perbedaan kristen dan katolik

Jangan Sampai Salah! Ini 10 Perbedaan Kristen dan Katolik


Sedulur, yang selain beragama Kristen, mungkin masih beranggapan bahwa Kristen dan Katolik adalah satu dan sama. Ini karena mereka berdua pergi ke gereja untuk beribadah. Namun, mereka sebenarnya memiliki perbedaan. Perbedaan antara Kristen dan Katolik dapat dilihat dari beberapa hal, salah satunya adalah cara mereka berdoa.

Meski bisa dikatakan cukup sulit membedakan antara Kristen dan Katolik, jangan khawatir. Di bawah ini adalah penjelasan tentang perbedaan antara Kristen dan Katolik yang dapat Anda pelajari.

BACA JUGA: 10 hukum Taurat, perintah Tuhan kepada manusia dan artinya

Perbedaan antara Kristen dan Katolik

Agar Sedulur tidak lagi salah dalam membedakan antara Kristen dan Katolik, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sejarah singkat

Tirto.id

Pada awalnya, semua orang Kristen dipersatukan oleh Gereja Katolik yang dipimpin oleh paus. Namun, pada tahun 1517 Martin Luther melakukan gerakan reformasi besar-besaran. Pasalnya, pada saat itu diyakini bahwa kebijakan gereja menyimpang dari ajaran yang terkandung dalam Alkitab. Salah satu hal yang dikritik oleh Martin Luther pada saat itu adalah jual beli indulgensi. Saat gerakan mulai terbentuk, Martin Luther dan para pengikutnya memutuskan untuk melepaskan diri dari Gereja Katolik.

2. Cara berdoa

perbedaan kristen dan katolik
IDN Times

Perbedaan berikutnya antara orang Kristen dan Katolik adalah cara mereka berdoa. Doa Katolik dimulai dan diakhiri dengan tanda salib. Manakah dari gerakan ini yang melibatkan menyentuh dahi, dada, dan kedua sisi bahu? Sedangkan umat Kristiani berdoa hanya dengan melipat tangan dan menutup mata tanpa gerakan tertentu.

Selain itu, agama Katolik mengajarkan doa-doa yang harus diucapkan pada hari-hari raya tertentu, seperti Doa Ratu Surga dan doa-doa lainnya. Umat ​​​​Katolik juga dapat berdoa kepada Perawan Maria, karena beberapa doa wajib termasuk dalam liturgi keagamaan mereka. Sedangkan ajaran Kristiani tidak berdoa kepada Perawan Maria, melainkan hanya kepada Tuhan Yesus Kristus.

Baca juga  15 Contoh Artikel Singkat yang Benar & Baik Dengan Beragam Tema

3. Kitab Suci

Pilihan bebas

Orang Kristen Protestan hanya terikat oleh satu Kitab Suci, dan itu adalah Alkitab. Kitab ini adalah satu-satunya kitab Allah, pedoman hidup dan kitab yang penuh dengan ajaran dan larangan dari Allah. Oleh karena itu, umat Kristiani dengan ketat berpegang pada setiap kata yang terkandung dalam Alkitab.

Berbeda dengan umat Kristen Protestan, umat Katolik tidak mendasarkan kepercayaan mereka hanya pada satu kitab. Tidak hanya Alkitab, umat Katolik juga terikat oleh beberapa tradisi Gereja Katolik Roma dan kitab-kitab tambahan yang biasa disebut Deuterokanonika.

BACA JUGA: 18 Peristiwa Paling Berpengaruh dalam Sejarah yang Perlu Anda Ketahui!

4. Gereja

perbedaan kristen dan katolik
Pilihan bebas

Kristen Protestan dan Kristen Katolik juga memiliki pandangan yang berbeda tentang gereja mereka. Bagi umat Katolik, Gereja Katolik adalah satu-satunya gereja sejati di seluruh dunia dan berada di bawah kepemimpinan Paus. Ini berbeda dengan Kristen Protestan. Bagi orang Kristen, tidak ada gereja utama yang merupakan gereja sejati. Ada puluhan ribu gereja yang tersebar di seluruh dunia, dan semua gereja secara resmi dianggap setara.

5. Pemuka agama

BBC

Pemimpin agama di kalangan umat Katolik biasanya disebut pendeta. Pendeta inilah yang biasanya berkhotbah dan memimpin hari besar keagamaan bagi umat Katolik. Pendeta hanya keturunan laki-laki dan dilarang melakukan kegiatan duniawi, salah satunya adalah larangan menikah.

Sedangkan pemuka agama Kristen Protestan adalah pendeta. Mereka juga memimpin kegiatan dan pelayanan keagamaan setiap hari Minggu. Tidak seperti gembala, siapa pun bisa menjadi pendeta, baik pria maupun wanita. Pendeta juga memiliki hak untuk menikah.

