statistik adalah

Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenisnya


Bagi Sedulur yang akrab dengan penelitian dan pengolahan data, istilah “statistik” mungkin sudah tidak asing lagi. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa statistika adalah data berupa angka-angka, yang biasanya ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik, dan sebagainya. Statistik bertujuan untuk mendapatkan gambaran keadaan berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan dianalisis.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang statistik dan contoh? Simak artikel lengkap yang disusun oleh Super Application dari sumber berikut.

BACA JUGA: Metode pengumpulan data: definisi, jenis dan contoh

Definisi statistika

pilih bebas

Pertama, kita pelajari dulu tentang pengertian statistika. Berdasarkan Kamus bahasa Indonesia (KBBI), statistik adalah catatan angka (angka) atau angka. Data statistik juga diartikan sebagai data berupa angka-angka yang dikumpulkan, ditabulasi, diklasifikasikan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan informasi yang berarti tentang suatu masalah atau gejala tertentu.

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

MENANGKAN Jakarta

Sejumlah ahli juga memberikan pandangan mereka tentang nilai statistik. Berikut rangkuman informasinya.

1. Agus Irianto

Menurut Agus Irianto, statistika adalah seperangkat metode atau aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis) dan keluaran data berupa angka-angka dengan menggunakan asumsi-asumsi tertentu.

2. Anderson dan Bancroft

Anderson dan Bancroft menganggap statistik sebagai seni dan ilmu pembangunan, dan metode pengumpulan, tabulasi, dan interpretasi data kuantitatif yang sangat efektif.

3. Anto Dazhan

Statistik adalah data kuantitatif, baik tidak terstruktur maupun dalam bentuk tabel.

4. Croxton dan Cowden

Statistika adalah metode pengumpulan, pengelolaan, penyajian, dan interpretasi data dalam bentuk angka.

5. Rasdihan Rasyad

Rasdihan Rasyad menjelaskan statistika sebagai kumpulan angka-angka yang penting.

6. Sujana

Pengertian statistika Sujana adalah pengetahuan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisis dan penarikan kesimpulan berdasarkan pengumpulan dan analisis data yang dilakukan.

7. Sugiyono

Menurut Sugiyono, statistik adalah data dan alat yang digunakan untuk analisis dan pengambilan keputusan.

8. Sutrisno Khadi

Sutrisno Hadi menjelaskan statistika sebagai cara mengolah data dan membuat kesimpulan serta keputusan berdasarkan pengolahan data.

BACA JUGA: Variabel Penelitian: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Baca juga  5 Hero Counter Thamuz yang Pasti Bikin Repot!

Tujuan statistika adalah

statistik
pilih bebas

Dengan memahami arti dari stat tersebut, Sedulur kini dapat mendengarkan target dari stat tersebut. Tujuan statistika dapat dibagi menjadi empat poin sebagai berikut.

  1. Membuat deskripsi atau penjelasan tentang populasi yang menjadi objek penelitian.
  2. Untuk mengetahui biaya sesuatu berdasarkan analisis data.
  3. Membuat penilaian terhadap hasil hipotesis yang diterima, yang kemudian digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.
  4. Untuk memahami suatu populasi sehingga dapat diperoleh gambaran tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan populasi tersebut.

fungsi statistik

statistik
pilih bebas

Fungsi statistik dibagi menjadi dua bagian: fungsi deskriptif dan fungsi inferensi. Berikut penjelasannya.

1. Fungsi deskriptif

Statistik menjalankan fungsi deskriptif, artinya statistik dapat menggambarkan data yang dikumpulkan selama proses penelitian.

2. Fungsi keluaran

Fungsi inferensi statistik terkait dengan perkiraan dan hipotesis. Dalam hal ini statistika dapat digunakan untuk memprediksi dan mengendalikan populasi berdasarkan data, gejala, dan kejadian yang terdapat dalam proses penelitian.

BACA JUGA: Definisi konstanta, variabel dan istilah, serta contoh tugas

Jenis statistik

statistik
pilih bebas

Jenis statistik dibagi ke dalam kategori tertentu. Secara umum dibedakan 4 kategori yang menjadi dasar pembagian jenis statistik sebagai berikut.

1. Berdasarkan orientasi diskusi

Statistik matematis, yaitu statistik yang mengutamakan pemahaman model, rumus statistik matematis-teoritis, dan penurunan konseptual. Statistika terapan adalah statistika yang mengutamakan pemahaman konsep, metode statistika dan penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

2. Tergantung pada fase dan tujuan analisis

Statistik deskriptif, yaitu statistik yang berkaitan dengan proses pengumpulan dan penyajian data dalam bentuk grafik, tabel, bagan, mode. Perhatikan bahwa mode dalam statistik adalah penjelasan tentang kelompok data yang menggunakan nilai yang sering muncul. Statistik logis, statistik yang memungkinkan Anda menarik kesimpulan atau perkiraan umum berdasarkan data yang diproses.

