sifat bayangan cermin cembung

Sifat-Sifat Bayangan yang Dihasilkan Berbagai Macam Cermin


Cermin adalah suatu benda yang terbuat dari kaca transparan yang sisi-sisinya diwarnai dengan cairan khusus sehingga dapat memantulkan bayangan benda di depannya. Tiga jenis cermin yang umum digunakan, yaitu cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing, yang membuat karakter bayangan juga berbeda untuk setiap cermin. Misalnya, sifat bayangan cermin cembung berbeda dengan cermin datar atau cermin cekung.

Jadi, bagaimana sifat bayangan masing-masing cermin ini? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak info lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Memahami fisika kuantum dan fakta menarik

Kenali jenis-jenis cermin dan ciri-cirinya

Bersembunyi

Cermin merupakan barang yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring mendefinisikan cermin sebagai kaca bening yang salah satu sisinya diwarnai dengan air raksa dan seterusnya sehingga dapat memperlihatkan bayangan suatu benda yang diletakkan di depannya.

Sementara itu, ada tiga jenis cermin di sekitar kita. Tiga jenis cermin: cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Nah, selain informasi tentang sifat-sifat cermin cembung, datar dan cekung, Sedulur juga berguna untuk mendengarkan informasi tentang karakteristik masing-masing cermin. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri cermin datar, cekung, dan cembung.

1. Cermin datar

sifat bayangan cermin cembung
Kompas

Jenis cermin yang pertama adalah cermin datar. Sederhananya, cermin datar adalah cermin yang bagian mengkilapnya rata atau permukaannya rata. Contoh cermin datar yang sering kita jumpai berupa cermin rias dan cermin periskop.

sebuah. Ciri-ciri dan sifat-sifat bayangan cermin datar

Ciri-ciri cermin datar adalah memiliki permukaan datar yang di atasnya cahaya datang akan dipantulkan kembali menurut hukum pemantulan. Selain itu, cermin datar juga menghasilkan bayangan maya dengan jarak bayangan dari cermin sama dengan jarak benda dari cermin. Oleh karena itu, dapat dijelaskan bahwa sifat-sifat bayangan cermin datar adalah sebagai berikut.

  • Maya atau pseudo
  • Vertikal
  • Ukurannya sama, ukuran bayangannya sama dengan ukuran bendanya
  • Kembali
Baca juga  20 Fakta Karakter Zodiak Gemini yang Jarang Diketahui

b. Rumus cermin datar

Rumus banyaknya bayangan pada dua cermin datar.

n \u003d (360 : ) – 1

keterangan:

  • n – jumlah bayangan
  • adalah sudut yang dibentuk oleh dua cermin

Rumus panjang minimum cermin datar

p = (1 : 2) x tinggi benda

keterangan:

  • p – panjang atau tinggi cermin (m)
  • tinggi benda adalah tinggi benda dalam meter (m)

BACA JUGA: Rumus panas dan metode perhitungan dan contoh tugas

2. Cermin cekung

Guru pendidikan

Jenis cermin selanjutnya adalah cermin cekung, yaitu cermin yang permukaannya melengkung dan bagian yang mengkilat ada di dalam. Mengutip dari Science via Detik.com, cermin cekung juga didefinisikan sebagai cermin bulat yang terdiri dari permukaan reflektif dengan sisi melengkung lebih dekat ke mata daripada permukaan pusat.

Sedangkan cermin cekung dapat ditemukan pada lampu senter, lampu sorot mobil, sendok, dan kompor tenaga surya.

sebuah. Sifat karakter

Seperti yang kita ketahui cermin cekung adalah cermin yang permukaannya cekung. Ciri lainnya adalah cermin cekung terbagi menjadi beberapa ruang, yaitu ruang I yaitu antara cermin dan titik fokus, ruang II antara titik fokus dan pusat kelengkungan cermin, ruang III di depan titik lengkungan. hingga tak terhingga, dan ruang IV, yang merupakan sisi kebalikan dari cermin.

Selain itu, cermin cekung cenderung menyatu atau mengumpulkan sinar. Cermin cekung juga dapat membentuk bayangan nyata dan bayangan palsu.

b. Sifat bayangan cermin cekung

Sifat bayangan pada cermin cekung dipengaruhi oleh letak atau posisi benda dan cermin. Namun secara keseluruhan, sifat bayangan cermin cekung yang terbentuk di ruang IV adalah maya dan lugas. Dalam hal ini, bayangan yang terbentuk tidak di ruang IV memiliki sifat nyata dan terbalik.

