pesawat terbesar di dunia

Pesawat Terbesar di Dunia yang Dihancurkan Rusia


Aktivitas manusia yang semakin padat menuntut setiap pejabat tinggi di berbagai negara berlomba-lomba untuk berinovasi dalam kendaraannya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, beberapa pesawat terbesar di dunia telah dibangun dalam beberapa dekade terakhir.

Meski diiklankan sebagai yang terbesar di dunia, nyatanya banyak namanya tercatat dalam sejarah karena digunakan karena satu dan lain hal. Daftar yang menarik? Simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Fenomena Chemtrail, Asap Pesawat Itu Hoax

1. Antonov An-124 Ruslan

wikipedia

Pada tahun 1984, Biro Desain Antonov mengembangkan dan memproduksi An-124 Ruslan. Dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia selama sekitar 30 tahun, kendaraan ini disebut sebagai salah satu pesawat terbesar di dunia dan terberat di dunia untuk jenis kargo ini.

Dimensi pesawat ini memiliki panjang 69,1 meter, dengan lebar sayap 73,3 meter dan tinggi 21,08 meter. Kapasitas angkut yang dapat dimuat juga cukup fantastis yaitu sekitar 65 ton. Kabar baiknya, pesawat ini masih ada dan bisa digunakan sampai sekarang.

BACA JUGA: Ini Fakta dan Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia. Tertarik?

2. Boeing 747 Dreamlifter

Boeing 747 Dreamlifter
wikipedia

Sebagai perusahaan yang mendesain dan merakit pesawat, Boeing juga membutuhkan pesawat dengan ruang yang cukup untuk menyimpan barang. Alasannya adalah bahwa suku cadang perlu diangkut untuk pengiriman ke seluruh dunia.

Dari situ akhirnya dibuatlah pesawat kargo raksasa yang diupgrade dari model 747-400 747 yang menyediakan ruangan khusus untuk menampung kargo. Pesawat ini diberi nama Boeing 747 Dreamlifter atau Boeing 747 Cargo Freighter.

Dreamlifter pertama melakukan uji terbang setelah tiba di Boeing Field, Seattle, AS pada 16 September 2006. Setelah itu, Dreamlifter kedua juga melakukan penerbangan pertamanya pada 16 Februari 2007.

Baca juga  Waspada! 4 Ciri Penipuan Arisan Online yang Wajib Anda Tahu

Dia tidak berhenti di situ, setelah merakit dan menyelesaikan Dreamlifter ketiga pada tahun 2007. Pesawat ini dapat membawa hingga 125 ton.

BACA JUGA: Siklus nitrogen: definisi, fungsi dan contoh

3. Galaksi Lockheed S-5

Lockheed S-5 Galaxy
airspace-review.com

Dibangun untuk menghindari menjadi pesawat meledak terbesar di dunia, AS memiliki C-5 Galaxy yang dirancang oleh Lockheed Martin. Pesawat ini resmi dioperasikan oleh militer pada tahun 1969.

Pesawat ini memiliki ruang kargo yang besar dan mampu membawa 2 tank Abrams, 3 helikopter Black Hawk, 16 Humvee dan kendaraan berat lainnya dengan muatan maksimum 135 ton.

Setelah hiatus, USAF mengumumkan bahwa pesawat ini akan aktif kembali pada Mei 2017. Payload yang tinggi juga mempengaruhi jarak tempuhnya. Tanpa mengisi bahan bakar, pesawat ini dapat terbang hingga 7.000 mil tanpa mengisi bahan bakar.

BACA JUGA: 8. Dampak rotasi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

4 Aero Spacelines Super Guppy

Aero Spaceline Super Guppy
sudut aero

Salah satu pesawat terbesar di dunia adalah Aero Spacelines Super Guppy. Inilah pesawat yang digunakan NASA untuk memindahkan komponen-komponen pesawat luar angkasa raksasa tersebut.

Dibangun dari sasis Boeing C-97, Super Guppy melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1965. Itu adalah satu-satunya pesawat yang membawa komponen S-IVB dari roket Saturn V tiga tahap.

Dimensi pesawat ini adalah panjang 43,84 meter, lebar 47,63 meter, dan tinggi 14,78 meter. Cukup besar, kan?

BACA JUGA: 50 negara militer terkuat di dunia menurut peringkat

5. Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya
aviasisourcenews

Biro Desain Antonov menciptakan pesawat kargo besar lainnya, yang disebut Antonov An-225 Mriya, dan pertama kali terbang pada tahun 1988.
Dirancang oleh insinyur terkenal dari Uni Soviet, pesawat ini diberi nama “Mriya”. Kata itu berarti mimpi dalam bahasa Ukraina. Meskipun bukan pesawat penumpang terbesar di dunia, karena dirancang untuk membawa kargo, ia memiliki total kapasitas muatan 250 ton.

Baca juga  Investasi yang Cocok Buat Nabung Beli Rumah!

Pesawat ini berukuran sangat besar. Lebarnya bisa mencapai 84 meter. Dengan angka ini, Anda dapat memperkirakan berapa panjang dan tinggi.

Penyebab ledakan

Pesawat penumpang terbesar di dunia hancur
gta5-mods.com

Pada tahun 1989, Uni Soviet berencana untuk membangun tiga An-225. Di tengah pembangunan proyek pada tahun 1991, Uni Soviet runtuh, membuat diskusi menjadi sulit. Dengan bantuan China, proyek tersebut tidak berjalan mulus. Terakhir, pada tahun 2020, pesawat ikut serta dalam pengiriman bantuan kemanusiaan ke banyak negara di dunia selama pandemi COVID-19.

Namun, sejarah mencatat bahwa pesawat terbesar di dunia itu hancur pada 27 Februari 2022. Pesawat, yang sudah menjadi milik Ukraina, dihancurkan oleh militer Rusia pada hari ke-4 invasi Rusia ke Ukraina. Pesawat itu diserang saat sedang menjalani perbaikan di dekat ibu kota Ukraina, Kyiv.

Ada banyak sejarah yang telah dilalui oleh beberapa nama pesawat. Dari misi kemanusiaan hingga militer yang mempengaruhi kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Meski pesawat terbesar di dunia telah meledak, ada harapan bahwa pesawat besar lainnya dapat dipertahankan dan digunakan dalam waktu dekat.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org