topup gopay

Bikin Terkesan! 10 Contoh Surat untuk Guru dan Cara Membuatnya


Anda dapat mengungkapkan rasa terima kasih kepada siswa kepada guru dengan menulis surat kepada guru.

Saat ini,Keuanganku telah merangkum cara menulis surat untuk guru beserta contohnya yang bisa kamu jadikan link berikut.

Ringkasan:

  • Mengirim surat kepada guru Anda bisa menjadi cara untuk menghargai dedikasinya, apalagi jika Anda bisa menulis dengan baik.
  • Untuk menulis surat kepada seorang guru, Anda perlu memperhatikan bagian-bagian surat itu.

Cara menulis surat untuk guru

Menulis surat adalah salah satu cara termurah untuk berkomunikasi dan dapat mengesankan penerimanya.

Surat hadir dalam banyak jenis mulai dari surat resmi, surat resmi hingga surat pribadi.

Surat pribadi adalah surat yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Biasanya seseorang membuat surat pribadi tentang hal-hal pribadi atau pribadi penulis.

Surat ini bisa menjadi sarana komunikasi antar anggota keluarga, sahabat, sahabat, kerabat dan sebagainya.

Saat ini,dalam artikel ini kita akan membahas keuangan saya bagaimana menulis surat yang baik dan sopan kepada guru kesayangan.

Bagian dalam menulis surat

Menulis surat untuk guru tidak boleh sembarangan atau sembarangan. Di sisi lain, menulis surat adalah cara yang lebih sopan untuk menjaga hubungan persahabatan antara siswa dan guru.

Sedangkan surat bersifat pribadi dan santai tanpa kop surat, surat kepada guru juga memiliki ketentuan khusus.

Teman keuangan saya harus memperhatikan beberapa bagian surat sebelum menulis surat pribadi kepada guru. Berikut penjelasan lengkapnya.

[Baca Juga: Contoh Surat Formal dalam Bahasa Inggris, yuk Pelajari!]

No.1 Tempat dan tanggal penulisan surat

Langkah pertama, Anda perlu menulis tempat dan tanggal penulisan. Ini harus memberi tahu penerima kapan dan di mana Anda membuat email.

#2 Nama dan alamat penerima surat

Kemudian daftar nama dan alamat penerima surat jelaskan kepada siapa surat itu ditujukan.

#3 Pemula

Selanjutnya, mitra keuangan saya harus menulis kalimat pembuka surat. Biasanya, pembuka surat berisi ungkapan terima kasih. penulis untuk kesempatan bagi mereka untuk menyampaikan pesan.

Di bagian pengantar, Anda harus terlebih dahulu menceritakan kabar tentang diri Anda, lalu menanyakan kabar penerima surat.

#4 Isi

Setelah menulis ucapan terima kasih, teman keuangan saya bisa menulis semua informasi dan perasaan yang ingin Anda sampaikan kepada penerima.

Biasanya, surat pribadi tidak memiliki batasan atau kriteria yang jelas mengenai jumlah paragraf. Sebagai pengirim, Anda dapat menulis satu hingga tiga paragraf sekaligus.

# 5 Sampul

Setelah Anda selesai menyampaikan semua informasi dan perasaan, Anda dapat mengakhiri surat pribadi dengan kata-kata mengungkapkan permintaan maaf dan harapan kepada penerima.

#6 Nama dan tanda tangan pengirim

Di akhir surat masukkan nama pengarang. Ini harus memberi tahu siapa pengirim atau penulis surat itu.

[Baca Juga: 10 Contoh Surat Undangan Rapat dan Cara Membuatnya, Mudah!]

Contoh surat untuk guru

Setelah mempelajari cara menulis surat untuk seorang guru, sobat keuangan juga harus memperhatikan ciri-ciri bahasa yang kamu gunakan.

Meskipun ini bukan surat resmi, surat guru juga harus digunakan. bahasa dan struktur kalimat yang santun, santai, dan mudah dipahami.

Teman keuangan saya mungkin juga menggunakan bahasa yang tampaknya lebih akrab bagi penerimanya.

Namun, tetap gunakan ejaan dan tanda baca yang tepat agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan agar penerima dapat memahami dengan benar.

