Terbaru! Serba Serbi Pajak P2P Lending Plus Cara Bayarnya!

Terbaru! Serba Serbi Pajak P2P Lending Plus Cara Bayarnya!


Investasi dalam pinjaman P2P dibayar! Apa yang dikenakan pajak? Anda dapat mengetahui lebih lanjut di artikel ini!

Pajak atas bunga pinjaman P2P mulai 1 Mei 2022

Ada berita untuk investor pinjaman P2P, mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan (PMK) No. 69/PMK.03/2022, pendapatan bunga pinjaman P2P akan dikenakan pajak dan akan mulai berlaku pada tanggal 1 Mei 2022.

Peraturan ini mengatur bahwa pendapatan atau bunga yang diterima dari investasi pinjaman P2P, penghasilan, yang harus dicantumkan dalam SPT Tahunan kreditur (investor).

Pada ayat (2) pasal 3 peraturan tersebut, kreditur yang dimaksud adalah:

  • PP 23 bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap sebesar 15% dari jumlah bruto bunga dan
  • PP 26 bagi Wajib Pajak luar negeri selain bentuk usaha tetap, sebesar 20% dari jumlah bruto bunga.

pajak ini belum finalyang berarti pemberi pinjaman masih harus melaporkan pendapatan bunga mereka dari Platform pinjaman P2P dan melampirkan bukti pemotongan pada saat pelaporan SPT Tahunan.

Jika tarif pajak penghasilan pribadi (PPh21) pemberi pinjaman melebihi 15%, pesan SPT akan menunjukkan jumlah kekurangan pembayaran.

Tentang, Platform pinjaman P2P pihak yang memberikan jasa pinjam meminjam ini wajib melakukan pemotongan pajak sesuai dengan ketentuan di atas.

Jadi pembayaran pendapatan bunga yang dibagikan oleh penyelenggara merupakan jumlah bersih yang telah dipotong pajak.

Perlu diketahui bahwa penyelenggara yang ditunjuk untuk kredit pajak ini adalah perusahaan yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Contoh dan cara membayar pajak atas bunga pinjaman P2P

Maychelie Vincent Liyanto, S.Ak., SH., M.Ak., CFP., CA, salah satu perencana keuangan dari Finansialku, memberikan contoh perhitungan pajak bunga. pinjaman P2Pyaitu:

Perusahaan A membutuhkan pinjaman untuk operasi bisnisnya dan mendekati Lending, sebuah perusahaan aplikasi P2p Lending yang dibuat oleh PT Pendana Bersama.

Investor Bapak B melakukan kegiatan investasi berupa pembiayaan perusahaan A melalui aplikasi “Pemberi Pinjaman”.

Jangka waktu pinjaman adalah 12 bulan dengan pembayaran bunga 10% dari jumlah nominal pinjaman, yang dibayarkan pada akhir periode pinjaman bersamaan dengan pelunasan pokok pinjaman.

Biaya layanan aplikasi Funder sendiri ditetapkan sebesar Rs 1 juta untuk setiap Rs 1 miliar yang didistribusikan.

Berdasarkan pemodelan investasi di atas, maka rincian perhitungannya menjadi sebagai berikut:

Setelah masa pinjaman berakhir, Tuan B akan menerima pengembalian uang pokok pinjaman beserta bunganya, melalui aplikasi Pemberi Pinjaman dengan rincian sebagai berikut:

Pajak pinjaman P2P 2

Jika Anda ingin membahas perpajakan lebih detail, membuat perhitungan pajak yang benar, Anda dapat segera menghubungi Vincent melalui aplikasi Finansialku atau membuat janji dengan menghubungi ada apa keuangan saya di sini.

Spanduk Konsultasi WA - PC
Spanduk Peringatan WA - HP

Sementara itu, bagaimana cara melaporkan pemotongan pajak bunga pinjaman P2P Dalam SPT tahunan ini dapat dilakukan dengan melampirkan bukti pemotongan yang dikirimkan oleh penyedia.

Laporan itu sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Penghasilan dari pembiayaan berupa bunga, terutang dengan pajak penghasilan, pada tanggal 31 Desember tahun buku yang bersangkutan; dan/atau
  • Nilai keuangan yang belum jatuh tempo atau belum menerima penghasilan pada tanggal 31 Desember tahun pajak yang bersangkutan.

Saat Anda melampirkan bukti pemotongan pada SPT tahunan pribadi Anda, pastikan untuk memeriksa bahwa jumlah di kolom “Penghasilan Bersih Domestik Lainnya” dicatat dalam aplikasi tahunan utama SPT untuk menghitung penghasilan kena pajak.

Selanjutnya Anda dapat menghitung pajak penghasilan yang terutang dengan cara mengalikan penghasilan kena pajak dengan tarif PPh sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

[Baca Juga: Pahami Aspek Perpajakan Cryptocurrency Terbaru 2022, Lengkap!]

Jika Anda memerlukan bantuan untuk menyelesaikan SPT pribadi Anda, Anda juga dapat menggunakan layanan CFP untuk membantu Anda menyelesaikan SPT pribadi Anda.

Pelajari juga cara berinvestasi P2P lending yang benar sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Membaca buku Elektronikitu gratis dari Financialku. Klik pada spanduk untuk mendapatkannya.

Iklan banner e-book dapat menghasilkan keuntungan dengan membantu UMKM dan organisasi lain - Internet
eBook Banner Promosi Untung Dengan Membantu UMKM dan Organisasi Lainnya - HP

Apakah Anda memiliki pertanyaan tambahan dari informasi di atas? Jika ya, tulis pertanyaan Anda di kolom komentar, Ya!

Editor: Eunice

Sumber tautan:

  • Andi Madan. 20 April 2022 Pajak bunga pinjaman P2P, mohon baca syarat dan ketentuannya. Acceleran.co.id – https://bit.ly/39PLybz
  • Gina Valerina. 10 Mei 2022 Pajak P2P lending, apa itu dan bagaimana cara melaporkannya?. Koinworks.com – https://bit.ly/38iYXs3
  • Gallantino Farman. 05 Mei 2022 Aturan tarif pajak penghasilan untuk bunga pinjaman P2P. News.ddtc.co.id – https://bit.ly/3N4fiQd




https://wvmuseums.org

Baca juga  10 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula