sunnah rasul malam jumat adalah

5 Amalan Sunnah Rasul Malam Jumat yang Perlu Diamalkan


Hari Jum’at adalah hari yang spesial bagi umat Islam. Seperti yang Anda ketahui, ada sejumlah argumen yang membuktikan hak istimewa hari itu. Sedangkan bagi umat Islam, di hari yang mulia ini dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Selain itu, ada beberapa amalan yang sunnah dan wajib dilakukan pada hari Jumat hingga Jumat. Salah satu sunnah Nabi pada malam Jum’at adalah membaca Surat Al-Kahfi dan Surat Yasin.

Pengertian sunnah rasul artinya yang sering digunakan oleh pasangan suami istri yang sah adalah memiliki suami istri. Bukan ibadah biasa, ada doa yang perlu dilantunkan agar berkah dan lancar.

Di sisi lain, sebagian ulama menyatakan bahwa berhubungan seks dengan suami istri juga merupakan amalan sunnah pada malam Jumat. Dikatakan bahwa ini memiliki keunggulan dibandingkan malam-malam lainnya.

Lalu apa saja sunnah nabi yang menjadi sunnah pada malam jumat? Simak artikel selengkapnya di bawah ini untuk jawabannya.

BACA JUGA: 12 Hikmah Hidup saat Puasa Ramadhan, Tahukah Anda?

prioritas hari jumat

tumpahan

Ada sejumlah hadits yang menunjukkan keutamaan atau keistimewaan hari Jumat. Berikut beberapa dalil tentang keutamaan hari Jum’at.

Allah

“Rajanya hari-hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ini lebih dari Hari Raya Kurban dan Hari Raya Fitri. Ada lima keutamaan di hari Jumat. Pada hari Jumat, Allah menciptakan Adam dan membawanya dari surga ke bumi. Nabi Adam wafat pada hari Jumat. Pada hari Jum’at, tidak ada seorang hamba yang meminta apapun pada hari Jum’at, kecuali Allah mengabulkan permintaannya, hingga ia meminta dosa atau memutuskan tali persaudaraan. Hari Penghakiman juga jatuh pada hari Jumat. Tidak ada malaikat di samping Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu, kecuali dia takut akan hari kiamat pada hari Jumat” (HR asy-Syafi’i dan Ahmad).

Hadits lain mengatakan bahwa hari terbaik adalah hari Jumat. Inilah argumennya.

mungkin

“Hari terbaik ketika matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari dia dibawa ke surga dan hari dia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat hanya akan datang pada hari Jumat.” (HR Muslim)

Baca juga  12 Resep Pie Buah Enak dan Segar untuk Camilan di Rumah

Dari penjelasan di atas, dapat dijelaskan bahwa ada beberapa keutamaan dan peristiwa penting di hari Jumat. Berikut ringkasannya:

  • Jumat dianggap raja hari di mata Allah
  • Allah menciptakan Adam dan membawanya dari surga ke bumi
  • Nabi Adam wafat pada hari Jum’at
  • Ada saatnya Allah akan mengabulkan permintaan hambanya
  • Hari Penghakiman dikatakan pada hari Jumat

Hari dalam kalender Hijriah

Saudara-saudara harus tahu bahwa ada perbedaan jumlah hari antara kalender Hijriah atau Islam dan kalender Kristen yang kita gunakan setiap hari. Perhitungan penanggalan Hijriah didasarkan pada rotasi Bulan atau revolusi Bulan mengelilingi Bumi.

Selain itu, satu hari dalam penanggalan Hijriah tidak dibatasi jam, misalnya dari pukul 00.00 hingga 24.00. Melainkan didasarkan pada terbenamnya matahari. Jadi, satu hari dalam penanggalan Hijriah adalah waktu dari terbenamnya matahari hingga terbenamnya matahari keesokan harinya.

Berdasarkan hal tersebut, dapat dipahami bahwa keagungan hari Jum’at tidak terbatas pada saat terbitnya matahari pada hari Jumat, tetapi juga setelah terbenamnya matahari pada hari Kamis. Dengan demikian, keutamaan amalan malam Jum’at yang dikabulkan doanya tidak terbatas pada hari Jumat saja, tetapi juga pada malam Jum’at.

BACA JUGA: Makna Hukum Yang Dibolehkan Dalam Islam Beserta Contoh dan Dalilnya

5 Amalan Suni Nabi pada Malam Jum’at

Sebagaimana diketahui bahwa hari Jumat adalah hari yang spesial bagi umat Islam. Selain itu, ada beberapa sunnah Nabi pada Jum’at malam membunuh setan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat dan Jumat malam sebagai berikut.

1. Baca Surat Al Kahfi

Sunnah Nabi pada malam Jum'at membunuh setan
tumpahan

Surat Al-Kahfi adalah surat ke-18, terdiri dari 110 ayat. Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat terdapat dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Al-Hakim sebagai berikut.

