Pengertian Preventif Beserta Ciri-Ciri, Macam dan Contohnya

Pengertian Preventif Beserta Ciri-Ciri, Macam dan Contohnya


Tindakan preventif adalah tindakan berupa pengawasan terhadap suatu kegiatan sebelum dilakukan. Tindakan pencegahan berguna untuk mencegah terjadinya inkonsistensi atau kesalahan dalam tindakan ini.

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang tindakan pencegahan dan contoh, fitur dan jenis tindakan ini? Simak pembahasannya di bawah ini sampai habis ya, Sedulur!

BACA JUGA: Pengertian kemasan primer, sekunder, tersier dan contohnya

Definisi pencegahan

foto deposit

Preventif merupakan istilah yang sering digunakan dalam berbagai bidang. Dalam arti luas, tindakan preventif dapat diartikan sebagai suatu bentuk tindakan sosial yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang mungkin terjadi pada sesuatu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), preventif adalah kata sifat yang berarti mencegah sesuatu. Kutipan dari karya Octavia Yuni berjudul Insentif, preventif, kuratif, rehabilitatifArti istilah preventif adalah upaya yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Pengertian lain datang dari konteks sosiologis, di mana pencegahan mengacu pada suatu bentuk kontrol sosial berdasarkan setiap proses. Kontrol sosial dilakukan dalam bentuk tindakan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya berbagai penyimpangan sosial, serta mengimbau masyarakat untuk mentaati norma dan nilai sosial yang ada.

Istilah profilaksis juga sering digunakan dalam dunia kesehatan. Pengertian pencegahan dalam dunia kesehatan adalah tindakan untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan yang dapat membahayakan nyawa seseorang. Tujuannya adalah untuk mencoba dan mencapai hasil kesehatan yang lebih baik. Karena dengan itu Anda bisa menghemat biaya operasional untuk kesehatan dan perawatan.

BACA JUGA: Ansambel musik: definisi, karakteristik, jenis, dan contoh

Fitur pencegahan:

pencegahan
foto deposit

Sebagai tindakan yang bertujuan baik, pencegahan memiliki beberapa ciri yang dapat kita amati. Berikut ciri-cirinya.

  • Dari segi sosial, tindakan preventif adalah pengaturan untuk mencegah terjadinya berbagai pelanggaran yang berkaitan dengan norma dan nilai sosial.
  • Dari sudut pandang sosial, tindakan preventif harus ditujukan untuk mencegah risiko dan masalah pelaku dalam kelompok sosial tertentu.
  • Dari sudut pandang sosial, tindakan preventif harus memberikan alternatif dan peluang jangka panjang yang tidak ada sebelumnya.
  • Dari segi kesehatan, tindakan preventif dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit yang dapat berdampak negatif bagi tubuh.
  • Dari sisi keuangan, langkah-langkah preventif dilakukan untuk mencegah pengeluaran berlebihan untuk masalah serius yang mungkin muncul di masa depan.
Baca juga  Pengertian, Sifat, Himpunan dan Jenis-Jenisnya

BACA JUGA: Logaritma: definisi, sifat, fungsi, rumus dan persamaan

Dampak tindakan pencegahan

pencegahan
Setiap piksel

Dari segi sosial, tindakan preventif memiliki dua jenis dampak, yaitu dampak positif dan dampak negatif.

  • Pengaruh positif – Tindakan preventif dapat memiliki efek preventif di masyarakat. Dalam hal ini, efek preventif berarti bahwa orang memiliki batasan dalam perilakunya dan memiliki aturan tindakan yang jelas.
  • Dampak negatif – Tindakan preventif dapat mengurangi kebebasan hak masyarakat untuk berperilaku, yang secara tidak langsung akan menghambat kebebasan berekspresi.

BACA JUGA: Energi: pengertian, jenis, fungsi dan cara menghematnya

Pengobatan dan profilaksis

Setiap piksel

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tindakan preventif adalah langkah-langkah yang dilakukan sebelum pelanggaran terjadi. Sedangkan tindakan kuratif adalah tindakan yang ditujukan untuk mengatasi gangguan atau kejadian yang tidak diinginkan yang telah terjadi.

Perbedaan antara kedua istilah tersebut terletak pada waktu dan tujuan tindakan. Jika pencegahan dilakukan sebelum kejadian, maka pengobatan dilakukan setelah kejadian. Jika pencegahan dilakukan dengan tujuan pencegahan, maka kuratif dilakukan dengan tujuan penanggulangan.

BACA JUGA: Ilmuwan Data: Pemahaman, Tugas, Gaji, dan Keterampilan yang Diperlukan

Cara pencegahannya adalah

foto deposit

Di bawah ini adalah cara-cara untuk melaksanakan tindakan pencegahan dalam hal pencegahan penyimpangan sosial, khususnya dalam kasus kenakalan remaja.

  • Membangun klinik psikologi untuk anak-anak.
  • Mengadopsi undang-undang khusus untuk anak-anak dan remaja.
  • Penegakan hukum yang konsisten.
  • Menciptakan suasana harmonis dalam keluarga.
  • Membangun hubungan sosial yang baik antara anak dan orang tua.
  • Menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana yang positif untuk mengalihkan perhatian remaja dari kegiatan yang tidak baik.
  • Menanamkan nilai-nilai agama, sosial dan hukum.

Contoh pencegahan:

Untuk memperkuat pemahaman Sedulur tentang tindakan pencegahan, mari kita lihat beberapa contoh di bawah ini!

  1. Pencegahan kecanduan narkoba (narkoba, psikotropika dan zat adiktif) yang biasa dilakukan di sekolah merupakan salah satu contoh tindakan preventif untuk mencegah kecanduan narkoba di masyarakat, khususnya di kalangan remaja. Upaya preventif tersebut dapat dilakukan melalui sosialisasi, kegiatan yang bermanfaat dan menarik, dan sebagainya.
  2. Tindakan preventif untuk mencegah kerusakan gigi dan rongga mulut oleh orang tua terhadap anaknya. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan mengajak anak menggosok gigi secara rutin dan memperhatikan konsumsi makanan yang dapat merusak gigi anak.
  3. Tindakan pencegahan orang tua membatasi penggunaan gadget anak yang belum mencapai usia dewasa. Tindakan ini bersifat preventif untuk menghindari kecanduan. gadget Pada anak-anak.
  4. Pencegahan banjir dilaksanakan oleh masyarakat pedesaan. Tindakan ini mungkin termasuk membersihkan sungai dan membuat puing-puing di tempatnya.
  5. Imunisasi rutin untuk bayi, balita dan ibu hamil. Tindakan tersebut antara lain tindakan preventif yang bertujuan untuk mencegah terjadinya anomali penyakit berbahaya di masa yang akan datang.
  6. Berkendara dengan hati-hati dan selalu patuhi rambu lalu lintas. Tindakan tersebut termasuk dalam tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat mengancam kehidupan diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.
Baca juga  Fungsi Toner Wajah Beserta Cara Memakai & Tips Memilihnya

Berikut pengertian pencegahan, ciri-cirinya, efeknya, serta contohnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, istilah proaktif dimaksudkan untuk mencegah pelanggaran yang mungkin terjadi pada sesuatu di kemudian hari. Istilah “pencegahan” biasa digunakan dalam sosiologi, kedokteran, atau percakapan sehari-hari. Kuratif adalah kebalikan dari preventif, dimana lebih condong ke coping daripada preventif.

Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur untuk lebih memahami berbagai kata dan istilah yang terdapat dalam bahasa Indonesia, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org