jalur mandiri

Yuk, Makin Open Minded dengan 20 Quotes Pendidikan Ini!


Terkadang menempuh pendidikan terasa berat karena beberapa sebab. Agar tetap semangat, kita mungkin butuh membaca quotes pendidikan.

Silakan simak ulasan berikut untuk membantumu tetap semangat!

 

Summary:

  • Menempuh pendidikan memang bukan sesuatu yang mudah. Butuh tekad dan motivasi agar tetap semangat.
  • Untuk menumbuhkan semangat butuh cara pandang yang bantu menjernihkan pikiran salah satunya dengan baca kutipan bijak.

 

Semangat Belajar yang Menurun

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia selain makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kesehatan. Dengan pendidikan seseorang bisa mendapat sudut pandang yang lebih luas terhadap dunia.

Selain itu, pendidikan bisa membentuk seseorang menjadi pribadi punya pikir baik. Hal ini akan membuat seseorang bisa mengerti hal-hal yang dianggap tabu di masyarakat.

Nah, agar tidak patah semangat, mungkin kamu perlu membaca quotes pendidikan. Kali ini, Finansialku telah merangkum beberapa quotes pendidikan yang akan membuatmu kembali semangat.

 

Deretan Quotes Pendidikan, Bikin Open Minded

Quotes pendidikan bisa kamu baca jika mulai kurang semangat kuliah atau sekolah. Meski sederhana, cara ini bisa mensugesti pikiran agar tetap tenang atau memiliki pikiran terbuka.

Berikut adalah beberapa quotes pendidikan yang akan membuatmu open minded:

 

#1 Adil

Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan.” – Pramoedya Ananta Toer

 

Seseorang dengan pendidikan yang baik sebaiknya berperilaku baik karena telah mendapatkan sudut pandang tentang mana yang benar dan salah. 

Secara tersurat, quotes pendidikan ini mengatakan: sebagai orang yang berpendidikan, sebaiknya kamu adil terhadap setiap hal di sekitar. 

Lalu, apa adil itu? Adil adalah memperlakukan sesuatu sesuai tempatnya.

 

#2 Esensi Pendidikan

Pendidikan adalah apa yang tersisa setelah melupakan semua yang dia pelajari di sekolah. — Albert Einstein

 

Ketika kuliah atau sekolah, seseorang akan mendapat banyak pengetahuan dari beberapa cabang ilmu. Semua pengetahuan itu belum tentu pendidikan untuk mereka. 

Pendidikan yang sebenarnya merupakan apa yang bisa mereka tangkap selama proses belajar.

 

#3 Guru Adalah Pahlawan

Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Di Depan, Seorang Pendidik harus memberi Teladan atau Contoh Tindakan Yang Baik, Di tengah atau di antara Murid, Guru harus menciptakan prakarsa dan ide, Dari belakang Seorang Guru harus Memberikan dorongan dan Arahan. — Ki Hajar Dewantara

 

Guru memegang peran penting untuk sebuah bangsa. Mereka menjadi pintu ilmu muridnya. Mereka juga mengemban tugas berat sebelum, saat belajar, dan setelah belajar. 

Cara belajar yang kurang tepat memungkinkan murid salah mengartikan ilmu. Kesalahpahaman tersebut bukan semata-mata kesalahan guru, tetapi juga bisa timbul akibat kelalaian murid menerima pelajaran. 

Dari sini, bisa kita simpulkan bahwa murid harus mendengar penjelasan secara utuh. 

 

#4 Hasil Pendidikan

Akar pendidikan itu pahit, tapi buahnya manis. — Aristoteles

 

Kadang menempuh pendidikan adalah proses yang melelahkan. Quotes pendidikan dari Aristoteles pun mengaminkannya. 

Tapi, perlu kamu catat bahwa hasil pendidikan tidak pernah pahit. Mereka yang menempuh ilmu dengan benar akan mendapat manfaat yang besar.

[Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Pendukung Anak]

 

#5 Ilmu Merupakan Bekal Memenangkan Kompetisi

Murid yang dipersenjatai dengan informasi akan senantiasa memenangkan pertempuran. — Meladee McCarty

 

Tak melulu soal senjata, kompetisi akan dimenangkan oleh mereka yang punya bekal ilmu. 

Mereka yang menguasai suatu ilmu akan lebih mudah menguasai medan. Quotes pendidikan ini menegaskan bahwa penting bagi seseorang menguasai satu bidang.

 

#6 Jangan Hanya Menunggu

Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu. — Lemony Snicket

 

Menunggu kesempatan dalam hidup adalah hal yang sia-sia. Kamulah yang harus menjemput kesempatan menjadi peluang untukmu. 

Quotes pendidikan ini mengajarkan agar seseorang menggunakan waktu sebaik mungkin.

 

#7 Jangan Takut Punya Mimpi

Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. — Ir. Soekarno

 

Mimpi yang tinggi tidak akan membuat seseorang kecil. Quotes pendidikan ini perlu kamu tulis di dinding dan atau baca setiap hari agar tetap berani menggapai mimpi.

