Unsur, Fungsi, Manfaat & Klasifikasinya

Unsur, Fungsi, Manfaat & Klasifikasinya


Sejarah merupakan ilmu yang selalu dipelajari di sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Disiplin ini selalu dikaitkan dengan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Pelajaran ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sejarah ada karena manusia. Oleh karena itu, manusia merupakan elemen penting dalam proses pembentukan. Untuk memahami apa itu cerita, unsur-unsurnya, serta fungsinya, simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Arti Nolep Beserta Ciri, Kegunaan dan Cara Mengatasinya

Memahami sejarah

pixabay

Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki dan membahas perkembangan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Cerita diambil dari bahasa arab berasal dari kata Siajara yang artinya pohon. Pohon di sini berarti silsilah keluarga atau asal mula silsilah sesuatu.

Dalam bahasa Inggris disebut cerita dari bahasa Yunani Cerita yang berarti penyelidikan, percakapan, interogasi atau keterangan saksi mata tentang hasil suatu perbuatan. dalam bahasa Yunani cerita ke dalam bahasa lain, terutama melalui bahasa Latin.

Sedangkan dalam KBBI, sejarah diartikan sebagai pengetahuan atau gambaran tentang suatu peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau. Secara umum sejarah merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Dalam sejarah ada istilah heuristik. Heuristik historis merupakan langkah awal yang perlu dilakukan, seperti mencari sumber yang relevan dengan penelitian yang dilakukan.

BACA JUGA: Daftar orang terkaya di dunia, seberapa besar kekayaan mereka?

Sejarah menurut para ahli

cerita
pixabay

Menurut beberapa ahli, pengertian cerita adalah sebagai berikut:

1. Ibnu Kalduni memaknai sejarah sebagai babad umat manusia atau peradaban dunia dalam kaitannya dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam watak masyarakat manusia itu sendiri.

Baca juga  Pengertian Usaha Kelompok Beserta Jenis & Ciri-Cirinya

2. lumut. yamin menggambarkan sebagai ilmu yang disusun dari hasil kajian beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan fakta atau kenyataan.

3. Thomas Carlyle mendefinisikan sejarah sebagai peristiwa di masa lalu yang mempelajari biografi orang-orang yang menjadi terkenal sebagai penyelamat waktu mereka. Orang-orang hebat ini tercatat sebagai peletakan dasar sejarah.

4. Ruslan Abdulgani deskripsi sejarah adalah ilmu yang disamakan dengan visi tiga dimensi; yang pertama melalui visi masa lalu, yang kedua saat ini dan yang ketiga masa depan.

Dengan kata lain, penjelajahan masa lalu tidak dapat dipisahkan dari kenyataan yang dihadapi saat ini, juga tidak dapat dipisahkan dari prospek masa depan yang akan datang.

5. JV Bryce mendefinisikan sejarah sebagai catatan yang berisi pikiran, perkataan, dan hal-hal lain yang dibuat oleh orang-orang di masa lalu.

6. lumut. Ali berpendapat bahwa cerita adalah cerita tentang perubahan, peristiwa, atau kejadian nyata di sekitar kita pada masa lampau, yang selanjutnya menjadi pokok bahasan ilmu atau kajian yang menyelidikinya. Pendapat ini tertuang dalam bukunya yang berjudul Pengantar sejarah Indonesia.

Selain definisi di atas, dalam modul Sejarah Kemendikbud, Suleiman Hasan dan Anik Irrawati menulis bahwa dalam perkembangannya, konsep sejarah kini memiliki makna baru. Ini karena, setelah mencampurkan kronik-kronik yang ketat secara kronologis serta narasi-narasi lepas yang terlihat pada Abad Pertengahan, biografi dikenal sebagai vitae.

Namun, bingkai sejarah tidak hanya terpaku pada tokoh-tokoh tertentu (tokoh besar) seperti Soekarno, Napoleon dan tokoh-tokoh besar lainnya. Cerita ini juga membahas sekelompok orang.

