sepatu lokal

20 Rekomendasi Brand Sepatu Lokal Terbaik dan Berkualitas


Akhir-akhir ini, terdapat banyak merek sepatu lokal yang sedang naik daun. Pasalnya, sudah banyak figur-figur publik yang terlihat mengenakan sepatu apik tersebut. Salah satunya adalah Presiden Joko Widodo dan Najwa Shihab yang kerap memamerkan sepatu buatan lokal yang keduanya pakai.

Merek-merek lokal tersebut memang berhak untuk mendapatkan kepopulerannya seperti saat ini. Tidak hanya karena harga miringnya, namun kualitas dan juga variasi model dari setiap sepatu yang dihasilkan dapat diadu dengan sepatu buatan luar negeri.

Terlebih lagi, semangat dan kesadaran masyarakat kita untuk memakai barang buatan dalam negeri semakin tinggi dari hari ke hari. Maka dari itu, beberapa produsen sepatu taraf lokal menjadi semakin menjamur dengan menghasilkan alas kaki berkualitas yang selalu menjadi buruan para konsumen.

Jika ditotal, terdapat banyak sekali merek sepatu dalam negeri yang ada di pasaran. Namun, merek-merek sepatu lokal di bawah ini menjadi beberapa yang terbukti memiliki produk sepatu terbaik, berkualitas, dengan harga yang bisa diadu. Apa saja merek-merek sepatu tersebut?

BACA JUGA: 18 Modem Internet 4G & 5G Terbaik Hingga Tercepat di Tahun 2022

1. Compass

Side ID

Ketika seseorang menyebutkan kata “sepatu lokal terbaik”, salah satu merek yang muncul di benak pasti Compass. Ya, Compass merupakan salah satu merek sepatu yang menjadi favorit banyak orang, terutama para anak muda.

Merek ini sempat naik daun karena produksinya yang terbatas. Alhasil, banyak orang yang berebutan untuk membeli sepatu tersebut di online marketplace Indonesia. Saking langkanya produk sepatu Compass pada waktu itu, sampai ada yang menjualnya kembali dengan harga dua kali lipat, loh Sedulur! Model timeless dan warna-warna yang bervariasi membuatnya dapat bertahan di tengah gempuran merek sepatu lokal yang terus bermunculan.

Dari segi visual, Compass menawarkan sepatu dengan jahitan yang sangat rapi dan profesional. Makanya, tidak heran bahwa sepatu ini menjadi pilihan banyak orang. Harga sepatu Compass sendiri dibanderol dari Rp200.000 hingga Rp400.000.

2. Brodo

Sedulur pastinya sudah pernah mendengar merek Brodo sebagai salah satu merek sepatu lokal dengan kualitas superior. Ternyata, terdapat sebuah cerita menarik dari tercetusnya merek ini, loh Sedulur.

Yukka, sang pemilik merek Brodo, sempat kesulitan mencari sepatu dengan ukuran EU 46. Daripada pergi kesana kemari mencari sepatu dengan ukuran sesuai kakinya, ia memutuskan untuk membuat sendiri line sepatu dengan berbagai ukuran serta kualitas tinggi.

Brodo menawarkan banyak pilihan sepatu yang dapat Sedulur kenakan. Mulai dari sepatu formal, sepatu casual, sepatu sneakers, dan bahkan sepatu boots. Brodo berniat untuk selalu menjadi pilihan utama ketika masyarakat mencari sepatu buatan lokal. Maka dari itu, Brodo senantiasa mengikuti perkembangan tren sepatu dan selalu mendengar masukan dari para konsumennya. Sepatu-sepatu Brodo sendiri dihargai bermacam-macam, rata-rata berkisar pada angka Rp300.000 saja.

3. NAH Project

Main Basket

Sebelumnya telah disebutkan bahwa presiden negara kita, Presiden Joko Widodo, sering terlihat mengenakan brand sepatu lokal pria. Salah satu merek yang paling sering dikenakannya adalah NAH Project. Nah Project merupakan sebuah brand sepatu asal Bandung, Jawa Barat. Berkat dikenakan Presiden Joko Widodo pada berbagai kesempatan, pamor merek tersebut kian hari semakin melejit. NAH Project sendiri menawarkan berbagai macam sepatu dengan model yang sangat kekinian. Untuk harga, mereka membanderol produk-produknya dengan harga Rp300.000 saja.

