19 Sifat Sifat Malaikat yang Patut untuk Diteladani Manusia

19 Sifat Sifat Malaikat yang Patut untuk Diteladani Manusia


Malaikat Allah jumlahnya tidak terhitung. Seperti yang diterangkan dalam tafsir Ibnu Katsir, jumlah malaikat yang tak seorang pun mengetahuinya kecuali Allah SWT. Akan tetapi yang wajib diimani berjumlah 10. Sifat sifat malaikat tentu berbeda dengan manusia mengingat malaikat diciptakan dari nur atau cahaya.

Malaikat merupakan hamba Allah yang terpilih dan mulia. Berikut  ini sifat sifat malaikat yang wajib diteladani manusia. 

BACA JUGA : Arti Nolep Beserta Ciri-Ciri, Penggunaan & Cara Mengatasinya

1. Tidak sombong

10 sifat malaikat
dream

Malaikat memiliki sifat tidak sombong. Hal itu tercantum dalam Alquran dalam surat An-Nahl ayat 46 yang artinya:

“Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di Bumi dan (juga), sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri. “ (QS An-Nahl : 49)

2. Taat pada Allah Swt

Sangat bertolak belakang dengan sifat manusia, malaikat memiliki sifat yang senatiasa taat pada Allah. Salah satu dari 10 sifat malaikat yang pertama tersebut tercantum dalam surat An-Nahl ayat 50 yang artinya: 

Mereka takut kepada Rabb mereka yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).”

–>






3. Tidak durhaka

Malaikat memiliki sifat yang tida durhakan. Hal tersebut sesuai dengan surat At-Tahrim ayat 6:

“Yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” 

4. Tidak pernah membantah

Sifat sifat malaikat yang dapat kita teladani selanjutnya adalah sifat tidak pernah membantah perintah yang diserukan oleh Allah SWT.  Sangat berbeda dengan manusia yang cenderung lalai dalam melaksanakan perintah Allah. Dalam surat Al-Anbiya ayat 27 Allah, dijelaskan yang artinya:

Mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.” 

BACA JUGA : 20 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Aman & Ampuh

5. Selalu bertasbih

sifat malaikat adalah
iStock

Malaikat selalu bertasbih kepada Allah SWT. Sedangkan manusia sering kali lupa bertasbih saat mereka mendapatkan nikmat. Ini disebutkan dalam surat Ass Shafat ayat 166 yang artinya: “Dan tunggulan kami benar-benar bertasbih (kepada Allah).”

6. Tidak makan dan minum

Salah satu sifat malaikat yang membedakannya dengan manusia adalah para malaikat memiliki sifat tidak makan dan minum karena tidak diberi nafsu oleh Allah SWT. Seperti yang tercantum dalam surat Hud  ayat 70-71 yang artinya:

“Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang aneh perbuatan mereka, dan merasa takut terhadap mereka. Malaikat itu berkata, “Jangan kamu takut, sesungguhnya kami adalah (malaikat-malaikat) yang diutus kepada kaum Lut.” Dan istrinya berdiri (di balik tirai), lalu dia tersenyum. (QS. Hud 70-71)

7. Tidak menyukai bau anjing dan patung

Seperti yang sudah sering dijelaskan oleh para ulama, malaikat tidak menyukai bau anjing dan patung. Maka dari itu, malaikat enggan memasuki rumah yang terdapat hewan dan patung tersebut. Seperti hadist yang diriwayatkan oleh HR Bukhari:

ٍ عَنْ أَبِي طَلْحَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلَا تَصَاوِيرُ

Dari Abu Thalhah RA dia berkata: Nabi Muhammad Saw bersabda “malaikat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat aning dan patung” (HR Bukhori) No 5493. Shahi)

8. Dapat berubah wujud

5 sifat malaikat
pixabay

Malaikat dapat berubah wujud menjadi menjadi manusia seperti yang tercantum dalam surat Maryam ayat 17 yang artinya:

“Maka ia mengadakan tabir (yang melindungi dari mereka, lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia akan menjelma di hadapannya (dalam bentuk ) manusia yang sempurna” (QS Maryam:17)

