50 Ucapan Belasungkawa Islami Penuh Doa untuk Mendiang

50 Ucapan Belasungkawa Islami Penuh Doa untuk Mendiang


Jika saudara atau orang terdekat kita meninggal dunia, ada baiknya kita turut berduka cita dan memberikan ucapan belasungkawa.

Berikut ini Finansialku rangkum 50 ucapan belasungkawa Islami yang penuh doa, serta dapat menenangkan hati orang-orang yang ditinggalkan.

 

Summary: 

  • Salah satu cara untuk menenangkan seseorang yang tengah berduka karena kehilangan orang terdekatnya adalah melalui ucapan belasungkawa.
  • Terdapat beberapa ucapan belasungkawa dalam bahasa Indonesia, Arab, lengkap dengan artinya. 

 

50 Ucapan Belasungkawa Penuh Doa dan Menenangkan Hati

Sejatinya, setiap yang bernyawa pasti akan kembali pada Tuhan Yang Maha Esa. Namun, keluarga dan orang-orang yang ditinggalkan tentu saja akan merasa kehilangan.

Oleh sebab itu, kita sebagai orang terdekatnya, sebaiknya menyampaikan belasungkawa dan menenangkan hati mereka untuk tetap kuat menjalani hidup.

Selain ucapan belasungkawa, Sobat Finansialku juga perlu menyampaikan ucapan doa untuk orang yang meninggal. Sebab, doa yang kita panjatkan akan menjadi penolong mereka ketika di akhirat kelak.

Jika kamu merasa kesulitan merangkai ucapan belasungkawa yang tepat, berikut telah Finansialku rangkum 50 ucapan belasungkawa Islam dan dalam bahasa Arab.

 

#1 Ucapan Belasungkawa Islami

Terkadang, ucapan belasungkawa Islam tak perlu berupa kalimat panjang. Hal yang paling penting adalah ucapan tersebut mengandung doa-doa untuk orang yang meninggal dan dukungan untuk keluarga yang ditinggalkan.

Berikut adalah beberapa ucapan belasungkawa Islami:

  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Turut berduka cita. Semoga Allah SWT menguatkan dirimu dan memberikan kesabaran serta ketabahan untuk menghadapi ujian ini.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Segala sesuatu yang bernyawa pasti akan kembali kepada Allah SWT. Maka dari itu, bersabarlah atas kejadian yang menimpa dirimu saat ini. Percayalah, bahwa akan ada hikmah di balik semua hal ini.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Turut berduka cita yang paling dalam untuk kamu dan sekeluarga. Semoga almarhum/almarhumah diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan dan rasa ikhlas.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Turut berbelasungkawa. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan bagi kamu untuk menghadapi kesedihan ini.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga almarhum/almarhumah diberikan tempat paling baik di sisi-Nya. Ikhlaskan kepergiannya karena suatu saat nanti kita pasti akan berkumpul kembali di rumah idaman, yaitu surga yang kekal.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Saya yakin bahwa Allah SWT tidak akan pernah memberi ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya. Maka dari itu, kamu harus kuat dan tabah menghadapi cobaan ini.”
  1. “Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya dapat diteladani. Almarhum/almarhumah Allah panggil lebih dulu karena Allah menyayanginya.”
  1. “Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa lebih kuat menjalani kehidupan.”
  1. “Setiap yang datang, pasti akan kembali. sesungguhnya Allah SWT adalah sang pemilik rencana terbaik bagi seluruh umat-Nya. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di surga, dan tenang di sisi Allah SWT.”
  1. “Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Sebaliknya, ia adalah suatu langkah awal dari kehidupan yang abadi di akhirat. Turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik baginya.”
  1. “Semoga dosa-dosa almarhum dapat diampuni oleh Allah SWT. Semoga dia terselamatkan dari siksa api neraka dan ditempatkan di surga yang mulia. Semoga diluaskan kuburnya dan dibersihkan segala kesalahannya semasa hidup. Aamiin.”
  1. “Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat paling indah bersama orang-orang beriman. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin yaa rabbal ‘alamin.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu hari ini. Semoga engkau dan keluargamu selalu berlimpah kekuatan dan ketabahan dari Allah SWT.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Dunia hanyalah tempat persinggahan untuk menunggu hari akhir. Semoga almarhum beristirahat dengan tenang.”

