Kelas Standar BPJS Kesehatan Segera Dihapus! Ini Penggantinya

12 Jenis Perawatan Gigi Secara Medis untuk Senyum Menawan


Selain menjaga integritas, perawatan gigi Ini juga membuatnya tetap terlihat bagus.

Pada artikel di bawah ini, kami akan membahas jenis perawatan gigi yang harus Anda coba.

Ringkasan:

  • Teknologi yang lebih majuBerkat logika dan inovasi dalam dunia medis, kini kita bisa memulihkan banyak bagian tubuh, termasuk gigi.
  • Biaya perawatan gigi tergantung pada jenis perawatannya.

Senyum menawan dan nafas segar berkat gigi yang sehat

Setiap hari kami selalu bertemu orang-orang di acara-acara. Baik itu sekolah, kerja, belanja, atau membayar belanjaan. Semua interaksi menggunakan komunikasi verbal.

Padahal, gigi, sebagai bagian dari mulut, selalu terlihat saat berbicara dan berperan penting dalam pencernaan mekanis makanan.

Jika Anda tidak merawat gigi, sisa-sisa makanan dan bakteri di dalam mulut akan membuat gigi menjadi kuning dan berlubang.

Karena ini sering diamati ketika berinteraksi dengan orang lain, kita perlu merawat gigi kita dengan baik. Selain menjaga semua lapisan agar tetap sehat, merawat gigi juga bisa membuat gigi terlihat bagus.

Sikat gigi memang merupakan alat yang paling mudah untuk dirawat. Namun, ini tidak cukup. Ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga gigi Anda dalam kondisi baik dan indah.

Jenis perawatan gigi

Kita perlu merawat gigi kita agar lapisannya tetap utuh atau tetap terlihat sehat. Ada banyak tindakan medis yang dapat Anda lakukan untuk memberikan perawatan gigi.

Berikut jenis perawatan gigi untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda coba:

#satu Fissure Sealant

Biaya: mulai 280 ribu rupiah per gigi.

sealant Ini adalah perawatan untuk menghentikan laju kerusakan gigi. sealant Ini adalah lapisan plastik tipis yang diaplikasikan pada permukaan gigi belakang, yaitu geraham dan premolar.

Tindakan ini akan meminimalkan akumulasi sisa makanan dan bakteri pada permukaan gigi.

Permukaan geraham dan premolar memiliki semacam celah, yang berpotensi menjadi tempat akumulasi sisa makanan dan mikroba.

Jika dibiarkan, bakteri akan berkembang biak dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan mulut.

metode sealant cocok untuk orang dewasa dan anak-anak. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang berjudul “Penggunaan fissure sealant pada gigi anak (laporan kasus)dilakukan oleh dua orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara.

Aplikasi Bahan retakan sealant pada gigi telah terbukti sangat efektif dalam pencegahan karies berdasarkan penutupan lubang dan retakan sehingga mikroflora di dalam lubang dan retakan tidak bisa mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.

Bahan sealant itu akan menutup retakan sehingga tidak lagi menjadi tempat menempelnya plak dan sisa makanan, dan gigi lebih mudah dibersihkan.

#2 penskalaan Gigi

Biaya: mulai 150 ribu rupiah

Perawatan gigi penskalaan adalah tindakan medis yang dilakukan oleh dokter gigi untuk pembersihan permukaan gigi dari kotoran. Jenis kotoran yang dibersihkan adalah sisa makanan, Batu Tatardan terbang.

Dengan alat yang disebut timbangan ultrasonik untuk membersihkan plak dan karang gigi untuk hasil yang maksimal tanpa menimbulkan masalah gusi.

Plak adalah plak lunak yang menempel pada permukaan gigi. Jika dibiarkan, plak akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

#3 Endodontik

Biaya: dari 100 ribu hingga 6 juta rupee.

Jenis perawatan gigi lainnya adalah endodontik. Lakukan tindakan ini perawatan saluran akar untuk menggantikan pulp yang rusak.

Kerusakan pada area pulpa dapat menyebabkan karies permanen. Perawatan endodontik tidak boleh diremehkan. Karena jika masalah ini terlewatkan, gigi akan mati.