BACA JUGA: Mengenal tes DISC dan tipe kepribadiannya

sumber sejarah

cerita
kabar baik dari indonesia.id

Lumut. Ali di dalam buku Pengantar sejarah Indonesia mendefinisikan sumber sejarah sebagai segala sesuatu yang berwujud dan tidak terwujud serta berguna untuk mempelajari sejarah Indonesia dari zaman dahulu sampai sekarang. Sumber sejarah pada dasarnya adalah segala sesuatu yang dapat menceritakan tentang sejarah atau peristiwa di masa lalu.

Baca juga  Pengertian, Unsur, Bentuk & Manfaatnya

elemen cerita

cerita
origindanhistory45.com

Berikut adalah unsur-unsur sejarah

  1. laki-laki

Unsur pertama dan terpenting dari sejarah adalah manusia. Manusia memegang peranan penting dalam menentukan lahirnya sebuah cerita karena pada umumnya sebuah cerita menceritakan tentang perilaku manusia di segala bidang. Sejarah tidak lahir dari sudut pandang hewan atau alam. Karena sejarah dibuat untuk manusia.

  1. Waktu

Tidak kalah pentingnya dengan seseorang, waktu berperan dalam pembentukan sejarah. Unsur waktu menunjukkan bagaimana orang menggunakan waktu untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

  1. Nomor

Ruang dalam unsur sejarah diartikan sebagai tempat, yang mengacu pada aspek letak geografis suatu peristiwa yang dialami manusia. Ruang dan peristiwa terkait erat, karena faktor geografis menentukan jalannya suatu peristiwa.

  1. hubungan sebab dan akibat

Sebuah cerita yang deskriptif harus ditampilkan dengan fakta-fakta seperti siapa, apa, kapan, di mana dan bagaimana dalam penafsirannya. Misalnya, menggunakan pertanyaan bagaimana tanggapan dengan informasi akan diterima karena suatu peristiwa sejarah terjadi, meskipun hanya disajikan secara implisit.

BACA JUGA: Kenali fase-fase bulan dan jelaskan bentuk dan ukurannya.

Fungsi sejarah

Secara umum, sejarah berfungsi sebagai sumber pengetahuan yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menelusuri fakta dan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Di bawah ini adalah fungsi sejarah yang perlu Anda ketahui.

1. Fungsi internal

  • Sejarah sebagai ilmu yang terus berkembang dari sudut pandang filosofis, sehingga cerita-cerita baru terus lahir. Perkembangan teori sejarah berdampak pada perkembangan ilmu-ilmu lainnya.
  • Sejarah merupakan upaya untuk mengenali suatu periode yang kaku, bersama dengan bumbu mitos sejarah, yang kemudian menjadi alat untuk memahami masa lalu.
  • Sejarah bisa menjadi profesi yaitu penulis, atau bisa juga peneliti sejarah, sejarawan yang diakui.
  • Sejarah adalah untuk mengungkapkan pendapat, yang membuat banyak sejarawan menggunakan pengetahuan mereka untuk mengungkapkan sesuatu.
Baca juga  Aplikasi Virtual Claim untuk Klaim BPJS Beserta Caranya

2. Fungsi eksternal sejarah adalah bermanfaat bagi banyak orang untuk banyak orang melalui pengembangan ilmu-ilmu lain. Kemudian sejarah masuk ke semua aspek penelitian ilmiah untuk membuka pengetahuan bagi banyak orang. Misalnya filsafat, pendidikan, ilmu eksakta.

BACA JUGA: Proses terjadinya gerhana matahari, jenis dan akibatnya

Manfaat Sejarah

cerita

  • Pengetahuan tentang asal usul suatu tempat atau orang
  • Membangun Kewarganegaraan yang Baik
  • Kembangkan pemahaman tentang dunia
  • Kemampuan berpikir kritis dan luas
  • Dapat membantu memecahkan masalah saat ini
  • Bantu orang lain mengerti
  • Mendapatkan karir melalui sejarah

Dari penjelasan di atas, dapat ditentukan bahwa sejarah adalah ilmu tentang masyarakat manusia secara keseluruhan atau tentang peradaban manusia yang terjadi pada masa lampau. Mempelajari sejarah dapat memberikan manfaat seperti belajar menatap masa depan yang lebih baik.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super keputusan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini Sekarang!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini baru saja!




https://wvmuseums.org