Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Kanji

Apa Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Kanji? Simak Di Sini!


Tepung terigu cukup banyak dikenal di dunia kuliner. Setiap tepung juga memiliki karakter, fungsi dan karakteristiknya masing-masing. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara tepung tapioka dan tepung kanji.

Kedua nama tepung ini memang merupakan bahan yang cukup sering digunakan dalam proses pembuatan makanan sehari-hari. Baik itu untuk memasak gorengan, cymol, qilok, pempek. Bagi Sedulur yang belum tahu perbedaan tepung tapioka dan tepung kanji, simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 24 resep sayuran segar dan lezat dengan bayam

perbedaan tapioka dan kanji

pinterest

Bagi Sedulur yang masih belum mengerti perbedaan tepung tapioka dan pati, jawaban dari pertanyaan ini adalah tidak ada perbedaan.

Tepung kanji dan tepung tapioka adalah jenis tepung yang sama. Di beberapa daerah lain, tepung ini disebut juga tepung aci.

Nama tepung tapioka sendiri berasal dari bahasa Portugis yaitu tapioka. Di mana tapioka juga berarti singkong olahan yang diubah menjadi bubuk. Sedangkan nama kanji berasal dari bahasa Jawa yang artinya pati.

Namun, baik pati dan tepung tapioka diperoleh dari ekstrak akar singkong, yang dibuat menjadi bubuk.

Secara nutrisi, tepung tapioka dan pati juga sama. Menurut Conde Nast, Data nutrisiPati merupakan sumber karbohidrat yang rendah protein, lemak jenuh dan natrium.

Cara membuat tepung tapioka

Proses pembuatan tepung
Dapur Kucing Malas

Mengetahui perbedaan tepung tapioka dan pati, Sedulur juga perlu mengetahui proses pembuatan tepung tapioka.

Ini dilaporkan fimelaProses pembuatan tepung tapioka sebenarnya cukup sederhana dan mirip dengan pembuatan tepung sagu.

Langkah pertama adalah memarut singkong agar menjadi halus. Singkong yang telah diparut kemudian dicampur dengan air dan disaring. Air saringan ini akan dibiarkan mengendap agar pati singkong mengendap.

Baca juga  10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Saat pati telah mengendap, pisahkan dengan air dan keringkan sisa pati. Sinar matahari langsung atau oven dapat digunakan dalam proses pengeringan ini. Jika sudah, pati kering bisa ditumbuk halus menjadi tepung. Proses ini menarik untuk dipelajari, apalagi jika Sedulur ingin mencoba membuat tepung tapioka di rumah.

BACA JUGA: Cara membuat es boba segar sendiri di rumah, mudah sekali!

Beli pati di aplikasi Super

aplikasi super
aplikasi super

Pati adalah salah satu bahan yang harus Anda miliki di rumah. Hal ini karena pati dibutuhkan untuk membuat gorengan dan snack seperti cymol atau tzilok.

Jika Sedulur sedang memulai bisnis snack food atau makanan ringan seperti di atas, tentunya memiliki stok tepung kanji di rumah adalah suatu keharusan. Kakak-kakak bisa beli tepung kanji dengan harga murah melalui aplikasi super.

Pengeluaran bulanan
aplikasi super

Anda hanya perlu mendownload aplikasinya melalui Play Store, Sedulur dapat membeli berbagai merk tepung tapioka sebagai berikut:

  • Tepung Tapioka Gunung Agung Merah 500 gr. Harga mulai dari 113 ribu rupiah (kotak).
  • Tepung Tapioka Pak Tani Gunung 500 gram dibandrol mulai dari Rp 137 ribu (box).
  • Tepung Tapioka Rose Brand 500 gr. Harga mulai dari Rs 5.900 (buah) dan Rs 114.000 (kotak).

Proses pembeliannya juga sederhana karena Sedulur bisa memesannya langsung dari rumah. Selain itu, ada juga kemungkinan pengiriman gratis dan pengiriman ke rumah. Menarik bukan?

BACA JUGA: Cari tahu dosisnya di resep lengkap

Fungsi pati

Pati memiliki cukup banyak manfaat dan fungsi dalam dunia kuliner. Biasanya tepung ini digunakan untuk mengentalkan makanan. Tetapi ada fitur lain yang perlu Anda ketahui. Dan berikut ini beberapa fungsi dari tepung tapioka :

Baca juga  10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasan Lengkapnya

1. Pengikat dan penstabil adonan

irisan daging untuk burger
Jaringan Makanan Kanada

Dalam praktik dunia kuliner, pati memiliki fungsi yang sangat penting. Salah satunya adalah pengikatan dan pemantapan tekstur adonan.

Biasanya, juru masak mencampur pati dengan produk daging yang digiling halus. Hal ini dikarenakan daging cincang tidak memiliki kemampuan untuk mengikat tekstur. Misalnya, memasak roti hamburger dan nugget ayam.

Selain merekatkan bahan makanan, tepung kanji juga bisa menahan kelembapan agar makanan tidak basah saat dipanggang atau disimpan di freezer.

2. Memberi tekstur kenyal

Cara membuat bob
Shift & Didihkan

Inilah fungsi terpenting pati dalam dunia kuliner, yaitu memberikan tekstur kenyal pada bahan kuliner.

Ini dilaporkan Makan cemara, pati atau tapioka banyak digunakan dalam masakan modern. Tak hanya untuk makanan berat, tepung ini juga banyak diolah menjadi minuman, puding dan campuran permen lho.

Beberapa contoh yang mungkin Sedulur lihat adalah isian kacang, puding tapioka, puff pastry, cymol dan tzilok.

3. Pengental untuk masakan sup

Sup kental
Zaitun dan mangga

Tepung tapioka atau pati bisa digunakan untuk lebih dari sekedar makanan yang digoreng atau dikukus. Tepung ini juga bisa menjadi campuran yang cocok untuk masakan berkuah.

Seperti dikutip Kompas, tapioka juga sering dicampurkan ke dalam sup dan saus agar teksturnya kental.

Hal ini tidak lepas dari kemampuan tepung tapioka atau pati yang memiliki kualitas kekentalan yang lebih baik dibandingkan tepung lainnya. Selain itu, harga pati juga sangat rendah dibandingkan pengental lain yang ada di pasaran.

Ini adalah gambaran lengkap tentang perbedaan antara tepung tapioka dan pati. Kami berharap dengan informasi di atas, Sedulur tidak lagi bingung dengan perbedaan nama kedua jenis tepung tersebut.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Baca juga  Sinopsis Fifty Shades Freed, Kisah Istri Seorang Miliuner

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org