4. Aerostreet

Siapa yang tidak pernah mendengar merek Aerostreet, rasa-rasanya apabila Sedulur sangat antusias dengan sepatu lokal murah maka merek yang satu ini pasti sudah akrab di telinga, ya. Aerostreet akhir-akhir ini memang sedang naik daun. Bagaimana tidak, brand tersebut dari beberapa waktu yang lalu sering menghasilkan produk kolaborasi dengan berbagai macam merek yang tidak diduga-duga, seperti merek sandal jepit, jajanan biskuit, hingga obat penyakit maag.

Baca juga  6 Cara Privasi Postingan IG atau Instagram dari Orang Lain!

Maka dari itu, merek Aerostreet menjadi salah satu yang paling digandrungi oleh anak muda zaman sekarang. Adhitya Caesarico dan Yohan Fransiska menjadi pendiri brand tersebut. Mereka berdua berniat untuk membuat sepatu yang jelas-jelas menjangkau setiap orang dari berbagai kalangan ekonomi. Akhirnya muncullah sepatu Aerostreet yang sudah beredar di pasaran sejak tahun 2006 silam.

Sesuai dengan misi menjangkau setiap elemen masyarakat, sepatu-sepatu Aerostreet dibanderol dengan harga yang sangat miring. Beberapa modelnya pun hanya dipatok pada harga Rp50.000 hingga Rp90.000 saja. Walaupun begitu, kualitas dari sepatu-sepatu Aerostreet sama baiknya dengan sepatu keluaran merek kenamaan lain.

5. Ventela

Pinterest

Ventela menjadi salah satu merek sepatu lokal 100 ribuan yang sudah akrab di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, model beberapa sepatunya sekilas terlihat mirip dengan sepatu buatan Compass, Converse, serta Vans. Walaupun begitu, kualitas dari sepatu buatan anak bangsa ini tidak boleh dipandang sebelah mata, loh Sedulur!

Ventela pertama kali dikenal masyarakat luas pada tahun 2017-an. Sepatu tersebut dibuat oleh William Ventela, salah satu pemilik sepatu vulkanisir di Bandung, Jawa Barat. William Ventela telah menggeluti dunia produksi sepatu semenjak tahun 1989. Tidak heran, sepatu Ventela buatannya sudah teruji secara kualitas.

Sepatu Ventela rata-rata memiliki desain yang tak lekang waktu, alias akan tetap apik digunakan sampai kapanpun juga. Jenis-jenisnya pun beragam, ada yang model high-top sneakers, low sneakers, dan juga slip on. Bagian dalam sepatu dibuat dengan sedemikian nyaman, sehingga terasa empuk dan tidak pegal saat dipakai. Setiap jahitan sepatu Ventela pun nampak sangat rapi, seperti produk sepatu bertaraf internasional.

Soal harga, jangan khawatir. Rata-rata sepatu Ventela dibanderol dari kisaran Rp100.000 hingga Rp400.000 saja, loh Sedulur!

BACA JUGA: Perbedaan Junk Food dan Fast Food, Jangan Salah Lagi!

6. Forever Young Crew

Forever Young Crew merupakan salah satu merek sepatu milik Ucay Rocket Rockers. Salah satu keunikan dari merek sepatu ini adalah logonya yang berbentuk pisang. Hal tersebut membuatnya semakin dikenal oleh masyarakat, baik itu di dalam negeri ataupun di luar negeri. Kualitas jahitan dan juga sol sepatu sangat baik. Selain itu, model sepatu Young Forever Crew cocok untuk dipakai dalam berbagai kesempatan. Sepatu tersebut dibanderol dengan harga Rp300.000 saja, nih Sedulur!

7. Saint Barkley

Pinterest

Selain NAH Project, Presiden Joko Widodo juga diketahui sempat mengenakan produk sepatu Saint Barkley di beberapa kesempatan. Semenjak debut pada tahun 2012 silam, Saint Barkley menjadi salah satu sepatu lokal yang paling diminati oleh anak muda. Rata-rata model yang ditawarkan adalah streetwear, jadi semakin cocok untuk dikenakan pada saat nongkrong bersama teman-teman. Soal harga? Sepatu Saint Barkley dapat Sedulur miliki hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp300.000 saja.

8. Word Division

Sepatu ala streetwear dan skateboarder yang dapat Sedulur coba berasal dari merek Word Division. Desainnya yang hampir mirip dengan Vans Old Skool sembari dibubuhi logo petir membuat sepatu tersebut sempat viral.

Sedulur tidak perlu ragu lagi untuk menjajal produk-produk sepatu dari Word Division. Selain karena kualitasnya yang sangat diandalkan, harganya pun sangat terjangkau di kisaran Rp400.000.

