arti taqabbalallahu minna wa minkum

Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum & Cara Menjawabnya


Saat Idul Fitri tiba, Sedulur sering membacakan doa Takabbalallahu minna wa minkum, baik secara lisan maupun tulisan. Sholat ini bermakna bahwa ibadah puasa dan amal yang kita lakukan selama bulan puasa diterima oleh Allah SWT.

Mengucapkan doa ini kepada orang lain merupakan salah satu sunnah Nabi dan para sahabat yang harus kita amalkan. Jadi, apa itu Takabbaallahu minna wa minkum rumaisho dan bagaimana menjawabnya? Yuk simak ulasan selanjutnya.

BACA JUGA: Arti Uhti, Saudara, Saudara, Saudara beserta artinya dan contohnya

Takabbalallahu minna wa minkum adalah

pilih bebas

Saudara-saudara harus tahu bahwa takabbaallahu minna waminkum adalah doa yang sering kita ucapkan saat Idul Fitri dan Idul Fitri. Doa ini didasarkan pada laporan dari Jubair bin Nafir yang mengatakan bahwa “Ketika para sahabat Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) bertemu di Idul Adha, mereka akan mengucapkan takabbalah minna wa minkum.”

Pengucapan Taqabballallahu minna wa minkum untuk wanita tidak berbeda dengan pengucapan untuk pria. Karena doa ini umum dan tidak hanya untuk pria atau wanita.

Hukum bertanggung jawab

taqabbahu minna wa minkum
iStock

Saudara-saudara, perlu diketahui bahwa ketika seseorang mengucapkan Takabballahu minna wa minkum siyamana wa siyamakum, wajib untuk menjawabnya. PADA Majmu Fatawa (24/253) Ibnu Taimiyah pernah ditanya tentang dasar hukum syariat dalam perayaan Idul Fitri. Setelah itu beliau mengatakan bahwa ucapan takabbaallahu minna wa minkum harus dijawab.

“Takabballahu dan sejenisnya, beberapa sahabat melaporkan bahwa mereka melakukan ini, dan beberapa Imam seperti Ahmad dan lainnya diizinkan. Tetapi Ahmad berkata: Saya tidak ingin memulainya terlebih dahulu, tetapi jika seseorang memberi tahu saya ini, saya akan menjawab, karena ini adalah jawaban ucapan selamat, yang wajib.

Baca juga  Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir Serta Cara Mengatasinya

Adapun Taqabballallahu minna wa minkum wa taqabbal ya karim yang artinya “Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan kalian semua dan menerimanya, ya Allah.

BACA JUGA: Sejarah dan Isi Perjanjian Hudaybiya, Diplomasi Nabi S.A.V.

Jawaban lengkap takabbaallahu minna wa minkum

taqabbahu minna wa minkum
iStock

Mungkin sebagian dari para Sedulur masih belum paham bagaimana menjawab doa-doa yang sering dipanjatkan saat lebaran ini. Jawabannya cukup sederhana. Sedulur cukup menjawabnya dengan mengucapkan “Amin” atau “semoga Allah menerimanya SWT”.

Namun, akan lebih baik jika Sedulur menjawabnya dengan lebih baik. Seperti halnya firman Allah SWT dalam surah An-Nisa Al-Qur’an ayat 86 yang artinya: “Jika kamu disapa dalam bentuk apapun, maka balaslah salam yang paling baik atau balaslah dengan yang seperti itu. ” (Sura an-Nisa, ayat: 86).

Jadi jika ada yang mengucapkan doa “takabbalallahu minna wa minkum”, maka saudara-saudara sekalian bisa menjawab dengan ucapan atau doa “minna waminkum takobbal ya kareem”.

Arti dari jawabannya adalah: “Ya Allah SWT, terimalah amal kami dan kamu.”

BACA JUGA: Arti Nama Laukhul Mahfudz dan Ciri-cirinya Disebutkan Dalam Al-Qur’an

Keutamaan Takabballahu minna wa minkum wa jaalana minal wa iyyakum

taqabbahu minna wa minkum
pilih bebas

Berikut keutamaan membaca doa yang sering kita panjatkan saat Idul Fitri dan Idul Adha yang perlu diketahui saudara-saudara.

1. Dimasukkannya Sunnah

Keutamaan pertama adalah hidup sesuai dengan Sunnah, yang dicontohkan oleh para sahabat dan yang mendapat legitimasi dari Nabi Muhammad. Keutamaan hidup menurut Sunnah adalah bahwa Anda akan menerima pahala yang sama dengan pahala orang-orang yang mengikutinya. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah menyatakan:

ا لَ ا النَّاسُ انَ لَهُ لُ لَ ا لا ا

Baca juga  Sifat-Sifat Bayangan yang Dihasilkan Berbagai Macam Cermin

Artinya: “Barangsiapa yang menghidupkan sunnah dari sunnahku kemudian mengamalkannya oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) yang sama dengan pahala orang yang mengamalkannya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun” (HR. Ibnu Maja) . ; Sahih ligairikh).

2. Allah akan menjawab doa

Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya jika dia berdoa. Dan sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 186 yang berbunyi:

الاعِ ا ا

Artinya: “Aku kabulkan doa orang yang berdoa ketika dia meminta kepada-Ku” (Al-Baqarah: 186).

Pada saat yang sama, mengucapkan doa takabbaallahu minna vaminkum dapat membawa penerimaan doa oleh Allah SWT.

3. Allah SWT menerima amalnya

Saudara-saudara tentunya ingin puasa dan amalnya diterima oleh Allah SWT. Untuk melakukan ini, Anda bisa mencoba meniru cara teman Anda berdoa, seperti membaca taqabbalah. Karena Allah telah berjanji untuk menerima doa hamba-Nya, maka kita harus yakin bahwa jika kita berdoa doa ini, Allah akan mengabulkannya, menerima amal kita dan amal saudara kita, bahwa kita mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri dengan tawaran ini. .

Demikian penjelasan tentang doa-doa yang sering digunakan saat Idul Fitri dan Idul Adha. Banyak sekali manfaat dari Sholat Takabbalahu minna vaminkum ini, salah satunya adalah menjalani sunnah Nabi yang akan dibalas pahala seperti yang mengamalkannya.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.

Baca juga  Cara Nambah Pemasukan Buat Anak Muda




https://wvmuseums.org