salicylic acid

Penting! Ini Manfaat Salicylic Acid & Panduan Penggunaanya!


Asam salisilat merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam produk perawatan kulit, khususnya produk perawatan kulit wajah. Misalnya exfoliating serum dan cleanser. Dalam produk perawatan kulit ini, bahan-bahan ini pasti tercantum.

Asam salisilat dalam produk perawatan kulit Indonesia dikenal sebagai asam salisilat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bersama tentang manfaat asam salisilat untuk wajah sehingga banyak digunakan dalam setiap produk perawatan kulit. Namun sebelum membahas manfaat asam salisilat, kita pelajari dulu tentang asam salisilat ini.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kesehatan Lemon untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Apa itu asam salisilat?

Kompas

Berbicara tentang asam salisilat, Anda harus mengetahui jenis asam yang digunakan dalam pengelupasan wajah. Jenis tersebut adalah alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA).

Keduanya memiliki struktur molekul yang berbeda, yang membuat AHA larut dalam air sedangkan BHA larut dalam minyak. Asam yang termasuk dalam kelompok AHA termasuk asam glikolat, asam laktat, dan asam sitrat, dengan asam salisilat menjadi satu-satunya asam dalam kelompok BHA.

Bagaimana cara kerja asam salisilat?

iStock

Saat digunakan sebagai bahan perawatan kulit, kedua jenis asam tersebut bekerja dengan cara yang sama, yaitu dengan memutus ikatan yang menjaga sel-sel kulit mati menempel pada permukaan kulit dan tidak terkelupas, membuat kulit menjadi kasar dan kusam.

Faktanya, sel-sel kulit mati ini rontok secara alami, tetapi kecepatannya melambat seiring bertambahnya usia. Di sinilah AHA dan BHA berperan untuk mempercepat prosesnya. Begitu ikatannya putus, sel-sel kulit mati ini mudah terlepas saat wajah dibersihkan.

Karena BHA larut dalam minyak, ia dapat menembus lapisan berminyak yang mengisi pori-pori dan menembus jauh untuk mengelupas dan membersihkan minyak, kotoran, partikel kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Manfaat Asam Salisilat

asam salisilat
iStock

Kemampuan asam ini membuat BHA sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, meskipun dapat juga digunakan pada jenis kulit lainnya. Dengan pemakaian rutin, kondisi kulit wajah akan membaik.

Baca juga  Badai PHK dan Sentimen Global, Bagaimana IHSG Minggu Ini?

Salah satu yang paling bermanfaat adalah manfaat asam salisilat untuk jerawat. Termasuk asam salisilat 2%. Di bawah ini adalah daftar manfaat yang lebih lengkap, sebagai berikut:

1. Mampu mengelupas sel kulit mati

iStock

Manfaat pertama adalah dapat mengelupas kulit wajah dengan pemakaian rutin 2-3 kali per minggu. Apalagi jika menggunakan produk yang mengandung AHA dan BHA dapat membantu kulit Anda terlihat lebih halus dan cerah, serta membantu menyamarkan munculnya garis-garis halus, kerutan, dan pori-pori yang membesar.

2. Mengatasi masalah kulit

asam salisilat
iStock

Kemampuannya untuk mengelupas sel kulit mati menjadikan asam salisilat sebagai agen keratolitik yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kutil, dan psoriasis.

Dengan membersihkan pori-pori yang tersumbat, Anda dapat mengalahkan bakteri penyebab peradangan kulit dan mengurangi peradangan kulit. Sehingga kulit terhindar dari masalah yang membuat kulit wajah kering, rusak dan kusam.

3. Menyembuhkan jerawat

Kompas

Ini adalah manfaat yang paling dibutuhkan, yaitu pengobatan jerawat. Masalah jerawat biasanya muncul karena tiga alasan, yaitu: sekelompok sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, produksi sebum berlebih, dan paparan bakteri P. acnes.

Karena kemampuannya untuk mengelupas sel kulit mati pada kulit berminyak, dan dikombinasikan dengan sifat antibakterinya, asam salisilat efektif dalam mengobati jerawat.

4. Mencegah komedo dan komedo

asam salisilat
halo kesehatan

Selain masalah jerawat, masalah wajah lainnya yang mengganggu dan mengkhawatirkan adalah komedo dan komedo. Keduanya adalah sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori, yang perlahan membentuk komedo.

Jika tidak segera dibersihkan, komedo akan teroksidasi dan membentuk komedo yang lebih sulit untuk dibersihkan. Jika Sedulur rutin melakukan eksfoliasi produk perawatan kulit yang mengandung BHA, maka masalah ini bisa dicegah.

