testimoni

3 Cara Mendapatkan Testimoni untuk Tingkatkan Bisnismu, Mudah!


Ulasan mungkin menjadi parameter produk, terutama di perdagangan elektronik. Orang menggunakannya untuk menilai apakah suatu produk layak dibeli atau tidak. Jadi seberapa penting ulasan?

Simak pembahasan berikut untuk jawabannya. Selamat membaca!

Ringkasan:

  • Review dari konsumen dapat memberikan keuntungan bisnis tertentu, sekaligus bahan evaluasi jika review tersebut berupa kritik.
  • Untuk memudahkan konsumen lain mendapatkan informasi mengenai produk yang kita jual, sebaiknya tambahkan fitur review pada bisnis kita.

Cari produk dengan ulasan positif

Berbelanja merupakan kebutuhan yang tidak bisa kita lewatkan. Tak perlu bertatap muka, kini masyarakat bisa berbelanja menggunakan aplikasi online.

Perkembangan teknologi melakukan apa yang dilakukan banyak orang. Di sisi perusahaan, mereka bisa promosi gratis tetapi menjangkau banyak orang.

Selain kenyamanan, berbelanja on line cukup berisiko dengan penipuan. Oleh karena itu kebanyakan orang membeli barang-barang toko dengan ulasan positif.

Untuk pengguna pasar dan berbelanja on line, ulasan itu penting mengukur kualitas barang dan toko, dan menghindari penjual yang buruk.

Jadi, apa yang harus kita ketahui dari ulasan? Simak ulasan berikut ini, ayo!

Apa itu bukti?

Butuh umpan balik pengusaha on line untuk memenangkan kepercayaan pelanggan. Ulasan yang baik berarti bahwa produk mereka dimintai pertanggungjawaban.

Umpan balik atau ulasan adalah satu bentuk indikasi yang diberikan oleh konsumen berhubungan dengan tingkat kepuasan atau ketidakpuasan terhadap produk.

Orang yang ingin membeli produk serupa mungkin merasa terbantu dengan mendapatkan ulasan dari seseorang yang telah membelinya.

Buktinya sudah ada sejak lama. Namun, penampilannya pasar dan jasa jual beli on line yang lain mengambilnya lagi.

Saat ini, ulasan adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan pelanggan. Dengan demikian, secara tidak langsung, review juga berkontribusi terhadap perkembangan bisnis.

[Baca Juga: Anti Rugi! Berikut Ini 5 Cara Pintar Berbelanja Online]

Manfaat ulasan untuk bisnis dan pelanggan

Selain memudahkan berbelanja, ulasan memiliki manfaat lain bagi pelanggan dan pelaku bisnis:

Alat #1 untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan potensial

Manfaat pertama yang bisa dirasakan kedua belah pihak adalah memercayai. Klien akan percaya merek dengan umpan balik positif.

Sementara merek dapat meningkatkan citra dan menggunakan ulasan positif untuk tujuan promosi. Bahkan jika mereka menerima komentar negatif, mereka akan melakukan perbaikan.

Saran Promosi Gratis #2

Ulasan tentang e-perdagangan pengusaha bisa melakukannya seperti media iklan. Mereka dapat mengutip kata-kata klien untuk menyusun kata-kata dalam iklan.

Pebisnis yang memiliki media sosial juga biasanya mendapat manfaat dari ulasan tersebut. Jika mereka mengunggah kembali tangkapan layar unggahan konsumen, itu akan mendapat tanggapan dari pengguna lain.

[Baca Juga: Biar Kekinian, Ini Tips Membuat Konten Kreatif Untuk Promosi]

Penghargaan Pengusaha #3

Umpan balik bisa apresiasi untuk orang-orang bisnis. Mereka akan merasa dihargai jika toko tersebut memiliki banyak ulasan positif.

Dengan demikian, pelaku bisnis dapat menambah pilihan produk untuk meningkatkan kehadiran pasar mereka. Ulasan juga akan membantu mereka tetap fokus dan berkomitmen untuk melayani pelanggan mereka.

