franchise minuman

Pengertian, Fungsi dan Pentingnya Melakukan Stock Opname


Inilah Arti, Fungsi, Tujuan, Pentingnya Pemenuhan inventaris Untuk perusahaan!

Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut dari artikel Finansialku berikut. Ayo, melihat.

Ringkasan:

  • Latihan inventaris dalam suatu perusahaan biasanya dilakukan pada akhir tahun untuk menghitung jumlah persediaan.
  • Selain mengetahui persediaan yang sebenarnya, fungsi lain dari aktivitas inventaris yaitu untuk evaluasi bagi perusahaan.

Definisi Inventaris

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan retail pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah inventaris.

Kegiatan ini biasanya membutuhkan banyak waktu dan ketelitian, karena karyawan yang melakukannya harus memastikan perhitungannya tidak salah. Lalu apa itu? inventaris?

halaman awal jurnal.id, inventaris adalah kegiatan menghitung jumlah persediaan barang secara fisik.

Hasil perhitungan tersebut kemudian disesuaikan dalam catatan akuntansi di bisnis tersebut.

inventaris memungkinkan Anda untuk mencocokkan item di gudang dengan stok yang tercatat di buku besar.

Dengan mencocokkan saham, perusahaan dapat memastikan tidak ada biaya operasional yang berlebih. Dengan demikian, perusahaan dapat menentukan jumlah saham yang tepat saat melakukan pembelian selanjutnya.

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh perusahaan pada akhir tahun, namun setiap perusahaan memiliki ketentuan tersendiri untuk hal tersebut..

Biasanya, perusahaan akan melakukan kegiatan ini setiap tiga atau empat bulan sekali.

Namun, semakin sering kita melakukan kegiatan ini, maka akan semakin mudah bagi pihak keuangan untuk melakukan penyesuaian selisih jumlah barang.

[Baca Juga: Cara Membuat Perencanaan Keuangan Perusahaan dan Manfaatnya]

Fungsi Inventaris

Di bawah ini adalah beberapa fitur dari kegiatan ini. untuk perusahaan:

#1 Lakukan tindakan pencegahan ketika ada perbedaan

Seperti yang disebutkan Financialku di atas, inventaris memungkinkan perusahaan temukan perbedaan stok nyata, dengan stok di dalam basis data.

Terkadang perbedaan jumlah produk ini tidak segera terungkap, apalagi jika perusahaan jarang melakukan hal ini. inventaris.

Oleh karena itu, dengan perhitungan yang benar, perusahaan dapat dengan cepat menanggapi kejadian ini. Kemudian temukan solusi yang tepat untuk mencegah kerugian jangka panjang.

#2 Mengetahui stok barang yang sebenarnya

Seringkali ada kasus penipuan yang dilakukan oleh karyawan lain, sehingga mengakibatkan persediaan menjadi lebih besar atau bahkan lebih kecil.

Saat melakukan mengambil inventaris, perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi perubahan ini. Selain itu, kepemilikan saham akan tetap aman sampai perusahaan membeli saham tersebut di kemudian hari.

#3 Evaluasi untuk perusahaan

Fungsi selanjutnya sebagai bahan evaluasi dan tolok ukur bagi perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, perusahaan kemudian dapat mengambil langkah yang tepat nantinya.

No. 4 Bahan untuk pemantauan perusahaan

Fungsi selanjutnya seperti ini proses pemantauan atau pemantauan oleh perusahaan. Impor dan ekspor barang akan diawasi lebih cermat sehingga masing-masing dapat dipertanggungjawabkan.

[Baca Juga: Mengenal Financial Distress: Istilah untuk Masalah Keuangan Perusahaan]

cara melakukannya Inventaris

Ada tiga langkah yang harus kita lalui saat mengeksekusi inventaris.

Sebelum mempelajari setiap langkah, ada hal penting yang perlu Anda ketahui sebagai bahan latar belakang, antara lain:

  • Penandaan tidak dihitung untuk barang yang tidak perlu dihitung jika pihak gudang melakukannya.
  • Berikan label atau tanda pada item yang dihitung di mana pihak yang melakukannya juga merupakan tim gudang.
  • Pastikan semua stok diberi kode, ditandai, barcode, atau pembeda apa saja yang akan mempermudah proses perhitungan nantinya.

Setelah Anda menyelesaikan beberapa persiapan di atas, Anda dapat melanjutkan ke tiga langkah berikutnya. BBerikut penjelasan dari masing-masing langkah tersebut!

Tahap Awal #1

Tahap awal biasanya kita perlu melakukan ini dengan baik sebelum kita sampai ke panggung utama.

Pada tahap ini, kami biasanya banyak berkoordinasi dengan pekerja gudang. Beberapa hal yang biasa kita lakukan pada tahap ini adalah:

  • Perintahkan gudang untuk menyiapkan stiker yang akan kita gunakan untuk melabeli yang sudah kita hitung..
  • Memerintahkan pekerja gudang untuk merapikan persediaan sesuai dengan kode dan jenis produk. Hal ini perlu kami lakukan untuk menghindari kebingungan karena masalah tampilan barang yang salah.
  • Berikan instruksi kepada departemen gudang untuk melengkapi gudang barcode sesuai dengan program yang dibuat. Oleh karena itu, setiap item harus memiliki kode item, yang akan memudahkan kita untuk bekerja saat melakukan inventaris.
  • Perintahkan bagian gudang untuk menyiapkan stiker “Jangan Dihitung” yang kemudian akan mereka tempelkan pada barang yang tidak perlu kita hitung.

