poster 17 agustusan

12 Contoh Desain Poster 17 Agustusan untuk Rayakan HUT RI


Untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau yang sering disebut dengan Momen Agustus, masyarakat biasanya mengibarkan bendera merah putih di depan rumah mereka. Namun, banyak juga orang yang menjadikan poster pada 17 Agustus sebagai bentuk perayaan yang unik.

Poster adalah bahan yang berisi gambar, teks, atau kombinasi keduanya yang dibuat menarik untuk memberikan informasi. Poster 17 Agustus ini tidak hanya dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang kegiatan sehari-hari, tetapi juga dapat menjadi cabang dari sebuah kompetisi seni.

Nah, artikel berikut akan melihat contoh poster 17 Agustus yang cocok untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Apa bentuknya? Silakan baca informasi berikut dengan seksama, ya!

BACA JUGA: Kumpulan Puisi 17 Agustus Cocok dibaca di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

1. Poster sederhana untuk 17 Agustus

Redaksi Flores

Contoh pertama desain poster kartun 17 Agustus adalah desain yang sederhana. Bagi Sedulur yang menyukai hal-hal sederhana, poster di atas bisa menjadi contoh yang baik. Poster di atas berlatar belakang merah dengan gradasi peta Indonesia yang lebih gelap.

Poster di atas menunjukkan seorang anak mengenakan baju merah putih dengan bendera merah putih dan ikat kepala merah putih. Di sebelah anak itu ada tulisan putih dengan huruf kapital yang sama, serta angka 77, yang menunjukkan usia kemerdekaan. Meski terlihat sederhana, poster ini tetap terlihat bagus dan rapi.

2. Poster 17 Agustus di masa pandemi

17 Agustus di masa pandemi
pinterest

Contoh Poster Kedua – Poster 17 Agustus di masa pandemi. Poster ini dibuat tidak hanya untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, tetapi juga untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa pandemi masih ada. Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Poster tersebut memperlihatkan beberapa petugas medis yang mengenakan masker memakai peralatan medis, dan salah satunya membawa poster bertuliskan #PakaiMasker. Ini menunjukkan bahwa memakai masker tetap penting jika beraktivitas di luar rumah. Mengenakan masker bukan hanya tentang melindungi diri sendiri, tetapi juga tentang merawat orang lain.

Poster berlatar belakang putih juga menampilkan bendera merah putih dan tanggal peringatan kemerdekaan. Selain itu, ada juga ucapan selamat yang disertai dengan logo yang dibuat dengan warna merah putih.

BACA JUGA: 8 Ide Desain Jalan Unik untuk Desa Agustus

3. Poster ke-76 17 Agustus

poster dari 17 hingga 76 agustus
Goodscoop

Berikutnya adalah inspirasi poster 17 hingga 76 Agustus atau poster Hari Kemerdekaan 2021. Selain menggunakan background yang solid, Sedulur juga bisa membuat poster dengan background bayangan orang. Seperti poster di atas, terdapat ucapan selamat dan logo resmi HUT RI ke-76 dengan warna merah putih.

Baca juga  15 Emulator Android Ringan Terbaik untuk PC & Laptop

Poster ini mengangkat tema lomba antar desa. Kompetisi seperti ini biasanya diadakan setahun sekali pada bulan Agustus untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ada dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 3 orang yang saling bersaing untuk menarik tali di cabang-cabang lomba tali. Sedulur juga dapat menggunakan kompetisi lain sebagai inspirasi poster.

4. Poster 17 Agustus 1945

Poster tanggal 17 Agustus 1945
Kompas Megapolitan

Contoh desain selanjutnya adalah desain yang mengingatkan pada suasana 17 Agustus 1945. Ada gambar pahlawan yang dengan bangga mengibarkan bendera merah putih di tangan mereka.

Di balik siluet karakter, gradasi asap dan cahaya terang juga diberikan untuk menambah kesan historis pada poster. Dengan latar belakang merah, poster ini terlihat sangat berani dan cerah. Tak ketinggalan, ada ucapan selamat dalam bahasa Inggris atas gaya penulisan kreatifnya.