3. Berdasarkan asumsi tentang sebaran data pada populasi

Statistik parametrik, yaitu statistik yang didasarkan pada model distribusi normal. Sampai jumpa denganStatistik nonparametrik adalah statistik yang dilakukan dengan menggunakan model distribusi bebas.

4. Dengan banyaknya variabel terikat

Statistik univariat, yaitu statistik yang hanya memiliki satu variabel terikat atau variabel terikat. Ada juga denganstatistik multivariat, yaitu statistik yang memiliki lebih dari satu variabel terikat.

Baca juga  Pengertian Moisturizer Beserta Manfaat dan Tips Memilihnya

Tipe data statistik

statistik
Bersembunyi

Data statistik adalah data atau informasi faktual yang direkam yang kemudian dianalisis. Dengan kata lain, data dalam statistik mengacu pada data mentah yang menjadi bahan analisis statistik. Secara umum statistika dibagi menjadi 6 jenis. Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang jenis-jenis statistika.

1. Data diskrit

Data diskrit adalah informasi yang hanya dapat mengambil nilai tertentu dan tidak dapat disempurnakan. Informasi diskrit hanya berisi sejumlah nilai yang mungkin.

2. Data berkelanjutan

Data kontinu adalah data yang dapat mengambil nilai apa pun, biasanya dalam batas-batas tertentu, dan dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Tidak seperti data diskrit, data kontinu memiliki jumlah kemungkinan nilai yang tidak terbatas dalam rentang tertentu.

3. Data interval

Rentang data atau nilai adalah satuan terurut yang memiliki perbedaan yang sama. Jadi data memiliki variabel yang berisi nilai numerik.

4. Rasio data

Nilai data atau rasio adalah satuan terurut yang memiliki perbedaan nilai yang sama. Selain itu, nilai koefisien memiliki nol mutlak.

5. Data ordinal

Data/variabel ordinal adalah tipe data yang mengikuti urutan alami. Data ordinal biasanya disajikan menggunakan diagram lingkaran dan diagram batang.

6. Peringkat

Data nominal, juga dikenal sebagai skala nominal, adalah statistik yang membantu melabeli variabel tanpa menetapkan nilai numerik. Data ini disajikan secara visual menggunakan diagram lingkaran.

Contoh statistik

Bersembunyi

Untuk lebih memahami statistik, Sedulur tidak ada salahnya untuk mempelajari contoh-contohnya. Contohnya adalah statistik sensus. Sensus yang biasanya dilakukan setiap 10 tahun sekali ini bertujuan untuk mengetahui dinamika data dan pertumbuhan penduduk. Hasil sensus tersebut nantinya akan menjadi dasar pertimbangan pemerintah dalam menyusun kebijakan yang tepat.

Selain sensus penduduk, contoh statistik juga dapat diterapkan pada studi atau analisis berikut.

  • Statistik jumlah penduduk miskin di kota.
  • kematian tahunan di wilayah tersebut.
  • Statistik korban pelecehan seksual di Indonesia.
  • Sensus pertanian berkaitan dengan jumlah usaha pertanian di subsektor hortikultura.
  • Sensus ekonomi terkait jumlah tenaga kerja di Indonesia.
Baca juga  Apa Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Kanji? Simak Di Sini!

BACA JUGA: Data: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Perbedaan antara statistik dan statistik

Bersembunyi

Saudara mungkin sering mendengar istilah yang mirip dengan statistik, yaitu statistik. Meskipun statistik dan statistik terlihat sama, mereka sebenarnya memiliki definisi dan fungsi yang berbeda. Pertama, mari kita lihat masing-masing stats dan stats value. Menurut KBBI, statistik adalah catatan angka; pembingkaian; atau data berupa angka-angka yang dikumpulkan, ditabulasi, diklasifikasikan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan informasi yang berarti tentang suatu masalah atau gejala.

Sedangkan statistika adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, mentabulasi, mengklasifikasi, menganalisis, dan mencari informasi yang bermakna dari data yang berbentuk angka; atau pengetahuan yang berkaitan dengan pengumpulan data, penyelidikan, dan penarikan kesimpulan berdasarkan bukti, berupa catatan numerik.

Kedua, berdasarkan tujuannya, statistik dan statistik memiliki perbedaan. Tujuan statistika adalah untuk mendapatkan gambaran tentang data yang telah dikumpulkan dan dipelajari di masa lalu. Sedangkan statistik bertujuan untuk mengubah data dan informasi acak menjadi statistik yang dapat dipahami.

Itu tadi pembahasan tentang pengertian statistika, jenisnya dan contohnya. Sebagai informasi tambahan, kegiatan analisis data di Indonesia dilakukan oleh Badan Pusat Statistik. Dimulai dengan sensus penduduk dan diakhiri dengan sensus ekonomi, yang nantinya akan mempengaruhi kebijakan pemerintah. Selain itu, Sedulur sekarang dapat memahami perbedaan antara statistik dan statistik. Mungkin bisa membantu!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org