struktur teks sejarah

Struktur Teks Sejarah Beserta Pengertian, Ciri, dan Contohnya


Apakah Anda tahu Saudara? Ada berbagai jenis teks dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah teks sejarah. Seperti namanya, teks sejarah adalah jenis teks yang berbicara tentang peristiwa sejarah atau peristiwa yang terjadi di masa lalu yang dianggap memiliki nilai sejarah. Seperti jenis teks lainnya, teks sejarah juga memiliki strukturnya sendiri. Struktur teks sejarah biasanya terdiri dari pendahuluan, isi yang menggambarkan peristiwa, dan penutup.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang struktur teks sejarah? Selanjutnya, Super merangkum informasi lengkap, termasuk definisi, ciri-ciri, dan contoh teks sejarah.

BACA JUGA: Struktur Teks Berita: Pengertian, Unsur, Aturan dan Contoh

Apa itu teks sejarah?

iStock

Sebelum menyimak uraian tentang struktur teks sejarah, Sedulur terlebih dahulu harus memahami apa yang dimaksud dengan teks sejarah.

Pertama, mari kita lihat makna teks menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Dijelaskan bahwa teks adalah teks yang berupa kata-kata asli dari pengarangnya, bahan tertulis untuk dasar pelajaran, pidato, dan lain-lain, atau singkatnya pidato tertulis. Sedangkan konsep sejarah adalah peristiwa dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa teks sejarah adalah karya tulis yang memuat cerita tentang peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Teks sejarah sendiri meliputi teks naratif yang disajikan berdasarkan urutan peristiwa dan urutan temporal.

BACA JUGA: Teks ulasan: definisi, tujuan, karakteristik, struktur, jenis

Ciri-ciri teks sejarah

struktur teks sejarah
pilih bebas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teks sejarah adalah berbagai teks dalam bahasa Indonesia yang menceritakan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Berdasarkan pengertian tersebut, ciri-ciri teks sejarah dapat diuraikan sebagai berikut.

  • Teks sejarah adalah jenis teks yang menceritakan suatu peristiwa.
  • Berisi fakta-fakta yang terjadi di masa lalu.
  • Disusun dalam urutan kronologis waktu dan peristiwa.
  • Teks sejarah biasanya dibangun dengan menggunakan konjungsi sementara yang berkaitan dengan waktu.
  • Susunan menurut struktur tertentu (pembahasan tentang struktur teks sejarah akan dibahas pada paragraf berikutnya).

Arti dalam teks sejarah

struktur teks sejarah
iStock

Teks sejarah tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan sejarah atau informasi tentang suatu peristiwa di masa lalu. Namun sekaligus sebagai sarana pembelajaran, terutama dalam kaitannya dengan nilai-nilai moral. Karena itu, teks-teks sejarah biasanya mengandung nilai-nilai vital. Nilai-nilai yang terkandung dalam teks sejarah antara lain sebagai berikut.

  • Nilai pendidikan atau pendidikan
  • Nilai moral atau nilai tentang karakter
  • nilai sosial
  • nilai budaya
  • nilai estetika
  • nilai agama
Baca juga  Simak Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA Sebelum Tukar

BACA JUGA: Penentuan struktur teks biografi, ciri-ciri dan contohnya

Struktur teks cerita sejarah

pilih bebas

Pada umumnya cerita sejarah terdiri dari tiga bagian, yaitu orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Di bawah ini adalah penjelasan untuk setiap bagian.

  1. Orientasi

Struktur historis pertama dari sebuah teks adalah orientasi. Sesuai dengan namanya, bagian ini berisi narasi berupa pendahuluan atau pembukaan tentang peristiwa sejarah yang menjadi pokok bahasan teks sejarah. Bagian ini biasanya dibingkai dengan kalimat deskriptif.

  1. Urutan acara

Bagian kedua adalah urutan peristiwa yang di dalamnya peristiwa sejarah disajikan dalam urutan waktu dan peristiwa atau dalam urutan kronologis. Maka pada bagian ini, peristiwa sejarah diceritakan kembali secara berurutan, berdasarkan kronologisnya, dari awal kejadian hingga akhir.

  1. reorientasi

Terakhir adalah bagian reorientasi, yang juga merupakan kesimpulan dari teks sejarah. Bagian ini biasanya berisi pendapat pribadi penulis atau pendapat tentang peristiwa sejarah yang dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Perhatikan bahwa bagian reorientasi ini opsional. Jadi ketika menulis teks sejarah, seorang penulis dapat memilih untuk menulis atau tidak menulis bagian reorientasi.

Struktur teks sejarah menurut pendapat lain

iStock

Sumber kepustakaan lain menjelaskan bahwa struktur teks sejarah terdiri dari enam bagian. Jadi pembagian struktur teks sejarah ini lebih konkrit. Berikut adalah tujuh struktur teks sejarah yang dikutip dari Modul Pembelajaran Sekolah Menengah Atas Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

  • Orientasiyaitu bagian pembuka, yang berisi pengantar situasi cerita.
  • Pengungkapan Acarayang berisi peristiwa awal yang menyebabkan konflik.
  • Konflik atau tindakan kumulatifini adalah bagian yang melanjutkan pengungkapan peristiwa di mana masalah meningkat.
  • Konflik puncak atau komplikasiini adalah bagian yang berisi cerita tentang puncak konflik yang dihadapi para karakter.
  • izin atau izinyang merupakan bagian yang berisi pemecahan masalah.
  • Kode– ini adalah bagian terakhir, yang biasanya merupakan komentar tentang peristiwa sejarah yang dijelaskan sebelumnya.

