penyebab laptop keyboard tidak berfungsi

8 Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi & Cara Mengatasi


Keyboard adalah salah satu perangkat keras yang paling penting bagi pengguna laptop. Kerusakan sistem atau penyebab lain yang membuat keyboard tidak dapat digunakan pasti akan mengganggu pekerjaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dan cara memperbaikinya.

Fungsi keyboard sangat penting karena dapat memasukkan perintah berupa teks dan kontrol lainnya ke dalam sistem komputer. Jika fitur ini tidak berfungsi dengan baik, berarti ada yang salah dengan keyboard. Ini mungkin karena koneksi, kotoran, atau gangguan pada perangkat.

Nah, berikut ini beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dan cara memperbaikinya. Simak baik-baik, ya!

BACA JUGA: Koleksi pintasan keyboard terlengkap yang perlu Anda ketahui

1. Masalah perangkat keras

iStock

Alasan paling umum untuk keyboard laptop tidak berfungsi adalah masalah perangkat keras. Pelanggaran ini dapat terjadi karena beberapa alasan, salah satunya adalah terlalu sering menekan salah satu tombol atau tidak sengaja menekan tombol kunci. Selain itu, baterai laptop yang terlalu panas juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi keyboard, yang biasanya ditandai dengan keyboard yang tiba-tiba menjadi tidak responsif.

Cara memutuskan tombol keyboard tidak berfungsi, Anda dapat memeriksa tombol Num Lock. Disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab keyboard gagal secara tiba-tiba adalah kesalahan pengguna laptop itu sendiri, salah satunya adalah tidak sengaja mengaktifkan fungsi Num Lock. Num Lock adalah fitur yang dirancang untuk mengubah bagian utama keyboard yang berfungsi seperti keypad numerik.

Jika Num Lock diaktifkan, sebagian besar keyboard tidak akan berfungsi dengan baik. Nah, untuk menonaktifkan fitur ini, Sedulur bisa menekan tombol Fn + “NumLk” secara bersamaan, atau menyesuaikan jenis atau model keyboard laptop yang digunakan.

BACA JUGA: Cara mudah mengambil screenshot panjang di laptop

2. Kegagalan perangkat lunak

papan ketik
iStock

Selain masalah perangkat keras, penyebab keyboard laptop tidak berfungsi juga bisa karena perangkat lunak atau perangkat lunak yang rusak. Kondisi ini ditandai dengan berhentinya seluruh keyboard secara tiba-tiba.

Tidak hanya itu, keyboard juga sering bermasalah saat terlalu sering menginstal software pihak ketiga atau sering mematikan laptop tanpa perintah “Shutdown”. Kedua hal ini jika dilakukan terus menerus akan mengakibatkan keyboard tidak bisa merespon atau tidak bisa lagi bekerja dengan baik.

Baca juga  Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dan Cara Membuatnya

Perbaikan dapat dilakukan dengan me-restart laptop. Sebagai aturan, masalah dengan perangkat lunak yang mengganggu keyboard diselesaikan dengan me-restart laptop. Sedulur dapat dimulai ulang dengan melakukan hal berikut:

  • Klik pada tombol Windows.
  • Pilih tombol daya.
  • Pilih Mulai ulang atau reboot.

BACA JUGA: Cara Menghapus Cache di Windows 10 Lebih Cepat dan Tidak Lebih Lambat

3. Driver keyboard yang salah

papan ketik
iStock

Masalah lebih lanjut juga dapat terjadi karena driver keyboard yang bermasalah. Masalah dengan driver keyboard dapat menyebabkan salah satu tombol keyboard laptop tidak berfungsi. atau tidak berfungsi sama sekali.

Masalah driver biasanya terjadi jika Sedulur menginstal software yang mengandung virus yang dapat mempengaruhi driver keyboard. Mematikan laptop secara tidak benar tanpa menggunakan perintah shutdown juga dapat memperburuk masalah ini.

Nah, cara memperbaikinya adalah dengan memperbaiki driver keyboard. Sedulur dapat mengonfirmasi ini terlebih dahulu dengan langsung memeriksanya di Pengelola Perangkat di bawah Keyboard. Jika ada segitiga kuning, berarti ada masalah dengan driver keyboard. Sedulur dapat menghapus dan mengunduh ulang driver terbaru dari situs web resmi tergantung pada merek laptop.

4. Pengaturan tidak kompatibel

papan ketik
iStock

Faktor lain yang menyebabkan keyboard laptop mungkin tidak berfungsi di windows 10 adalah adanya pengaturan yang tidak kompatibel. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh penggunaan atau sistem yang tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan keyboard menjadi tidak responsif.

Dalam keadaan darurat, Sedulur dapat menggunakan keyboard di layar untuk menyelesaikannya. Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi, Sedulur hanya perlu mengikuti petunjuk di bawah ini.

Start Menu > Programs > Accessories > Accessibility, lalu pilih On-Screen Keyboard.