BACA JUGA: Resep tumpeng 17 Agustus dalam rangka HUT RI

5. Poster kartun 17 Agustus

Poster tanggal 17 Agustus.
iStock

Contoh desain poster berikut ini biasa digunakan untuk diaspora. Bagi yang berada di negara tetangga, poster sederhana ini bisa menjadi pilihan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain desainnya yang sederhana, teks ucapan selamat juga digunakan dalam bahasa Inggris agar banyak orang yang memahaminya.

Dengan latar belakang abu-abu pekat, poster ini juga dihiasi kembang api untuk menambahkan sentuhan meriah. Selain ucapan selamat yang ditulis dengan warna merah putih, poster ini juga menampilkan seorang pria yang dengan gembira membawa bendera merah putih. Terakhir, poster ini juga dilengkapi dengan guratan bendera merah putih di bagian sampingnya.

6. Lomba poster 17 Agustus

Poster tanggal 17 Agustus.
pilih bebas

Contoh desain berikut adalah poster 17 Agustus yang berisi rangkaian lomba yang biasanya diadakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Beberapa lomba tersebut antara lain tarik tambang, balap karung, dan panjat pinang. Selain gambar lomba, tentunya harus ada ucapan selamat di bagian atas poster.

Dalam semua kontes ini, masuk akal untuk selalu bersemangat untuk menang, seperti ketika para pahlawan bersemangat melawan penjajah. Poster ini juga menunjukkan bahwa anak-anak muda harus selalu percaya pada kemampuan mereka sendiri untuk mencapai apa yang mereka cita-citakan. Meski poster ini tidak menggunakan warna merah putih pada umumnya, namun kesan nasionalisme tetap diberikan oleh bendera merah putih dan kostum yang digunakan peserta.

7. Poster kultus 17 Agustus.

Poster tanggal 17 Agustus.
iStock

Ide desain poster 17 Agustus berikutnya adalah menggunakan ikon-ikon terkenal Indonesia. Seperti pada contoh poster di atas, ikon candi Borobudur digunakan. Pemilihan ikon pada poster ini dapat disesuaikan dengan ikon daerah yang sesuai. Selain lencana, poster tentunya juga harus memuat kalimat ucapan selamat dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga  Pengertian, Sejarah, Klasifikasi, Unsur & Sifatnya

Pemilihan warna abu-abu juga bisa disesuaikan dengan warnanya. Seperti poster di atas, warna asli candi adalah abu-abu, jadi mungkin terlihat aneh jika warnanya merah atau putih. Namun, untuk meningkatkan kesan nasionalisme, poster dapat dilengkapi dengan bendera merah putih di kanan dan kiri poster.

BACA JUGA: 17 Agustus Ide dekorasi rumah, tema merah putih

8. Poster 17 Agustus penuh dengan semangat.

Poster tanggal 17 Agustus.
Jaringan Jatim

Ide selanjutnya adalah poster Garuda mulai 17 Agustus. Poster ini menggunakan latar belakang merah putih dengan sedikit warna kuning keemasan dari Garuda Panchashila. Selain kata-kata ucapan selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, poster tersebut juga menampilkan seorang pahlawan yang bersemangat membawa bambu runcing.

Gambar pahlawan yang tampak berteriak di poster ini juga dapat menambah semangat kita untuk mempertahankan kemerdekaan. Kehadiran bendera merah putih juga memperkuat kesan nasionalisme dalam poster ini. Ide poster seperti ini tentunya sangat cocok untuk kelompok pemuda yang ingin merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

9. Poster pahlawan pada 17 Agustus

Poster tanggal 17 Agustus.
iStock

Desain poster selanjutnya adalah desain bertema pahlawan. Poster berlatar belakang merah putih ini erat kaitannya dengan semangat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Karena bertemakan pahlawan, poster ini menampilkan seorang pahlawan yang gagah berani memegang bendera merah putih.

