jalur mandiri

Daftar Perlengkapan Bayi Ini Penting Disiapkan, Awas Terlewat!


Bunda, sebelum lahiran, yuk siapkan perlengkapan bayi supaya nanti menjelang lahiran tidak panik memikirkan perlengkapannya.

Kira-kira apa saja yang harus bumil siapkan? 

 

Summary:

  • Siapkan perlengkapan bayi dari 1-2 bulan sebelum persalinan, karena ini adalah saat kondisi bumil masih kuat dan sehat untuk bepergian. 
  • Menyiapkan perlengkapan bayi sesuai kebutuhan saja, tidak memborong semua barang, dan jumlahnya pun menyesuaikan kebutuhan.

 

Pentingnya Menyiapkan Perlengkapan Bayi 

Selain menyiapkan fisik dan mental, ibu hamil juga harus menyiapkan berbagai perlengkapan bayi yang diperlukan setelah melahirkan. Menyiapkan perlengkapan bayi perlu kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum lahiran. 

Momen belanja kebutuhan bayi menjadi salah satu hal yang para bumil tunggu-tunggu. Meski banyak barang yang menggemaskan, jangan sampai terlalu banyak memborong semua barang, jadi tidak berguna.

Supaya tidak bingung dan mubazir, kamu perlu tahu perlengkapan bayi yang harus kamu siapkan. Nah, informasi lengkapnya mari kita simak bersama.

 

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Menyiapkan perlengkapan bayi di saat sebelum bayi lahir adalah cara yang efisien. Ini akan membuat kebutuhan bayi sudah tersedia, dan orang tua juga akan semakin lebih siap untuk merawat sang buah hatinya.

Berikut ini beberapa daftar perlengkapan bayi untuk yang baru lahir:

 

#1 Baju dan Celana Bayi

Pakaian bayi menjadi bagian yang paling dasar untuk bumil siapkan. Bahkan, terkadang bumil membeli banyak pakaian karena melihat modelnya yang sangat menggemaskan.

Saat membeli baju dan celana bayi baru lahir, disarankan untuk memilih pakaian yang praktis dan tetap membuat bayi nyaman. Perhatikan pula material kainnya, usahakan yang bisa menyerap keringat dan tidak panas.

Baju bayi yang kamu beli juga sebaiknya ukuran yang lebih besar sehingga tidak cepat sempit ketika dipakai bayi yang sudah mulai tumbuh. 

Mengingat bayi mengalami pertumbuhan yang cepat, sebaiknya kamu tidak membeli terlalu banyak pakaian pada saat bulan-bulan pertama.

Berikut ini adalah pilihan baju yang sebaiknya bumil siapkan dari awal:

  • 10-12 atasan lengan pendek
  • 10-12 atasan lengan panjang
  • 6-8 celana panjang atau legging
  • 6-8 jumpsuit lengan pendek
  • 6-8 bodysuit lengan panjang
  • 1–3 sweater atau jaket dengan kancing depan

 

Memilih pakaian dengan kancing di depan tak hanya demi kenyamanan Si Kecil, tetapi juga untuk memudahkan Bumil dalam mengenakan atau melepaskan pakaiannya.

 

#2 Popok 

Perlengkapan bayi berikutnya adalah popok. Biasanya, bayi yang baru lahir perlu mengganti popok sebanyak 10-12 kali sehari. 

Untuk bayi baru lahir, menggunakan popok kain bisa mencegah munculnya masalah kulit pada bayi, seperti iritasi kulit atau ruam. 

Jika kamu berencana untuk menggunakan popok kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali, sebaiknya pilihlah bahan katun yang mudah menyerap dan lembut. 

Pilih juga popok kain yang memiliki tali atau velcro, sehingga kamu tidak perlu repot-repot menggunakan peniti.

Namun ketika malam hari atau sedang di luar rumah, menggunakan popok sekali pakai akan memudahkan kamu untuk menggantinya. Jadi, tidak ada salahnya untuk membeli juga popok sekali pakai.

Ketika membeli popok sekali pakai, perhatikan ukuran popok untuk Si Kecil, ya. Hindari membeli popok yang terlalu sempit atau kebesaran supaya bayi merasa nyaman dan terhindar dari iritasi.

Supaya lebih rinci, berikut daftar kebutuhan bayi untuk popok sehari-hari:

  • 1 pack popok sekali pakai
  • Tisu basah untuk ganti popok

[Baca Juga: Daftar Biaya Melahirkan Terbaru 2022, Siapkan Dari Sekarang!]

 

#3 Kaus Kaki, Sarung Tangan, dan Topi

Perlengkapan bayi ini terkadang sering terlewatkan, padahal fungsinya tak kalah penting. Kamu juga perlu menyiapkan setidaknya 3–4 pasang kaus kaki dan sarung tangan, serta 2–3 topi berbahan katun.

Barang-barang ini sangat penting untuk membuat Si Kecil tetap merasa aman dan nyaman di kondisi dingin. Sarung tangan juga berguna untuk mencegah Si Kecil menggaruk dirinya sendiri dan melukai wajahnya.