#4 Bahan evaluasi untuk pebisnis

Salah satu manfaat review bagi pebisnis adalah bahan evaluasi. Pelanggan tidak selalu memberikan ulasan positif untuk produk yang mereka beli.

Satu atau dua ulasan negatif akan membantu perusahaan meningkatkan produk. Namun, jika jumlahnya banyak, ada baiknya dilakukan perombakan besar-besaran terhadap produk tersebut.

[Baca Juga: Inspiratif! Strategi Cuan untuk Bisnis Online Bagi Petani]

Bagaimana mendapatkan umpan balik dari pelanggan

Meski mudah, tidak semua orang mau memberikan ulasan. Oleh karena itu, bisnis harus menghargai umpan balik pelanggan saat menanggapinya.

Sebagai aturan, pelanggan meninggalkan umpan balik jika mereka benar-benar puas atau sebaliknya. Jika Anda merasa biasa-biasa saja, kemungkinan besar mereka akan memberikannya bintang.

Tapi jangan khawatir, para pelaku bisnis bisa mendapatkan feedback dengan cara berikut:

#1 Berkomunikasi secara aktif dengan konsumen

Bisnis bukan hanya tentang keuntungan pribadi. Tapi sebagai pelampiasan bagi orang yang membutuhkan sesuatu.

Karena mereka saling membutuhkan, lebih disukai keduanya menjalin komunikasi aktif. Saat ini interaksi dapat terjadi dengan mudah, salah satunya dengan jejaring sosial.

Merekrut administrator respon cepat juga keputusan yang bijak. Dengan cara ini, pelanggan tidak akan merasa ditinggalkan.

Umpan Balik Konsumen Nilai #2

Pelanggan akan memberikan feedback sesuai dengan produk yang mereka terima. Jika jelek, maka mereka akan mengatakan yang sebenarnya.

Meski menyakitkan, para pebisnis harus bersabar menjumpai beberapa komentar buruk yang sesuai dengan konteksnya. Ulasan buruk yang diberikan oleh konsumen mungkin salah satu penyebabnya nilai.

Jika Anda menerimanya dengan baik, itu bisa menjadi titik balik dalam bisnis Anda.

#3 Aktif di media sosial

Media sosial ini adalah cara termudah untuk menghubungi pelanggan. Pebisnis dapat membuat konten yang relevan untuk menarik perhatian.

Dengan begitu, konsumen atau pelanggan akan melihat perkembangan produk favoritnya. Konsumen juga biasanya senang membuatnya cerita tentang produk yang mereka gunakan.

Jika mereka melakukannya dan menandai bisnis Anda, jangan ragu untuk melakukannya Posting ulang. Selain dapat menggunakan ini sebagai promosi, pelanggan juga akan merasa bahwa tindakan ini berharga bagi mereka.

[Baca Juga: Cara Membuat Profil Toko Bisnis Online, Bikin Konsumen Tertarik]

Strategi Menggunakan Ulasan Secara Efektif

Mendapatkan umpan balik positif itu menyenangkan. Pebisnis bisa mendapatkannya jika mengimplementasikan fitur-fitur tersebut dengan baik.

Meski terlihat sepele, sebenarnya penempatan dan Kemudahan akses ke menu ulasan sangat penting pada kesediaan pelanggan untuk meninggalkan ulasan.