 

#8 Kekuatan Wanita Berpendidikan

Jika kamu mendidik seorang pria, maka seorang pria akan terdidik. Tapi jika kamu mendidik seorang wanita, sebuah generasi akan terdidik. — Brigham Young

 

Kalimat Brigham Young di atas adalah kata-kata bijak pendidikan yang mengandung makna besar. Ketika seorang laki-laki menempuh pendidikan tinggi, dia akan belajar untuk dirinya. 

Berbeda dengan wanita. Jika dia berpendidikan, maka dia menularkan ilmu ke anak-anaknya (karena umumnya wanitalah yang lebih lama menghabiskan waktu dengan anak).

Quotes pendidikan ini memperlihatkan peran wanita tidak hanya sebagai ibu, melainkan guru. Dari sini, jelas bahwa pendidikan untuk wanita sangat penting.

[Baca Juga: Punya Prospek Bagus! Ini 10 Jurusan Kuliah Paling Sulit, Tertarik?]

 

#9 Makna Pendidikan

Pendidikan bukan persiapan untuk hidup. Pendidikan adalah hidup itu sendiri. — John Dewey

 

Sejatinya, menempuh pendidikan merupakan persiapan untuk diri sendiri. Quotes pendidikan ini mengajarkan seseorang agar tetap menempuh pendidikan meski terhalang rintangan.

 

#10 Masa Depan Dimiliki oleh Mereka yang Mempersiapkan Diri

Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini. — Malcolm X

 

Dalam quotes pendidikan ini, dikatakan bahwa pendidikan merupakan hal yang penting untuk masa depan. Sebab kelak ada banyak bidang pekerjaan yang butuh pendidikan konsentrasi tertentu.

Membekali diri dengan pendidikan sama dengan investasi masa depan. Kalaupun prediksi agak meleset, setidaknya kamu punya pendidikan yang baik.

 

#11 Menyeimbangkan Ilmu dan Kemampuan Berpikir

Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya! — Ir. Soekarno

 

Kalimat Soekarno di atas punya makna yang luas. Tak hanya dalam proses berpikir, seseorang harus mempertimbangkan beberapa hal saat bertindak.

Quotes pendidikan ini mengajak orang-orang untuk menyeimbangkan kemampuan berpikir dengan ilmu yang cukup. Sebab, proses berpikir tanpa ilmu akan menimbulkan salah paham. 

 

#12 Pendidikan adalah Proses Mendengar

Pendidikan adalah kemampuan untuk mendengarkan segala sesuatu tanpa membuatmu kehilangan temperamen atau rasa percaya-dirimu. — Robert Frost

 

Dalam quotes pendidikan ini dikatakan bahwa pendidikan adalah proses mendengar dan memahami diri sendiri. 

Proses mendengar karena seseorang meluangkan waktu secara khusus untuk datang dan memperoleh pendidikan. Sementara proses memahami diri karena mereka akan mengukur kemampuan.

Proses belajar sebaiknya tidak membuat seseorang kehilangan diri sendiri. Selama menjalaninya, guru atau institusi pendidikan sebaiknya tidak membuat siswa mengalami tekanan berlebih.

[Baca Juga: Tips dan Trik Kuliah Beasiswa di Luar Negeri Full Biaya Hidup]

 

#13 Pendidikan Bukan untuk Merendahkan

Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali. — Tan Malaka

 

Quotes pendidikan ini menekankan bahwa pendidikan tidak dimaksudkan untuk memupuk sifat sombong. 

Sejatinya, pendidikan ada untuk membantu hidup sesama manusia. Seseorang yang berpendidikan dianggap mampu berpikir logis. 

Merendahkan orang yang belum punya kesempatan menempuh pendidikan adalah tindakan tidak etis.

 

#14 Pendidikan untuk Hidup Berharga

Salah satu tujuan pendidikan adalah mengajarkan bahwa hidup itu berharga. —  Abraham H. Maslow

 

Salah satu tujuan pendidikan adalah menemukan makna hidup. 

Quotes pendidikan ini menggaris bawahi bahwa proses belajar akan membuat seseorang memindai hal-hal yang terjadi di sekitarnya dan menghubungkan dengan pelajaran yang ia dapat.

Contohnya, kamu belajar tentang bahaya merkuri di produk kosmetik. Padahal, beberapa hari lalu, kamu baru melihat seseorang dengan wajah super putih yang baru menggunakan sebuah produk selama 5 hari. 

Dari sana, kamu bersyukur belum membeli produk tersebut dan segera menghubungi orang yang kamu temui itu untuk memberi tahu fakta produk yang dia pakai.

 

#15 Penentu Keberhasilan Pendidikan

Hal utama yang membedakan adalah kualitas manusianya. Jika memang kualitasnya baik dan mendapat pendidikan terbaik, tentunya hasil yang diperoleh akan menjadi lebih maksimal. — Josephine Winda

 

Kualitas tempat pendidikan dan tenaga pendidik berperan besar terhadap perkembangan peserta didik. Tempat pendidikan yang memadai akan menghasilkan orang-orang berkualitas.

Tetapi, jika seseorang tidak punya kesempatan itu, mereka bisa belajar dari tempat lain. Ingat, kamu bisa mendapat ilmu dari manapun.

