trenggiling

10 Fakta Tentang Trenggiling, Hewan yang Terancam Punah


Trenggiling adalah spesies mamalia yang sisiknya menutupi seluruh tubuhnya. Hewan ini termasuk dalam ordo Pholidota dan sering disebut trenggiling. Nama trenggiling berasal dari bahasa Melayu yang artinya sesuatu yang berguling-guling. Hal ini berkaitan dengan cara mereka mempertahankan diri yaitu dengan berguling.

Trenggiling adalah salah satu mamalia terlaris di dunia. Dalam satu tahun, ribuan kadal ditangkap dan dibunuh untuk diambil sisiknya. Hal ini karena sisik trenggiling dianggap efektif dalam pengobatan tradisional Vietnam dan Cina. Akibatnya, spesies hewan ini terancam punah akibat perburuan besar-besaran.

Ingin tahu lebih banyak tentang trenggiling? Simak 10 fakta berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 10 Hewan Paling Setia Di Dunia, Lebih Setia Dari Pasangan Anda!

1. Memiliki 8 spesies di Asia dan Afrika

iStock

Trenggiling berasal dari daerah di benua Asia dan Afrika. Dari 8 spesies trenggiling, 4 spesies hanya hidup di benua Asia, dan empat sisanya hidup di benua Afrika. Di Indonesia, sedulur dapat menemukan mamalia bersisik ini di Jawa, Kalimantan dan Sumatera, misalnya di wilayah Semenanjung Kampar.

Rincian kedelapan jenis tersebut adalah sebagai berikut:

  • Trenggiling Sunda.Javanica manis)
  • Trenggiling Cinalucu berjari lima)
  • trenggiling IndiaKrassikaudat yang manis)
  • Trenggiling Filipina (Inggris)culionensis manis)
  • Pohon Hewan Hitam Trenggiling (Fatagin tetradactylus)
  • Trenggiling Raksasa-Bumi (Smutia raksasa)
  • Trenggiling Tanah (Smutsia temminckii)
  • Trenggiling-pohon perut-putih (Fatagin trikuspid)

2. Buat sarang di pohon atau di bawah tanah

trenggiling
iStock

Trenggiling memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda untuk setiap spesiesnya. Namun, panjang tubuh rata-rata mereka diperkirakan antara 30 dan 50 cm.Hewan ini memiliki dua habitat berbeda di antara spesiesnya.

Mereka yang menjalani gaya hidup arboreal membangun sarang di pohon. Sementara yang lain akan lebih banyak berdiam di tanah dan membuat sarang di dalam tanah, menggalinya hingga kedalaman 3 meter.

3. Menggendong bayi dengan ekornya

Sifat trenggiling betina akan menggendong bayinya menggunakan pangkal ekornya. Saat betina mencari makan, bayinya selalu digendong, karena bayi trenggiling memiliki sisik yang lembut dan pucat saat dilahirkan. Bahkan, sang ibu juga akan menyusui bayinya di dalam sarang hingga tiga atau empat bulan sebelum bayi dilepaskan untuk mencari makan sendiri.

4. Dia tidak memiliki gigi, tetapi lidahnya sangat panjang.

satwa
iStock

Trenggiling tidak diketahui memiliki gigi, tetapi memiliki lidah yang sangat panjang yaitu sekitar 40 cm dengan diameter 0,5 cm. Lidah digunakan untuk mengumpulkan makanan dari tanah dengan air liur yang sangat lengket. Bahkan, lidah mereka bisa mencapai sepertiga dari panjang tubuhnya.

BACA JUGA: Lihat peringkat hewan paling berani di dunia dan fakta unik

5. Makan hingga 70 juta semut per tahun

trenggiling
iStock

Apa yang dimakan trenggiling? Punya nama panggilan trenggiling bersisik, hewan ini memiliki kemampuan memakan semut dan rayap dalam jumlah yang sangat banyak. Mamalia pemakan serangga ini mampu mendeteksi sarang semut atau rayap dengan indra penciumannya yang sangat tajam.

Secara umum, mereka akan mengkonsumsi hingga 200.000 semut dan rayap per hari. Ini berarti bahwa mereka akan memakan lebih dari 70 juta semut per tahun.

6. Menelan Kerikil untuk Mencerna Semut

Karena tidak memiliki gigi, semut yang dimakan akan dicerna menggunakan kerikil yang ada di perutnya. Proses pencernaan dilakukan di organ khusus, yang ditutupi dengan keratin.

7. Memiliki fitur khusus seperti Armadillo dan Skunk.

trenggiling
iStock

Mamalia bersisik ini memiliki kemampuan khusus untuk meringkuk menjadi bola saat terancam, seperti halnya armadillo. Mereka juga memiliki kelenjar di dekat anus mereka yang dapat mengeluarkan cairan bau untuk pertahanan diri atau penanda wilayah, seperti yang dilakukan sigung.

Baca juga  Cara Freeze Panes di Excel, Ternyata Gampang Banget!

8 Satu-satunya Mamalia Dengan Sisik

trenggiling
iStock

Trenggiling berkembang biak dengan melahirkan karena mereka adalah mamalia. Tak hanya itu, hewan ini juga merupakan satu-satunya mamalia bersisik di dunia. Sisik yang menutupi seluruh tubuh, terdiri dari keratin, berukuran besar, tumpang tindih, keras dan membentuk hingga 20% dari berat badan.

BACA JUGA: Hewan berlutut, koloni ulat Apa saja tanda-tanda kemunculannya?

9 Kebanyakan Mamalia Dijual Secara Ilegal

satwa
iStock

Trenggiling adalah mamalia yang paling banyak diperdagangkan atau diperdagangkan secara ilegal di dunia. Ini karena kepercayaan bahwa sisik trenggiling dapat digunakan sebagai obat mujarab, dan hidangan yang sangat lezat dapat dibuat dari daging.

Di Indonesia, perdagangan trenggiling adalah ilegal yang dasar hukumnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 dan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 106 Tahun 2018.

Karena perburuan besar-besaran di alam, spesies mereka juga terancam punah. Kedelapan spesies mamalia ini juga telah dimasukkan dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN yang Memerlukan Perhatian Konservasi.

Pada 2019, ada tiga spesies Asia, yaitu Manis Javanica, Manis culionensis, sebaik lucu berjari lima termasuk dalam kategori Sangat Terancam Punah (CR), dan Krassikaudat yang manis status terancam punah atau endangered (EN).

Sementara itu, dua spesies Afrika, yaitu Fatagin trikuspid sebaik Smutia raksasa terancam punah (EN), dan dua spesies lainnya masuk dalam kategori Rentan (VU).

10. Miliki Hari Perayaan Kelas Dunia

satwa
iStock

Keberadaan mamalia ini diperingati oleh United Nations Environment Programme (UNEP) melalui Hari Trenggiling Sedunia atau Hari Trenggiling Sedunia setiap Sabtu ketiga di bulan Februari setiap tahun.

Perayaan tahunan ini merupakan bentuk aksi konservasi yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dunia tentang trenggiling dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan ancaman terhadap spesies tersebut.

Baca juga  Kontak dan Modalnya yang Harus Disiapkan

Nah, itulah informasi tentang keberadaan mamalia bersisik bernama trenggiling. Saya harap informasi ini akan membantu kita untuk lebih memahami pentingnya melindungi hewan yang terancam punah. Mungkin bisa membantu!

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org