Baca juga  5 Resep Roti Canai Enak untuk Camilan di Rumah

BACA JUGA : Pengertian Sejarah: Unsur, Fungsi, Manfaat & Klasifikasinya

9. Pemalu

Malaikat memiliki sifat pemalu yang harus diteladani oleh manusia. Dalam hadist riwayat Muslim dijelaskan:

“Nabi Muhammad bersabda: Bagaimana aku tidak malu terhadap seorang lelaki yang malaikat pun malu kepadanya.” (HR Muslim)

10. Mendengar dan melihat

Malaikat juga mampu mendengar dan melihat sama seperti manusia. Hanya saja, kemampuan tersebut hanya digunakan untuk mendengar dan melihat kebaikan saja. Meski begitu, malaikat tidak akan pernah berbicara tanpa mendahului perintah Allah SWT.

11. Memiliki ilmu

sifat malaikat yang membedakannya dengan manusia adalah
pixabay

Allah membekali sifat sifat malaikat dengan ilmu untuk menjalankan berbagai macam tugas yang harus dijalankan. Seperti yang tercantum dalam surat Al Infitar ayat 10 yang artinya:

“Padahal sesunnguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi pekerjaanmu. ” (QS Al-Infitar : 10)

12. Tidak lelah dan jenuh

Sifat sifat malaikat yang harus diteladani selanjutnya adalah tidak jenuh dan tidak letih. Para malaikat tidak pernah merasakan bosan saat menjalankan perintah dari Allah Swt. Dalam Al-qur’an surat Fussilat ayat 38, Allah berfirman yang artinya

“Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya di malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu-jemu” (QS Fussilat:38)

13. Hamba Allah yang mulia

sifat sifat malaikat yang wajib diteladani
pixabay

Malaikat merupakan hamba Allah yang mempunyai akal, intelegensi dan termasuk hamba Allah SWT yang dimuliakan. Dalam surat Al Anbiya ayat 26, Allah berfirman:

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَٰنُ وَلَدًا ۗ سُبْحَانَهُ ۚ بَلْ عِبَادٌ مُكْرَمُونَ

Artinya : “Dan mereka berkata, ‘Tuhan Yang Maha Pengasih telah menjadikan (malaikat) sebagai anak.’ Mahasuci Dia. Sebenarnya mereka (para malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan,”

Kemuliaan para malaikat ini sejalan dengan kepatuhan dan ketaatannya terhadap Allah SWT.

BACA JUGA : Pengertian Pameran: Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat & Fungsinya

14. Memiliki jumlah yang banyak

Dalam buku yang berjudul Malaikat dalam Al-Qur’an: Yang Halus dan Tak Terlihat yang ditulis oleh Quraish Shihab, malaikat memiliki jumlah yang banyak dan tak terhitung. Akan tetapi setiap muslim wajib mengimani 10 malaikat saja.

15. Memberi peringatan

Malaikat juga memiliki sifat memberi peringatan. Dalam surat Ash-Shaffat ayat 3 Allah berfirman yang artinya: “Dan demi (rombongan) yang membacakan pelajaran.

Senada dengan firman lainnya dalam Al-Mursalat:

“Dan (malaikat-malaikat) yang menyampaikan wahyu, untuk menolak alasan-alasan atau memberi peringatan.” (QS Al-Mursalat:5-6)

16. Tidak berjenis kelamin

Berbeda dengan manusia dan jin, para malaikat tidak berjenis kelamin. Dalam surat Al-An’am Allah berfirman yang artinya:

“Dan kalau Kami jadikan rasul itu (dari) malaikat, tentulah Kami jadikan dia berupa laki-laki dan (jika Kami jadikan dia berupa laki-laki), Kami pun akan jadikan mereka tetap ragu sebagaimana kini mereka ragu.” (QS Al-An’am:9)

17. Selalu merapatkan barisan

makhluk Allah
Pixabay

Saat menghadap Allah Swt, para malaikat senantiasa berbaris dan merapatkan barisan. Allah berfirman:

وَاِنَّا لَنَحْنُ الصَّۤافُّوْنَۖ 

Artinya: “ Dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf (dalam menunaikan perintah Allah).” (QS Ash Shaffat : 165)

Dalam dalil lain, Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Kami diberi keutamaan di atas umat (lainnya) dengan tiga perkara; saf-saf kami dijadikan seperti saf-saf para malaikat; dan bumi ini dijadikan bagi kami masjid (tempat bersujud); dan tanahnya suci lagi menyucikan.”