BACA JUGA: Memahami teks prosedur dan ciri-ciri, jenis, struktur, dan contohnya

Jenis-jenis teks sejarah

pilih bebas

Ada dua jenis teks sejarah, yaitu fiksi dan nonfiksi. Berikut penjelasannya.

  1. teks sejarah fiksi
Baca juga  12 Rekomendasi Mouse Gaming Wireless Termurah & Terbaru

Seperti yang Anda ketahui, fiksi berarti fiksi, fantasi atau tidak berdasarkan kenyataan. Oleh karena itu, dapat dipahami bahwa teks fiksi sejarah adalah teks sejarah yang disusun dengan menggabungkan cerita sejarah, yang merupakan fakta, dengan imajinasi pengarang. Biasanya, teks sastra sejarah dirancang dalam bentuk novel, roman, dll.

  1. Teks sejarah nonfiksi

Jenis kedua adalah teks sejarah nonfiksi. Seperti namanya, teks sejarah nonfiksi dibangun atas dasar peristiwa yang benar-benar terjadi, tanpa tambahan imajinasi. Sehingga penulis teks sejarah sains populer menceritakan kembali peristiwa sejarah berdasarkan peristiwa nyata. Contoh teks sejarah nonfiksi adalah autobiografi, cerita perjalanan, dan catatan sejarah suatu peristiwa.

Aturan bahasa teks sejarah.

iStock

Hal lain yang juga harus diperhatikan Sedulur saat membaca atau menyusun teks sejarah adalah kaidah bahasa. Sebab, selain strukturnya sendiri, teks sejarah juga memiliki aturan terkait aturan kebahasaan yang berbeda dengan jenis teks lainnya.

Nah, berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks sejarah yang perlu Anda ketahui.

  • Biasanya kata ganti orang ketiga digunakan untuk memposisikan penulis sebagai narator.
  • Penggunaan serikat pekerja sementara, yaitu serikat pekerja atau serikat pekerja yang dikaitkan dengan waktu. Misalnya, dekat, sebelum, sesudah, lalu, dan seterusnya.
  • Penggunaan serikat kausal, yaitu serikat pekerja atau serikat pekerja yang menunjukkan hubungan sebab akibat.
  • Menggunakan adverbs of time, yang biasanya merupakan adverb of time yang menunjukkan masa lalu.
  • Penggunaan deskripsi tempat yang menunjukkan lokasi peristiwa sejarah.

BACA JUGA: Kumpulan contoh teks negosiasi, jenis dan strukturnya

Contoh teks sejarah

pilih bebas

Untuk lebih memahami teks sejarah, berikut adalah contoh teks sejarah yang bisa dilihat oleh Sedulur.

Judul: Cerita Instagram

Orientasi:

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram? Aplikasi berbagi foto dan video ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, menerapkan filter digital, menambahkan efek, dan memposting foto-foto ini ke berbagai jejaring sosial, termasuk Instagram itu sendiri.

Nama Instagram sendiri terbentuk dari dua kata, yaitu “insta” dan “gram”. Kata “insta”, yang berarti “instan”, seperti pada kamera seperti Polaroid, yang lebih sering disebut sebagai foto instan. Sedangkan kata “gram” mengacu pada kata “telegram” yang cara atau penerapannya adalah mengirimkan serangkaian informasi kepada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan acara:

Baca juga  Rumus Keliling Lingkaran Beserta Contoh Soal & Pembahasan

Burbn, Inc., sebuah perusahaan rintisan teknologi yang pada dasarnya hanya mengembangkan dan membuat aplikasi telepon seluler, didirikan pada tahun 2010. Pertama, Burbn, Inc. itu sendiri. berfokus pada pendalaman semua fitur bahasa pemrograman, yaitu HTML5. Namun seiring berjalannya waktu, Mike Krieger dan Kevin Systrom selaku CEO perusahaan ini memutuskan untuk fokus pada satu hal saja.

Selama seminggu mereka mencoba mencari ide yang bisa menghasilkan keuntungan, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil membuat Instagram versi pertama, tetapi seperti prototipe pada umumnya, Instagram versi awal ini masih memiliki banyak kekurangan dalam semua hubungan. . sistemnya. Setelah melalui berbagai tahapan penyempurnaan versi Burbn (Instagram), akhirnya bisa diuji coba menggunakan perangkat iPhone. Namun, sepertinya masih banyak fitur yang tidak diklasifikasikan dengan benar.

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang semua fitur yang ada dan memulai dari awal. Akhirnya, Mike dan Kevin memutuskan untuk fokus hanya pada fotografi dengan berkomentar dan menyukai foto tersebut. Hal inilah yang menjadi dasar awal terbentuknya jejaring sosial Instagram saat ini.

Pada tahun 2012, tepatnya pada tanggal 9 April, diumumkan berita besar bahwa saham dan kepemilikan Instagram akan berpindah ke Mark Zuckerberg sebagai pemilik Facebook dengan uang tunai dan saham $1 miliar.

Reorientasi:

Instagram kini telah menjadi aplikasi yang diminati oleh berbagai kalangan, baik tua maupun muda. Fitur yang mudah digunakan dan bijaksana membuat Instagram semakin populer setiap tahun. Dengan jejaring sosial Instagram ini, kita bisa mengetahui semua aktivitas teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

Itu adalah diskusi tentang struktur teks sejarah. Selain itu, dijelaskan pula ciri, jenis, kaidah kebahasaan, dan contoh teks sejarah. Nah, sekarang Sedulur itu tentang teks sejarah ya?

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org