Sejarah Hari Pahlawan

Sejarah Hari Pahlawan 10 November dan Makna yang Bisa Direnungkan


Memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 November, catatan sejarah apa saja yang ditulis dan maknanya yang dapat kita pahami dalam kehidupan saat ini?

Simak penjelasan lengkapnya di artikel Finansialku selanjutnya.

Hari Pahlawan 10 November, sebagai bentuk rasa terima kasih kepada para pahlawan

Tanggal 10 November adalah hari dimana masyarakat Indonesia mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang di masa lalu. Mereka siap mengorbankan seluruh jiwa dan raganya untuk menjadikan Indonesia negara yang merdeka dan berdaulat.

Kini, sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya mengenang perjuangan mereka dan tetap berkomitmen untuk melanjutkan tongkat estafet perjuangan ke depan.

Sebagai generasi muda, seberapa baik Anda memaknai Hari Pahlawan pada 10 November?

Finansialku kali ini ingin mengajak kita semua untuk mengenang perjuangan mereka, baik berdasarkan catatan sejarah maupun makna yang bisa kita renungkan bersama.

Sejarah Hari Pahlawan sejak Pertempuran Surabaya

Meskipun Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya dalam Deklarasi 17 Agustus 1945, negara kita belum sepenuhnya merdeka.

Belanda dan tentara sekutu, dengan kesombongannya, mencoba mengganggu lagi kebebasan yang seharusnya kita miliki. Tidak ingin terus dalam keadaan ini, para pejuang akhirnya melawan.

Pemuda yang mendominasi pasukan Indonesia akhirnya melawan dan melawan tentara Belanda selama tiga minggu di kota Surabaya, Jawa Timur.

Pertempuran tersebut dipicu oleh kedatangan pasukan sekutu di Surabaya yang dipimpin oleh Jenderal Mallaby. Tak hanya jalan-jalan, mereka juga kerap melakukan aksi ritual dan jalan-jalan keliling kota.

Brigadir Mallaby dan Residen Sudirman berada di dalam mobil di Surabaya.
Sumber: Tribunnews

Tentu saja kemarahan menguasai jiwa semua pejuang, apalagi Indonesia baru-baru ini mendeklarasikan kemerdekaannya. Rentetan kisah perjuangan dimulai lagi dengan meninggalnya Perwira Kerajaan Inggris Mallaby pada 30 Oktober 1945.

Tentu saja, kematian pemimpinnya menyebabkan kemarahan tentara sekutu. Akhirnya pada tanggal 9 November 1945, mereka membagikan selebaran berupa pengumuman yang berisi ultimatum kepada seluruh penduduk Surabaya.

Pasukan Sekutu memerintahkan semua warga untuk menyerahkan senjata mereka pada pukul 6 pagi tanggal 10 November. Tentu saja masyarakat Surabaya menolak ajakan tersebut dan memutuskan untuk berperang.

Akhirnya, pertempuran pecah, merenggut ribuan nyawa. Tentu kita semua tahu bahwa bendera merah-putih-biru dirobek menjadi bendera merah-putih di Hotel Yamato di Surabaya.

Peristiwa ini akan selalu dikenang sebagai simbol perlawanan rakyat kita terhadap kolonialisme.

[Baca Juga: VIDEO : Ini Pesan Inspiratif Dari Presiden Pertama Indonesia Soekarno]

Arti Hari Pahlawan 10 November

Kemudian, setelah puluhan tahun, kita sekarang hidup dalam kondisi bebas dan mandiri. Indonesia terus tumbuh menjadi negara besar dan semakin berperan dalam kepentingan global.

Lantas, apa saja makna Hari Pahlawan 10 November yang bisa kita renungkan sebagai generasi penerus bangsa?

Memori dan memori para pahlawan

Bang Karno, seperti yang pernah dikatakan oleh pembawa acara,

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya.”

Tentunya Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November ini merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakannya.

Kita harus menghormati dan mengingat jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa kita. Dengan cara ini, Indonesia dapat menentukan jalannya sendiri untuk pertumbuhan lebih lanjut sebagai bangsa yang besar dan berdaulat.

Tirulah nilai-nilai kepahlawanan

Hari Pahlawan juga merupakan saat yang tepat untuk meneladani nilai-nilai kepahlawanan, yang harus selalu terkandung dalam diri kita, putra putri bangsa.

Nilai-nilai tersebut antara lain ketabahan, kejujuran, ketekunan dan semangat juang. Tanamkan nilai-nilai tersebut sebagai cadangan untuk mengatasi berbagai kendala di masa depan.

Perayaan Hari Pahlawan 10 November 2021

Sesuatu yang istimewa tahun ini. Dengan pandemi yang masih mewabah, pemerintah melalui Kementerian Sosial mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk merayakan Hari Pahlawan.

Tema: “Pahlawan saya, inspirasi saya.” Makna dari tema tersebut adalah bahwa sudah saatnya setiap orang Indonesia menanamkan jiwa kepahlawanan dan mulai membangun negara sesuai dengan kemampuan dan profesinya.

Warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi semangat kepahlawanan untuk menghormati kenangan para pahlawan.

10 November 2021

10 November 2021
Sumber: Dok. Kementerian Sosial

Gambar ini mengandung pesan yang mendalam untuk kita semua berupa:

  • Gambar bambu runcing: orang selalu menginspirasi diri mereka sendiri dengan keberanian
  • Simbol Bantuan: Menumbuhkan semangat rela berkorban untuk saling membantu.
  • Picture Book: Jadikan pahlawan sebagai inspirasi bagi seluruh anak muda Indonesia.
  • Panji Merah Putih : sebagai lambang negara, sebagai lambang perjuangan.
  • Tinju: menanamkan tekad yang sama dengan para pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Saat ini,Teman keuangan saya, negara kita belum sepenuhnya merdeka. Namun, kita bisa mulai mandiri secara finansial. Siapa yang tidak ingin mandiri secara finansial?

Akibatnya, ayo mulailah mengelola keuangan kita dengan baik agar kita bisa mandiri secara finansial. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda melacak keuangan, merencanakan tujuan keuangan, nasihat keuangan, membeli instrumen investasi.

ayomulailah kemandirian finansial sekarang juga dengan aplikasi Finansialku karena Anda bisa Uji coba gratis 30 hari gunakan semua fitur aplikasi secara maksimal untuk pengguna baru.

Unduh Aplikasi keuangan saya sekarang!

Unduh aplikasi keuangan saya

Demikian sekilas tentang Hari Pahlawan, 10 November 2021, baik dari segi sejarah maupun makna perjuangannya, yang dapat kita pelajari bersama. Membagikan Artikel ini dimaksudkan untuk berbagi semangat juang yang sama dengan semua orang.

Redaktur: Ratna S.Kh.

Sumber referensi:

  • Fakhri Zulfikar. 8 November 2021 Hari Pahlawan 10 November 2021: Tema Twibbon, Arti dan Tautan Unduh. Detik.com- https://bit.ly/3wKF4lP
  • 10 November 2021 Sejarah Hari Pahlawan 10 November diawali dengan Pertempuran Surabaya. Tribunnews.com – https://bit.ly/3wwYRop

Sumber Gambar:

  • Sampul — https://bit.ly/3oc0nsx




https://wvmuseums.org

Baca juga  Harga Emas Antam Hari Ini Tetap di Rp 969.000 Per Gram