆุฌู‡ูŠู† : ุง ุงู„ุขุฎุฑ ุง ุง ู„ุงู ู„ู‡ : ุง ุงู„ู… ! ู„ูƒ ุงู…ุญ ู„ุถุฑูˆุฑุฉ ุงู„ู…ุฎุงุตู…ุฉุŒ ุงู„ุจุงู‹ุŒ ู„ู‘ ุงู†ูŒ ู„ุง ุงู„ู… ู„ู†ูุณู‡ ู„ุบูŠุฑู‡ุง

Artinya: โ€œTermasuk dalam jumlah kalimat tercela yang biasa digunakan dalam perkataan seseorang kepada lawannya (adalah ucapan),โ€œ hai keledai!โ€; “Oh kambing liar!”; “Hei anjing!”; dan pidato semacam itu. Pidato semacam ini sangat buruk dari sudut pandang kedua belah pihak. Pertama, karena itu bohong. Kedua, karena kata-kata itu akan menyakiti saudaranya. Pepatah ini berbeda dengan mengatakan, “Wahai pelanggar!” dll. Pernyataan ini dimaafkan karena kebutuhan ekstrim yang disebabkan oleh pertengkaran. Apalagi secara umum ucapan ini benar, karena kondisi kebanyakan orang tidak adil terhadap diri sendiri atau orang lain.

Demikian penjelasan tentang pengertian uhti, serta contoh penggunaannya. Seperti uhti, ahvat filla berarti saudara perempuan dalam iman berkat Allah, yang berarti saudara perempuan dalam agama. Sebagai seorang muslim sudah sepantasnya menyeru orang lain dengan panggilan yang baik sesuai dengan anjuran Allah SWT.

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org