9. League

Pinterest

Banyak masyarakat kita yang masih mengira bahwa League merupakan merek sepatu asal luar negeri. Padahal, League adalah 100% produk lokal. Berca Retail Sportindo merupakan perusahaan yang memproduksi sepatu tersebut. Ia juga menjadi distributor resmi dari berbagai sepatu kenamaan dunia, seperti Nike, Reebok, dan Adidas. Tidak heran, Berca Retail Sportindo memberanikan diri untuk membuat line sepatunya yang lebih terjangkau namun dengan kualitas serupa. Harga sepatu League dipatok pada angka Rp300.000.

Baca juga  Asuransi Terbaik untuk Wanita Karir, Ini Alasan dan Produk yang Tepat!

10. ARL Footwear

Siapa yang tidak mengenal sosok Ariel NOAH. Vokalis band bertalenta tersebut ternyata memiliki line sepatu lokal juga, loh! Merek sepatu milik Ariel NOAH itu diberi nama ARL Footwear. Harga sepatunya dipatok sekitar Rp350.000.

BACA JUGA: Mengenal Macam-Macam Tari-Tarian Tradisional dari Aceh

11. Kodachi

sepatu lokal
Tribun Jakarta

Salah satu sepatu lokal legendaris lainnya adalah merek Kodachi. Sepatu Kodachi sudah diproduksi sejak beberapa dekade yang lalu. Ia pun sempat vakum mengisi keramaian pasar sepatu selama beberapa waktu juga. Walaupun begitu, sepatu yang memiliki julukan “sepatu capung” ini kembali diminati para pecinta sneakers klasik.

Sepatu Kodachi kerap digunakan oleh mereka yang gemar melakukan parkour. Maka dari itu, sol karet yang berada di bagian bawah sepatu Kodachi tergolong memiliki kualitas yang tinggi. Sejak tahun 2000, proses produksi dari sepatu ini sudah 100% dilakukan di Indonesia. Karenanya, harga sepatu ini menjadi sangat terjangkau, berkisar pada Rp99.000 saja.

12. Imperior Footwear

Merek sepatu Indonesia yang satu ini juga menjadi salah satu favorit para pecinta gaya streetwear. Imperior Footwear dikenal luas karena sepatu sneakers dengan desain urban dan logo petir. Selain itu, harga yang sangat terjangkau membuatnya semakin diminati oleh masyarakat. 

Walau harganya terjangkau, tetapi Imperior Footwear memiliki kualitas yang unggul dan sangat awet. Jadi, Sedulur tidak perlu risau pada saat mengenakannya untuk aktivitas rutin sehari-hari.

13. Tomkins

sepatu lokal
Pinterest

Merek sepatu Tomkins pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Sedulur, ya. Tomkins adalah merek sepatu asal Bandung, Jawa Barat. Sepatu tersebut tidak hanya menyasar target konsumen dewasa, namun juga anak-anak dengan selalu memberikan diskon besar-besaran ketika musim masuk sekolah.

Tomkins sendiri sudah memproduksi sepatunya dari awal tahun 2000-an. Ia mampu bertahan di tengah lesunya geliat penjualan sepatu di awal-awal operasi. Karenanya, Tomkins sudah paham keinginan pasar, dengan membuat sepatu yang memiliki model apik, dapat digunakan dalam berbagai acara, serta harga yang murah. Dengan harga Rp160.000, Sedulur sudah dapat membawa pulang sepatu Tomkins.

14. Footstep Footwear

Footstep Footwear dapat menjadi alternatif bagi Sedulur yang mendambakan produk sneakers lokal Indonesia dan sandal lokal berkualitas dan kekinian. Perusahaan alas kaki asal Bandung tersebut telah memiliki setidaknya 7 tahun pengalaman dalam produksi alas kaki. Footstep Footwear menawarkan beberapa jenis sepatu, mulai dari sepatu casual, sneakers, slip-on, sepatu kerja, sampai ke produk sandal yang bagus.

Kualitas dari sepatu Footstep Footwear tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti, merek tersebut berhasil bertahan selama bertahun-tahun di pasar sepatu Indonesia, apalagi kalau bukan karena kualitasnya yang superior namun tetap dengan harga yang terjangkau.

