permainan rounders

Pengertian Permainan Rounders Serta Sejarah & Peraturannya


Rounders adalah olahraga atau permainan yang menggunakan bola kecil. Permainan rounders sangat populer di Inggris, juga di negara-negara benua Eropa. Seperti yang Anda ketahui, Inggris adalah negara asal sepak bola.

Sepak bola saat ini merupakan olahraga paling populer di dunia dan olahraga ini lahir di Inggris. Sama halnya dengan olahraga atau bermain sepatu kulit pohon. Di Indonesia permainan lapta cukup terkenal dan sering dimainkan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan permainan rounders. Mulai dari pengertian, sejarah dan aturan mainnya. Untuk memulai pembahasan, kita akan mulai dengan pembahasan makna terlebih dahulu.

BACA JUGA: 10 latihan binaraga yang bisa Anda lakukan di rumah!

Definisi permainan sepatu kulit

iStock

Rounders game adalah jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim atau tim lawan. Jumlah rounder dalam satu tim yang bertanding adalah 12 orang di lapangan.

Kedua tim dalam permainan rounders dibagi menjadi tim batter dan tim defensif. Alat utama dalam permainan ini adalah pemukul dan bola itu sendiri. Sekilas, permainan sepatu kulit pohon ini terlihat seperti softball, baseball, dan baseball.

Olahraga atau permainan lapta dapat dimainkan dengan cara memukul bola kemudian pemain berkeliling lapangan yang memiliki tiang atau titik pangkal. Pemenang permainan ini adalah tim yang paling banyak mengitari lapangan.

Sejarah permainan sepatu kulit pohon

iStock

Olahraga atau permainan bast shoes pertama kali ditemukan oleh seorang tokoh olahraga bernama George Hancock. Permainan ini pertama kali dikembangkan di Inggris dan telah menyebar ke negara lain seperti Irlandia dan Irlandia Utara.

Aturan lengkap permainan rounders ditulis oleh William Clarke dalam sebuah buku yang diterbitkannya di London, Inggris. Dalam buku tersebut, Clarke menjelaskan aturan permainan dan memberikan gambaran lengkap tentang permainan tersebut.

Baca juga  Cara Terbaik Menghemat Listrik Token/Pulsa, Mudah Banget!

GAA (Gaelic Athletic Association) atau Asosiasi Atletik Gaelic, yang berkantor pusat di Irlandia, meresmikan aturan bermain rounders pada tahun 1884. Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 1943 dibentuklah sebuah wadah untuk menaungi olahraga tersebut yang disebut National Rounders Association.

Asosiasi menetapkan permainan sepatu kulit pohon dan mengawasi setiap permainan yang berhubungan dengan olahraga ini. Berbeda dengan Inggris dan Eropa, di Indonesia olahraga ini baru muncul dan berkembang pada tahun 1951 setelah pertama kali dipertandingkan di PON II.

Aturan permainan Rounders

permainan lapta
iStock

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bentuk permainan rounders mirip dengan softball, baseball, dan baseball. Sederhananya, olahraga ini adalah pemain yang harus memukul bola kemudian berlari mengelilingi lapangan yang ditandai dengan tiang seperti sandal.

Pemenang dalam permainan rounders adalah tim atau tim yang berhasil melewati lapangan paling banyak. Durasi pertandingan dalam satu permainan adalah 7 inning, artinya setiap tim mendapat giliran menjadi tim ofensif sebanyak 7 kali, serta menjadi tim bertahan sebanyak 7 kali.

Lantas, seperti apa sebenarnya gerakan bermain rounders? Mengetahui gerakan tertentu dapat membantu Sedulur membayangkan seperti apa sebenarnya permainan rounders itu. Gerakan khusus permainan rounders adalah melempar dan menangkap bola badan.

Selain melempar dan menangkap bola perut, ada gerakan lainnya. Yang paling dasar adalah gerakan menahan bola. Kemudian selain melempar dan menangkap ada gerakan lain yaitu gerakan memukul dan teknik lari berputar-putar mengelilingi lapangan.

