Tips menyimpan makanan

Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet


Apakah Sedulur termasuk penjaga stok makanan? Jika sudah begini, maka tentunya Sedulur perlu mengetahui tips penyimpanan bahan makanan agar stoknya tetap terjaga. Jika dihitung-hitung, dengan adanya persediaan makanan membuat pengeluaran bulanan lebih hemat.

Menjadi lebih hemat karena kita akan terhindar dari perilaku boros. Bayangkan Anda membeli bahan makanan setiap hari atau setiap dua hari. Saudara dapat membeli makanan yang tidak akan digunakan.

Jadi agar Sedulur lebih hemat saat menyimpan makanan, Sedulur juga perlu mengetahui cara menyimpan bahan makanan agar tahan lama. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 makanan berkalori tinggi untuk menambah berat badan

Tips penyimpanan makanan agar tahan lebih lama

Kompas

Tempat yang cocok untuk menyimpan bahan makanan agar tahan lebih lama adalah lemari es. Selain dapat menjaga kesegaran bahan makanan, lemari es juga memperpanjang umur simpan makanan sebelum membusuk dan tidak dapat diproses.

Namun, tidak semua makanan bisa disimpan di lemari es. Ada beberapa jenis makanan yang bisa disimpan di lemari es sebagai cadangan. Berikut ini adalah jenis-jenis bahan makanan:

  • Ayam, ikan, daging sapi atau karbohidrat hewani lainnya
  • Daging dalam kaleng
  • Makanan beku atau makanan beku
  • Minyak
  • Buah-buahan seperti jeruk, melon dan apel
  • Sayuran yang masih hijau dan segar, seperti sawi, bayam, dan kangkung

Daftar produk di atas termasuk bahan makanan yang Sedulur bisa simpan di lemari es, tapi Sedulur juga tidak bisa sembarangan menyimpannya. Saudara tidak diperbolehkan mencampur daging, sayur dan buah dalam keadaan terbuka.

Cara memasak makanan di lemari es

Ibu dan seterusnya

Salah satu tips untuk menyimpan makanan agar tahan lebih lama adalah dengan menggunakan cara memasak. Jika diterjemahkan, ini adalah persiapan bahan makanan. Hal ini dapat memperpanjang umur simpan produk.

Urutan penyiapan makanan di lemari es dimulai dari jenis bahan makanannya. Pada bagian beku, Sedulur dapat menyimpan makanan seperti daging dan makanan beku lainnya, hal ini dilakukan untuk membekukan daging agar dapat disimpan lebih lama.

Untuk rak paling atas kulkas biasa, Sedulur bisa mengisinya dengan makanan atau minuman kemasan seperti kornet, keju, susu dan makanan atau minuman kemasan lainnya. Selain itu, sedulur juga bisa mengisi rak paling atas dengan tahu atau tempe.

Sedulur dapat menyimpan buah dan sayuran di laci bawah. Tetapi untuk buah-buahan lebih baik jika dikupas, dikupas dan dipotong-potong. Kemudian letakkan dalam wadah tertutup agar buah dapat disimpan lebih lama.

Untuk setiap produk di lemari es, Anda juga bisa menentukan jarak yang kecil antar produk, tujuannya agar sirkulasi suhu lemari es diserap secara merata oleh produk. Disarankan juga untuk mengatur suhu lemari es di bawah 5 derajat Celcius, tujuannya untuk memperlambat pertumbuhan mikroba berbahaya dalam makanan.

Adik-adik juga harus memahami bahwa makanan panas tidak boleh disimpan langsung di lemari es. Tunggu sampai makanan panas kembali ke suhu normal, atau setidaknya berhenti menghasilkan uap panas. Karena uap panas akan membuat kulkas bekerja lebih keras dan mempercepat kerusakan pada kulkas itu sendiri.

BACA JUGA: 13 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami Ampuh

Tips menyimpan makanan di rak atau di lemari

tips menyimpan makanan
Kedua

Tidak hanya mengandalkan kulkas, Sedulur juga bisa menyimpan makanan di rak atau lemari biasa. Namun tidak semua produk bisa disimpan di rak atau di lemari. Biasanya, makanan yang bisa disimpan di rak atau lemari adalah makanan siap saji atau makanan kemasan.

Baca juga  Pengertian, Manfaat, Contoh dan Cara Kerjanya

Produk seperti berikut yang dapat disimpan di rak atau lemari:

  • Roti, selai, biskuit atau jenis kue lainnya
  • Gula, garam, tepung dan bahan kemasan lainnya
  • Minuman atau makanan kaleng
  • Sirup botol, keju, dan mentega
  • Nasi dan beberapa bumbu masak

Agar lebih tertata dan tahan lama, setiap jenis makanan yang akan disimpan di rak atau di lemari bisa terlebih dahulu dikemas dalam topless atau wadah kedap udara lainnya, atau setidaknya tertutup rapat. Ini mencegah serangga masuk ke makanan dan dengan demikian membuatnya tidak cocok untuk diproses.

Saudara juga harus menyadari bahwa untuk setiap jenis makanan kemasan, baik yang disimpan di lemari es atau di rak/lemari, Sedulur harus dengan tegas mencantumkan tanggal kadaluarsa. Ini mencegah Sedulur memproses produk kadaluarsa, yang mungkin mengandung bakteri.

Nah, itulah tips menyimpan makanan yang bisa Anda terapkan di rumah. Dengan menyimpan stok sembako, Anda bisa membuat Sedulur mengelola keuangan rumah tangga dengan lebih efisien.

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org