Untuk lebih jelasnya, Finansialku telah mengumpulkan 10 contoh surat guru yang dapat membuat guru terkesan.

Surat #1 untuk Hari Guru Nasional

Bandung, 25 November 2022

Mahal

Bunda Maria Lutfiana

di SMA Negeri 16 Bandung

Assalamualaikum Vr. Wb.

Sebelumnya saya doakan semoga selalu sehat dan bahagia. Dengan surat ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas layanan yang telah Anda berikan, dedikasikan, dan atas kesabaran Anda dalam mengajar kami.

Tuhan telah melapangkan hatimu, memberimu kesabaran, kekuatan untuk melawan kami yang keras kepala. Anda telah mendedikasikan waktu dan tenaga Anda untuk generasi bangsa agar bersinar di masa depan. Anda seperti lampu penuntun di tengah kegelapan pekat, yang menuntun di sepanjang jalan kebenaran menuju berbagai ilmu kehidupan.

Terima kasih telah menjadi teman, pembimbing, dan inspirasi saya. Aku tahu tidak mungkin membalas kebaikanmu. Saya hanya bisa berdoa agar Anda selalu berada di bawah perlindungan Tuhan dan menerima pahala tanpa henti. Hari Guru.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Adelia Ristianing

# 2 Surat untuk menyampaikan berita tentang diri Anda

Bandung, 17 Maret 2022

Mahal

Ibu Ratih Mayangsari

di tempat

Saat kamu membaca surat ini, aku sudah keluar dari sekolah tempat Iba Ratih mengajar untuk mengikuti jejak orang tuaku yang terus berpindah-pindah posisi. Saya harap Anda selalu sehat, oke?

Aku rindu ketulusan yang kalian berikan kepada semua siswa termasuk aku. Ibu Ratih mungkin terlihat tegas di mata siswa lain, tetapi Anda adalah guru terbaik saya. Aku mengerti apa yang kau lakukan adalah yang terbaik untuk kita semua.

Ada banyak hal yang ingin saya ceritakan kepada Anda, tetapi saya harus mengakhirinya di sini. Saya harap Anda tidak akan melupakan saya sebagai salah satu siswa Anda.

Aku merindukanmu,

Rani

#3 Surat untuk guru favoritmu

Bandung, 9 Desember 2022

Mahal

Ibu Kiki Africani

di tempat

Dengan hormat,

Halo Mbak Kiki. Apakah kamu baik-baik saja? Terima kasih atas layanan yang telah Anda berikan kepada kami semua selama tiga tahun terakhir. Kami sangat berterima kasih kepada Anda karena telah menjadi guru kelas kami.

Teman sekelas kami mengumpulkan barang-barang ini untuk diberikan kepada ibu mereka. Kami berharap dengan barang-barang ini Anda akan terus mengingat kami sebagai siswa terbaik Anda. Kami juga berharap semoga hari-hari Anda menyenangkan.

Doa terbaik untuk ibu kita. Saya harap Anda tidak melupakan kami, oke?

Sungguh-sungguh,

Siswa kelas XII IPS 1

[Baca Juga: Kumpulan 15 Puisi Guru yang Memotivasi dan Penuh Makna]

#4 Surat untuk Mengucapkan Terima Kasih

Jakarta, 10 September 2022

Mahal

Ibu dari Ajeng Kartika

di SMA Negeri 70 Jakarta

Apa kabar Tante Ajeng? Masih ingat Adelia Ristianing atau yang sering disapa Adele? Aku yakin kau tidak melupakanku, yang selalu mengganggu di sekolah. Tapi kamu selalu dengan sabar membantu menyelesaikan masalah yang tak terhitung jumlahnya karena kamu adalah wali kelas terbaik sepanjang masa untukku.

Ibu Ajeng, saya ingin mengucapkan terima kasih atas ilmu, bimbingan dan ajaran yang telah diberikan kepada saya. Saya tidak akan berada pada tahap ini jika saya tidak mengikuti instruksi Ibu sejak awal.