#empat isi/Tambal gigi

Biaya: mulai dari Rp 150 per gigi

Tambal gigi itu adalah perawatan gigi yang sering dilakukan orang. Tambalan gigi berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi meluas ke bagian lain yang masih sehat.

Sebelum ditambal, gigi dibersihkan, dikeringkan, kemudian ditutup dengan tambalan. Bahan pengisi dapat bervariasi tergantung pada jenis kerusakan, kontur dan ukuran gigi.

Namun, biaya ini mungkin Gratis jika Anda adalah anggota BPJS Kesehatan. Jadi usahakan untuk selalu membayar iuran BPJS Kesehatan Anda.

Anda bisa mendapatkan layanan gratis ini di fasilitas kesehatan Tier I seperti puskesmas, praktek dokter mandiri dan klinik.

Namun, jika Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, ini akan lebih baik. Asuransi kesehatan dapat mengcover beberapa penyakit yang suatu saat akan Anda derita.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang pentingnya asuransi kesehatan untuk hidup Anda di buku Elektronik yang berikutnya gratis.

Spanduk e-book promosi melawan pusing Memikirkan pengeluaran jika Anda sakit - PC

#5 Pencabutan gigi

Biaya: mulai 75 ribu rupiah

Perawatan gigi dengan mencabutnya adalah langkah terakhir ketika gigi tidak mungkin diselamatkan. Pencabutan gigi biasanya dilakukan pada gigi bungsu atau gigi yang rusak permanen.

#6 Implan Gigi

Biaya: mulai dari Rp 5 juta per gigi

Perawatan gigi selanjutnya adalah implan gigi. Tindakan ini dimaksudkan untuk mendukung gigi palsu. Implan gigi ditempatkan menggunakan sekrup titanium untuk menggantikan akar gigi yang rusak.

Prosedur medis ini dianggap aman. Anda hanya perlu merawatnya seperti gigi asli. Jika tidak diobati, implan dapat menyebabkan pendarahan, nyeri, atau infeksi gusi.

#7 Menggunakan gigi palsu

Biaya: mulai 250 ribu rupiah per rahang

Gigi palsu dapat dibuat pada satu, sebagian atau seluruh gigi. Gigi palsu harus dibersihkan secara teratur dan dilepas saat tidur.

Gigi palsu akan membuat mengunyah lebih mudah dan meningkatkan rasa percaya diri.

#8 Ortodontik/kawat gigi

Biaya: mulai 1,5 juta rupiah

Di Indonesia, ortodontik dikenal dengan istilah behel. Perawatan gigi ini dilakukan untuk menjaga gigi lebih lurus dan teratur. Saat memakai ortodontik, deretan gigi akan bergerak dan berhenti di tempat yang seharusnya.

Banyak anak muda yang melakukan perawatan ortodontik agar giginya terlihat lebih rapi. Selain itu, prosedur ini menyederhanakan perawatan gigi dasar, seperti menyikat gigi.

Prosedur ortodontik harus dilakukan oleh spesialis.

Di majalah”Bahaya penggunaan kawat gigi yang salah pada kasus karies gigi di Desa Glugur Darat I wilayah Medan-Timur”, pemasangan sengkang yang salah dapat menyebabkan masalah berikut:

  1. sakit berkepanjangan
  1. Terjadinya resorpsi akar gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan gigi jika dibiarkan terlalu lama.
  1. rongga
  1. Perubahan warna pada gigi disebabkan oleh sulitnya membersihkan area di mana kawat gigi dipasang.
  1. Munculnya periodontitis
  1. Gigi dapat kembali ke posisi semula
  1. Penampilan dekalsifikasi

#9 Mahkota Gigi

Biaya: mulai Rp 2,5 juta per gigi

Perawatan gigi mahkota gigi adalah tindakan untuk menambah estetika. Prosedur ini melibatkan menutupi seluruh gigi dengan porselen, logam, atau kombinasi keduanya.

peduli Anda dapat menerapkan ini jika gigi asli Anda telah rusak, melemah atau patah.

[Baca Juga: 5+ Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh Menyembuhkan Rasa Nyeri]

#10 Memutihkan gigi

Biaya: mulai 300 ribu rupiah

Pemutih atau memutihkan gigi sering dilakukan oleh orang-orang untuk mendapatkan gigi yang tampak lebih cerah. Cara ini harus diulang beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Jika Anda menggunakan prosedur ini, Anda harus menggunakan baki gel pemutih di rumah.

