Protagonis adalah

Perbedaan Tokoh Cerita: Protagonis, Antagonis & Tritagonis


Ada banyak karakter dalam drama, seperti antagonis dan protagonis. Protagonis adalah karakter yang digambarkan memiliki kepribadian yang positif dan baik. Sedangkan tokoh antagonis adalah kebalikannya, yaitu tokoh yang memiliki sifat jahat dan menjadi tokoh penyebab konflik dalam cerita.

Masih banyak lagi yang akan bertanya apakah protagonis itu buruk atau baik? Mari kita simak artikel di bawah ini untuk lebih memahami apa itu protagonis dan apa perbedaan protagonis, antagonis, dan tritagonis.

BACA JUGA: 120 cheat untuk cowok romantis, kecil tapi bagus

Perbedaan protagonis, antagonis, tritagonis

kompas

Tokoh adalah pelaku yang mengalami berbagai peristiwa dalam cerita. Dalam sebuah cerita, diperlukan karakter untuk membuat cerita menjadi menarik. Berdasarkan fungsinya, mereka dibagi menjadi karakter utama dan karakter sekunder.

Tergantung pada peran atau karakternya, karakter dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Karakter utama

Karakter protagonisnya baik dan positif, sehingga pembaca sangat menyukainya. Contoh karakter protagonis adalah dermawan, jujur, sahabat setia, rendah hati, cerdas, suka menolong dan sifat-sifat baik lainnya.

Sedangkan menurut KBBI, protagonis adalah protagonis dari cerita fiksi. Biasanya, protagonis digambarkan memiliki karakter dan kepribadian yang baik.

2. Antagonis

Antagonis adalah karakter dengan watak jahat. Karakter ini biasanya menentang cerita dan merupakan penyebab utama konflik dalam cerita. Dalam dongeng Timun Mas, tokoh ini diwakili oleh seorang raksasa. Skenario permainan menampilkan satu atau dua karakter utama yang dibantu oleh antagonis minor.

Menurut KBBI, tokoh antagonis adalah tokoh dalam karya sastra yang menentang tokoh protagonis atau tokoh penentang. Antagonis biasanya menjadi penyebab utama konflik dalam sebuah cerita. Antagonis biasanya digambarkan sebagai pencemburu, iri, pendendam, sombong, selalu berjuang untuk kemenangan, dan lain-lain.

Baca juga  Pengertian HAM Beserta Jenis, Ciri & Macam Pelanggarannya

3. Tritagonis

Tritagonis adalah karakter minor untuk protagonis dan antagonis. Menurut KBBI, tokoh tritagonis adalah tokoh ketiga dalam cerita. Karakter ini bisa menjadi karakter yang dipercaya oleh antagonis.

BACA JUGA: Pengertian seni grafis dan jenisnya, fungsi dan contohnya

Tipe karakter utama

karakter utama
IMDB

Mengutip dari situs resmi Kemendikbud, tokoh protagonis terbagi menjadi empat jenis, yaitu pahlawan (pahlawan), anti-pahlawan (anti-pahlawan), protagonis penjahat, dan protagonis pendukung. Jenis karakter ini ada dalam cerita, acara TV, dan film, sehingga konflik plot berkembang.

Pahlawan atau hero adalah salah satu tokoh dalam karya sastra untuk mengatasi konflik dan mencapai tujuan keberhasilan. Karakter pahlawan biasanya digambarkan sebagai pemberani, pekerja keras, cerdas, tidak mementingkan diri sendiri dan mandiri. Contoh pahlawan adalah Profesor Dumbledore dalam novel Harry Potter.

Antihero adalah tipe protagonis yang sikapnya berbanding terbalik dengan hero. Anti-pahlawan digambarkan memiliki sifat tidak bermoral. Contoh karakter anti hero adalah Venom.

Karakter villain biasanya identik dengan villain atau antagonis. Dalam cerita, penjahat dapat mengubah sikapnya. Seorang penjahat bisa menjadi protagonis ketika protagonis menggerakkan cerita ke depan untuk mendapatkan simpati pemirsa. Contoh penjahat utama adalah Loki di film Avengers.

Jenis protagonis berikutnya adalah protagonis sekunder, yang sering muncul dalam cerita. Mereka dapat menceritakan karakter protagonis, menurut sudut pandangnya.

BACA JUGA: 80 kata keren yang cocok untuk status dan caption media sosial!

Karakter berbasis penyembuhan

karakter utama
pixabay

Ciri adalah penggambaran sifat atau watak suatu tokoh. Dikutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.go.id, berdasarkan sifat karakternya dibedakan menjadi dua, yaitu karakter sederhana dan karakter kompleks.

Tokoh sederhana adalah tokoh yang hanya memiliki satu watak atau sifat. Jadi karakter sederhana ini memiliki sifat yang sederhana dan seragam.

Baca juga  Sudut Pandang Dalam Cerita: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Sedangkan karakter kompleks adalah karakter yang akan muncul dan memiliki karakteristik yang sangat berbeda dan tidak terduga dari karakter sederhana.

Cara menentukan karakter tokoh dalam sebuah cerita

artis Indonesia
popmama

Pengarang cerita dalam menggambarkan sifat tokoh dapat bertindak dengan dua cara, yaitu secara langsung atau tidak langsung. Secara langsung (analitis) artinya pengarang menunjukkan watak tokoh yang digambarkan secara langsung dalam teks cerita.

Sedangkan secara tidak langsung (dramatis) berarti pengarang secara tidak langsung mencerminkan watak tokoh, yang terlihat dari pemikiran tokoh, lingkungan tokoh, kondisi fisik tokoh, serta jawaban tokoh lain.

Berdasarkan penjelasan modul bahasa Indonesia kelas XI yang ditulis oleh Sutji Harjanti, M.Pd, karakter karakter digambarkan dalam tiga dimensi, yang disebut karakter multidimensi. Tiga dimensi sifat karakter:

Kondisi fisik digambarkan oleh usia, karakteristik tubuh, jenis kelamin, fitur wajah, postur, etnis, dan karakteristik penting lainnya.

Yang dialami secara psikologis meliputi jiwa, watak, hobi, moral, perangai, ambisi, serta keadaan emosi tokoh.

Situasi sosiologis digambarkan meliputi kedudukan, strata sosial, agama, ras, dan ideologi.

Protagonis dan antagonis adalah karakter yang biasanya ada dalam sebuah cerita. Selain itu, ada juga figur tritagonis yang melengkapi kedua figur tersebut. Tokoh protagonis digambarkan memiliki sifat yang baik dan positif.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.

Baca juga  Mengenal Pink Tax, Perbedaan Harga Produk Perempuan dan Laki-Laki




https://wvmuseums.org