Bunyi Tri Satya & Dasa Dharma Pramuka Beserta Penjelasannya

Bunyi Tri Satya & Dasa Dharma Pramuka Beserta Penjelasannya


Tiga Sathya dan Dasha Dharma merupakan pedoman yang harus dipahami oleh anggota Pramuka. Biasanya Tri Sathya diucapkan ketika seseorang diangkat menjadi anggota Pramuka. Ia juga memiliki pemelihara dan penegak Tri Satya yang memiliki sedikit perbedaan. Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah suara Tri Satya Pramuka.

Untuk menghormati saya, saya berjanji untuk mengingat hal ini:

  1. Saya memenuhi kewajiban saya kepada Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Panchashila.
  2. Bantu orang lain dalam hidup dan persiapkan diri Anda untuk membangun komunitas.
  3. Pelaksanaan Dasha Dharma.

Jadi, Sedulur, selain Tri Sathyas, adalah Dasha Dharma Pramuka yang perlu dipahami dan dijelaskan.

BACA JUGA: Sejarah Lengkap Pramuka Dunia dan Indonesia

1. Takut akan Tuhan

rumah pin

Ada banyak kewajiban dalam Tri Satya yang harus dipenuhi dan diamalkan, salah satunya adalah mengikuti Dasha Dharma. Dimulai dengan yang pertama, yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ditegaskan di sini bahwa setiap Pramuka memiliki kewajiban untuk bertakwa kepada Tuhan dengan mengikuti segala perintah dan menjauhi segala bentuk larangan-Nya.

Tentu saja ini adalah tangkapan pertama, karena berisi rekomendasi perilaku. Sebagai orang yang percaya, orang bisa menjadi lebih baik. Mereka memiliki pedoman hidup berupa buku-buku dan tokoh-tokoh teladan yang menganut agamanya.

2. Cinta alam dan cinta sesama.

Foto setoran

Poin kedua tidak kalah pentingnya. Ketika Sedulur mencoba yang terbaik untuk memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, penting juga untuk memiliki hubungan yang harmonis dengan orang-orang di sekitarnya. Dalam Tri Satya juga penting untuk menjaga hubungan dengan orang-orang.

Dengan memperkuat perdamaian di antara orang-orang, kita bisa hidup lebih damai. Sungguh luar biasa bisa hidup dengan saling membantu dan tidak berbicara buruk tentang satu sama lain. Hubungan lingkungan yang baik juga berdampak positif bagi kelangsungan hidup kita di dunia ini, bahkan di akhirat, jika kita saling mendoakan.

3. Patriot yang santun dan berakhlak mulia

tiga satya
Topik utama

Anggota Pramuka harus memiliki sikap yang sopan terhadap orang lain. Hindari kesombongan atau perilaku menjijikkan lainnya. Hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri sebagai bagian dari identitas Pramuka. Ketika seseorang kasar, itu mengganggu orang lain, sehingga hanya sedikit orang yang mau menemaninya. Ini juga berkaitan dengan kepercayaan orang lain terhadapnya.

Baca juga  Rumus Keliling Lingkaran Beserta Contoh Soal & Pembahasan

Selain itu, sikap santun dapat ditunjukkan dengan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Artinya, dia tidak senang ribut dan lebih peduli dengan kedamaian, di mana pun dia berada. Tri Sathya dan Dasha Dharma ini mengajarkan kita untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi lingkungan.

4. Taat dan suka berpikir

fimela

Jangan biarkan pramuka mencap pemberontak. Ini tidak berarti bahwa Anda harus mematuhi segalanya, bahkan yang berkaitan dengan hal-hal negatif. Artinya anggota Pramuka harus bertanggung jawab atas apa yang menjadi tugasnya, seperti yang selalu tercantum dalam Dasha Dharma dan Tri Sathya.

Jika ada sesuatu yang tidak diinginkannya, maka ada cara lain yang dapat dilakukan, misalnya melalui musyawarah. Saudara dapat mendiskusikan masalah yang muncul atau apa yang perlu dibicarakan, dan kemudian segera mengambil keputusan bersama.

5. Keinginan untuk membantu dan ketabahan

tiga satya
123doc

Suka menolong merupakan bagian dari kepribadian Pramuka yang disukai banyak orang. Pramuka harus seramah lingkungan mungkin. Biasanya Pramuka sendiri bangga dengan kenyataan bahwa mereka senang membantu mereka yang membutuhkan. Disebutkan juga dalam Tri Sathya.

Selain itu, Pramuka dikenal sebagai pribadi yang kuat dan selalu tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan. Ya, tentu saja, Pramuka bisa menangis. Namun kekuatan dapat ditunjukkan dalam bentuk ketabahan, sehingga bangkit kembali, dan tidak tenggelam dalam kesedihan.

6. Rajin, berpengalaman dan bahagia

Pramuka

Selain itu, dalam Dasha Dharma Pramuka kita mengetahui sikap terhadap ketekunan. Artinya, tidak ada kata malas dalam mencapai tujuan. Biasanya mereka mampu melakukan banyak hal untuk mencapai tujuan mereka. Ini bisa dilakukan dengan semangat tinggi atau dilakukan secara perlahan hingga akhirnya mencapai tujuan.