[Baca Juga: Doa Untuk Orang Meninggal Lengkap dengan Artinya]

 

#2 Ucapan Belasungkawa Islami Singkat

Berikut adalah beberapa contoh lainnya dari ucapan belasungkawa yang bisa menjadi referensi.

Ucapan belasungkawa Islami singkat:

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Turut berduka cita atas meninggalnya (nama orang yang meninggal). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.”
  1. Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Selamat jalan sahabatku, semoga engkau mendapatkan tempat terindah disisi-Nya.”
  1. Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan memperoleh ketabahan dari Allah SWT.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga almarhum/almarhumah beristirahat dengan tenang dan semoga kita bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah ia lakukan semasa hidupnya.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah SWT, dan diterima semua amal baiknya dan diampuni segala dosanya. Aamiin.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Turut berduka cita sedalam-dalamnya. Semoga almarhum/almarhumah diampuni segala kesalahannya dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya. Kamu turut merasakan kesedihan yang mendalam atas kepergiannya.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga Allah merahmatimu dan menambah ketabahan dalam hatimu. Ikhlaskan dengan lapang dada, semoga almarhum diterima oleh Sang Pencipta.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Saya turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semua sudah dalam rencana Allah SWT. Semoga almarhum tenang di alam sana.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga segala kesalahan almarhum dapat terampuni dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT.”
  1. inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Kami turut berduka cita atas kepergian almarhum. Semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Saya turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga husnul khotimah.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Selamat jalan teman terbaikku. Mudah-mudahan engkau mendapatkan tempat terindah di sisi-Nya, yaitu surga yang sangat indah. Aamiin yaa rabbal ‘alamin.”
  1. Inna illahi wa inna ilaihi roji’un. Semua ini adalah rencana baik dari Allah SWT. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.”

 

#3 Ucapan Belasungkawa dalam Bahasa Arab

Selain ucapan dalam bahasa Indonesia, Finansialku juga merangkum sederet ucapan belasungkawa dalam bahasa Arab.

Berikut adalah ucapan untuk orang meninggal dalam bahasa Arab:

  1. أحسن اللٰهُ عَزَاكَ، وَجَبَرَ مُصَابَكَ، وَغَفَرَ لِمَيۡتِكَ وَرَحِمَه وَخَلَفَهُ فِيۡ عَقَبِهِ بِخَيۡرٍ

“Ahsanallahu azaaka wa jabaro mushabaka wa ghafaro li mayyitika wa rahimahu wa khalafahu fill aqibihi bikhairin.”

(Semoga Allah SWT memberikan kamu pelipur lara. Semoga Dia memberikan kebaikan atas musibahmu, mengampuni si mayyit, melimpahkan rahmat dan menggantikannya dengan yang lebih baik.)

  1. العين تدمع والقلب يحزن، ولا نقول إلا ما يرضي ربنا

“Al-‘ainu tadmaghu wal qalbu yahzanu, walaa naqulu illa maa yardha rabbuna.”

(Mata boleh menangis. Hati pun boleh bersedih. Namun, kami tidaklah berkata-kata kecuali apa yang diridhai oleh Rabb kami.)

  1. إِنَ فِي اللٰهِ عَزَاءً مِنۡ كُلِّ فَائِتٍ، وَخَلۡفًا مِنۡ كُلِّ هَالِكٍ، فَبِاللّٰهِ تَقۡوًا وَإِيَاهُ فارجوا فَإِنَّ المُصَابَ مِنۡ حَرَمٍ الثواب

“Inna fillahi ‘azaa an min kula faa’itin, wa kholfam min kulli haaliki, fabillahi taqwan waiyaahu faarijuu fainnal mushooba min haromil tsawaab.”