Sedangkan item yang tidak perlu kita hitung antara lain:

  • Barang-barang yang disimpan dari lot lain, yang biasa kita sebut sebagai barang konsinyasi. Selain itu, kita tidak perlu menghitung, kita juga tidak bisa menyimpan stok barang ini.
  • Item yang diperkenalkan dalam proses hitungan atau barang yang datang setelah tanggal hentikan persediaan.
  • Barang rusak yang kita tidak bisa lagi kembali dan yang nilainya telah disepakati oleh masing-masing pihak untuk dihilangkan.

#2 Tahap persiapan

Setelah selesai tahap pertama, kita lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tahap persiapanyang biasa kita lakukan H-1. Beberapa kegiatan pada tahap ini:

  • Memanggil seluruh tim untuk briefing implementasi inventaris. Pengarahan ini biasanya mencakup klarifikasi tanggung jawab setiap orang yang akan terlibat dalam proses tersebut. inventaris.
  • Berikan instruksi ke gudang untuk diselesaikan memasukkan-terkait dengan mutasi barang sebelum penutupan hari kerja pada H-1.
  • Menginstruksikan departemen gudang untuk menghentikan mutasi barang dari penutupan jam kerja hingga pemrosesan inventaris Dilakukan.

#3 Langkah terakhir

Setelah kita menyelesaikan tahap persiapan, saatnya masuk Babak final. Berikut adalah langkah-langkah yang kami ambil dalam langkah ini:

  • Verifikasi ulang bahwa kami memiliki transaksi saham memasukkan ke program.
  • Jika dapat dikonfirmasi bahwa seluruh stok telahmemasukkan ke dalam program, maka kita perlu mencetak seluruh stok. Kemudian kami memberikan printout dari promosi tersebut kepada Akuntansi pada setiap tim. Sebagai informasi, tim gudang mungkin tidak mengetahui versi stok program pada saat penghitungan.
  • Selesaikan prosesnya. Untuk latihan ini, pastikan kita memberikan semua stok yang kita hitung. tag atau stiker untuk menghindari penghitungan ganda.
  • Semua lembar stok yang telah diisi kemudian diserahkan kepada tim. memasukkan untuk kita salin ke melampaui. Sedangkan format rumus yang kita gunakan harus dapat menunjukkan perbandingan antara versi stok program dengan hasilnya. inventaris. Dengan cara ini kita bisa mengetahui saham mana yang memiliki perbedaan settlement.
  • Setelah proses di atas selesai, kita perlu memeriksa kembali stok yang ditemukan ketidaksesuaian.
  • Ketika lima proses selesai, kami perlu mengirim laporan ke Akuntansi kemudian disesuaikan dengan inventaris yang terdaftar dalam program.

[Baca Juga: 10 Cara Mengelola Keuangan Usaha yang Tepat Agar Tetap Stabil]

Kiat Implementasi Inventaris

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan jadi prosesnya inventaris maksimal, antara lain:

  • Tetapkan periode dan lakukan secara konsisten sesuai jadwal.
  • Simpan semua catatan baik kertas maupun digital.
  • Penyelidikan inventaris setiap kali Anda menyelesaikan perhitungan, lalu bandingkan dengan entri sebelumnya.
  • Membuat denah gudang dan mempersiapkan barang-barang di gudang dengan baik untuk mempermudah proses pemeriksaan.
  • Pilih orang yang paling kompeten untuk mengisi peran ini dan membentuk dua tim dengan tugas yang berbeda.
  • Putuskan item mana yang harus Anda hitung dan tulis, lalu urutkan berdasarkan skala prioritas.
  • Siapkan alat-alat pendukung yang akan dibutuhkan karyawan dalam proses nantinya.

Pentingnya penilaian bagi perusahaan

inventaris ini adalah proses yang sangat panjang dan terkadang melelahkan, itulah sebabnya beberapa orang sering menundanya.

Terutama usaha mikro, kecil atau menengah, yang terkadang tidak memiliki ketentuan atau aturan tentang saklek.

Namun, perusahaan harus inventaris untuk menyediakan inventaris.

Selain itu, perusahaan juga perlu melakukan penilaian keuangan secara berkala agar aliran pendapatan dan pengeluaran dapat diukur dengan jelas.

Untuk mempelajari cara mengelola keuangan perusahaan, Anda dapat mengetahuinya melalui buku Elektronik gratis dari Finansialku berikutnya.

GRATIS, Ayo unggah SAAT INI!!!

buku Elektronik Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Apakah Anda memiliki pertanyaan tambahan tentang ini? Jika ya, tulis pertanyaan Anda di kolom komentar, Ya!

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman bisnis dan keluarga lainnya.

Editor: Ari A. Santosa

Sumber referensi:

  • Amelia Riski. 28 April 2022 Ini 7 Cara Melakukan Inventarisasi, Jangan Salah. Store.sirclo.com – https://bit.ly/3SsTQXy
  • Jordi Farhansia. 05 Februari 2020. Bagaimana melakukan inventarisasi yang benar dan efektif?. Blog.mokapos.com – https://bit.ly/3CYltC1
  • Yusuf Abdul Aziz. 14 Februari 2022 Apa itu inventaris? Berikut adalah tujuan, fungsi dan contohnya. Deeppublishstore.com – https://bit.ly/3eXgKIG
  • Ajaran pamungkas. 09 Agustus 2021. Pengertian dan tujuan inventarisasi yang tertib dan akurat. Majoo.id – https://bit.ly/3gzxBSm
  • Ghattar Fatah Atalla. 08 Desember 2021. Apa definisi, tujuan, dan manfaat inventaris?. Mekar.com – https://bit.ly/3zb6BPz
  • administrator. 24 Oktober 2022 Cara menginventarisasi yang benar, berikut langkah-langkahnya!. Jurnal.id – https://bit.ly/3D3Ro3S




https://wvmuseums.org

Baca juga  Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Simbolnya