#sebelas Menjembatani

Biaya: mulai dari Rp 5 juta per gigi

Menjembatani memiliki fungsi menyangga celah gigi yang lebar. Perawatan gigi ini berfungsi untuk mencegah sisa makanan dan bakteri masuk ke sela-sela gigi.

Anda dapat melakukan menjembatani jika ada beberapa gigi yang hilang dan hanya di satu tempat.

#12 Veneer

Biaya: mulai 650 ribu rupiah per gigi

Veneer jenis perawatan yang sama mahkota. perbedaan, veneer dilakukan hanya pada bagian depan gigi. Meninggalkan bagian belakang dengan lapisan asli.

Veneer akan membuat bentuk, warna dan posisi lebih simetris dan indah.

Menariknya, tipe ini memberikan pilihan warna porcelain yang digunakan, mulai dari warna gigi natural hingga warna putih cemerlang.

Bonus #13: Perawatan gigi di rumah

Selain memberikan perawatan gigi dengan bantuan dokter, Anda bisa melakukannya di rumah. Ada banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Berikut cara merawat gigi di rumah:

  1. Sikat gigi Anda dengan pasta gigi berfluoride.
  1. Gunakan obat kumur.
  1. Membatasi makanan dan minuman yang dapat merusak gigi.
  1. Memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali oleh dokter.
  1. Jangan berbagi peralatan sikat gigi dengan siapa pun.

Perhatikan kesehatan gigi

Itulah sekilas tentang perawatan gigi melalui prosedur medis yang bisa Anda pilih. Berkat kemajuan teknologi dan inovasi dalam dunia medis, kini kita dapat memulihkan banyak bagian tubuh, termasuk gigi.

Anda harus mengambil langkah-langkah di atas jika perlu karena asuransi kesehatan tidak dapat mencakup semua layanan gigi.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan biaya sendiri untuk melakukan perawatan tersebut. Anda dapat memasukkan biaya layanan ini dalam anggaran Anda sehingga ada pos tersendiri dan Anda tidak mengambil dana dari pos lain.

ayomembuat anggaran keuangan Anda sekarang mudah di aplikasi Finansialku.

Spanduk iklan dengan fungsi anggaran

Nah sobat keuangan semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda ya. Pastikan untuk membagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya. terima kasih

Redaktur: Ratna Sri H.

Sumber referensi:

Buku jurnal:

  • Zulfan Muttakin, Sartika dan Junita. Bahaya penggunaan kawat gigi yang salah pada kasus karies gigi di Desa Glugur Darat I wilayah Medan-Timur. Medan: Universitas Prima Indonesia.
  • Zulfi Amalia Bakhtiyar. 2018. Perawatan celah segel pada gigi anak (kasus klinis). Medan: Bakat seorang penerbit.

Internet:

  • administrator. 29 Juni 2019 Perlu diketahui bahwa ini adalah jenis perawatan untuk kecantikan gigi.. Halodoc.com https://bit.ly/3QddPsT
  • administrator. Perawatan sederhana untuk gigi dan gusi di rumah. Tanyapepsodent.com – https://bit.ly/3Aa4GM0
  • Agi Naomi. 09 Desember 2021. 12 jenis perawatan gigi melalui prosedur medis. hellohealth.com https://bit.ly/3SCm3wj
  • Irene Radius Saretta. 07 Nopember 2021. Ada 12 di antaranya, inilah jenis perawatan gigi yang penting dilakukan.. Cermati.com https://bit.ly/3SPVgga
  • Mohammad Ade Pamungkas. 18 September 2020 8 perawatan karies, dari implan hingga kawat gigi. Tirto.id – https://bit.ly/3SPVNPc
  • Siena Agustin. 21 November 2021 5 langkah perawatan gigi untuk mencegah gigi berlubang. Alodokter.com https://bit.ly/3PbKQEr
  • Vena Maggala Putri. 17 November 2021 Perawatan gigi jangan sampai terlewatkan. clickdokter.com https://bit.ly/3pezZil




https://wvmuseums.org

Baca juga  Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap