daftar suku bunga kpr

Daftar Suku Bunga KPR Oktober 2022 Di Bank Swasta & BUMN


Ingin mengajukan KPR untuk rumah baru Anda, bingung memilih bank mana? suku bunga hipotek paling menguntungkan? Mari kita cari tahu dulu suku bunga KPR apa yang terbaik untuk kebutuhan KPR Anda.

Apa itu hipotek?

Memiliki rumah sendiri adalah dambaan setiap orang. Namun, seperti yang Anda ketahui, harga rumah tidaklah murah. Padahal, harga rumah terus naik setiap tahunnya.

Maka salah satu alternatif untuk bisa membeli rumah adalah dengan mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Hipotek mungkin adalah cara paling umum untuk membeli rumah.

[Baca Juga: KPR Uantuk Milenial: Cara Membeli Rumah Tanpa Ribet]

KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Layanan ini memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam bentuk produk keuangan untuk membeli rumah dengan skema pembiayaan mulai dari 85% hingga 90% dari nilai rumah.

Sementara hipotek memudahkan untuk membeli rumah, Anda perlu mengumpulkan sejumlah uang untuk dapat membayar pembayaran hipotek Anda. Tidak yakin berapa biaya untuk mendistribusikan pendapatan Anda?

Kamu dapat memakai Aplikasi Keuangan saya yang dapat membantu Anda menghitung dana untuk membeli rumah, lengkap dengan perhitungan inflasi dan bunga KPR.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara membeli rumah pertama Anda, Anda juga bisa membaca buku elektronik keuangan saya lebih rendah.

Bagaimana cara EFISIEN membeli rumah pertama Anda?

Unduh e-bookgratis!!!

Pinjaman KPR diberikan oleh bank yang memiliki produk KPR dengan tingkat bunga yang berbeda-beda. Ada banyak bank di Indonesia yang menyediakan layanan KPR, kamu tahu. Wah, bagaimana perbandingannya?

Saat ini,Oleh karena itu Finansialku mengajak Anda untuk mengenal suku bunga KPR yang diberikan oleh masing-masing bank agar dapat menemukan KPR yang tepat untuk Anda.

Tentu saja, harga KPR yang tercantum hanyalah salah satu pertimbangan Anda dalam memilih KPR, Anda belum mempelajari lebih lanjut tentang layanan KPR dari bank yang suku bunganya menarik perhatian Anda.

Daftar bank dengan suku bunga KPR rendah untuk Oktober 2022

Kali ini judulnya keuangan saya akan membagi suku bunga KPR dari bank-bank di Indonesia. Sebagai referensi, berikut rangkuman lima bank dengan suku bunga KPR rendah per Oktober 2022.

1 Bank BTN

Bank pertama adalah Bank Tabungan Negara (BTN). Pada Oktober 2022, BTN meluncurkan program KPR BTN Subsidi tanpa premi asuransi dan PPN. Selain itu, pada Maret 2022, BTN juga menawarkan suku bunga KPR sebesar 3,72%. Padahal, berdasarkan data Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK), kredit BTN non KPR sebesar 8,75%.

#2 Bank BNI

Kemudian daftar bank kedua adalah Bank Negara Indonesia (BBNI). Di tengah tren kenaikan suku bunga KPR, BNI tetap menawarkan saham bunga KPR. Salah satunya adalah promosi suku bunga BNI Griya yang berlaku hingga triwulan II. Suku bunga yang ditawarkan adalah 6,75% dan pilihan jangka waktu tetap selama 2 tahun pertama.

#3 Bank Mandiri

Bank milik negara lainnya, Bank Mandiri (BMRI), juga menawarkan suku bunga KPR yang tak kalah bersaing. Sementara mereka menetapkan SBDK untuk segmen KPR sebesar 7,25% pada Juni 2022, pada September 2022, Bank Mandiri memberikan pilihan suku bunga tetap 3,88% selama 3 tahun atau 4,88% tetap selama 5 tahun.

Tidak berhenti di situ, mereka juga memberikan pilihan penawaran. Diantaranya adalah suku bunga tetap selama 10 tahun, mulai dari 3,98% tetap pada tahun pertama hingga tahun ketiga. Kemudian 7,68% mengikat tahun keempat dengan tahun keenam, kemudian 9,68% mengikat tahun ketujuh dengan tahun kesepuluh.

#4 Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) saat ini menawarkan suku bunga KPR tetap sebesar 4,99% untuk tiga tahun pertama. Suku bunga mengambang mereka saat ini 13 persen, menurut sekretaris perusahaan Estika Oriza.

Namun, BRI menawarkan program KPR dengan suku bunga promosi (khusus) mulai dari 2,88% fixed selama 1 tahun.

#5 Bank BCA

Pergi ke bank swasta, yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Bank swasta terbesar di Indonesia ini memberikan pinjaman untuk pembelian beberapa jenis real estate, seperti apartemen, rumah komersial, rumah dalam kondisi baru dan dijual kembali. Tidak hanya itu, proses pinjaman juga bisa dilakukan secara online.

BCA sendiri saat ini menawarkan beberapa pilihan suku bunga KPR, antara lain:

  • 3,99 persen untuk membenarkan dalam waktu 3 tahun.
  • 5,08 persen untuk membenarkan selama 5 tahun.
  • 6,38 persen untuk membenarkan selama 8 tahun.
  • 6,88 persen untuk membenarkan dalam waktu 10 tahun.

#6 Bank CIMB Niaga

Selanjutnya datang dari PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BGA). Bank swasta ini menawarkan program KPR bernama KPR Xtra CIMB Niaga. Jangka waktu yang ditawarkan dalam program ini hingga 25 tahun dengan batas kredit Rp 100 juta hingga Rp 30 miliar.

Suku bunga pinjaman yang mereka tawarkan mulai dari 4,5 persen per tahun baik dalam suku bunga tetap maupun mengambang. Jenis hipotek di bawah program ini termasuk rumah, apartemen, rumah perdagangan, kavling tanah.

#7 Bank BSI

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk KPR dari bank syariah, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) mungkin bisa menjadi pilihan. Bank Syariah Negara ini menawarkan program bernama Griya Hasanah Online. Melalui program ini berupa pendanaan tambahan, maupun pendanaan BSI yang sudah ada untuk kebutuhan konsumer klien.

Pembiayaan program ini menggunakan akad pembiayaan kembali syariah dengan skema al-bay dalam rangka musyaraka mutanakis (MMQ).

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membeli Rumah dengan KPR? Ini 5 Tahapannya]

Selain bank-bank di atas, di bawah ini adalah ringkasan suku bunga KPR lainnya dari beberapa bank lain:

  • PT Bank Panin, Tbk. 4,5% – 9,80%
  • PT Bank DBS Indonesia, 7,24%
  • PT Bank Jasa Jakarta, 7,50%
  • PT Bank Danamon, 8,25%
  • Jum Bank OCBC NISP, TBq. 8,25%
  • PT Bank HSBC Indonesia, 9,25%
  • PT Bank Artha Graha Internasional, 8,94%
  • PT Bank Mega, Tbk. 10,84%
  • PT Bank Natsionalnobu, Tbk. 9,25%

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Suku Bunga KPR

Sebagai debitur, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait suku bunga KPR agar keputusan mengambil KPR tidak salah langkah. Untuk itu, berikut beberapa di antaranya:

  • Pastikan Anda harus memperhatikan uang muka (DP) terlebih dahulu.
  • Pertama, bandingkan tarif dan jenis bunga KPR.
  • Tentukan jangka waktu pinjaman (term) dari pinjaman hipotek.
  • Pastikan Anda mengetahui semua syarat dan ketentuan bank.
  • Pinjaman harus dilunasi sebelum akhir periode angsuran.
  • Juga diketahui tentang penurunan nilai sisa pinjaman hipotek.

Jadi, Anda ingin mengajukan KPR? Silakan tinggalkan komentar dan pendapat Anda di kolom yang sesuai.

Jangan lupa untuk membagikan artikel bermanfaat ini, terutama kepada teman-teman Anda yang membutuhkan.

Saya harap artikel ini bermanfaat. terima kasih

Sumber referensi:

  • Otoritas Jasa Keuangan. 2019. Suku bunga dasar pinjaman. ojk.go.id – https://bit.ly/2OouP0E
  • Adhyasta Dirgantara. 28 Oktober 2019 Daftar Minat KPR, Mana Yang Paling Mudah di Kantong Anda?. Okezone.com – https://bit.ly/37qmMJs
  • Tim redaksi. 11 Oktober 2022 15 bank dengan suku bunga KPR rendah per Oktober 2022. Rumah.com – https://bit.ly/3snBGvI
  • editor. Suku bunga KPR terbaru 10 bank besar : BRI, BCA, BTN. Bisnis.com – https://bit.ly/3W02bEO

Sumber Gambar:

  • Suku Bunga Hipotek 01 – http://bit.ly/33axIaB
  • Suku Bunga Hipotek 02 – http://bit.ly/2D6UDsX




https://wvmuseums.org

Baca juga  Minim Sentimen Domestik, IHSG Kuat Minggu Ini?