 

#16 Pikiranmu Membimbing Rangkaian Peristiwa

Kita adalah apa yang kita percayai. — C.S Lewis

 

Quotes pendidikan ini menyiratkan bahwa pikiran adalah aspek penting untuk manusia. Pikiran sering kali membimbing seseorang menjalani hari. 

Pasti kamu pernah mendengar law of attraction, bukan? Ini merupakan hukum yang menyatakan bahwa energi positif atau negatif dari otak menarik energi dari alam semesta dan mendatangkan dampak ke tubuh.

[Baca Juga: Sekolah Ramah Anak: Pengertian, Tujuan, Prinsip, dan Contoh Programnya]

 

#17 Rumah adalah Sekolah 

Sekolah-sekolah saja tidak dapat memajukan masyarakat, tetapi juga keluarga di rumah harus turut bekerja. Lebih-lebih dari rumahlah kekuatan mendidik itu harus berasal. — R.A Kartini

 

Dalam quotes pendidikan ini disebutkan bahwa keluarga merupakan tempat pendidikan utama. Sebab, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di sana.

Kalimat R.A Kartini di atas bisa menjadi motivasi pendidikan untuk menghadirkan suasana rumah yang menyenangkan dan edukatif. 

Orang tua bisa mengajarkan anak mengenai kesopanan dan basic life skill.

 

#18 Senjata Paling Mematikan

Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan pendidikan, kamu dapat mengubah dunia. — Nelson Mandela

 

Dalam quotes pendidikan ini disebutkan bahwa pendidikan merupakan senjata terkuat. 

Kita telah melihat buktinya sekarang. Hukum fluida, hukum kekekalan energi, sampai rumus trigonometri berperan besar bagi kehidupan masyarakat.

 

#19 Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan. — Tan Malaka

 

Tentu kamu pernah membaca peribahasa “bagai ilmu padi, makin berisi makin merunduk”, bukan? 

Peribahasa tersebut sejalan dengan quotes pendidikan ini. Keduanya sama-sama mengatakan bahwa pendidikan merupakan tempat untuk menempa seseorang menjadi tajam pikiran tetapi memiliki perasaan rendah hati.

 

#20 Waktu Tidak Pernah Menunggu

Anda mungkin bisa menunda, tapi waktu tidak akan menunggu. — Benjamin Franklin

 

Seseorang bisa saja menunda pekerjaan. Tetapi, waktu tetap berjalan meninggalkannya. 

Quotes pendidikan satu ini mengajarkan efek menunda hal-hal penting. Sebaiknya, gunakanlah waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal nanti.

[Baca Juga: Yuk Cari Tahu Waktu yang Tepat Untuk Mengirim Surat Lamaran Kerja]

 

Tempuh Pendidikan dengan Baik untuk Benefit di Masa Mendatang

Pendidikan adalah investasi yang tidak akan merugikan. Ilmu pengetahuan akan berguna dimanapun seseorang hidup. Karena urgensinya, sebaiknya proses belajar kita lakukan dengan sungguh-sungguh.

Mengingat pentingnya kebutuhan akan pendidikan, maka sebagai orang tua sebaiknya kita sudah mempersiapkan dana pendidikan dengan matang.

Agar bisa mendukung semangat anak dalam menimba ilmu setinggi mungkin dan mewujudkan cita-citanya. Tapi pertanyaannya, sudahkan Sobat Finansialku merencanakan dana pendidikan untuk si kecil

Mungkin diantara kita masih banyak yang bingung, mulai dari cara merencanakan dana pendidikan yang efektif, berapa jumlah dana pendidikan yang harus kita siapkan, dan sebagainya.

Nah, itu semua bisa kita cari tahu lewat ebook gratis dari Finansialku berikut ini. Cukup klik banner di bawah untuk download ebook-nya, ya.

Banner Iklan Ebook Menyiapkan Masa Depan Terbaik Untuk Anak (Dana Pendidikan) Web

 

Jika Sobat Finansialku ingin diskusi lebih lanjut seputar merencanakan dana pendidikan atau rencana keuangan lainnya, langsung saja konsultasikan bersama Perencana Keuangan Finansialku. 

Hubungi melalui Aplikasi Finansialku atau buat janji via WhatsApp di nomor 0813-1646-8488.

 

Itulah pembahasan mengenai quotes pendidikan. Sekarang, waktunya kamu share artikel ini ke sahabat-sahabatmu agar kalian semangat belajar lagi. Terima kasih!

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi: 

  • Irene Radius Saretta. 17 Oktober 2022. Kumpulan Quotes Pendidikan yang Bisa Memberimu Sudut Pandang Lain tentang Kehidupan. Cermati.com – https://bit.ly/3EEuGBp
  • M. Imron Fauzi. 09 Oktober 2022. Kumpulan Quotes dan Kata Mutiara Tentang Pendidikan, Bijak, Penuh Inspirasi serta Bikin Tertawa. Jatimnetwork.com – https://bit.ly/3g8kPup

 




https://wvmuseums.org

Baca juga  Berencana Kuliah S2 di Luar Negeri? Intip Dulu Estimasi Biayanya!