Tips menyimpan sayur di kulkas

Jangan Sampai Salah! Ini Tips Menyimpan Sayur di Kulkas


Kulkas adalah peralatan rumah tangga yang melakukan banyak fungsi, mulai dari menjaga daging, telur, dan makanan lainnya agar tidak basi. Kulkas juga dapat menjaga buah dan sayuran tetap segar. Namun, ada beberapa tips untuk menyimpan sayuran di lemari es yang mungkin berguna bagi Anda.

Tidak lepas dari sayuran, termasuk makanan mentah yang cepat basi. Umumnya sayuran hanya bisa bertahan 2-3 hari di luar ruangan. Setelah itu, sayuran akan mulai layu dan berubah warna.

Agar sayuran tetap segar dan tidak berubah warna. Coba ikuti beberapa tips di bawah ini untuk menyimpan sayuran di lemari es.

BACA JUGA: Legendaris! 6 Minuman Segar Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba

Pisahkan buah dan sayuran

Wanita salad itu

Tips pertama untuk menyimpan sayuran lebih lama di lemari es adalah dengan menyortir sayuran sebelum disimpan. Pisahkan sayuran dari buah-buahan. Sebagai aturan, kebanyakan orang membuat tempat untuk menyimpan sayuran bersama dengan buah-buahan. Namun ternyata hal ini justru menyebabkan sayuran lebih cepat busuk.

Ini dilaporkan Nippers dari New York Times, buah-buahan selama penyimpanan akan melepaskan zat etilen. Ternyata zat ini bisa mempercepat pemasakan makanan mentah. Dan ketika zat etilen ini diserap oleh sayuran, justru akan mempercepat proses pembusukan.

Dengan demikian, Anda harus memisahkan buah dan sayuran di tempat yang berbeda. Atau jika keadaan lemari es tidak cukup untuk disimpan dalam keadaan terpisah, Anda bisa memasukkan buah ke dalam kantong plastik.

Jangan lupa bersihkan sayurannya

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas
Dapur

Adik-adik juga harus memperhatikan kondisi sayuran yang akan mereka simpan di lemari es. Karena ketika sayuran yang Anda beli berasal dari supermarket, biasanya akan dalam kondisi baik.

Namun, ketika sayuran dibeli dari pasar, biasanya kondisinya tidak terlalu baik. Misalnya ada daun yang layu dan membusuk, atau ada ulat bulu. Oleh karena itu, harus dibersihkan dan dicuci sebelum disimpan.

Baca juga  Pengertian Suhuf Beserta Nabi-Nabi yang Menerimanya

Ini adalah tip yang sangat penting untuk menyimpan sayuran di lemari es, karena zat yang menempel pada sayuran dapat mempercepat pembusukannya selama penyimpanan.

Pastikan sayuran disimpan dalam kondisi baik

Santapan pembaca

Langkah selanjutnya dalam tips menyimpan sayuran di lemari es adalah cara menyimpannya. Saudara harus menjaga sayuran dalam kondisi baik. Aturan praktis yang baik di sini adalah tidak melipat sayuran dan memasukkannya ke dalam lemari es sampai macet.

Hal-hal seperti itu justru bisa membuat kondisi sayuran menjadi tidak terlalu baik. Karena keadaan sayur pasti rusak atau hancur.

BACA JUGA: 18 jenis bunga hias yang tahan panas dan memberikan keteduhan

Hapus akar dan bagian yang buruk

Beberapa orang umumnya lebih suka memilih sayuran yang masih memiliki akar. Hal ini dikarenakan adanya spekulasi bahwa akar ini merupakan pertanda bahwa sayuran tersebut masih segar saat dibeli. Namun, Sedulur harus memangkas akar dan membersihkannya.

Selain itu, sayuran biasanya memiliki daun dan batang yang jelek. Biasanya kondisi sayuran dan batang ini dapat mempercepat pembusukan jika kondisinya tidak terlalu baik. Karena itu, lebih baik pastikan untuk membuang akar dan semua bagian sayuran yang rusak sebelum menyimpannya.

Menjaga sayuran tetap lembab

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas
Menjaga hidup

Ini dilaporkan Makan dengan baiksayuran mengandung sekitar 90 persen air. Kadar air ini harus dijaga dalam lemari es untuk menghindari pembusukan.

Bratva perlu memastikan kelembapan sayuran saat disimpan di lemari es agar sayuran tidak cepat layu. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan memasukkan sayuran ke dalam plastik dan membuat lubang-lubang kecil di bagian pinggirnya.