Sesungguhnya Allah SWT akan memberimu sebuah pelipur lara untuk segala yang telah hilang dan memberi ganti bagi segala yang musnah. Maka pada Allah engkau bertakwa, kembalilah pada Allah karena sesungguhnya orang yang tertimpa musibah bisa terhalangi oleh pahala.)

  1. أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاكَ وَرَحِمَ مَيِّتَكَ

Azhomallahu ajroka wa ahsana ‘azaaka wa rohima mayyitaka.”

(Semoga Allah melipatkan pahalamu, memberimu pelipur lara yang baik, dan semoga Dia memberikan rahmat kepada si mayyit.)

  1. اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاكَ وَرَحِمَ مَيِّتَكَ

“Allahu ajroka wa ahsana ‘azaaka wa rohima mayyitaka.”

(Semoga Allah memberimu pahala yang berlipat, memberimu pelipur lara yang baik dan semoga Allah memberikan rahmat pada si mayyit.)

  1. إِنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ، وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى .فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ

“Inna illahi maa akhodza, wallahu maa a’atho wa kullu syai in ‘indahu bi ajalim musammaa… faltashbir waltahsib.”

(Sesungguhnya semua adalah milik Allah SWT. Segala sesuatu apa yang diambil dan juga apa yang diberikan.)

[Baca Juga: Catat! 6 Doa untuk Kedua Orang Tua Tercinta, Yuk Amalkan!]

 

#4 Ucapan Belasungkawa untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Selain memanjatkan doa untuk orang meninggal, beberapa ucapan di bawah ini bisa kamu sampaikan untuk keluarga yang ditinggalkan.

Berikut adalah contoh-contohnya:

  1. Turut berduka cita yang paling dalam. Kebaikan serta ketulusan almarhum akan selalu aku ingat selamanya dalam hati. Almarhum sudah tenang berada di sisi-Nya. Semoga Allah SWT memberikan kamu ketabahan dan kekuatan sebesar-besarnya.”
  1. “Saya turut berduka cita karena wafatnya almarhum. Semoga ia mendapatkan tempat terbaik di kehidupan yang abadi. Semoga seluruh keluarga yang almarhum tinggalkan selalu disertai kesabaran oleh Allah SWT.”
  1. “Mari sama-sama mengusap tangis demi saudara kita yang hari ini pergi ke pangkuan Tuhan. Tangis yang berlebihan justru akan mempersulit jalan barunya menuju akhirat. Selamat jalan kawanku.”
  1. “Kehilangan seseorang memang akan membuat hati merasa terpukul. Namun, tidak ada jalan lain selain mengikhlaskan kepergiannya. Apabila kita ikhlas, maka ia akan lebih tenang di alamnya. Sesungguhnya kita semua hanyalah milik Allah dan hanya pada Allah lah kita akan kembali dan berpulang.”
  1. “Suatu kesedihan yang saat ini sedang kita rasakan adalah suatu tanda bahwa kita sangat mencintainya. Jangan merasa risau, karena saat ini ia sudah tenang bersama Tuhan. Perpisahan ini hanyalah sementara, kita pasti akan bertemu kembali dalam surga Allah kelak.”
  1. “Semua yang lahir akan mati, tetapi tidak ada bukan berarti dilupakan. Kamu dengan rela melepaskan keluarga yang kami sayangi untuk menghadap Allah SWT. Semoga selalu dilapangkan kuburannya dan diampuni segala dosa-dosanya.”
  1. “Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya almarhum/almarhumah. Semoga keluarga yang ditinggalkan dianugerahi kesabaran oleh Tuhan dan kekuatan untuk melanjutkan hidup.”
  1. “Semua orang merasa kehilangan atas kepergiannya dan kita semua pasti merindukannya. Kita doakan yang terbaik untuknya.”
  1. “Dia adalah sosok yang menyenangkan dan tidak pernah ragu untuk saling mengingatkan. Kami senang mengenal orang seperti dirinya. Kami juga percaya bahwa dia akan mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.”
  1. “Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya.”
  1. “Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka tetaplah tegar atas kepergiannya. Sebab, semua akan indah pada waktunya.”
  1. “Rezeki, jodoh, dan umur sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman.”
  1. “Semoga Allah merahmatimu dan menambah ketabahan dalam hatimu. Ikhlaskan dengan lapang dada, semoga almarhum diterima oleh Sang Pencipta.”
  1. “Segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah SWT. Kita sebagai manusia harus menerimanya dengan lapang dada.”
  1. “Semua orang merasa kehilangan atas kepergiannya dan kita semua pasti merindukannya. Kita doakan yang terbaik untuknya.”

