Pengertian Struktur Teks Biografi Beserta Ciri & Contohnya

Pengertian Struktur Teks Biografi Beserta Ciri & Contohnya


Ada beragam jenis teks yang dikenal dalam bahasa Indonesia. Satu di antaranya adalah teks biografi. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa teks biografi adalah teks atau tulisan yang berisikan tentang kisah hidup seseorang dan ditulis oleh orang lain. Pada umumnya, struktur teks biografi terdiri atas bagian pembuka atau orientasi, inti masalah, dan reorientasi.

Sama halnya dengan jenis teks lainnya, teks biografi juga memiliki ciri dan kaidah atau aturan kebahasaan yang membedakannya dengan teks lain. Selain itu, teks biografi juga dibagi kembali menjadi beberapa jenis berdasarkan sejumlah kategori, termasuk berkaitan dengan isinya.

Ingin tahu lebih jauh tentang teks biografi? Nah, dalam artikel berikut ini akan dibahas berbagai hal penting terkait teks biografi termasuk struktur teks biografi dan contohnya. Simak sampai habis, ya, Sedulur!

BACA JUGA: Pengertian Teks Prosedur Serta Ciri, Jenis, Struktur & Contohnya

Mengenal teks biografi

iStock

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih rinci tentang teks biografi, ada baiknya Sedulur memahami terlebih dahulu pengertian teks biografi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Sementara, teks menurut KBBI adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang. Sehingga bisa dipahami bahwa teks biografi adalah sebuah naskah atau tulisan yang berisikan tentang riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Kisah yang ditulis dalam teks biografi ini biasanya menjadi teladan bagi pembacanya. Oleh karenanya teks biografi memuat cerita tentang peristiwa penting yang dialami oleh seseorang atau tokoh, termasuk perjuangan hingga keberhasilannya.

Teks biografi sendiri kerap dikaitkan dengan jenis teks lainnya, yaitu teks autobiografi. Apa bedanya? Singkatnya, perbedaan antara teks biografi dengan teks autobiografi terletak pada penulisnya. Jika teks biografi ditulis oleh orang lain, teks autobiografi adalah teks riwayat hidup yang ditulis oleh diri sendiri.

Pengertian teks biografi menurut para ahli

struktur teks biografi
Pexels

Berikut adalah pengertian teks biografi menurut beberapa ahli yang bisa Sedulur simak.

1. Nugraha dan Riyadi

Menurut Nugraha dan Riyadi, teks biografi adalah tulisan yang memuat kisah riwayat hidup seseorang.

2. Wahono

Pengertian teks biografi menurut Wahono adalah cerita yang bersifat faktual. Dengan kata lain, cerita tersebut ditulis sesuai fakta-fakta yang disampaikan oleh penulis.

3. Mahsun

Mahsun menjelaskan teks biografi adalah teks naratif yang memiliki tujuan akhir ingin menceritakan tahapan kehidupan seseorang yang memuat fakta atau riwayat hidup tokoh yang diangkat.

BACA JUGA: Kumpulan Contoh Teks Negosiasi Beserta Jenis & Strukturnya

Ciri-ciri teks biografi

struktur teks biografi
Freepik

Berikut adalah ciri-ciri teks biografi yang perlu Sedulur perhatikan.

  • Disajikan dalam bentuk narasi.
  • Memiliki struktur yang jelas, yaitu terdiri atas orientasi, peristiwa penting atau masalah, dan reorientasi.
  • Berisi fakta yang didasarkan pada pengalaman hidup seseorang.
  • Menceritakan peristiwa penting yang dialami seorang tokoh sehingga dapat menjadi teladan bagi pembaca.
  • Umumnya menggunakan sudut pandang orang ketiga tunggal.
Baca juga  Teori Asal Usul Bumi Beserta Penjelasan & Prosesnya

Struktur teks biografi

struktur teks biografi
iStock

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa struktur teks biografi terdiri atas orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi. Berikut penjelasannya.

1. Struktur teks biografi orientasi

Struktur teks biografi yang pertama adalah orientasi. Sederhananya, orientasi adalah bagian pembuka atau pendahuluan. Bagian ini berisi pengenalan mengenai latar belakang dari tokoh yang diceritakan.

2. Struktur teks biografi masalah atau peristiwa penting

Sesuai namanya, bagian teks ini berisikan tentang peristiwa-peristiwa penting yang dialami oleh seorang tokoh. Misalnya kejadian yang mengubah hidupnya hingga membentuknya menjadi sosok seperti saat ini.

Rentetan peristiwa yang diceritakan dalam teks biografi biasanya ditulis berdasakran urutan waktu. Hal itu dimaksudkan agar pembaca dapat lebih mudah memahami kisah tentang tokoh yang menjadi topik dalam teks tersebut.