Dua gerakan spesifik utama dalam permainan sepatu kulit dijelaskan di bawah ini:

1. Gerakan menahan

iStock

Teknik utama untuk memainkan permainan ini adalah menguasai teknik gerakan atau pegangan itu sendiri. Penguasaan bola yang baik pasti akan mempengaruhi lemparan yang tepat dan terarah. Teknik memegang bola ada tiga yaitu :

  • Pegang bola dengan tiga jari.
  • Pegang bola dengan empat jari.
  • Memegang bola dengan 5 jari.
Baca juga  Pengertian Tujuan, Jenis, hingga Cara Pemasarannya

2. Gerakan melempar bola

permainan lapta
iStock

Gerakan melempar bola pada permainan sepatu kulit adalah sebagai berikut :

  • Posisikan tubuh Anda lurus dengan satu kaki ke depan.
  • Angkat tangan yang memegang bola dan tekuk siku. Posisi badan agak miring ke belakang.
  • Tekuk bagian belakang lutut dan ayunkan lengan ke depan, diikuti dengan jentikan pergelangan tangan melewati bahu.

3. Gerakan menangkap bola

iStock

Untuk gerakan menangkap bola pada permainan rounders, yang tampilannya seperti ini :

  • Regangkan kaki Anda ke belakang.
  • Posisikan kedua lengan lurus ke atas dengan telapak tangan terbuka.
  • Lihat bola yang masuk. Saat bola ditangkap, tarik kedua lengan ke arah dada.

4. Gerakan benturan

permainan lapta
iStock

Gerakan selanjutnya dalam permainan sepatu kulit pohon adalah gerakan perkusi. Dengan tembakan yang bagus, tim hampir pasti mendominasi permainan. Oleh karena itu, pemain harus menguasai keterampilan melempar bola dengan benar.

Tendangan ke bola sendiri terdiri dari dua jenis. Ayunan pertama, pukulan ayun, pukulan kedua – teknik pukulan tanpa ayunan. Ayunan itu sendiri adalah teknik di mana Anda mulai mengayunkan pemukul.

Sedangkan untuk memukul bola hanya perlu memukul bat tanpa melakukan swing, atau cukup menunggu bola saja. Bagi Anda yang ingin berlatih pukulan, Anda bisa melakukan latihan berikut ini:

  • Berdirilah dengan posisi tubuh berada di sisi arah datangnya bola.
  • Kedua kaki dibuka selebar bahu.
  • Lutut sedikit ditekuk.
  • Telapak kaki sejajar dengan lutut.
  • Posisi badan agak condong ke depan.
  • Pegang kelelawar dengan kuat dengan kedua tangan dan dekatkan ke telinga kanan Anda.
  • Lihat lurus ke depan ke arah bola atau tembakan.

BACA JUGA: 10 Olahraga untuk Pria Kurus Menjadi Berotot!

5. Gerakan berjalan

iStock

Ini diikuti dengan gerakan lari dalam permainan rounders. Pemain yang memukul bola harus lari ke base. Namun, Anda memerlukan strategi dan meluncurkan penyesuaian untuk berhasil mencapai basis dan mencetak poin. Saat Sedulur berjalan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Cara menuju ke tempat bertengger.
  • Pastikan keadaan tenggeran belum tersentuh oleh lawan.
Baca juga  ¬†Ekspektasi adalah Harapan, Berikut Pengertian & Contohnya

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk Sedulur sebagai latihan untuk dapat melakukan gerakan lari, yaitu:

  • Peningkatan kecepatan lari dan stamina.
  • Berlatih berlari secepat mungkin dari satu pangkalan ke pangkalan lainnya.
  • Olahraga meningkatkan kekuatan otot perut, punggung, kaki, dan lengan.
  • Berlatihlah berlari ke tempat bertengger.
  • Usahakan untuk tidak mencetak atau menyentuh bola lawan.

Dengan melakukan latihan di atas, Anda bisa menguasai permainan dengan baik karena Anda bisa mendapatkan poin dengan berlari dengan baik. Inti dari permainan ini adalah siapa yang akan berhasil sebanyak mungkin di lapangan permainan.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai olahraga atau permainan sepatu kulit pohon. Dengan memahami penjelasan di atas, kini Anda bisa membedakannya dengan olahraga atau permainan sejenis yang sangat mirip atau bahkan identik. Saya juga berharap Sedulur bisa lebih sering memainkannya.

Ingin menghabiskan bulanan tanpa menggunakan keras? aplikasi super larutan! Semuanya tersedia: mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga. Selain harganya yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan berbelanja dengan handphone. Tidak perlu keluar rumah, barang langsung diantar.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga bisa berbelanja secara grosir atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org