Anda dapat mengikuti strategi ini untuk memaksimalkan penggunaan testimonial:

  1. Tempatkan testimonial di awal situs web Anda, misalnya di bagian panel samping atau bahkan headline. Dengan begitu, calon pembeli akan memiliki kepercayaan terhadap produk yang Anda jual. Jika Anda berjualan di media sosial, Anda bisa menampilkan testimoni di cerita utama atau tautan khusus yang mudah diakses dari profil.
  1. Anda dapat menempatkan testimonial di tengah teks penjualan di halaman utama. Calon pembeli akan dengan mudah menemukan informasi ini.
  1. Membuat halaman khusus untuk testimonial adalah ide bagus. Pelaku bisnis dapat menampilkan seluruh ulasan atau kutipan dari ulasan tersebut. Jangan abaikan posisi fungsi ini agar mudah ditemukan.
  1. Untuk hasil yang lebih baik, perusahaan dapat menempatkan testimonial di setiap halaman web. Namun pastikan tampilannya tidak mengganggu aktivitas pembeli dalam mencari produk.

[Baca Juga: 3+ Cara dan Contoh Mengatur Keuangan Untuk Pebisnis Online]

Tinjau contoh

Ulasan bisa menjadi panduan bagi pembeli lain saat hendak berbelanja. Kuantitas pasar kini menyediakan fitur feedback response sehingga calon pembeli baru bisa mendapatkan informasi lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa contoh dari apa yang dapat Anda lakukan template Ulasan yang akan bermanfaat bagi pembeli lain:

  1. Saya sangat suka produknya. Sandal yang saya pesan tiba tepat waktu dan persis seperti yang digambarkan. Sesuai klaim penjualnya, bahannya tidak kaku sama sekali dan nyaman dipakai seharian. Saya akan memesan lagi nanti.
  1. Keluarga saya mendaftar untuk membeli nasi tumpeng dari restoran Mpok Nunu Catering ini. Dan sejak dulu masih enak, meski posisi juru masak digantikan oleh cucu Mpok Nunu. Saya paling suka nasi goreng merah. Ini benar-benar enak.
  1. Saya tertarik untuk membeli losion Hal ini dikarenakan iklan tersebar luas di berbagai media. Saya pikir pernyataan mereka bahwa mereka mengatakan “putih dalam 3 minggu” adalah benar. Nyatanya, “putih” yang dimaksud justru terlihat seperti dempul. Dalam waktu kurang dari tiga minggu, bahkan sedetik setelah dioleskan ke tangan, kulit langsung memutih. Tapi tidak putih di dalamnya. Tapi bahannya losion terbuat dari apa saja. Jika tidak ada perbaikan, ini pesanan saya yang pertama dan terakhir. Terima kasih.

Tinggalkan umpan balik dengan bijak

Review adalah salah satu hal penting saat membeli on line untuk memastikan kualitas produk. Kebanyakan orang akan membeli suatu produk jika ulasannya positif.

Selain menghasilkan review yang bagus, Anda juga perlu mengetahui cara menganggarkan dengan benar, terutama untuk kebutuhan belanja.

Agar tidak khawatir arus kas keuangan, Anda bisa membaca eBuku bebas dari keuanganku Bagaimana membuat anggaran.

Lebih-lebih lagi, Ayolah, atur anggaran bulanan Anda dengan mudah dan praktis aplikasi keuangan saya. Terdapat berbagai fitur lain yang dapat Anda gunakan untuk mencatat dan merencanakan keuangan, kamu tahu. Mungkin berguna…

Ini adalah diskusi ulasan. ayo Membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda untuk lebih memahami. Terima kasih!

Editor: Ari A. Santosa

Sumber referensi:

  • Andre Curniavan. 11 Januari 2021 Ulasan adalah kesan konsumen terhadap proses transaksi, ini adalah keuntungan bisnis. Merdeka.com – https://bit.ly/3XmSujY
  • Awal H Rizky. 15 Januari 2022 Contoh testimoni dan cara mendapatkan testimoni pelanggan. Majoo.id – https://bit.ly/3k9aWOy
  • Saskia Marceno. 06 Mei 2022 Baca terus untuk mengetahui definisi ulasan, manfaat, dan tips cara mendapatkannya dengan mudah dan akurat.. Cermati.com – https://bit.ly/3H1dyHr




https://wvmuseums.org

Baca juga  20 Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, yuk Nonton Lagi!