teknik dasar sepak bola

10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasan Lengkapnya


Di Indonesia, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digemari masyarakat. Bagi anda yang ingin belajar tentang sepak bola, ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu trik dasar bermain sepak bola.

Pemain sepak bola sangat membutuhkan keterampilan gerak kaki dan kaki. Sepak bola dimainkan dalam dua babak, yang masing-masing terdiri dari 45 menit.

Setiap tim sepak bola terdiri dari 11 orang, termasuk satu penjaga gawang. Tujuan utama bermain sepak bola adalah mengarahkan bola ke gawang lawan semaksimal mungkin dan berusaha menjaga gawang itu sendiri agar tidak meleset.

Bagi orang yang ingin bermain sepak bola tentunya perlu menguasai teknik dasar permainan dengan baik. Secara umum, teknik dasar sepak bola dibagi menjadi sembilan.

Berikut adalah trik dasar sepak bola dan penjelasan yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA: Kumpulan contoh Gurindam tentang berbagai topik dan definisinya

1. Teknik menggiring bola (menggiring bola)

pixabay

Teknik pertama yang harus dikuasai adalah teknik menggiring bola. Pemain harus menguasai teknik menggiring bola. Hal ini dikarenakan teknik ini merupakan teknik wajib yang harus dikuasai sebagai skill dasar. Teknik menggiring bola melibatkan membawa bola dengan kaki Anda ke zona pertahanan tim lawan untuk menciptakan peluang mencetak gol.

Ada beberapa teknik menggiring bola, yaitu:

Menggiring bola dengan cepat dan menggiring bola dalam ruangan

Teknik menggiring bola ini dikenal dengan teknik speed dribble, dimana pemain berlari, melempar bola ke depan, dan kemudian mengejarnya. Sedangkan slosed dribbling adalah tentang dribbling dan penguasaan bola yang baik.

Menggiring bola dengan lift

Langkah-langkah teknik menggiring bola dengan punggung kaki yaitu: pertama melihat lurus ke depan, meletakkan kaki di ujung bola, kemudian mendorong bola dengan punggung kaki. Lakukan hal yang sama beberapa kali, lalu berhenti di telapak kaki Anda.

Menggiring bola dengan kaki Anda

Beberapa teknik memimpin dengan kaki, yaitu memimpin dengan kaki bagian dalam, teknik ini dilakukan: melihat lurus ke depan; Putar pergelangan kaki Anda ke luar; Kemudian mulailah mendorong bola dengan bagian luar kaki Anda; Lakukan hal yang sama beberapa kali, lalu hentikan bola dengan telapak kaki Anda.

Menggiring bola dengan kaki bagian luar

Teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian luar, cara yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Ikuti langkah yang sama dengan teknik memimpin dengan kaki bagian dalam. Tapi Anda harus memutar pergelangan kaki Anda ke dalam dan mendorong bola

Baca juga  Kisah Ashabul Kahfi Singkat Beserta Pelajaran Pentingnya  

2. Teknik memukul bola (penembakan)

teknik dasar sepak bola
pixabay

Teknik selanjutnya yang perlu dikuasai pemain adalah menendang bola atau menendang bola. penembakan. Teknik ini digunakan untuk mencetak gol ke gawang lawan, serta untuk melakukan teknik passing. Sedulur fapat menggunakan tiga teknik tendangan yaitu menggunakan telapak kaki bagian luar, telapak kaki bagian dalam dan telapak kaki bagian belakang.

Ketiga teknik tendangan ini juga dapat dilakukan dengan memfokuskan pada sisi gawang mana yang dituju, memposisikan tubuh dengan satu kaki kiri/kanan di sisi bola. Kemudian ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang, memfokuskan energi pada bagian atas kaki dan melihat ke arah yang ditunjukkan.

3. Teknik mengoper bola (jalan)

iStock

Teknik selanjutnya adalah teknik passing atau passing dasar sepak bola. Teknik ini akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan teknik dribbling yang hanya mengandalkan kemampuan individu. Pemain tidak bermain bola sendirian, tetapi memiliki 10 teman di lapangan (selain penjaga gawang) yang siap membantu satu sama lain. Panduan Akan sangat efektif untuk menembus pertahanan lawan.

Teknik ini dapat dilakukan jalan pendek, panjang atau melalui, dan jauh, yang lebih dikenal sebagai umpan tubuh. Teknik ini dilakukan dengan cara menempatkan tubuh menghadap bola, memusatkan perhatian pada pemain yang akan dioper, kemudian menjulurkan dan memutar kaki yang akan memukul bola ke arah pemain, dan mengatur kekuatan kaki Sedulur sesuai jarak dari pemain ke lulus.

BACA JUGA: Kumpulan penawaran menarik beserta definisi dan karakteristiknya

4. Teknik menghentikan bola

teknik dasar sepak bola
pixabay

Setelah mempelajari 3 teknik dasar sepak bola yang dijelaskan di atas, teknik selanjutnya adalah berhenti mengoper bola ke pemain lain. Pemain dapat menghentikan bola dengan dada, pinggul, atau kaki mereka. Dengan menghentikan bola dengan kaki, pemain dapat menggunakan kaki luar, punggung bagian dalam, dan telapak kaki.

Menghentikan bola dengan kaki

Teknik menghentikan bola dengan langkah kaki adalah memusatkan perhatian pada bola yang mengarah ke Anda kemudian menghentikannya dengan bagian-bagian kaki tergantung dari arah datangnya bola. Setelah bola masuk, pastikan Anda tetap aman dari gangguan lawan.

