20 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba Sendiri!

Pertumbuhan Ekonomi RI Bersinar di Q3, Indonesia Kebal Resesi?


pertumbuhan ekonomi RI cerah pada kuartal ketiga tahun 2022. Ternyata kondisi ini didukung oleh 5 sektor yang berpengaruh. apa pun Ya?

Simak artikel Finansialku selanjutnya untuk informasi lebih lanjut!

Indonesia melihat pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga 2022

Kabar baik untuk Indonesia, menurut Badan Pusat Statistik (BPS). pertumbuhan ekonomi RI sebesar 5,72% pada kuartal ketiga tahun ke tahun (tahun demi tahun) pada tahun 2022.

Dalam konferensi persnya, BPS menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan q ke q pada triwulan III dibandingkan dengan triwulan sebelumnya sebesar 1,81%.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III 2022 sebesar 1,81% dibandingkan triwulan sebelumnya. Dibandingkan dengan 5,72% tahun ke tahun.” kata Kepala BPS, Margo Juwono, saat meluncurkan Cnbcindonesia.com (11.07).

[Baca Juga: Mantap! Indonesia Catat Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi Sejak 2004]

Pertumbuhan sektor produk domestik bruto (PDB)

Sementara itu, di sisi lain, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga terjadi dari sisi produk domestik bruto (PDB).

Untuk kuartal ketiga tahun 2022 berdasarkan harga saat ini Rp 5.901,2 triliun dan berdasarkan Rp 2.976,8 triliun dengan harga konstan.

5 sektor yang memberikan pertumbuhan ekonomi RI

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terjadi pada triwulan III juga mengalami akselerasi di lima sektor.

Kelima sektor tersebut antara lain: industri, pertambangan, pertanian, perdagangan, konstruksi.

Pertumbuhan masing-masing dari kelima sektor tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sektor pertambangan, 13,47%.
  • Sektor pertanian, 12,91%.
  • Sektor perdagangan, 12,74%.
  • Sektor konstruksi, 9,45%.

Namun, kepala BTS menyatakan bahwa hampir semua industri telah memberikan kontribusi positif. Hanya sektor kesehatan yang mencatat pertumbuhan negatif.

“Jadi, sejak triwulan IV tahun 2021, ekonomi tumbuh lebih dari 5 persen, yang menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi terus berlanjut dan semakin kuat,” jelas Margo saat meluncurkan Cnnindonesia.com.

Pemicu positif untuk pertumbuhan ekonomi

pertumbuhan ekonomi indonesia pada triwulan III 2022 juga dapat terealisasi karena beberapa faktor. Upaya pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat.

Upaya pemerintah adalah memberikan perlindungan sosial dalam bentuk bantuan sosial atau bansos.

Pelaksanaan penyaluran bansos sendiri secara umum tercatat sebesar 12,46%. tahun demi tahun. Sementara itu, subsidi energi dan bahan bakar sebesar 111,96%.

Pertumbuhan ekonomi, apakah Indonesia tahan resesi?

Tentu kabar ini menjadi angin segar bagi Indonesia, mengingat ancaman resesi global pada 2023 juga menjadi perhatian.

Jadi, Benarkah dengan pertumbuhan ekonomi seperti itu, Indonesia bisa terhindar dari ancaman resesi??

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPS menegaskan bahwa selama 4 triwulan terakhir Indonesia memiliki tren pertumbuhan ekonomi yang positif.

Artinya, pemulihan ekonomi yang terjadi di Indonesia masih berlangsung dan semakin intensif.

“Ini tentunya merupakan prestasi atau capaian seluruh masyarakat Indonesia yang dalam lingkungan global yang semakin tidak menentu, tetap dapat menopang pertumbuhan ekonomi kita, bahkan trennya menunjukkan semakin kuat,” ujarnya dalam wawancara virtual saat melansir Kompas.com (7/11).

Namun, Margo belum bisa memastikan bahwa tren pertumbuhan ekonomi yang positif ini akan benar-benar melindungi Indonesia dari ancaman resesi.

Karena ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk mendesain ini. Misalnya tren perkembangan ekonomi global dan harga komoditas global ke depan.

“BPS sudah membuat prediksi ke depan, tapi untuk analisa lebih lanjut tentunya ini perlu dikaji lebih mendalam,” dia menambahkan.

[Baca Juga: Kenali 5 Teori Pertumbuhan Ekonomi dan Pengertiannya]

Meski ekonomi sedang tumbuh, kewaspadaan tetap harus ada!

Berita pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi angin segar. Diantaranya kondisi global yang tidak menentu, ancaman resesi dan kontroversi lainnya.

Namun, kewaspadaan tetap ada. Salah satu langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan menyiapkan dana darurat.

Sudahkah Anda menyiapkan dana cadangan yang ideal untuk kondisi dan kebutuhan Anda?

Jika Anda masih belum tahu cara menyiapkan dana cadangan ini, ikuti panduan lengkapnya di buku Elektronik Gratis Bagaimana melindungi keuangan dari pengeluaran dadakan.

Namun, jika dalam prosesnya Anda menemui kendala. Jangan ragu untuk berdiskusi bersama perencana keuangan keuangan saya.

Hubungi melalui Aplikasi keuangan saya atau klik spanduk di bawah untuk membuat janji, Ya.

Menurut Anda, bagaimana reaksi mitra keuangan saya terhadap informasi ini? Silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber referensi:

  • Adinda Putri yang cantik. 07 November 2022 Anti resesi! Perekonomian Indonesia tumbuh 5,72% pada triwulan III 2022. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3zUS76P
  • editor. 07 November 2022 Selamat Tinggal Resesi, 5 Sektor Ini Kuatkan Pertumbuhan Ekonomi RI. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3zX17Zf
  • Isna Rifka Shri Rahayu. 07 November 2022 Pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen, apakah Indonesia tahan resesi?. Kompas.com – https://bit.ly/3DOaRWT




https://wvmuseums.org

Baca juga  SR017, Begini Simulasi Investasinya dan Untung Ruginya