5. Mengurangi peradangan pada kulit wajah.

alodokter

Asam salisilat adalah turunan aspirin yang mengurangi peradangan dalam tubuh. Karena sifat anti-inflamasinya, asam ini dapat membantu mengurangi peradangan saat kulit wajah teriritasi atau berjerawat.

Baca juga  Tukar Valas? Cek Dulu Kurs Dollar Hari Ini

BACA JUGA: 7 manfaat masker wajah Himalaya dan harganya

Mengandung asam salisilat

asam salisilat
iStock

Mengetahui daftar manfaat di atas, wajar jika tidak sulit menemukan asam salisilat sebagai bahan perawatan kulit. Baik itu pembersih wajah, lulur, pembersih, toner atau pelembab wajah menggunakan bahan tunggal ini.

Misalnya untuk serum, penggunaan asam salisilat atau BHA lebih tinggi dan terkonsentrasi pada serum dan sediaan jerawat.

Sementara itu, mengenai persentase bahan yang aman, Food and Drug Administration (FDA), lembaga serupa BPOM di AS, membolehkan 0,5-2% pada produk perawatan kulit yang dijual gratis dan ditujukan untuk pengelupasan kulit dan perawatan kulit ringan. jerawat. .

Sedangkan jika Anda melakukan peeling di salon kecantikan yang dilakukan oleh dokter kulit, persentasenya bisa mencapai 20-30 persen. Persentase penggunaan kulit asam salisilat yang lebih tinggi karena berada di bawah pengawasan langsung dokter.

Panduan pengguna wajib

iStock

Meski kandungan asam salisilatnya bermanfaat untuk wajah, sedulur juga harus mengetahui rekomendasi penggunaannya. Manual ini adalah aturan penggunaan yang harus diikuti. Bagi Anda yang menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung BHA atau asam salisilat, berikut beberapa panduan yang perlu diperhatikan:

  • Sedulur disarankan untuk mengoleskan patch terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulit wajah Sedulur. Karena bahan ini bisa menyebabkan iritasi, apalagi jika kandungannya tinggi. Jika iritasi tidak terjadi, maka Sedulur dapat terus digunakan.
  • Tidak dianjurkan untuk kulit wajah kering dan sensitif, termasuk ibu hamil atau orang yang sedang menjalani perawatan.
  • Gunakan setiap produk perawatan kulit sesuai petunjuk penggunaan, tidak kurang dan tidak lebih. Untuk asam salisilat konsentrasi tinggi, aplikasikan hanya pada area wajah yang bermasalah. Konsumsi berlebihan berpotensi menyebabkan keracunan.
  • BHA dapat membuat kulit wajah lebih sensitif terhadap sinar matahari. Karena itu, selalu gunakan tabir surya yang mengandung SPF dan PA, dan hindari paparan sinar matahari langsung ke wajah Anda bila memungkinkan.
  • Jika Sedulur mengobati jerawat, disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit dan makeup non-komedogenik dan non-komedogenik agar tidak menyumbat pori-pori.
Baca juga  Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis & Geografis

Efek samping yang muncul

asam salisilat
Sociolla

Setiap kali Anda mengonsumsi obat atau bahan kimia, selalu ada efek sampingnya. Berbeda dengan menggunakan bahan alami yang tidak memiliki efek samping. Berikut adalah beberapa hal yang dapat disebabkan oleh penggunaan asam salisilat:

  • Efek samping pertama adalah dapat menyebabkan iritasi kulit seperti mengelupas, terbakar, kering atau kemerahan, terutama pada awal perawatan. Jika salah satu dari efek ini bertahan, Anda disarankan untuk segera mencari perhatian medis.
  • Efek samping kedua adalah dapat menyebabkan reaksi alergi. Seseorang dapat mengalami reaksi alergi yang sangat serius, meskipun hal ini relatif jarang terjadi. Beberapa reaksi alergi dapat terjadi, termasuk ruam, gatal/bengkak, pusing parah, kesulitan bernapas.
  • Pada tahap yang lebih parah, efek samping mungkin termasuk sakit kepala parah, telinga berdenging, dan masalah dengan pendengaran dan pemikiran. Ada juga efek samping mulai dari sakit perut yang parah, muntah hingga diare, dan perasaan pusing seperti pingsan dan sesak napas. Jika Anda mengalami efek samping tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dan berkonsultasi untuk pengobatan. Carilah saran medis untuk perawatan yang tepat.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai manfaat asam salisilat untuk wajah sehingga banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org