3. Struktur teks biografi reorientasi

Bagian ketiga dari struktur teks biografi adalah reorientasi atau penutup. Reorientasi teks biografi adalah bagian yang biasanya memuat pendapat penulis, baik pendapatnya terhadap tokoh yang ditulis maupun tentang kisah hidup si tokoh. Selain itu, bagian reorientasi juga dapat berisi kesimpulan mengenai pelajaran hidup yang bisa diambil dari kisah seorang tokoh.

BACA JUGA: Pengertian Teks Laporan Beserta Struktur, Ciri dan Tujuannya

Kaidah kebahasaan teks biografi

Pexels

Selain memahami ciri-ciri dan strukturnya, Sedulur juga perlu untuk mengetahui bagaimana kaidah teks biografi, terutama berkaitan dengan kaidah kebahasaannya.

1. Penggunaan pronomina

Teks biografi menggunakan pronomina atau kata ganti orang ketiga. Umumnya, kata ganti yang digunakan adalah kata ganti orang ketiga tunggal, misalnya adalah dia, ia, atau beliau.

2. Penggunaan kata hubung

Teks biografi juga banyak menggunakan kata hubung atau kata sambung. Sehingga pengetahuan tentang kata hubung ini perlu dimiliki oleh seorang penulis dalam menulis sebuah teks biografi. Contoh kata hubung yang digunakan dalam teks biografi adalah setelah, sesudah, selanjutnya, kemudian, dan tetapi.

3. Kata kerja tindakan

Kaidah kebahasaan teks biografi berikutnya adalah digunakannya kata kerja tindakan. Umumnya, kata kerja ini digunakan untuk menjelaskan peristiwa atau tindakan yang dilakukan oleh si tokoh.

4. Kata kerja pasif

Selain kata kerja tindakan, teks biografi juga menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa dan masalah yang dialami oleh tokoh yang ditulis. Dalam bahasa Indonesia, kata kerja pasif umumnya ditandai dengan penggunaan imbuhan di-, contohnya pada kata ditugaskan, disuruh, dan dibawa.

5. Kata sifat

Kata sifat atau adjektiva adalah kata yang menerangkan nomina (kata benda) dan secara umum dapat bergabung dengan kata lebih dan sangat. Biasanya kata sifat digunakan untuk menerangkan karakter atau kepribadian tokoh yang diangkat.

Jenis-jenis teks biografi

struktur teks biografi
Unsplash

Terdapat beberapa jenis teks biografi yang dikelompokkan atas empat kategori, yaitu berdasarkan izin penulisan, isi, bahan, dan penerbit. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Teks biografi berdasarkan izin penulisan

  • Authorized biography = teks biografi yang penulisannya sudah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang diceritakan.
  • Unauthorized biography = teks biografi yang penulisannya tidak atas izin atau sepengetahuan tokoh yang diceritakan. Biasanya, jenis teks biografi ini berisikan kisah tentang tokoh yang sudah meninggal dunia.
Baca juga  Pengertian, Ciri, Jenis, Manfaat & Contohnya

2. Teks biografi berdasarkan isinya

  • Perjalanan hidup = sesuai namanya, teks biografi ini berisikan tentang kisah perjalanan hidup seseorang. Biasanya penulisan teks biografi perjalanan hidup ini menyoroti pada peristiwa penting atau yang dianggap mengubah hidup si tokoh.
  • Perjalanan karier = Berbeda dengan biografi perjalanan hidup, jenis teks biografi ini berisikan perjalanan karier dari tokoh yang diceritakan. 

3. Teks biografi berdasarkan bahan penulisan

Menurut bahan penulisannya, teks biografi dapat dibagi menjadi tiga jenis, sebagai berikut.

  • Biografi jurnalistik = adalah teks biografi yang bahan penulisannya diperoleh dari hasil wawancara penulis dengan tokoh yang ditulis kisah hidupnya. Wawancara ini dapat dilakukan langsung kepada tokoh tersebut ataupun orang-orang terdekat dari si tokoh, misalnya keluarga, kerabat, atau orang kepercayaannya.
  • Biografi politik = teks biografi jenis ini membahas kehidupan seorang tokoh dari sudut politik. Dengan kata lain, teks biografi politik mengangkat tentang kehidupan hingga karier politik seorang tokoh.
  • Biografi intelektual = teks jenis ini ditulis berdasarkan bahan penulisan yang diperoleh dari hasil riset. Selain itu, teks biografi intelektual biasanya memiliki ciri yaitu menggunakan gaya bahasa ilmiah atau baku.

4. Teks biografi berdasarkan penerbit

  • Buku subsidi = biografi buku subsidi dibuat dan diterbitkan oleh sponsor yang berkaitan, sehingga biaya produksi hingga penerbitan ditanggung oleh pihak sponsor.
  • Buku sendiri = berbeda dengan buku subsidi, biografi buku sendiri dibuat dan diterbitkan oleh pihak penerbit sendiri. Oleh karena itu, seluruh biaya yang dikeluarkan untuk kepentingan produksi hingga penerbitan ditanggung oleh pihak penerbit.

