perbedaan corcom dan corporate relation

Perbedaan Corporate Communication dan Corporate Relation


Apakah Anda tahu perbedaan antara corcom dan hubungan perusahaan? Bagi yang masih baru, memahami komunikasi korporat dan hubungan korporat bisa sedikit rumit. Istilah tersebut jarang terdengar dalam percakapan sehari-hari kecuali Sedulur yang memiliki hubungan dekat dengan keduanya.

Nah, untuk memperluas wawasan kita, mari kita coba di artikel selanjutnya untuk memahami arti, tujuan, tanggung jawab dan perbedaan antara komite gabus dan hubungan perusahaan!

BACA JUGA: Berpikir Lateral: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengembangkannya

Definisi komunikasi perusahaan

Depositphotos

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai perbedaan antara corcom dan corporate relations, ada baiknya kita membahas definisi mereka dan aspek lainnya satu per satu. Pada langkah ini, kita akan fokus pada konsep komunikasi korporat.

Sederhananya, Sedulur dapat memahami komunikasi korporat (corcom) sebagai cara perusahaan untuk berkomunikasi dan menciptakan citra baik di dalam maupun di masyarakat di luar perusahaan. Komunikasi korporat akan dilaksanakan jika ada masalah internal atau eksternal perusahaan, siaran pers untuk media, komunikasi dengan politisi, atau bahkan beberapa perusahaan menggunakan komunikasi korporat dalam tim pemasaran.

BACA JUGA: Six Sigma adalah: Definisi, Metode, Prinsip dan Teknik

Tujuan komunikasi perusahaan

perbedaan antara corcom dan hubungan perusahaan
Depositphotos

Setidaknya ada tiga tujuan utama untuk memperkenalkan komunikasi korporat ini ke dalam aktivitas perusahaan. Berikut pembahasan dari ketiga tujuan tersebut.

1. Ciptakan dan tingkatkan kesadaran

Komunikasi korporat bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan kesadaran. Dalam hal ini, menciptakan dan meningkatkan kesadaran adalah tentang menghadirkan produk atau jasa yang dijual kepada masyarakat luas.

Perusahaan yang baru berdiri tentunya perlu mempresentasikan produk atau jasa yang ditawarkannya kepada masyarakat. Agar lebih dikenal, perusahaan terkadang mengundang media untuk melakukan wawancara dan mempublikasikannya ke publik. Media promosi lain juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran ini.

Baca juga  Nama-nama Surga dalam Islam dan Gambarannya! Sudah Tahu?

2. Selalu fokus pada profit

Tujuan kedua dari komunikasi korporat adalah fokusnya untuk selalu menghasilkan keuntungan. Diharapkan komunikasi korporat akan mampu meningkatkan kesadaran dan pemasaran bahkan dengan mengorbankan aset iklan atau media. Dari situ, perusahaan akan mengevaluasi berapa nilai yang akan didapat.

Misalnya, diasumsikan setelah menggunakan media akan menghasilkan pengembalian sebesar 10% dari biaya yang dikeluarkan untuk komunikasi. Hal ini tentunya harus diperhitungkan agar biaya yang dikeluarkan juga mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

BACA JUGA: Manajer Pemasaran: Tanggung Jawab, Kualifikasi, Gaji dan Pengembangan Karir

3. Selalu fokus pada pencapaian tujuan perusahaan

Akhirnya, komunikasi korporat akan digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan. Beberapa tujuan yang biasa dikejar oleh perusahaan adalah keuntungan, manajemen sumber daya manusia, manajemen yang baik, citra, dan lain sebagainya.

Definisi hubungan perusahaan

perbedaan antara corcom dan hubungan perusahaan
setiap piksel

Saat membahas perbedaan corcom dan corporate relations, Sedulur juga akan diminta untuk berbicara sedikit mengenai apa itu corporate relations. Selain komunikasi korporat, profesi ini juga banyak berhubungan dengan pihak luar. Profesi yang dimaksud adalah corporate relations.

Singkatnya, Anda dapat memahami hubungan korporat sebagai ahli yang bertanggung jawab atas semua kebutuhan promosi dan hubungan masyarakat perusahaan.