Menghentikan bola dengan pinggul

Cara berhenti dengan pinggul sama dengan cara menghentikan bola. Namun, saat bola melayang, angkat satu kaki, dan saat memegang bola, angkat pinggul. Anda perlu bergerak sedikit agar bola bisa jatuh sempurna di depan.

Baca juga  Bacaan & Doa I'tidal Lengkap Beserta Latin, Arab & Artinya

Menghentikan bola dengan dada

kemudian, untuk berhenti dengan dada, lakukan dengan memusatkan perhatian pada bola yang datang ke arah Anda, maju atau mundur, rentangkan kedua tangan dan dada, lalu pegang bola.

5. Teknik menggiring kepala (tajuk)

teknik dasar sepak bola
iStock

Setelah 4 teknik dasar sepak bola yang dijelaskan di atas, teknik selanjutnya yang perlu dikuasai pemain sepak bola adalah teknik sundulan atau headbutt. Teknik ini akan digunakan ketika seorang pemain tidak dapat menjangkau bola yang terlalu tinggi dan tentu saja untuk menembus gawang lawan serta untuk mengoper. Untuk melakukan teknik ini, Anda perlu menyesuaikan posisi tubuh dan memilih momen yang tepat untuk melompat guna memberi hormat pada bola. Kemudian gunakan dahi ke arah kepala, bukan ke arah atas kepala. Jadi Anda bisa mengarahkan bola sesuai keinginan, dan bola akan meluncur dengan arah dan kekuatan.

BACA JUGA: Rekomendasi 12 kursi teras minimalis yang bikin nyaman

6. Teknik menangkap bola (penangkapan)

okaizon

Teknik dasar tekel bola atau lebih dikenal dengan istilah penangkapan Teknik ini akan Anda gunakan saat ingin mencegat bola di kaki lawan. Untuk melakukan ini, Anda perlu membaca gerakan lawan. Atau bisa juga menghentikan kecepatan umpan lawan. Teknik ini sangat penting untuk bertahan dari serangan lawan, tetapi berhati-hatilah untuk merebut bola dan bukan kaki Anda. Anda bisa mendapatkan kartu kuning atau bahkan kartu merah. Oleh karena itu, Anda harus pintar membaca arah bola. 6 Teknik Dasar Sepak Bola yang telah disebutkan di atas merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pesepakbola.

7. Teknik Melempar Bola

Kedua

Teknik dasar selanjutnya adalah undercut. Teknik ini digunakan untuk bertahan dari serangan tim lawan. Namun, pemain harus berhati-hati saat menggunakan teknik ini karena risikonya sangat tinggi. Saudara dapat melukai lawan dan menerima peringatan dari wasit. Saat melakukan teknik ini, Anda membutuhkan pengaturan waktu yang tepat agar bola berhasil di-tackling. Untuk melakukan ini, Anda perlu mencocokkan kecepatan Anda dengan lawan dan kemudian menurunkan tubuh Anda dengan meluruskan satu kaki, yang berguna untuk menahan bola.

BACA JUGA: Kumpulan contoh pidato penutup untuk semua jenis acara

8. Teknik lemparan ke dalam

pikiran orang

Teknik ini akan digunakan oleh Sedulur ketika ada out di tengah pertandingan atau bola keluar dari tepi kiri dan kanan lapangan. Untuk melakukan teknik ini, Anda harus melempar bola dengan kedua tangan, dan kedua tangan berada di belakang kepala. Saat melakukan lemparan ke dalam, Anda juga bisa memiringkan kaki agar lemparan lebih kuat dan rekan satu tim Anda bisa mendapatkan bola.

Baca juga  Fakta Faroe Island Beserta Letak, Ekonomi & Pemerintahannya

9. Teknik menangkap bola (kiper)

Okezone

Teknik menangkap bola ini dirancang khusus untuk Anda yang ingin bermain di posisi kiper alias kiper. Langkah ini, yang biasa disebut dengan goal hold, merupakan langkah penting bagi mereka sebagai pertahanan terakhir tim. Anda perlu melatih reflek Anda untuk menangkap bola ke kiri dan ke kanan, selain itu Anda juga perlu menguasai teknik menendang dengan kekuatan yang besar.

10. Teknik main sunglap dgn bola bola

Teknik dasar sepak bola.
okaizon

Teknik dasar sepak bola yang terakhir adalah teknik juggling bola. Anda dapat menggunakan teknik ini untuk menunjukkan wawasan permainan bola Anda. Dengan teknik ini, Anda juga bisa melatih penguasaan bola, bahkan bermain dan mengecoh lawan di lapangan. Yang harus Anda lakukan untuk melakukan teknik ini adalah pertama-tama fokus pada bola dan kemudian tarik bola dengan telapak tangan ke arah jari kaki. Saat bola menyentuh jari kaki, angkat kaki agar bola juga terangkat. Fokus dan jangan biarkan bola jatuh ke tanah.

5 teknik dasar sepak bola yang harus dikuasai pemain sepak bola yaitu: memukul bola, menyundul, menghentikan bola, melempar ke dalam dan mengoper atau mengoper bola. Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Sepak bola dimainkan selama 2×45 menit dengan 11 pemain dari masing-masing tim dan 4 wasit.

Nah, itulah penjelasan mengenai teknik dasar yang dibutuhkan pemain sepak bola. Jika Sedulur ingin menjadi pemain sepak bola profesional, Sedulur dapat mempelajari teknik-teknik yang dijelaskan di atas.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi superR. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org