BACA JUGA: 10 Contoh Teks Debat Berbagai Topik dengan Strukturnya

Setelah memahami teori tentang teks biografi, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk menyimak contoh teks biografi. Berikut adalah contoh beserta struktur teks biografinya.

Contoh 1: Biografi R.A. Kartini

Pikiran-Rakyat

Orientasi

Raden Ajeng Kartini dikenal luas sebagai Ibu Kartini. Wanita kelahiran Jepara, 21 April 1879 ini berasal dari salah satu keluarga terpandang di Jawa.

Pada masa kelahirannya, adat istiadat masih sangat dipegang erat oleh masyarakat Jawa, termasuk oleh keluarga R.A. Kartini. Kartini yang sangat menyukai pengetahuan dan ingin terus bersekolah, tidak diizinkan untuk menempuh pendidikan lanjutan.

Peristiwa penting

Kartini tidak diizinkan untuk meninggalkan rumah hingga tiba saatnya untuk menikah. Agar tidak merasa bosan, Kartini pun membaca berbagai buku mengenai pengetahuan.

Menurut Kartini, wanita seharusnya tidak melulu mengerjakan tugas rumah tangga. Wanita juga mempunyai hak untuk mendapatkan pengetahuan yang luas. Kartini pun mengumpulkan teman-teman sesama perempuan dan mengajari mereka membaca, menulis, dan berbagai ilmu pengetahuan.

Setelah menikah dan mengikuti suaminya ke daerah Rembang, Kartini mendapatkan dukungan untuk mendirikan sebuah sekolah khusus wanita di banyak daerah.

Baca juga  10 Rekomendasi Film Bioskop Terbaru yang Sedang Tayang

Kartini meninggal di usia 25 tahun pada tanggal 17 September 1904 dan meninggalkan seorang anak. Wanita ini merupakan salah satu pelopor emansipasi wanita di Indonesia.

Reorientasi

Kartini mendapatkan gelar pahlawan nasional dari pemerintah Indonesia. Selain itu, tanggal kelahirannya ditetapkan sebagai Hari Kartini.

Contoh 2: Biografi JK Rowling

JK Rowling
Media Indonesia

Orientasi

Joanne Kathleen Rowling atau JK Rowling merupakan seorang penulis yang sempat menggemparkan dunia. Keberhasilannya mengantar tiga novel seri remaja Harry Potter membuatnya dikenal di publik. Bagaimana tidak, novel tersebut terus menjadi best seller saat itu. Dengan penggemarnya hasil karya itu membuat kekayaan Rowling meningkat pesat. Jumlah pendapatan kian bertambah saat seri keempat Harry Potter rilis dan menjadi buku yang paling laris di dunia. Total penjualan novel keempat Harry Potter dan Piala Api menyentuh angka 450 juta kopi.

Peristiwa penting

JK Rowling lahir pada 31 Juli 196 di Yate, Inggris. Beliau merupakan seorang kutu buku dan gemar menulis cerita. Saat remaja beliau bersekolah menengah di Wydeyan. Sebetulnya, Rowling ingin melanjutkan sekolah di Universitas Oxford, sayangnya tidak berhasil tembus. Jadi, ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan bahasa Prancis di Universitas Exeter. Setelah berhasil lulus, sang penulis memutuskan bekerja sebagai seorang pengajar.

Kisah penulisan novel Harry Potter muncul di benak JK Rowling saat kereta yang ditumpanginya mengalami keterlambatan. Rowling berencana untuk melakukan perjalanan dari Manchester menuju London pada 1990. Dari mulai penulisan, ada banyak lembaran yang berhasil ditulis. Ribuan lembar kertas berhasil ditulis dengan penuh jerih payah. Perjuangannya tak usai dengan memutuskan untuk mengetiknya pada mesin ketik lama. Bahkan penulisan harus berulang kali agar semua naskah terkumpul dan nantinya bisa dikirim ke berbagai penerbit.

Reorientasi

Setelah naskah selesai ditulis, perjuangan JK Rowling belum usai. Sebab, kebanyakan dari penerbit menolaknya. Terhitung ada delapan perusahaan penerbitan menolaknya. Untungnya, ia tidak pernah menyerah begitu saja. Sifat pantang menyerah demikian membuatnya berhasil diterima di kantor penerbit bernama Bloomsbury. Tercatat Bloomsbury pula yang menjadi pertama yang menerbitkan novel Harry Potter pada bulan Juni 1997. Penjualan novel sampai menjadi best seller dengan total pendapatan mencapai 4.000 dolar. Keberuntungan kian datang setelah kisah Harry Potter berhasil begitu diidolakan dan laku di pasaran.

Itu tadi pembahasan mengenai struktur teks biografi, lengkap beserta pengertian, ciri-ciri, hingga jenis-jenis dan contohnya. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur dalam memahami teks biografi, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org