sketsa ikan

20 Contoh Sketsa Ikan yang Mudah Ditiru untuk Gambar Si Kecil


Anak-anak biasanya senang menggambar atau mewarnai benda-benda, baik itu buah-buahan, bunga, atau binatang. Bagi Sedulur yang memiliki anak yang gemar menggambar, bisa membuat sketsa ikan untuk dijadikan bahan referensi agar si kecil lebih kreatif.

Penasaran ikan apa saja yang mudah digambar? Berikut adalah berbagai jenis pola ikan yang sangat mudah ditiru oleh anak-anak.

BACA JUGA: Gejala kudis pada kucing dan cara mengobatinya

1. Buatlah gambar ikan koi.

pelajarpedia

Ikan koi memiliki bentuk yang sangat indah dipadukan dengan warna yang cerah. Tak heran jika ikan ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Keunggulan lain dari ikan koi adalah perawatannya yang cukup mudah dan tidak memerlukan strategi khusus. Nah, untuk menggambar sketsa ikan ini, Sedulur harus fokus dulu pada tubuhnya. Triknya adalah Sedulur bisa mulai menggambar dari kepala lalu pindah ke bagian lain.

2. Sketsa ikan aduan

sketsa ikan

Sedulur jelas bukan hal baru bagi ayam petelur. Ikan ini cukup populer, terutama di kalangan penggemar ikan aduan. Dalam kasus tertentu, pemenang kompetisi ikan aduan adalah yang berhasil melumpuhkan sirip lawan hingga botak. Jika Sedulur ingin menggambar sketsa ikan aduan, Sedulur dapat mengubah model sirip menjadi bervariasi secara kreatif.

3. Sketsa ikan Channa

sketsa ikan
BRUNET

Belakangan ini ikan hias channa menjadi idola para pecinta ikan hias. Ikan channa hadir dalam banyak jenis, dengan harga mencapai puluhan juta rupiah per ekor. Meskipun ikan ini merupakan ikan hias, namun ikan channa merupakan jenis ikan karnivora. Jika Sedulur ingin meniru citra ikan jenis ini, tidaklah sulit untuk melakukannya. Detailnya sederhana dan tidak rumit.

4 Ikan Komet

BRUNET

Ikan komet juga merupakan jenis ikan hias yang mudah dalam perawatannya. Namun, banyak yang memelihara ikan ini tentu bukan satu-satunya alasan. Ciri khas bentuk dan warna ikan komet sangat berbeda dengan ikan lainnya. Ini biasanya ditemukan pada emas dengan kombinasi putih. Untuk menggambar jenis ikan ini, perbedaan yang paling mencolok adalah bentuk sirip, serta tubuhnya yang menyerupai benda luar angkasa, komet.

5. Ikan arwana

foto deposit

Salah satu jenis ikan air tawar yang paling digemari yaitu ikan arwana, bahkan harganya cukup tinggi, bahkan ada yang mencapai puluhan juta rupiah. Berdasarkan berbagai informasi, populasi ikan arwana ini tersebar di berbagai belahan dunia dengan ciri khasnya masing-masing. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa spesies yang tergolong dalam Arwana Asiatic dengan ciri-ciri bentuk tubuh yang panjang dan warna silver.

Baca juga  Realita Biaya Rumah Sakit yang Selangit, Duit Mana Duit?

BACA JUGA: Temui hewan endemik Kalimantan yang menawan.

6. Guppy

sketsa ikan
PNG

Ikan kecil dengan warna yang cantik dan bentuk ekor yang menarik merupakan ciri khas ikan. ikan guppy. Jenis ikan ini sangat mudah berkembang biak dan juga merupakan jenis ikan hias air tawar. Saudara-saudara tentunya sering dengan mudah melihat keberadaan ikan ini, misalnya di selokan di sawah. Keunggulan lain dari ikan ini adalah mudah dikenali karena warnanya yang sangat cerah dan indah.

7. Ikan Platinum

BRUNET

Meski bentuk dan warnanya cantik, platy terkenal suka memakan anak-anaknya. Ayam jago merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling digemari karena memiliki banyak spesies dengan kepribadian yang berbeda-beda. Ikan ini memiliki warna yang sangat cerah, serta bentuk sirip dan ekor yang unik. Untuk menggambar sketsa ikan laut, yang paling terlihat adalah bentuk sisik, serta garis pada sirip dan ekornya.

8. Ikan mas

Hutan

Jika membahas ikan hias air tawar yang mudah ditemukan dan digemari banyak orang, tentunya yang namanya ikan mas tidak bisa disepelekan. Dengan warna yang khas, sirip yang banyak dan bergelombang, ikan ini terlihat bagus sebagai salah satu hiasan di akuarium. Menggambar sketsa ikan jenis ini terlihat sederhana dan mudah ditiru.

9. Ikan Nemo

anak pintar

Ikan nemo yang juga dikenal sebagai ikan badut merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat digemari oleh para pecinta ikan terutama anak-anak. Ikan nemo memiliki warna yang cerah dengan tiga garis putih pada tubuhnya. Jika Anda ingin menggambar sketsa Nemo si ikan, Anda bisa mulai dengan menggambar bagian-bagian tubuhnya.

10. Ikan badut

BRUNET

Ikan badut ini memiliki ciri-ciri yang mirip badut, sehingga tidak heran jika julukan clownfish juga melekat pada ikan badut. Biasanya warna ikan yang populer ini adalah campuran emas, hitam, putih dan oranye. Dengan ciri-cirinya yang menyenangkan membuat ikan ini sangat cantik di dalam akuarium, apalagi jika dipadukan dengan ornamen benda-benda dan tumbuhan laut lainnya.