Perhatikan suhu lemari es

Suhu lemari es
Pilihan

Menjaga suhu di lemari es juga penting dalam tips penyimpanan sayuran. Selain itu, sayuran seperti brokoli, sawi, kol dan terong disimpan di Sedulur. Sayuran ini mudah kering jika suhunya terlalu rendah.

Baca juga  12 Resep Ayam Semur Nikmat & Praktis, untuk Menu Lebaran

Ini dilaporkan garis kesehatan, sayuran sebaiknya disimpan pada suhu sekitar 2-3 derajat Celcius. Pada suhu ini, kelembapan dan kelembapan sayuran akan terjaga dengan baik.

BACA JUGA: Tips Menjaga Bahan Makanan Sampai Terakhir

Jangan campur sayuran

Saldo Usaha Kecil

Ada beberapa jenis sayuran yang biasa dibeli untuk kebutuhan rumah tangga, seperti sawi, tomat, terong, bayam, brokoli, wortel, dan lain sebagainya. Namun, ternyata setiap jenis sayuran tidak boleh dicampur begitu saja, sedulur.

Sayuran harus dipisahkan dan ditempatkan sesuai dengan jenisnya. Selain untuk memudahkan pemilihan dan pengambilan di lemari es, pemilahan sayuran berdasarkan jenisnya juga dimaksudkan untuk mencegah kontaminasi sayuran oleh zat yang dikeluarkan oleh sayuran lain.

Terlebih lagi, beberapa sayuran dapat melepaskan zat yang mempercepat pembusukan. Ini jelas harus dihindari dalam saran untuk menyimpan sayuran di lemari es.

Periksa sayuran secara teratur

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas
iStock

Tips selanjutnya adalah selalu mengecek sayuran yang disimpan di lemari es secara rutin. Meskipun sayuran dapat disimpan dalam waktu yang lama, pada akhirnya akan ada saatnya sayuran akan layu dan membusuk.

Sebelum hal ini terjadi, Sedulur harus menggunakan sayuran yang masih segar dan segera menggantinya dengan yang segar. Sebagai aturan, sayuran harus siap segera setelah 3 hari disimpan di lemari es.

Jaga agar sayuran tetap utuh

Penyimpanan kulkas
Rotopia

Ada sayuran yang harus disimpan utuh. Hal ini karena setiap bagian sayuran merupakan satu kesatuan, sehingga kandungan airnya akan lebih mudah untuk dipertahankan. Beberapa sayuran yang perlu disimpan utuh, seperti sawi, brokoli, dan selada air.

BACA JUGA: Temui Bouquet Garni, bumbu untuk rasa

Perhatikan sayuran yang tidak bisa disimpan di lemari es

ilmu hidup

Selain itu, tips menyimpan sayuran di lemari es selanjutnya adalah memahami jenis sayuran apa saja yang tidak boleh disimpan di lemari es. Misalnya, tomat tidak boleh disimpan di tempat yang terlalu dingin, karena dapat mempercepat proses pematangan sayuran.

Baca juga  IHSG Hari Ini 16 Agustus 2022 Ditutup Menguat di 7.133,453

Selain itu, ada daun kemangi yang tidak boleh didinginkan. Hal ini karena kemangi sangat sensitif terhadap dingin, sehingga sayuran mudah layu.

Dan kemudian ada kentang, yang harus disimpan di tempat yang gelap dan sejuk. Jangan menyimpan kentang utuh di lemari es karena dapat menghilangkan patinya.

Manfaatkan Wadah Kedap Udara

Alam pertanian segar

Sedulur juga bisa menggunakan wadah kedap udara untuk menyimpan sayuran di lemari es. Menggunakan wadah kedap udara juga dapat mencegah sayuran kehilangan kelembapannya. Cara menyimpan sayuran dalam wadah yang tepat juga tidak terlalu sulit.

Selain itu, cara ini sangat cocok untuk menyimpan sayuran seperti wortel, brokoli dan kentang. Ingatlah untuk mengupas sayuran sebelum menyimpannya. Dan potong kecil-kecil agar bisa menyimpan banyak sayuran di satu tempat dalam wadah kedap udara.

Jaga kebersihan kulkas Anda

Kebersihan kulkas
Daftar

Ini adalah hal terpenting dalam tips menyimpan sayuran di lemari es, yaitu menjaga kebersihan. Tips ini cukup sederhana, namun masih banyak orang yang tidak memperhatikannya.

Pada saat yang sama, ketika lemari es selalu dijaga kebersihannya, semua makanan mentah dan matang yang disimpan akan lebih higienis dan tahan lama.

Itulah tadi tips menyimpan sayur di kulkas, Sedulur. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan agar sayuran yang disimpan tidak mudah busuk dan disimpan lebih lama saat didinginkan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Saudara-saudara!

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org