Setelah keyboard di layar muncul di layar laptop, Sedulur bisa mulai menggunakannya. Tidak seperti pengetikan keyboard biasa, di sini Sedulur harus menggunakan touchpad atau mouse untuk mengoperasikannya. Meski fitur ini tidak senyaman dan sefleksibel keyboard aslinya, fitur ini cukup menjadi solusi darurat sambil menunggu keyboard biasa kembali.

Baca juga  18 Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia dan Profil Singkatnya

BACA JUGA: Cara Memperbaiki Reboot dan Memilih Perangkat Booting yang Tepat di PC

5. Paparan cairan

papan ketik
iStock

Keyboard laptop tidak berfungsi karena masuknya air. Keyboard yang terciprat atau tertumpah secara tidak sengaja dapat merusak bagian dalam keyboard. Bukan hanya keyboard yang tidak berfungsi, tapi laptop biasanya mati.

Solusinya bawa ke service center merk laptop. Cara ini merupakan cara yang paling bijak, karena keadaan laptop yang sudah tidak bisa dihidupkan lagi tentunya perlu dibongkar.

Dengan membawanya ke service center kemungkinan besar keyboard laptop akan berfungsi kembali, karena ditangani oleh ahlinya. Jika asuransi laptop sudah habis masa berlakunya, Sedulur juga bisa membawanya ke ahli komputer terdekat untuk diperbaiki.

6. Adanya kotoran

papan ketik
iStock

Selain terkena cairan, keyboard juga bisa rusak karena debu atau sisa makanan yang tersangkut di antara keyboard dan menumpuk. Hal ini bisa terjadi jika pengguna sering menggunakan laptop sambil ngemil. Meskipun ini memiliki beberapa konsekuensi yang cukup serius, banyak orang sering mengabaikan masalah ini.

Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi pada masalah ini adalah dengan membersihkan keyboard. Meskipun mungkin tampak sulit, metode ini adalah cara terbaik untuk menjaga agar keyboard Anda tetap berfungsi. Tidak perlu membongkar keyboard untuk membersihkannya dari kotoran dan debu, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Sebelum memulai, pastikan laptop dimatikan untuk alasan keamanan.
  • Miringkan laptop 90 derajat agar lebih mudah membersihkan debu dari laptop.
  • Dalam posisi miring, goyangkan laptop secara perlahan agar debu atau partikel makanan di sisi tombol bisa lepas dengan sendirinya.
  • Jika memungkinkan, gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan keyboard.
  • Kemudian bersihkan garis samping dan bagian bawah keyboard dengan selotip.
  • Lakukan ini beberapa kali sampai Anda yakin bahwa keyboard benar-benar bebas dari kotoran dan debu yang menempel di dalamnya.

BACA JUGA: 7 Cara Memulihkan File yang Dihapus di Flash Drive

Baca juga  8 Aturan & Cara Memakai Jas yang Pria Harus Tahu!

7. Koneksi buruk

papan ketik
iStock

Jika Sedulur sering mengalami pemutusan keyboard laptop dan kemudian menghubungkan kembali tanpa peringatan, maka Anda dapat yakin bahwa perangkat keras mengalami koneksi yang buruk ke motherboard. Kondisi ini dapat berlangsung beberapa saat atau berhenti bekerja sama sekali jika touchpad dan keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kabel pita yang longgar. Sedulur bisa mengatasinya dengan cara restart laptop dan lihat perubahannya. Jika tidak ada perubahan, maka segera bawa laptop ke pusat layanan untuk perbaikan segera.

8. Keyboardnya rusak

papan ketik
iStock

Alasan terakhir untuk keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah kerusakannya. Kondisi ini bisa terjadi jika Sedulur membeli laptop bekas tanpa mengecek barangnya terlebih dahulu karena dibeli secara online. Sedulur dapat kembali ke tempat pembelian atau menerima dan mencari solusi lain.

Solusi lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan keyboard USB atau keyboard nirkabel. Hal ini bisa dilakukan jika Sedulur merasa ikhlas dan tidak mau repot memperbaiki keyboard laptop.

Menggunakan USB keyboard, Sedulur hanya perlu menyambungkan kabel USB ke laptop, dan portable keyboard bisa digunakan sebagai pengganti keyboard bawaan laptop yang rusak.

Selain menggunakan keyboard dengan kabel USB, Sedulur juga dapat memasukkan keyboard nirkabel untuk menggantikan keyboard standar yang rusak. Keyboard ini dikatakan memudahkan karena keyboard nirkabel dapat digunakan jarak jauh tanpa terhalang oleh kabel.

Nah, berikut ini informasi mengenai penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dan cara memperbaikinya. Sebelum melakukan tindakan, Sedulur terlebih dahulu dapat menentukan penyebabnya. Setelah mengetahui hal ini, segera ikuti saran di atas. Semoga beruntung!

Ingin menghabiskan waktu sebulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org