surah al maidah ayat 48

Surat Al Maidah Ayat 48 Beserta Arab, Latin & Terjemahannya


Salah satu ayat Al-Qur’an yang memiliki makna mendalam adalah ayat 48 Surat Al-Maidah. Ayat ini menjelaskan turunnya kitab suci Al-Quran sebagai pembawa kebenaran kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, setidaknya ada dua perintah Allah SWT yang dijelaskan dalam ayat tersebut. Misalnya persaingan dalam kebajikan dan perintah untuk menyelesaikan kasus-kasus yang ada berdasarkan Alquran yang diturunkan. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Arti dan Makna Alif Lam Mim di Awal Surat Al-Qur’an

Surat Al Maidah

Dakwah Bersama

Surah Al-Maida adalah surat kelima dari Al-Qur’an, terdiri dari 120 ayat. Surah ini memiliki makna makanan, juga menceritakan tentang peristiwa hari raya Nabi Isa dengan hidangan yang turun dari surga sebagai hadiah.

Surah Al-Maida diturunkan di kota Madinah, dan ayat-ayat di dalamnya diturunkan setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke kota Madinah pada saat haji Wada atau haji terakhir. Aksara arab, latin, terjemahan, tafsir salah satu ayat surah ini, yaitu ayat 48, akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian selanjutnya.

Surah Al Maida, ayat 48, tulisan Arab.

وَأَنزَلْنَآ إِلَيْكَ ٱلْكِتَٰبَ بِٱلْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَٱحْكُم بَيْنَهُم بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَآءَهُمْ عَمَّا جَآءَكَ مِنَ ٱلْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَٰحِدَةً وَلَٰكِن لِّيَبْلُوَكُمْ فِى مَآ ءَاتَىٰكُمْ ۖ فَٱسْتَبِقُوا۟ ٱلْخَيْرَٰتِ ۚ إِلَى ٱللَّهِ لِفُونَ

BACA JUGA: Al-Quran Surah Al-Hajj Ayat 7, Jaminan Hari Pembalasan

tulisan latin

Wa anzalnā ilaikal-kitaba bil-haqqi muṣaddiqal limā baina yadaihi minal-kitābi wa muhaiminan ‘alaihi faḥkum bainahum bima anzalallahu wa lā tattabi’ ahwā`ahum ‘ammā jā’aka minal-ḥaqqjalla- khali’likulāmu an fa yunabbiukum bima kuntum fihi tahtalifun

Arti terjemahan

Itu berarti: “Dan Kami turunkan Kitab (Al-Quran) kepadamu (Muhammad) dengan benar, membenarkan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan memeliharanya, maka putuskan perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah kamu mengikuti mereka. keinginan. meninggalkan kebenaran yang telah diturunkan kepadamu.

Untuk setiap umat di antara kamu, Kami telah memberikan aturan dan jalan yang jelas. Jika Allah berkehendak, Dia akan menjadikan kamu satu umat (hanya), tetapi Allah ingin menguji kamu dengan karunia yang Dia berikan kepadamu, maka berlombalah dalam kebaikan. Hanya kepada Allah-lah kamu semua kembali, kemudian Dia akan memberitahukan kepadamu apa yang kamu perdebatkan

BACA JUGA: Mengenal ayat Al-Qur’an tentang Maulid Nabi dan hikmahnya

Tafsir Surat Al Maida ayat 48

surat al-maidah ayat 48
iStock

Ini Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadeer Sheikha Dr. Muhammad Sulaiman Al-Asikar, Tafsir Mudarri dari Universitas Islam Madinah.

  1. لْنَآ لَيْكَ الْكِتٰبَ الْحَقِّ (Dan Kami turunkan kepadamu Kitab dengan benar).

Kalimat ini merujuk pada Nabi Muhammad. Padahal arti kitab dalam kalimat ini adalah Al-Qur’an.

ا لِّمَا الْكِتٰبِ (membenarkan kitab-kitab sebelumnya).

Artinya kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah SWT. Hal ini karena Al-Qur’an berisi perintah untuk memanggil Allah SWT dan perintah untuk melakukan kebaikan dan mencegah kejahatan, seperti buku-buku sebelumnya juga berisi hal-hal ini.

ا لَيْهِ (dan batu ujian dari kitab-kitab lain).

Yaitu sebagai saksi atas kebenaran kitab-kitab terdahulu, pelindung yang tidak shahih, pelindung yang bertentangan dengannya, pelindung prinsip-prinsip syariat di dalamnya, acuan dalam masalah hukum yang masih berlaku atau tidak, dan penjelasan tentang apa yang telah sangat diubah oleh pendeta …-pendeta Yahudi dan Kristen.

احْكُم لَ اللهُ (Pecahkan kasus mereka menurut apa yang diturunkan Allah).

Baca juga  Rumus IF Excel Beserta Cara Menggunakan dan Contohnya

Yakni, Al-Qur’an.

لَا (dan jangan mengikuti keinginan mereka).

Yakni, mengikuti hawa nafsu pemeluk agama-agama sebelumnya dan konversi mereka ke agama. Dan jangan berbalik dan tersesat.

ا الْحَقِّ (menolak kebenaran yang telah datang kepadamu).

Inilah kebenaran yang diturunkan kepadamu, karena setiap pemeluk agama ini ingin tetap dalam keadaan dan apa yang mereka terima dari nenek moyang mereka, meskipun itu palsu dan diizinkan, atau disesatkan oleh hukum yang diberikan oleh Allah. . Allah menurunkan Swt kepada nabi mereka, serta hukum rajam dan lain-lain yang mereka ubah dari kitab-kitab Allah Swt.

لِكُلٍّ لْنَا اجًا (Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang jelas).

Yaitu, penciptaan Taurat untuk orang Yahudi dan Alkitab untuk orang Kristen, dan ini adalah ketika Syariah sebelumnya tidak disetujui oleh Al-Qur’an. Adapun setelah itu tidak ada lagi syariat, aturan dan pedoman hidup, kecuali yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

لَوْ اللهُ لَجَعَلَكُمْ (Seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikan kamu satu umat saja).

Yaitu, satu Syariah, satu kitab dan hanya satu rasul.

لٰكِن لِّيَبْلُوَكُمْ (tetapi Allah ingin menguji kamu).

Tes ketidaksepakatan syariah.

ا (Hadiahnya untukmu).

Artinya, apa yang diturunkan kepadamu berupa berbagai hukum. Hal ini untuk menguji batas-batas ketaatan setiap ummat dalam menjalankan syariat, apakah mereka menjalankannya dan menaatinya atau meninggalkannya dan cenderung syahwat dan menjual hidayah dengan tipu daya. Ada juga dalil dalam ayat ini yang menjelaskan bahwa karena itulah terdapat perbedaan syariat.

اسْتَبِقُوا۟ الْخَيْرٰتِ (maka berlombalah untuk berbuat baik).

Yakni, hai orang-orang yang beriman, bersainglah dengan orang lain yang taat kepada Allah SWT atas dasar syariatnya, kemudian bertakwalah kepada Allah SWT atas dasar syariat Anda agar dapat mengalahkan mereka dalam ketaatan. .

Baca juga  Sinopsis Sweet & Sour Beserta Fakta-Fakta Menariknya

Nah, inilah penjelasan lengkap ayat 48 Surah Al-Maidah beserta tafsirnya. Kami berharap informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang belajar untuk memperdalam ilmunya agar menjadi lebih baik lagi. Selamat belajar!

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org