Mungkin hanya ini yang ingin saya sampaikan melalui surat. Semoga Ibu Ajeng selalu dilimpahkan kesehatan dan kebahagiaan. Terima kasih banyak, Ibu.

dari siswa Anda

Adelia Ristianing

# 5 Surat Selamat Tahun Baru

Jakarta, 31 Desember 2022

Mahal

ibu Kartika

di SMA Negeri 22 Jakarta

Halo Ibu Kartika! Apa kabar? Semoga kesehatan dan kebahagiaan selalu menyertaimu. Saya Rizki Auliya masih harus ingat ya bu?

Pada tanggal 31 Desember tahun ini, saya menulis surat untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada ibu saya. Semoga tahun depan Bunda selalu mendapat nikmat dan selalu dalam lindungan Tuhan.

Beberapa surat dari saya. Jika Anda punya waktu, saya sangat ingin bertemu dengan Anda kapan-kapan selama liburan Anda di rumah. Semoga segera terwujud!

Aku merindukanmu,

Rizki Aulia

[Baca Juga: 7 Kegiatan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

 

#6 Surat untuk Guru yang Pindah Sekolah

Jakarta, 19 Juli 2022

Yth.

Ibu Lisa Purnawanti

di SMA Negeri 10 Jakarta

 

Ibu Lisa yang kami cintai.

Bagaimana kabar Ibu? Semoga sehat selalu, ya.

 

Kelas menjadi sunyi setelah Ibu Lisa berhenti mengajar di sekolah kami. Canda dan tawa Ibu begitu menyenangkan. Nasihat-nasihat yang Ibu berikan pun membuat kami rindu. Kami semua kangen dengan Ibu Lisa. Kerinduan kami hanya bisa kami sampaikan lewat doa dan surat ini.

 

Saya yakin, Ibu sudah mendapat murid-murid baru di sekolah lain. Meski sudah mendapat murid baru, tolong jangan lupakan kami, ya, Bu.

 

Semoga Ibu sehat selalu dalam perlindungan-Nya.

 

Salam rindu,

Murid Kelas XI IPA 2

 

#7 Surat untuk Memberi Kabar Keberhasilan Diri

Bandung, 21 Juni 2022

Yth.

Ibu Ranti

di SMA Negeri 16 Bandung

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Apa kabar, Ibu Ranti? Semoga kesejahteraan, keselamatan, dan kesuksesan selalu menyertai Ibu seterusnya.

 

Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas jasa Ibu selama di sekolah. Setiap teguran yang Ibu berikan kepada saya membuat saya tersadar dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Kini, saya telah berhasil menjadi mahasiswa di Universitas Negeri ternama berkat arahan Ibu. Hal ini merupakan kebanggaan bagi saya sekaligus menandakan Ibu Ranti mampu mendidik muridnya dengan baik. Saya sangat menghargai kerja keras Ibu.

 

Mohon maaf bila selama ini saya membuat Ibu kewalahan di sekolah. Semoga Ibu menyadari kehebatan Ibu sebagai seorang guru. Terima kasih.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Hormat Saya,

Devano Narendra

 

#8 Surat Memberi Kenang-kenangan untuk Guru

Malang, 20 April 2022

Yth.

Ibu Priska Laila

di SMA Negeri 23 Malang

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Saya Nara Aulia, murid kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 23 Malang. Selama beberapa minggu, saya izin tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah karena mengikuti program student exchange di Jepang. Pada hari ini, saya sudah kembali bersekolah karena program tersebut sudah berakhir.

 

Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas rekomendasi Ibu sehingga saya bisa mengikuti program yang sudah saya idam-idamkan ini.

 

Bersama ini juga saya kirimkan kenang-kenangan dari Jepang yang saya beli pada saat mendatangi Tokyo. Mudah-mudahan berkenan, ya, Bu.

 

Demikian dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Ibu selama ini.

 

Hormat Saya,

Nara Aulia

 

#9 Surat untuk Memohon Maaf

Malang, 15 September 2022

Yth.

Ibu Priska Laila

di SMA Negeri 23 Malang

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Semoga surat ini diterima oleh Ibu Priska dengan baik dan Ibu ada dalam keadaan sehat. Saya Nara Aulia ingin menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan yang saya perbuat saat duduk di kelas XII IPS 2.