Perlu bumil perhatikan, pemakaian sarung tangan dan kaki tidak dianjurkan untuk menggunakannya sepanjang hari. Menurut IDAI melalui situs resminya, tangan dan kaki adalah indera peraba yang merupakan alat untuk bayi belajar mengenal rasa.

Jadi, pakaikan sesekali saja terutama saat udara sedang dingin atau di malam hari.

 

#4 Bedong atau Selimut Kain

Ketika dalam kandungan, posisi bayi seperti dibedong atau dibundel. Oleh karena itu, kamu perlu menyediakan setidaknya 8-10 selimut atau kain untuk membedong Si Kecil demi kenyamanannya setelah lahir.

Kamu bisa gunakan selimut atau kain berbahan katun tipis ketika cuaca panas. Ketika cuaca dingin, ruangan ber-AC dan pada saat malam hari, kamu bisa menggunakan selimut dengan bahan lebih tebal.

Pada awalnya, mungkin kamu akan merasa kesulitan untuk membedong bayi. Namun tak usah khawatir, bedong yang banyak dijual saat ini sudah cukup praktis ketika menggunakannya.

 

#5 Perlengkapan Mandi

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat halus, lembut, dan sensitif, sehingga membutuhkan perlengkapan dan produk mandi khusus untuk bayi baru lahir dan tidak menimbulkan alergi atau iritasi. 

Sebelum membeli perlengkapan mandi bayi, kamu perlu perhatikan bahan dan materialnya dengan tepat.

Nah, berikut ini daftar perlengkapan mandi bayi yang kamu perlukan:

  • 2–4 handuk mandi sebaiknya bahan yang lembut dan nyaman pada kulit bayi
  • Sabun beserta sampo bayi, saat ini sudah tersedia jenis top to toe wash yaitu produk yang terdiri dari sabun dan sampo dalam satu kemasan
  • Diaper rash bayi, kamu bisa gunakan pada saat mengenakan popok sehingga kulit bayi terhindar dari ruam
  • Baby oil, kamu bisa gunakan untuk memijat bayi dan juga dapat kamu gunakan ke kepala bayi saat bayi memiliki kerak di kepalanya

 

Minyak telon dapat menjaga tubuh bayi tetap hangat setelah mandi, meredakan perut kembung, serta mencegah masuk angin dan gigitan nyamuk.

 

#6 Perlengkapan Tidur

Supaya Si Kecil tidur dengan nyaman, kamu perlu menyiapkan peralatan yang mendukung. Beberapa perlengkapan tidur bayi baru lahir yang harus kamu siapkan adalah:

  • Tempat tidur bayi, sebagai tempat paling aman untuk bayi tidur selama 6 bulan
  • 4–5 sprei pengganti yang berbahan lembut
  • Perlak, agar tempat tidur bayi tidak basah jika bayi ngompol saat tidur
  • Kelambu, untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk

 

Sebagai informasi, mengutip dari On Safety, penggunaan bantal dan selimut sebagai perlengkapan si kecil sangat membahayakan bayi baru lahir.

Selimut dan bantal bayi dapat mengganggu tidurnya dan meningkatkan risiko kematian bayi mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

Namun, kini sudah banyak produk selimut dan bantal yang sudah diformulasikan khusus untuk bayi yang baru lahir. Jika kamu membutuhkannya, barang ini bisa masuk list.

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Kehamilan / Asuransi Persalinan untuk Ibu Hamil]

 

#7 Perlengkapan Menyusui

Setelah melahirkan, terkadang menyusui tidak berjalan mulus, sehingga memerlukan perlengkapan menyusui untuk membantu agar bayi tetap bisa menerima ASI.

Sebelum ke perlengkapan menyusui, beberapa barang ini juga kamu perlukan.

 

Jika kamu menyusui secara langsung atau direct breastfeeding, perlengkapan berikut ini bisa mendukung.

  • Pompa ASI, bisa memilih pompa ASI manual atau elektrik
  • Wadah untuk ASI, bisa memakai botol kaca atau kantong ASI
  • Pendingin atau kulkas khusus untuk ASI yang terpisah dengan penyimpanan bahan makanan
  • Nursing apron (kain penutup menyusui) untuk dipakai di tempat umum
  • Peralatan pembersih botol, seperti sikat botol dan sabun khusus pencuci botol bayi

 

Jika kamu memberi susu formula untuk bayi, perlengkapan yang kamu perlukan yaitu:

  • Peralatan pembersih botol bayi
  • Termos untuk menyimpan air panas
  • Botol kontainer susu untuk memisahkan susu per porsi

 

Melansir dari situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) penggunaan dot pada bayi yang terlalu sering bisa berpengaruh pada teknik isapan bayi yang salah.

Bila bayi terbiasa minum susu pakai dot, Si Kecil bisa menolak menyusu langsung pada payudara Ibu. Ini membuat bayi kurang sering menyusu pada payudara ibunya (bingung puting), dan bisa menyebabkan penyapihan secara dini.

Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan cup feeder ukuran kecil untuk bayi yang minum ASI perah atau susu formula.

[Baca Juga: Berbagai Macam Olahraga yang Cocok untuk Ibu Hamil]

 

#8 Tas dan Kain Gendongan Bayi

Semua ibu pasti ingin menggendong bayinya untuk membangun ikatan dengan si Kecil, sekaligus hal ini merupakan hal yang membahagiakan.

Namun, terlalu sering menggendong bayi bisa membuat kamu mudah lelah dan tidak praktis. Oleh karena itu, kamu membutuhkan gendongan bayi ini.

Alat ini akan membantu kamu untuk menggendong Si Kecil dengan baik. Pilih gendongan bayi yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

Selain itu, tas bayi juga kamu perlukan ketika sedang bepergian. Sebaiknya, pilihlah tas bayi yang memiliki banyak tempat penyimpanan supaya memudahkan ketika mencari barang yang kamu butuhkan.

 

#9 Perlengkapan Kesehatan Bayi

Bayi yang baru lahir masih rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, perlengkapan bayi yang satu ini juga perlu kamu siapkan.

 

#10 Perlengkapan Finansial

Selain dari keperluan bunda dan Si Kecil, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan finansial, yaitu:

 

Asuransi kesehatan atau BPJS 

Kamu bisa memiliki waktu 30 hari untuk menambahkan anak ke polis asuransi kesehatan setelah mereka lahir dan sampai 60 hari untuk masuk dalam tunjangan anak.

Bayi bisa terdaftar BPJS kesehatan setelah memiliki nomor induk kependudukan.

 

Tabungan untuk pendidikan

Penting untuk menyusun dan merencanakan dana pendidikan dari dini. Jika kamu perlu panduan menyiapkan dana pendidikan anak, kamu bisa baca ebook gratis berikut ini.

Banner Iklan Ebook Menyiapkan Masa Depan Terbaik Untuk Anak (Dana Pendidikan) Web

 

Biaya ke dokter dan Imunisasi 

Bayi yang baru lahir biasanya akan mendapatkan imunisasi. Ada 9 jenis imunisasi yang wajib diberikan saat bayi sebelum 1 tahun yaitu BCG, Hepatitis B, Polio, DTP, Campak, HIB, Rotavirus, Pnemokokus, Influenza.

 

Memiliki bayi berarti kamu memiliki tanggung jawab keuangan yang baru.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perencanaan keuangan dari awal, supaya kamu juga bisa mengatur tidak hanya setelah kelahiran buah hati namun pembiayaan sampai ia besar.

Jika kamu terdapat masalah keuangan dalam merencanakan masa depan anak, kamu bisa berdiskusi dengan perencana keuangan Finansialku.

Hubungi perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku atau lewat WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

 

Simulasi Anggaran Perlengkapan Bayi

Simulasi ini hanya untuk menunjukkan besarnya estimasi biaya untuk kebutuhan perlengkapan bayi. Harga yang tercantum bisa berubah-ubah tergantung merek dan jenis barang yang kamu pilih.

Daftar Perlengkapan Bayi Ini Penting Disiapkan, Awas Terlewat! 01 - Finansialku

Tabel Estimasi Perlengkapan Bayi

Ket: 

  • Harga yang tercantum diambil dari beberapa e-commerce

 

Pastikan kamu menyiapkan perlengkapan bayi dari 1-2 bulan sebelum persalinan. Ini saat kondisimu masih kuat dan sehat untuk bepergian. Supaya tidak lupa, buatlah daftar belanja yang akan kamu beli.

Selain itu, jangan lupa siapkan keuangannya, ya. Kamu bisa memasukkan daftar perlengkapan di atas ke dalam anggaran bulananmu, sehingga kamu bisa lebih siap untuk menyiapkan biayanya.

Untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku dengan menu ‘Anggaran’. Kamu bisa catat semua transaksi keuangan kamu dalam aplikasi ini. Coba aplikasi Finansialku sekarang, unduh di Play Store atau App Store.

Banner Iklan Fitur Anggaran

 

Itulah penjelasan perlengkapan bayi yang kamu butuhkan untuk menyambut Si Kecil. Yuk, siapkan perlengkapannya dari sekarang! Jangan lupa share juga artikel ini pada para calon Bunda yang lainnya, ya.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Nurul Aulia Ahmad. 27 Mei 2022. 17 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Penting dan Pasti Diperlukan Si Kecil. Orami.co.id – https://bit.ly/3dHOPM5
  • Redaksi. Inilah 15 Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibeli. Alodokter.com – https://bit.ly/3K50uk6
  • Riska Herliafifah. 26 Oktober 2021. Daftar Penting Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Anda Siapkan. Hellosehat.com – https://bit.ly/3bYGfYV




https://wvmuseums.org

Baca juga  Cek Kurs Dollar Hari Ini di BCA dan Bank Mandiri Sebelum Tukar