Tips menyimpan bumbu dapur

Ampuh, 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!


Bumbu dapur umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu bumbu halus dan bumbu mentah. Namun seperti halnya makanan, bumbu dapur juga bisa menjadi basi jika tidak disimpan dengan baik. Sedulur pasti penasaran bagaimana cara menyimpan bumbu dapur agar awet, kan?

Ada beberapa cara sederhana namun efektif untuk menyimpan bumbu dapur Anda. Cara ini tidak hanya membuat bumbu tetap segar saat Anda menggunakannya, tetapi juga membuat bumbu tetap segar untuk waktu yang lama. Langsung saja simak tipsnya berikut ini.

BACA JUGA: 12 Desain Rak Dapur Bumbu untuk Menghias Interior Rumah Anda

Simpan bumbu di tempat yang dingin.

Dapur

Tips pertama untuk menyimpan bumbu dapur adalah dengan menyimpannya di tempat yang sejuk. Bumbu dapur biasanya tidak tahan dengan kelembapan yang tinggi karena dapat menyebabkan jamur.

Namun, Sedulur juga tidak menyimpan bumbu di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena dapat mengeringkan bumbu. Misalnya, Anda harus menyimpan bumbu dapur seperti jahe, kunyit, atau kenkur di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Bumbu tersebut kemudian bisa menyusut dan mengering sehingga tidak optimal dalam pengolahannya.

Simpan bumbu dalam wadah kedap udara.

Tips menyimpan bumbu dapur
Terapi Apartemen

Untuk tips menyimpan bumbu dapur agar tahan lebih lama, Sedulur bisa menggunakan wadah kedap udara yang banyak dijual. Mengapa hal ini penting karena wadah kedap udara dapat menjaga bumbu bebas dari oksidasi yang menyebabkan tumbuhnya jamur atau bakteri.

Cara ini biasa digunakan untuk menyeimbangkan bumbu dapur basah, seperti bawang putih, bawang merah, atau kunyit.

Selain itu, wadah kedap udara dapat digunakan untuk menyimpan bumbu lain yang mudah rusak oleh udara lembab. Hal ini karena wadah kedap udara juga dapat mengurangi kadar air ruang tempat bumbu disimpan.

Baca juga  Al Qur'an Surat Asy Syams dengan Arab, Latin & Terjemahannya

Ini juga cara menyimpan bumbu dapur tanpa kulkas yang bisa Anda coba di rumah.

Selalu perhatikan umur rempah-rempah.

Rempah
Bersembunyi

Sedulur perlu tahu berapa umur bumbu dapur yang dimasak. Bubuk bumbu atau sachet yang dibeli mungkin memiliki masa simpan yang lebih lama, tetapi untuk bumbu mentah atau yang sudah jadi, hal ini harus dipertimbangkan.

Kutipan dari halaman Dapur, salah satu cara untuk mengetahui umur suatu bumbu adalah dengan memberikan label yang menunjukkan kapan bumbu tersebut dibuat. Sehingga saat disimpan di dapur atau di lemari es, bumbu dapat digunakan dalam kondisi yang baik dan segar.

Jauhi kompor

dapur
Bersembunyi

Meski tidak terkena panas langsung, ternyata bumbu dapur bisa rusak atau berubah rasanya jika terkena panas dari kompor. Untuk itu, tips menyimpan bumbu dapur selanjutnya adalah dengan menjauhkannya dari kompor atau area yang terkena panas di dapur.

Menurut penelitian, bumbu dapur sangat sensitif terhadap panas. Mungkin Sedulur mengira panas dari oven yang tidak dipajang tidak terlalu kuat, tapi panas yang terkumpul bisa mempengaruhi rasa bumbu jika ingin menggunakannya. Jadi kamu harus memperhatikan tips penyimpanan bumbu dapur ini ya.

BACA JUGA: 1 sendok teh Berapa gram? Ini adalah cara termudah untuk menghitung

Sebelum kita lanjut ke tips penyimpanan bumbu dapur selanjutnya. Ada kabar gembira untuk para ibu rumah tangga. Bumbu dapur adalah hal yang sangat penting. Namun, ada kalanya Sedulur tidak bisa keluar rumah untuk pergi ke pasar membeli bumbu dapur.

Tidak perlu khawatir, karena Sedulur bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan bumbu dapur tanpa harus keluar rumah. Guys langsung aja download aplikasi super, aplikasi belanja bulanan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Ada banyak bumbu dapur seperti bumbu sachet, merica sachet, dan olahan jahe menjadi bubuk kunyit.

Baca juga  7 Resep Ayam Laos Empuk & Enak untuk Variasi Menu Masakan

aplikasi super tidak hanya kemudahan, tetapi juga peluang untuk mendapatkan keuntungan besar karena banyak promonya. Sedulur juga dapat memulai toko kelontong mereka sendiri dengan grosir dalam aplikasi.

Jadi sedulur tidak hanya memberikan kemudahan saat berbelanja bumbu dan memasak di dapur, lho ternyata sedulur juga bisa mendatangkan keuntungan ekonomi. Menarik bukan?

Jika kamu sudah mendownload aplikasinya dari Google Play Store dan sedang mencoba berbelanja, yuk kita lanjut ke tips penyimpanan bumbu dapur selanjutnya!

BACA JUGA: Dapatkan lebih banyak manfaat, berikut adalah 17 barang penting yang harus Anda miliki di rumah!

Simpan bumbu basah di lemari es

atur bumbu
hal-hal kecil

Bumbu basah atau yang sudah jadi umumnya memiliki umur simpan yang lebih pendek dibandingkan dengan bumbu dapur bubuk. Agar, jika sedulur memiliki bumbu basah yang cukup, maka simpan di lemari es.

Suhu lemari es yang lebih dingin dan lebih dingin membuat bumbu tidak mudah basi dan berjamur. Namun, bumbu basah yang didinginkan biasanya hanya bisa bertahan 4-6 hari. Untuk itu, Sedulur harus berhati-hati dan memperhatikan kesegaran bumbu yang digunakan.

Manfaatkan freezer

Tips menyimpan bumbu dapur
iStock

Nah, tips penyimpanan bumbu selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur kulkas freezer. Sedulur dapat menyimpan banyak bumbu basah di dalam freezer sehingga lebih tahan lama.

Cara ini cukup efektif karena bumbu akan berada pada suhu beku sehingga bisa disimpan hingga 1 bulan lebih. Ini juga merupakan cara paling efisien untuk menyimpan bumbu dapur Anda agar tahan lama. Sedulur juga dapat dengan cepat melelehkan bumbu dengan mencairkan bumbu pada suhu kamar.

Namun, jangan coba-coba menyimpan bumbu halus atau bumbu seperti jahe dan kunyit karena bisa merusak bumbu.

Baca juga  15 Cara Gabung PDF Menjadi Satu dengan Mudah & Cepat

Berikut cara menyimpan bumbu dapur yang baik dan benar di rumah. Semoga tips sederhana di atas bisa membantu Sedulur menjaga bumbu dapur agar tidak mubazir!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org