BACA JUGA : Kisah Nabi Luth dan Kaum Sodom yang Suka Berbuat Maksiat

5 sifat malaikat menurut Alquran dan hadist

1. Diciptakan dari cahaya

menurut alquran
pixabay

Dari berira Aisyah RA. Rasullullah SAW pernah menyebutkan bahan penciptaan malaikat adalah berasal dari cahaya.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ ». (رواه مسلم)

Baca juga  15 Cara Gabung PDF Menjadi Satu dengan Mudah & Cepat

Artinya : “Malaikat itu diciptakan dari cahaya. Jin diciptakan dari api yang menyala-nyala, sedangkan Adam diciptakan dari apa yang telah dijelaskan kepada kalian.” (HR Muslim)

Sedangkan menurut Prof Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar dalam buku berjudul Rahasia Alam Malaikat, Jin dan Setan, hadist tersebut hanya sebatas mengabarkan bawahwa malaikat diciptakan dari cahaya. Sebab itulah kajian yang lebih lanjut mengenai cahaya apa yang menjadi asal penciptaan malaikat dilakukan.

2. Bergerak secepat kilat

bentuk
pixabay

Mengutip buku yang ditulis oleh Mahmud asy-Syafrowi yang berjudul Mengundang Malaikat ke Rumah, Allah SWT telah memberikan bukti salah satu malaikat yaitu mempunyai kekuatan bergerak dengan cepat. Hal tersebut masih berkaitan dengan penciptaan malaikat yang berasal dari cahaya dan mewarisi sifat-sifat cahaya.

Dalil yang menerangkan tentang hal ini tercantum dalam surat An-Naziat ayat 3-4,

(3) وَالسَّابِحَاتِ سَبْحًا
(4) فَالسَّابِقَاتِ سَبْقًا

Artinya: “Demi (malaikat) yang turun dari langit dengan cepat, dan (malaikat) yang mendahului dengan kencang.”

Dalam buku Mengundang Malaikat ke Rumah dijelaskan bahwa kecepatan terbang malaikat bahkan bisa mencapai 5o kali dari kecepatan cahaya. Dalam surat Al-Ma’arij ayat 4 juga dijelaskan bahwa bagi malaikat sehari sama dengan 50 ribu tahun bagi manusia.

3. Dapat berubah wujud

Selain mempunyai kecepatan secepat kilat, malaikat juga memiliki kemampuan untuk dapat berubah wujud. Tak mengherankan jika banyak kisah para nabi yang sering menyebutkan bahwa ujud malikat sering berbeda-beda. Dikutip dari surat Maryam ayat 17 yang berbunyi:

فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا

Artinya: “Lalu dia memasang tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril) kepadanya, maka dia menampakkan diri di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna.”

4. Berukuran besar

Banyak buku yang menyebutkan bahwa malaikat memiliki ukuran yang besar. Salah satunya disebutkan dalam sebuah riwayat hadist bahwa besarnya malaikat Jibril disetarakan dengan semua bintang-bintang yang ada di langit berada di antara dua alis mata Jibril. Hal tersebut semakna dengan riwayat hadist Abu Dawud yang artinya:

“Aku izinkan untuk menceritakan tentang salah satu penyangga Arsy. Jarak antara daun telinga dan pundaknya adalah perlajanan tujuh ratus tahun.” (HR Abu Dawud)

5. Memiliki sayap

sayap

Malaikat mempunyai sayap sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya. Ada yang memiliki dua sayap, tiga sayap, empat sayap dan bahkan ada yang memiliki sayap lebih banyak lagi.