 

Semua Akan Kembali!

Sobat Finansialku, itulah sederet ucapan belasungkawa Islam juga doa untuk orang meninggal. Tentu saja, kehilangan seseorang yang kita sayangi menjadi suatu cobaan yang berat.

Tapi pada hakikatnya, semua akan kembali ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, siapapun termasuk diri kita sendiri, mau tidak mau harus siap menerima takdir.

Namun, seringkali yang mengganjal pikiran ini selain karena ragu akan cukup tidaknya bekal amal ibadah, juga nasib keluarga yang kita tinggalkan. Apalagi jika posisinya kita sebagai tulang punggung dalam keluarga.

Bagaimana nasib kehidupan anak-anak setelah kita tiada? Apakah mereka tetap bisa menjalani kehidupan yang layak seperti sedia kala? dan berbagai pertanyaan lain yang ada di pikiran.

Oleh karena itu, sebaiknya kita bangun persiapan yang lebih matang untuk memberikan jaminan kepada keluarga. Khususnya dalam segi keuangan.

Yakni melengkapi proteksi finansial seperti asuransi jiwa agar kehidupan dan masa depan anak dapat terjamin meski kita telah tiada. Namun, Sobat Finansialku perlu menyesuaikan dengan kebutuhan sebelum menentukan produk dari asuransi ini.

Agar tidak salah mengambil langkah, yuk, baca terlebih dahulu referensinya dalam ebook gratis dari Finansialku berikut ini.

Ebook GRATIS, Keluarga Tetap Terjamin Meskipun Kita Tiada

Banner Iklan Ebook Keluarga Tetap Terjamin Meskipun Kita Tiada PC

 

Selain itu, jika Sobat Finansialku memerlukan advice dan arahan lebih lanjut dalam merencanakan keuangan, jangan ragu untuk hubungi Perencana Keuangan Finansialku, ya.

Hubungi lewat Aplikasi Finansialku atau buat janji via WhatsApp di nomor 0813-1646-8488.

 

Itulah beberapa referensi ucapan duka cita yang bisa kamu sampaikan untuk kerabat dan orang-orang terdekat dalam suasana duka. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa 

Sumber Referensi:

  • Ananda. 50+ Contoh Uca pan Belasungkawa Turut Berduka yang Menyentuh Hati. Gramedia.com – https://bit.ly/3EKb51u
  • Samala Mahadi. 04 September 2022. 40 Ucapan Bela sungkawa Islam dalam Segala Bahasa, Mulai dari Indonesia, Arab, dan Jawa. Lengkap! 99.co – https://bit.ly/3u1ZXYX
  • Edelweiss Lararenjana. 03 Agustus 2021. 30 Uca pan Belasungkawa Islami untuk Orang Terdekat, Bantu Ungkapkan Rasa Kehilangan. Merdeka.com – https://bit.ly/3UbJegn 

 




https://wvmuseums.org

Baca juga  Mau Franchise Mie Gacoan? Ini Cara Daftar dan Keuntungannya