BACA JUGA: 10 jenis hamster yang cocok untuk dipelihara dan cara merawatnya

Baca juga  Pengertian, Tugas, Skill dan Tanggung Jawabnya

11. Ikan Laukhan

Sindunesia

Ikan Lauhan memiliki nilai jual yang cukup tinggi, sehingga tidak heran jika ikan Lauhan dibudidayakan untuk dijual. Namun, tidak semua penghobi ikan hias bisa memelihara ikan ini karena harganya yang mahal. Di Indonesia, ikan Lauhan berhasil ledakan keberadaannya dituturkan bahkan di desa-desa terpencil.

12. Angelfish

BRUNET

Salah satu jenis ikan yang memiliki keindahan adalah angelfish. Seperti namanya, ikan ini terlihat feminin, terutama yang berwarna. Merah Jambu. Bentuk sirip dan ekornya menjadikan angelfish salah satu ikan hias yang sangat cocok untuk dipelihara. Selain itu, yang membedakannya dengan jenis ikan lainnya adalah bentuk tubuhnya yang lebar.

13. Ikan discus

BRUNET

Sketsa ikan discus ini terlihat sedikit garang, namun ternyata ikan ini memiliki warna dan bentuk yang sangat indah. Memang ada garis-garis berwarna di sekitar moncongnya, yang membuat ikan ini terlihat menyeramkan. Dari segi bentuk tubuh, ikan ini terlihat seperti angelfish dengan bentuk pipih dan lebar.

14. Ikan todak

IkanEader

Bagian ikan todak Yang benar-benar menonjol adalah bentuk bagian bawah ekornya, mengingatkan pada pedang. Memiliki ekor yang unik ini menambah keindahan warna-warni ikan ini. Maka tidak heran jika banyak orang yang menyukai ikan todak. Anda dapat menggunakan sketsa ikan ini sebagai referensi saat menggambar atau mewarnai ikan hias populer.

15. Hiu

iStock

Disadari atau tidak, banyak orang mengenal hiu dari film-film yang kebanyakan menggambarkan ikan ini sangat menakutkan karena sering memangsa manusia. Jadi jangan kaget mendengar kata “hiu” yang bikin merinding. Terlepas dari kenyataan bahwa hiu memiliki ukuran tubuh yang besar, makanan utama mereka adalah plankton. Plankton diperoleh dengan menyaring air laut.

16. Lumba-lumba

pixabay

Lumba-lumba populer karena kemampuannya melompat tinggi di atas permukaan air. Bahkan lumba-lumba yang terlatih pun dapat mengikuti beberapa perintah dari pelatihnya. Dengan skill ini, ikan ini bisa diajak untuk mencari peti rupee ketika penampakannya muncul.

BACA JUGA: Pengertian Hewan Arboreal, Ciri-cirinya dan Contohnya

17. Sketsa ikan susu

hutan kita

Selain itu, Sedulur dapat menggambar sketsa ikan perah yang sangat sederhana. Meskipun ikan bandeng memiliki banyak duri, namun kaya akan nutrisi dan protein seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Saudara-saudara dapat menggambar bandeng, dimulai dengan sirip, dan kemudian melanjutkan dengan bagian lainnya.

Baca juga  Flash Sale Super Seratus 27-28 Agustus. Belanja Murah Hanya Rp100

18. Sketsa Ikan Lele

pinterest

Ikan lele memiliki cita rasa yang lezat saat menyiapkan berbagai masakan. Apalagi ikan lele menjadi primadona banyak orang. Jika sedulur mencari ikan lele dalam bahasa inggris maka artinya cat ikan. Ikan lele memiliki kumis seperti kucing, jadi jangan heran jika ikan lele memiliki nama tersebut. Selain kumis, ikan lele juga memiliki janggut di gambar ini.

19. Ikan zebra

BRUNET

Jika dilihat dari pola tubuhnya, ikan zebra memiliki kemiripan dengan hewan zebra, hanya saja memiliki sedikit variasi warna yang berbeda. Karena bentuk dan keindahan ikan zebra yang berwarna-warni, ikan ini menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling digemari. Untuk menggambar ikan zebra ini, Sedulur harus fokus pada garis, karena ini adalah fitur yang membedakannya dari jenis ikan lainnya.

20. bawal

wikipedia

Tahukah Anda bahwa bagi ibu hamil, mengonsumsi terong dapat mengurangi risiko cacat janin. Ikan air tawar ini mengandung banyak nutrisi seperti kalium, fosfor dan lain-lain. Tak heran jika ikan air tawar ini banyak dikonsumsi oleh penduduk. Jika Anda ingin membuat sketsa ikan bawal, Anda bisa mulai dengan menggambar tubuh dan siripnya.

21. sketsa ikan mas

cybrispdr

Ikan mas bukan hanya ikan bass, tetapi juga salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi. Ikan mas memiliki bentuk tubuh yang agak panjang, pipih dan lebar. Tubuhnya ditutupi dengan sisik yang kuat dengan tepi bergerigi. Ikan ini memiliki mulut kecil yang tidak langsung berada di bawah ujung moncongnya. Saudara-saudara dapat menggambar ikan mas, mulai dari badannya, lalu siripnya.

Ini adalah berbagai jenis sketsa ikan yang dapat Anda gambar dan mudah ditiru oleh anak-anak. Sketsa ikan apa yang mudah digambar menurut Sedulur?

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org