ال الْجُمُعَةِ

“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan memberinya seberkas cahaya diantara dua Jum’at” (HR. Al-Hakim).

Sementara itu, hadits lain berbicara tentang keutamaan membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat.

Baca juga  Sejarah, Pendiri, Letak & Masa Kejayaan

ال لَيْلَةَ ال

“Barangsiapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jum’at malam akan diterangi oleh cahaya antara dia dan Ka’bah” (HR. Ad-Darimi, keaslian Al-Albani).

BACA JUGA: Membaca Surah Al-Qadr beserta artinya, kandungan dan keutamaannya

2. Baca surat Yasin

Selain membaca Surah Al-Kahfi, juga dianjurkan untuk membaca Surah Yasin atau Yasinan pada hari Jumat malam. Keutamaan membaca surat Yasin ditunjukkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud sebagai berikut.

الصافات ليلة الجمعة اه الله له

“Barangsiapa yang membaca surat Yasin dan al-Shaffat pada malam Jum’at, maka Allah akan mengabulkan permintaannya” (HR. Abu Dawud dari al-Habr).

3. Bacaan Sholawat

apa sunnah nabi di malam jum'at
tumpahan

Nabi Muhammad SAW. juga merekomendasikan membaca lebih banyak selavat pada hari Jumat sore dan malam.

prosesi

“Apakah saya banyak pelacur pada Jumat sore dan malam. Barang siapa membaca shalawat untukku satu kali, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali lipat” (HR al-Bayhaqi).

Selain itu, konon membaca selavat memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah jawaban doa.

4. Perbanyak doamu

Amalan yang dianjurkan pada malam Jum’at lainnya adalah memperbanyak shalat. Nabi membicarakan hal ini dalam hadits berikut.

“Pada hari Jum’at, tidak ada seorang hamba muslim pun yang berdoa atau meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah mengabulkannya” (HR Bukhari dan Muslim).

5. Memiliki suami istri

Sunnah Nabi artinya
tumpahan

Saudara kandung yang sudah menikah mungkin akrab dengan pernyataan bahwa berhubungan seks dengan suami istri pada malam Jumat adalah suatu kebajikan. Inilah sebenarnya yang disebut Sunnah Nabi pada malam Jumat bagi suami istri.

Dikutip dari berbagai sumber, salah satu hadits yang menjadi rujukan sunnah Nabi pada malam Jum’at adalah sebagai berikut.

اغتسل الجمعة ل ا ا لم ا الإمام لم لغ ان له ل ل

“Barangsiapa yang berwudhu pada hari Jum’at dan memandikan orang lain, kemudian berangkat pagi-pagi dan memulai khutbah, berjalan alih-alih berkuda, mendekati imam, diam, kemudian berkonsentrasi mendengarkan khotbah, maka setiap langkahnya kaki dinilai dengan pahala perbuatannya dalam setahun” (H.R. Ahmad, An-Nasai dan Ibn Maja).

Baca juga  Hikmah Pernikahan dalam Islam yang Wajib Diketahui

Selain itu, dalil mengenai Sunnah Nabi pada malam Jum’at juga dapat ditemukan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bayhaqi sebagai berikut.

ا له ل له اثنين: له، ل ا

“Tidak bisakah kamu berhubungan seks dengan istrimu setiap hari Jumat? Bersetubuh dengan istrimu pada hari Jumat memiliki dua pahala: pahala memandikan diri sendiri dan pahala memandikan istri.” (XP Baihaki).

Pendapat lain tentang proposal untuk berhubungan seks dengan suami dan istri pada Jumat malam

Namun, sunnah Nabi pada malam Jum’at untuk berhubungan intim dengan suami istri ditolak oleh sebagian ulama. Seorang ulama bernama Syekh Wahbah Al-Zuhaili mengatakan tidak ada anjuran untuk melangsungkan pernikahan secara khusus pada Jumat malam.

“Tidak ada anjuran dalam sunnah untuk melakukan hubungan seksual antara suami dan istri pada malam-malam tertentu, termasuk malam Senin atau Jumat malam. Tetapi ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa hubungan seksual dianjurkan pada Jumat malam.”

Sunnah Nabi pada malam Jumat dikatakan berdasarkan kata Ghassala yang berarti “memaksa orang lain untuk mandi” dan “orang yang mandi pada hari Jumat” dalam hadits Nabi. Namun menurut sebagian ulama, hadis yang membela hal ini cenderung lemah.

Demikianlah pembahasan sunnah Nabi pada malam Jum’at berlangsung sebagaimana dijelaskan di atas. Dapat disimpulkan bahwa keistimewaan hari Jum’at dapat dijadikan sebagai ajang untuk memperbanyak amalan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara-saudara sekalian, ya.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org