6. Sakramen

Pilihan bebas

Perbedaan lain antara Kristen Protestan dan Kristen Katolik adalah jumlah sakramen yang mereka lakukan. Umat ​​Katolik merayakan tujuh sakramen, yaitu Baptis, Krisma, Ekaristi, Perkawinan, Krisma, Imamat, dan Pengakuan. Gereja Katolik percaya bahwa sakramen-sakramen ditetapkan oleh Yesus Kristus dan dapat melimpahkan rahmat Allah.

Baca juga  IHSG Hari Ini 29 Juli 2022 Meroket 🚀 di 6.998,252

Sedangkan umat Kristen Protestan hanya mengenal dua sakramen, yaitu Sakramen Baptis dan Perjamuan Kudus, atau yang disebut Ekaristi dalam Gereja Katolik. Keduanya merupakan ritual simbolik yang menandakan diterimanya tubuh Kristus ke dalam kehidupan setiap umat-Nya dan diterima melalui iman dan iman.

BACA JUGA: Singkatan SARA, Arti dan Pengertiannya.

7. perjanjian Allah

Pilihan bebas

Pandangan tentang Ekaristi di kalangan Katolik dan Kristen Protestan sedikit berbeda. Ekaristi adalah ritual yang didedikasikan untuk Perjamuan Terakhir Yesus Kristus dengan para murid-Nya sebelum penyaliban. Di gereja Protestan, orang yang dibaptis diperbolehkan mengambil bagian dalam Perjamuan Tuhan. Itu dilarang di Gereja Katolik.

Tidak hanya itu, dalam Gereja Katolik, roti dan anggur yang diterima adalah wujud inkarnasi Kristus, dan karena itu dapat didoakan. Namun bagi umat Protestan, roti dan anggur adalah simbol untuk mengenang tubuh dan darah Kristus yang ingin disalibkan untuk menyelamatkan manusia dari dosa.

8. Nama Baptis

gulungan

Umat ​​Katolik yang telah dibaptis harus memiliki nama baptisnya di depan nama mereka. Nama baptis ini berdasarkan santo yang sudah memiliki gelar berupa Santa atau Sinterklas. Beberapa contoh nama baptis antara lain Maria, Ursula, Petrus, Michael, dan lain-lain.

Orang Kristen Protestan tidak diharuskan memiliki nama baptis setelah dibaptis. Banyak orang Kristen lahir dengan nama-nama dari Alkitab, seperti Daniel, Zefanya, dan lain-lain.

9. Struktur hirarki kepemimpinan

katolik saya

Salah satu perbedaan paling menonjol antara Kristen dan Katolik terletak pada struktur organisasi gereja. Umat ​​Katolik di seluruh dunia mengakui paus yang berkedudukan di Vatikan sebagai pemimpin dan penerus tugas rasul Santo Petrus. Sedangkan umat Kristen Protestan tidak mengakui keberadaan paus. Tidak hanya itu, umat Kristen Protestan juga tidak memiliki struktur hierarki organisasi yang mirip dengan ajaran agama Katolik.

Baca juga  Turun Rp1.000 per Gram, Ini Rincian Harga Emas Hari Ini

10. Perbedaan aturan perceraian dan perkawinan

Pilihan bebas

Perbedaan berikutnya antara Kristen dan Katolik menyangkut aturan perceraian. Menurut ajaran Katolik, pendeta dan biarawati tidak diperbolehkan menikah, dan mereka yang ingin menikah hanya boleh menikah sekali seumur hidup. Sementara ajaran Kristen mengizinkan pemimpin agama untuk menikah, pengikutnya diperbolehkan menikah lebih dari sekali dalam hidup mereka.

11. Urutan ibadah

Pilihan bebas

Komposisi kebaktian di gereja Kristen dan Katolik berbeda. Gereja Katolik biasanya memiliki ibadah persiapan yang lebih lama dan kompleks dibandingkan dengan ibadah Kristen. Gereja Katolik harus menyiapkan lebih banyak altar gereja daripada Gereja Kristen.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara Kristen dan Katolik. Terlepas dari kenyataan bahwa sekilas mereka terlihat sama, ada banyak perbedaan di antara keduanya. Mulai dari Alkitab, cara beribadah, hingga susunan manualnya.

Ingin menghabiskan bulanan tanpa menggunakan keras? aplikasi super larutan! Semuanya tersedia: mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga. Selain harganya yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan berbelanja dengan handphone. Tidak perlu keluar rumah, barang langsung diantar.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga bisa berbelanja secara grosir atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org