Ketika Sedulur menjadi mitra perusahaan, Sedulur biasanya fokus pada beberapa aktivitas inti. Contohnya termasuk menulis siaran pers, menjadwalkan wawancara dewan, dan bekerja dengan departemen lain untuk memberikan informasi tentang pangsa pasar perusahaan.

Jika Sedulur bekerja untuk perusahaan dengan skala yang lebih besar, kemungkinan Sedulur juga harus berurusan dengan wawancara dengan wartawan, mengikuti berita yang beredar tentang perusahaan, dan menjaga informasi rahasia tentang perusahaan dari pihak luar.

Tanggung jawab untuk hubungan perusahaan

Depositphotos

Setelah memahami semua seluk-beluk konsep corporate relations, mungkin kini sebagian dari Anda bertanya-tanya:Apa sebenarnya pekerjaan hubungan perusahaan?“. Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, simak komitmen hubungan korporasi berikut ini:

  • Menulis siaran pers dan menyiapkan informasi untuk media.
  • Identifikasi kelompok dan audiens pelanggan utama untuk menentukan cara terbaik untuk menjangkau mereka.
  • Tunjuk juru bicara atau sumber informasi yang tepat untuk penyelidikan media.
  • Mengembangkan citra perusahaan dan identitas perusahaan.
  • Bantuan dan saran untuk manajer dan perwakilan perusahaan.
  • Pengembangan program periklanan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
Baca juga  5 Resep Ayam Bacem Nikmat & Mudah untuk Makan Malam

BACA JUGA: Definisi ahli materi pelajaran dan tanggung jawab mereka

Kualifikasi yang diperlukan untuk hubungan perusahaan

Berikut adalah beberapa keterampilan dasar yang diperlukan untuk hubungan perusahaan.

  • berbicara di depan umum
  • Kemampuan untuk menulis
  • kepemimpinan
  • Solusi masalah
  • Komunikasi

Perbedaan antara corcom dan hubungan perusahaan

Depositphotos

Nah, setelah mempelajari apa itu komunikasi korporat dan hubungan korporat, di bagian ini Anda akan diminta untuk memahami apa perbedaan di antara keduanya.

1.media

Perbedaan pertama antara corcom dan corporate relations terletak pada media. Media yang digunakan komunikasi korporat tidak harus menggunakan media dari pihak lain. Mereka yang bertanggung jawab atas proses komunikasi pemasaran akan menggunakan email, infografis, iklan, video, ilustrasi, atau materi promosi lainnya.

Namun, hubungan perusahaan biasanya membutuhkan pihak lain untuk memenuhi tanggung jawabnya, terutama dalam hal media atau komunikasi.

2. Definisi

Kembali ke pembahasan kita tadi, secara definisi ada perbedaan yang sangat mencolok antara corcom dan corporate relations. Komunikasi korporat mengacu pada bagaimana sebuah perusahaan berkomunikasi dan menciptakan citra yang baik baik di dalam perusahaan maupun kepada publik di luar perusahaan.

Sedangkan hubungan perusahaan adalah para profesional yang bertanggung jawab atas semua kebutuhan promosi dan hubungan masyarakat perusahaan.

BACA JUGA: Desainer Produk: Definisi, Kualifikasi, dan Keterampilan yang Dibutuhkan

3. Tujuan komunikasi

Perbedaan terakhir antara corcom dan hubungan perusahaan adalah tujuan komunikasi. Sasaran komunikasi komunikasi korporat adalah para pemimpin, pemangku kepentingan, investor, sponsor, dan tingkat manajemen perusahaan. Sedangkan dalam hubungan korporasi, tujuan utama komunikasi mereka adalah negara, lingkungan eksternal aktivitas perusahaan, dan media.

Demikian sekilas tentang pengertian, tujuan, tanggung jawab dan perbedaan antara corcom dan corporate relations. Berbicara tentang perbedaan antara komunikasi korporasi dan hubungan korporasi, sebenarnya mereka memiliki perbedaan media, definisi, dan juga tujuan komunikasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Baca juga  Penasaran dengan Harga Helm MotoGP? Harganya Fantastis!




https://wvmuseums.org