BACA JUGA : 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui

nama malaikat
pixabay

1. Jibril

Malaikat Jibril memiliki banyak panggilan yaitu Al Amin, Ruh Al Qudus dan Ar Ruh. Tugas malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu kepada Rasul. Dalam surat Asy Styara ayat 193 Allah Swt berfirman :

نَزَلَ بِهِ الرُّوْحُ الْاَمِيْنُ ۙ

Artinya: “ Yang dibawa turun oleh Ar Ruh al-Amin (Jibril)

Selain menyampaikan wahyu kepada Rasul, malaikat Jibril juga mengajarkan agama melalui nabi Muhammad SAW kepada sahabat Rasul.

2. Mikail

Malaikat yang wajib muslim imani selanjutnya adalah Mikail. Ia Mikail bertugas membagi rezeki seperti menurunkan hujan dan menjadikan tumbuhan terus bertumbuh. Hal tersebut termaktub dalam surat Al-Baqarah ayat 98 yang berbunyi:

مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِلَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِلْكَافِرِينَ

Artinya: “Barang siapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir.”

3. Isrofil

Isrofil bertugas menuip sangkakala. Masih dalam buku Quraish Shibab dengan judul yang sama, nama malaikat Isrofil tidak secara langsung disebutkan di dalam Al-qur’an. Akan tetapi, tugasnya untuk menuip sangkakala tercantum dalam surat Az Zumar ayat 68:

Baca juga  10 Macam-macam Beatbox Beserta Cara Melatihnya

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ

Artinya: “Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah).” (QS Az Zurmar : 68)

4. Izrail

Tugas malaikat Izrail adalah mencabut nyawa. Dalam Alquran, nama malaikat Izrafil juga tidak disebutkan secara langsung.

Sama seperti malaikat Israfil, dalam Alquran pun tidak disebut nama malaikat Izrail. Tugasnya adalah mencabut nyawa. Hal ini tercantum dalam QS As Sajdah ayat 11,

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Artinya: “Katakanlah, “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa) mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan.”

5.  Munkar & Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menayai orang mati di dalam kubur. Kedua tugas malaikat tersebut disebutkan dalam hadist yang  diriwayatkan oleh Tirmidzi dai Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:

إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَرُ النَّكِيرُ ، فَيَقُولَانِ : مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ ؟ فَيَقُولُ مَا كَانَ يَقُول

Artinya: “Apabila mayat atau salah seorang dari kalian sudah dikuburkan, ia akan didatangi dua malaikat hitam dan biru, salah satunya Munkar dan yang lain Nakir, keduanya berkata: Apa pendapatmu tentang orang ini (Nabi Muhammad)? Maka ia menjawab sebagaimana ketika di dunia…” (HR. Tirmidzi).

6. Raqib & Atid

Malaikat bertugas mencatat amal baik yang diperbuat oleh manusia. Sedangkan malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk perbuatan manusia. Segala gerak gerik dan perbuatan manusia selalu diawasi oleh kedua malaikat ini. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Qaf ayat 17-18:

(17) اِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الْيَمِيْنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيْدٌ
(18) مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلَّا لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْد

Artinya: “(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri. Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).”

7. Malik

Malaikat yang harus diimani selanjutnya adalah malaikat Malik yang bertugas sebagai penjaga pintu neraka. Tugas tersebut termaktub dalam sutay Az Zukhruf ayat 77 yang artinya:

“Dan mereka berseru, ‘Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.’ Dia menjawab, ‘Sungguh, kamu akantetap tinggal (di neraka ini)’.” (QS Az Zukhruf : 77)

8. Ridwan

Dalam banyak hadist disebutkan bahwa tugas Ridwan adalah mengawasi dan menjaga pintu surga. Selain itu, Malaikat Ridwan juga bertugas mengawasi semua hamba Allah yang akan masuk surga. Dikatakan bawaha ia sangat ramah saat akan memperisilakan orang-orang masuk ke dalam surga.

Itulah nama dan sifat sifat malaikat yang wajib diteladani oleh manusia. Salah satu yang patut diikuti dari sifat malaikat adalah tidak pernah membantah saat mendapat perintah dari Allah SWT.Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!




https://wvmuseums.org