15. Wakai

Roam the Gnome

Siapa yang masih mengira bahwa sepatu Wakai berasal dari Jepang? Nah, usut punya usut, nih, Wakai ternyata merupakan salah satu merek sepatu lokal dari Indonesia. Merek tersebut memang terinspirasi dari kultur Jepang. Ia menawarkan berbagai macam produk, mulai dari aksesoris hingga sepatu dan sandal bagi pria dan wanita. Wakai berfokus kepada penyuka gaya yang sederhana namun tetap memberikan kesan eksklusif.. Untuk variasi sepatunya, Wakai dikenal dengan sepatu model slip-on serta sneakers dinamis dan sporty. Harganya bervariasi, ada yang berkisar Rp300.000 hingga Rp500.000.

BACA JUGA: 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

16. Ardiles

Ardiles Group merupakan salah satu perusahaan sepatu dan sandal terbesar di Indonesia. Produk-produk dari Ardiles ternyata tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Saat ini, merek Ardiles dikenal sebagai produsen sepatu lokal dengan harga yang sangat terjangkau namun tetap memiliki kualitas terbaik. Tidak heran, sepatu Ardiles sudah memiliki penggemarnya sendiri dari dulu hingga sekarang.

Baca juga  Penyebab Error ETAX 40001 e-Faktur dan Cara Mengatasinya

17. Yongki Komaladi

Pinterest

Nama Yongki Komaladi pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Sedulur. Di berbagai pusat perbelanjaan, sepertinya selalu ada produk-produk alas kaki buatan Yongki Komaladi. Tidak hanya menghadirkan koleksi high heels untuk wanita saja, tapi merek asli Indonesia ini juga menjual sepatu formal untuk kaum pria. 

Untuk tetap relevan dengan perkembangan zaman dan permintaan konsumen, Yongki Komaladi juga memperluas desain dari sepatunya, lho. Ia mulai mengeluarkan berbagai model sneakers yang simpel namun tetap terlihat classy. Sedulur pun dapat membawa sepatu Yongki Komaladi dengan harga yang terjangkau. Dari harga Rp160.000 saja, Sedulur bisa mengenakan sepatu buatan Yongki Komaladi.

18. Buccheri

Apabila mendengar nama Buccheri, Sedulur pastinya langsung teringat dengan model sepatu pria formal seperti sepatu moccasin atau oxford. Atau, Sedulur lebih mengenal merek Buccheri dengan line produk high heels, sepatu lokal wanita, beserta aksesoris wanita yang lainnya.

Tetapi, mulai beberapa waktu yang lalu Buccheri mulai menawarkan produk-produk sepatu sneakers-nya. Pada salah satu koleksi sneakers tersebut, Buccheri mengkombinasikan bahan suede dan leather premium yang tentunya memberikan akses mewah. 

Sneakers lokal yang nyaman buatan Buccheri ini dipatok dengan harga yang cukup mahal. Sedulur bisa dapatkan sneakers Buccheri dengan harga mulai dari Rp600.000. Harga yang sepadan dengan kualitas serta model classy, pastinya.

19. Eagle

Artikel Sepatu

Untuk urusan sepatu olahraga, Sedulur bisa mempercayakan brand lokal sepatu Indonesia ini, yaitu Eagle. Sejak tahun 1986, Eagle telah menghadirkan ratusan model sepatu sneakers yang sangat pas untuk dikenakan dalam berbagai kegiatan olahraga, seperti running, jogging, tenis, sampai futsal. Tidak perlu khawatir, Sedulur dapat memperoleh sepatu buatan Eagle dengan harga yang sangat terjangkau. Kisaran harga dari sepatu sneakers Eagle adalah Rp260.000 saja.

BACA JUGA: 16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat

20. Piero

Piero menjadi salah satu merk sepatu lokal yang cukup populer di Indonesia selain beberapa merek yang telah kita sebutkan di atas.. Nama merek Piero sendiri ternyata diambil dari bahasa Jawa yaitu “urip”, yang memiliki makna “hidup”. 

Sejak tahun 2000-an, Piero berhasil memenuhi permintaan konsumen terkait koleksi alas kaki, mulai dari sandal jepit hingga sepatu sneakers. Baik remaja, dewasa, dan orang tua dapat merasakan kenyamanan yang diberikan oleh kualitas premium sepatu buatan Piero. Harganya cukup terjangkau juga, mulai dari Rp230.000 saja.

Nah Sedulur, itulah informasi singkat mengenai 20 rekomendasi sepatu lokal yang memiliki kualitas terbaik dengan model dan harga yang tidak kalah menariknya dibandingkan sepatu-sepatu merek luar. Rekomendasi di atas mencakup beberapa merek kenamaan, seperti Wakai, Ardiles, Compass, Brodo, Aerostreet, Kodachi, Eagle, Yongki Komaladi, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mencari referensi merek sepatu, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org