 

Mungkin Ibu sudah lupa, tapi masih teringat jelas di memori saya atas kejadian ketika saya tidak menghiraukan saran dari Ibu dalam menentukan jurusan yang akan dipilih saat akan kuliah. Dulu Ibu menyarankan untuk mengambil jurusan Sastra Inggris. Namun karena masih sangat idealis, saya tetap teguh memilih jurusan Hubungan Internasional.

 

Setelah pengumuman SNMPTN, saya diterima Hubungan Internasional di kampus ternama di kota ini. Namun setelah dijalani, saya sangat tidak menikmati prosesnya selama 2 semester awal. Karena merasa tidak cocok, di tahun selanjutnya saya memutuskan untuk mengikuti ujian masuk jurusan Sastra Inggris. Seandainya saya sejak awal mengikuti rekomendasi Ibu Priska, tentu saya tidak akan menghabiskan waktu satu tahun tersebut dengan sia-sia.

 

Cukup sekian yang ingin saya sampaikan. Semoga Ibu Priska selalu dilimpahkan kesehatan dan kebahagiaan. Sekali lagi saya ucapkan mohon maaf dan terima kasih kepada Ibu Priska.

 

Salam hormat dari muridmu,

Nara Aulia

[Baca Juga: Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dan Cara Membuatnya]

#10 Surat untuk guru dalam bahasa Inggris

Jakarta, 10 September 2022

Ibu Prisca Laila yang terhormat,

Dalam surat ini saya menulis kepada Anda sebagai mantan siswa dan sebagai teman. Rasa terima kasih yang saya rasakan atas kehadiran Anda dalam hidup saya tidak ternilai harganya. Anda menginspirasi, melibatkan, dan memberdayakan siswa Anda setiap hari dan saya ingin Anda tahu bahwa saya sangat menghargai perhatian dan perhatian Anda.

Terima kasih atas waktu, kesabaran, dan kenyataan Anda. Yang selalu memberi semangat, dukungan dan perhatian kepadaku. Terima kasih telah menginspirasi saya untuk belajar dan telah membantu orang lain sebanyak yang Anda lakukan.

dengan terimakasih,

Nara Aulia

Buat kesan terbaik pada guru favorit Anda

Berikut cara menulis surat pribadi untuk guru beserta 10 contoh yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Selain surat, tidak ada salahnya jika ingin memberikan kenang-kenangan lainnya.

Selama Anda beradaptasi anggaran dan kondisi keuangan. Karena yang terpenting bukan seberapa mahal harganya, tapi keikhlasan dan keikhlasan untuk memberikannya.

Agar tidak mengganggu arus kas dari sudut pandang keuangan, Anda seharusnya menganggarkan biaya tersebut. Atau Anda juga dapat merencanakan keuangan Anda aplikasi keuangan saya.

Dengan aplikasi ini, Anda akan lebih mudah untuk membuat anggaran, mencatat keuangan, dan membuat rencana keuangan jangka pendek, menengah, atau panjang.

Ayo, unduh daftar sekarang dan nikmati kemudahan mengelola keuangan Anda di ujung jari Anda.

Nah, berikut ini adalah penjelasan surat untuk guru yang perlu sobat keuangan ketahui agar tetap terjalin silaturahmi dengan guru kesayangan di sekolah.

Bagikan juga artikel ini kepada teman-teman sekolah Anda agar mereka dapat mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada para guru. Semoga bermanfaat, ya. Terima kasih.

Editor: Ari A. Santosa

Sumber tautan:

  • Berita harian. 25 Agustus 2021 Sangat sederhana, berikut cara membuat surat pribadi. Kumparan.com – https://bit.ly/3G5DyAF
  • Disfira Ica Amelia. 16 November 2022 11 contoh surat pribadi untuk guru dan tips untuk menulisnya. Pinhome.id – https://bit.ly/3Wgh2em
  • Adelaide Wretta. 09 Agustus 2022 10 contoh surat pribadi untuk guru favorit Anda, baik dan sopan. Detik.com – https://bit.ly/3HTB0Hh




https://wvmuseums.org

Baca juga  Seluk Beluk Barang Substitusi, Dari Pengertian Sampai Contohnya