Selain gambar pahlawan dan bendera merah putih, Sedulur dapat menambahkan ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sesuai keinginan. Pilih font putih yang ringan dan sederhana untuk memudahkan audiens membaca. Desain poster ini sangat cocok untuk mengingatkan generasi muda perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

10. Poster 17 Agustus kutipan

Poster tanggal 17 Agustus.
Pikiran Rakyat

Selain menggunakan gambar pahlawan, desain poster yang sama kreatifnya termasuk menambahkan kata-kata atau kutipan yang diucapkan oleh para karakter. Seperti contoh poster di atas, ada kutipan “Bebas atau Mati” yang merupakan sugesti ajaib dari Bang Karno.

Desain poster di atas juga menambahkan gambar seorang pria yang mengenakan kemeja putih dengan kerah merah dan ikat kepala merah putih, yang membawa bendera merah putih. Seseorang tampak berteriak dan meneriakkan kata-kata sesuai dengan apa yang tertulis. Dengan menggunakan latar belakang merah cerah dengan sedikit asap dan cahaya, poster dapat meningkatkan kesan pembaca.

Meski sebagian besar poster dipenuhi dengan gambar orang dan kutipan, Sedulur masih bisa menambahkan kata-kata ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia di bagian bawah yang masih kosong. Kalimat ini dapat ditulis lengkap dengan logo Hari Kemerdekaan Indonesia pada tahun yang bersangkutan, atau cukup tulis ucapan selamat. Hal ini dapat disesuaikan dengan desain yang dikembangkan.

Baca juga  15+ Ide Jualan Online yang Menguntungkan & Tips Memulainya

BACA JUGA: 12 Ide Kostum Agustus yang Menarik dan Unik

11. Poster ke-77 17 Agustus

Poster tanggal 17 Agustus.
pinterest

Desain poster berikutnya Poster lomba 17 Agustus dipersembahkan oleh arena lomba panjat tebing. Untuk menunjukkan semangat nasionalisme, poster yang dibuat tidak harus menggunakan latar belakang merah atau putih pada umumnya. Saudara-saudara juga dapat menggunakan warna biru untuk menggambarkan warna langit yang cerah.

Sebagai gantinya, Sedulur bisa menambahkan bendera merah putih di bagian atas dan bawah buah pinang. Dengan latar belakang yang cerah, pemain yang mendaki arena akan terlihat lebih jelas, dan suasana yang ditampilkan tidak akan monoton.

Di bagian atas poster, Sedulur dapat menambahkan ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia dan logo peringatan tahun kemerdekaan dengan menggunakan warna merah putih. Seperti contoh poster di atas, desainnya dibuat dengan ucapan selamat dan logo untuk tahun ke-77 kemerdekaan, dengan ungkapan slang “Cepat sembuh, berdiri lebih kuat.”

12. Poster 17 Agustus sudah penuh

Poster tanggal 17 Agustus.
pinterest

Poster terbaru, tertanggal 17 Agustus, sangat populer. Dikatakan ramai karena desainnya banyak menampilkan tempat ibadah berbagai agama, serta lomba khas Augustan yaitu panjat pinang. Saat menggunakan teknik bayangan, tempat ibadah yang berjejer akan tampak seperti bayangan di belakang arena pemanjat.

Seperti yang Anda lihat di poster, ada bayangan candi Borobudur, candi Prambanan, candi di Bali. Sebagai ciptaan, Sedulur juga bisa menambah tempat ibadah agama lain, sehingga lebih lengkap dan tidak menimbulkan kecemburuan di kalangan pemeluk agama.

Meski terkesan ramai, Sedulur juga harus mencantumkan ucapan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk menunjukkan bahwa poster yang dibuat adalah poster khusus Hari Kemerdekaan. Sedulur hanya bisa mengucapkan selamat atau dilengkapi dengan logo tahun kemerdekaan yang sesuai.

Nah, itulah informasi desain keramik tanggal 17 Agustus untuk dijadikan inspirasi. Kami berharap dengan bantuan review ini, Sedulur mampu membuat desain poster yang baik dan dapat diterima oleh semua orang. Ingatlah selalu rasa kekeluargaan dan nasionalisme tanpa menyinggung SAR. Kreativitas yang sukses!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org