Ada juga sikap keterampilan dan kegembiraan. Artinya, kerajinan yang dimiliki pramuka dapat menjadikan mereka orang yang lebih terampil dan cakap. Hal ini sangat mempengaruhi penampilannya dalam berbagai kegiatan. Tentu saja, apa yang dia lakukan dapat dilakukan dengan hati yang gembira dan ceria.

7. Cermat, cermat dan bersahaja

tiga satya
rumah pin

Jika Anda berbicara tentang industri yang merupakan akar dari kecerdasan, sekarang ada juga ekonomi yang merupakan akar dari kekayaan. Artinya Pramuka harus bijak dalam mengatur kebutuhannya. Salah satunya menggunakan sikap hati-hati dalam memilih mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya dibutuhkan. Inilah yang ada dalam Dasha Dharma dan Tri Sathya.

Baca juga  Pengertian Tari Berpasangan Beserta Daerah Asal & Contohnya

Kemudian, di tempat ini muncul istilah kesopanan. Orang yang dengan bijaksana mengatur keinginan dan kebutuhan dapat diandalkan dalam hal-hal lain. Menjadi hemat dan berhati-hati, Anda bisa terlahir dengan sosok bersahaja yang akan dikenali banyak orang di sekitar Anda.

8. Disiplin, keberanian dan loyalitas

fimela

Inilah salah satu ciri Pramuka yaitu disiplin. Disiplin di sini termasuk disiplin berkenaan dengan waktu dan perilaku. Pramuka tahu kapan harus melakukan ini dan itu pada jadwal yang telah ditentukan atau pada waktu yang tepat. Kedisiplinan Pramuka dapat diekspresikan dalam pakaian yang rapi, kehadiran yang tepat waktu di acara-acara, komunikasi yang cakap dengan lawan bicara.

Kemudian sikap beraninya dapat tercermin dari kesediaannya menjadi seorang pemimpin, kemauan untuk melakukan yang terbaik, keberanian untuk mencoba, dan keberanian untuk meningkatkan. Pramuka yang baik dikenal berani mengambil keputusan. Ini adalah nilai plus yang bisa menjadikannya primadona dimanapun berada.

Dalam paragraf ini juga terdapat istilah benar. Kesetiaan terhubung tidak hanya dengan pasangan, tetapi dengan segala sesuatu yang menjadi kepribadiannya. Misalnya, dia setia pada negara, bangga dengan kewarganegaraannya. Selain itu, contoh dalam kehidupan sehari-hari dapat diambil dari kesetiaan kepada teman dan tidak mengkhianati persahabatan. Ini isi Dasha Dharma, ini niat Tri Sathya.

BACA JUGA: Dasha Dharma pramuka dengan makna, isi dan makna

9. Bertanggung jawab dan dapat diandalkan

tiga satya
rumah pin

Dasha Dharma selanjutnya masih dikaitkan dengan sikap terpuji yang harus dimiliki setiap orang. Namun Pramuka telah melestarikannya dalam Dasha Dharma kesembilan dan harus mentaati dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ayat ini menyebutkan tanggung jawab dan sikap menjadi orang yang jujur ​​dan amanah.

Ketika dia menyebutkan sebuah janji, itu harus ditepati. Pramuka, jika tunduk pada Dasha Dharma, maka mereka harus dapat bertanggung jawab atas segala sesuatu yang menjadi beban dan tugas mereka. Hal ini menjadi nilai tambah bagi Pramuka Dasha Dharma karena dikenal luas sebagai orang-orang yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab.

Baca juga  Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Penerapannya

Poin ini juga berlaku untuk kepercayaan. Ketika seseorang terbiasa diandalkan untuk menepati janjinya, dia juga dikenal dengan tanggung jawabnya dalam pekerjaannya, maka dia akan dipercaya oleh banyak orang. Pramuka ini sering dipercaya banyak orang karena pegangan ini.

10. Bersih dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

gulungan

Yang terakhir ini murni dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Setiap perilaku yang dicerminkan oleh anggota Pramuka harus dibersihkan dari pikiran, perkataan dan perbuatan buruk. Misalnya, pikiran buruk adalah kebiasaan memiliki prasangka negatif terhadap orang lain. Orang dengan pola pikir negatif cenderung menghindari orang lain karena mereka juga menciptakan suasana negatif.

Dengan kata lain, Pramuka yang terkenal dengan kesopanannya tidak boleh mengucapkan kata-kata kotor, terutama yang menyakiti hati orang lain. Kata-kata cabul juga bisa berupa kata-kata kasar yang tidak pantas untuk dibicarakan. Kata-kata yang baik akan membangkitkan perasaan dan hubungan yang baik dengan orang lain. Orang lain juga akan merasa nyaman berbicara dengan orang yang mengatakan hal-hal baik.

Kemudian orang suci beraksi. Jika pikiran dan perkataannya baik, bisa jadi perbuatannya juga baik. Perbuatan baik tersebut dapat berupa perilaku yang menyenangkan diri sendiri maupun orang lain.

Inilah Dasha Dharma dan Tiga Satya Pramuka beserta penjelasannya. Sedikit yang tahu arti dari sepuluh poin dan tiga poin yang tercantum dalam Dasha Dharma dan Tiga Sathya. Selain itu, ada pula Pramuka Dwi Satya yang harus diketahui, dipahami, dan diterapkan oleh Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Semoga penjelasan tentang Tri Sathya ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan semoga bermanfaat!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super keputusan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini Sekarang!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini baru saja!




https://wvmuseums.org