Baca juga  Komunikasi Interpersonal: Pengertian, Tujuan dan Prosesnya

Tidak berhenti sampai di situ, jika ruang bayangan lebih besar dari ruang benda, maka bayangan diperbesar. Sedangkan jika ruang citra lebih kecil dari ruang objek, maka properti citra diminimalkan. Perhatikan uraian berikut agar lebih mudah dipahami.

  • Benda-benda di ruang I akan membentuk bayangan di ruang IV, sehingga bayangannya adalah maya, tegak, dan diperbesar.
  • Benda di ruang II akan membentuk bayangan di ruang III, jadi bayangannya nyata, terbalik, diperbesar.
  • Benda pada ruang III akan membentuk bayangan pada ruang II, sehingga bayangan menjadi nyata, terbalik dan runtuh.

di. rumus cermin cekung

Persamaan umum untuk cermin cekung

1/f = 1/s + 1/s’

Informasi:

  • f adalah fokus
  • s – jarak ke objek
  • s’ – jarak bayangan

Rumus untuk memperbesar bayangan cermin cekung.

M = s’/s + h’/h

Informasi:

  • M – perbesaran gambar
  • s’ – jarak bayangan
  • s – jarak ke objek
  • h’ – tinggi gambar
  • h – tinggi benda

BACA JUGA: Rumus besaran vektor dalam fisika dan contoh soal

3. Cermin cembung

sifat bayangan cermin cembung
Kompas

Terakhir, Sedulur juga perlu mewaspadai cermin cembung yang juga banyak dijumpai di sekitar kita. Singkatnya, cermin cembung adalah cermin yang permukaannya melengkung dan bagian yang mengkilap berada di luar. Dengan kata lain, cermin cembung adalah cermin bulat yang permukaan pantulnya melengkung ke luar. Contoh kaca spion cembung adalah kaca spion otomotif dan kaca spion sudut jalan atau kaca pengaman.

sebuah. Sifat karakter

Dengan kata lain, cermin cembung adalah kebalikan dari cermin cekung. Diketahui bahwa cermin cekung memiliki sifat mereduksi atau mengumpulkan sinar. Di sisi lain, cermin cembung memiliki sifat menghamburkan atau menghamburkan cahaya. Selain itu, cermin cembung hanya dapat membentuk bayangan maya dari benda yang ada di depannya.

b. Sifat bayangan cermin cembung

Dalam hal pencitraan, cermin cembung juga dibagi menjadi empat ruang. Namun, benda hanya bisa diletakkan di ruang IV, yaitu di depan cermin. Selama bayangan berada di kamar 1, 2 atau 3.

Baca juga  22 Peluang Usaha yang Potensial dan Menguntungkan

Sifat bayangan cermin cembung pada ruang 1, 2 dan 3 tidak nyata atau maya (semu). Karena ruang ada di cermin. Selain itu, cermin cembung juga memantulkan tiga sinar khusus, yaitu: sinar 1 berjalan sejajar dengan sumbu utama, sinar 2 menuju fokus, dan sinar 3 menuju pusat kelengkungan. Berdasarkan prinsip ini, sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung adalah maya, langsung, dan diperkecil.

di. Rumus bayangan cermin cembung.

Persamaan umum untuk cermin cembung

1/f = 1/s + 1/s’

Informasi:

  • f adalah fokus
  • s – jarak ke objek
  • s’ – jarak bayangan

Rumus pembesaran bayangan

Kompas

Informasi:

  • M – perbesaran gambar
  • h’ – tinggi gambar
  • h – tinggi benda
  • s’ – jarak bayangan
  • s – jarak ke objek

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis cermin, antara lain cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Jelas bahwa setiap cermin memiliki karakteristik yang berbeda. Hal ini mengakibatkan ketiganya memiliki sifat bayangan yang berbeda. Diketahui bahwa sifat-sifat bayangan cermin datar adalah khayal, tegak, terbalik, dan sama besar. Dalam hal ini sifat bayangan cermin cekung ditentukan berdasarkan letak bayangan dan bendanya. Dalam hal ini, sifat-sifat bayangan cermin cembung adalah maya, langsung, dan diperkecil.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org