sosok sugar daddy

Pengertian Sugar Daddy Beserta Fakta-Fakta Tentangnya


Beberapa waktu lalu, istilah sugar daddy jadi perbincangan hangat warganet di Indonesia. Sosok sugar daddy sendiri merupakan sebutan untuk seorang pria dewasa yang memberikan dukungan finansial pada perempuan yang jauh lebih muda. Namun biasanya pemberian uang tersebut disertai dengan timbal balik seperti menjadi teman kencan sugar daddy.

Fenomena sugar daddy sendiri mulanya populer di kalangan masyarakat Barat. Namun belakangan banyak pula dijumpai di Asia termasuk Indonesia. Bahkan, sebuah survei yang dilakukan belum lama ini menyebut bahwa Indonesia tercatat sebagai negara dengan populasi sugar daddy terbanyak di kawasan Asia. Lantas, apa sih sebenarnya sosok sugar daddy itu? serta bagaimana seseorang bisa disebut sebagai sugar daddy? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Toxic Relationship Serta Tanda & Cara Atasinya

Pengertian sugar daddy

SugarDaddySeek

Sugar daddy merupakan istilah slang yang berasal dari masyarakat Barat. Secara umum, istilah tersebut merujuk pada seorang pria kaya yang memberikan uang atau dukungan secara materi kepada seorang perempuan yang berusia jauh lebih muda darinya. Sementara itu, berikut adalah pengertian sugar daddy menurut berbagai kamus dan ahli.

1. Urban Dictionary

Menurut Urban Dictionary, pengertian sugar daddy adalah seorang kekasih yang memiliki kemampuan atau mapan secara finansial. Lebih jauh, istilah tersebut juga didefinisikan sebagai seorang pria yang berusia lebih tua yang memiliki kemampuan secara finansial untuk memenuhi kebutuhan hidup kekasihnya, yang mana umumnya berusia jauh lebih muda darinya.

2. Kamus Merriam Webster 

Definisi senada juga tertuang dalam kamus Merriam-Webster yang menjelaskan sugar daddy artinya seorang pria mapan yang memberikan dukungan finansial kepada kekasih atau simpanannya. Dipaparkan pula bahwa istilah sugar daddy memiliki sinonim, di antaranya adalah angel, benefactor, donator, donor, dan fairy godmother.

3. The Britannica Dictionary

Sementara itu, definisi lebih rinci tentang sugar daddy menurut The Britannica Dictionary adalah seorang pria yang lebih tua dan kaya raya yang memberikan uang, hadiah, dan sebagainya kepada seseorang, umumnya adalah perempuan muda. Namun pemberian hadiah tersebut dilakukan dengan syarat adanya timbal balik seperti hubungan sepasang kekasih atau lain sebagainya. 

4. Cambridge Dictionary

Hal yang sama juga dijelaskan dalam Cambridge Dictionary, yaitu sugar daddy adalah seorang pria kaya raya yang biasanya lebih tua yang memberikan hadiah atau uang untuk seorang perempuan yang lebih muda. Sehingga perempuan tersebut harus bersedia untuk menemaninya bahkan sampai ke tingkat hubungan intim.

5. David J Neal

Terakhir, David J. Neal dari Miami Herald menjelaskan maksud sugar daddy adalah orang yang memberikan uang kepada pasangannya yang lebih muda untuk membayar tagihan dan kebutuhan hidup lainnya. Sebagai gantinya, pasangannya akan menemani si sugar daddy dalam tingkat hubungan yang telah disepakati.

Berdasarkan uraian pengertian di atas, dapat dipahami bahwa sugar daddy merupakan sosok pria dewasa yang kaya yang memberikan dukungan terutama dalam hal finansial kepada pasangan yang berusia lebih muda. Hal itu dilakukan dengan kesepakatan antara kedua belah pihak termasuk berkaitan dengan hubungan di antara keduanya.

Sementara itu, diketahui bahwa sugar daddy adalah bahasa Inggris. Istilah ini biasa diterjemahkan secara bebas dalam bahasa Indonesia sebagai papa gula. Di sisi lain, istilah tersebut juga kerap disamakan dengan gadun yang sama-sama menunjuk pada pria dewasa yang berhubungan dengan perempuan yang lebih muda. Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gadun diartikan sebagai hidung belang.

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Suami Selingkuh Menurut Islam & Primbon

Pengertian sugar baby

sugar daddy
Boulder Daily Camera

Di samping sugar daddy, dikenal pula istilah “sugar baby.” Istilah ini umum digunakan untuk menyebut sosok perempuan muda yang hidupnya ditopang oleh sugar daddy. Dengan kata lain, sugar daddy merupakan orang yang memberikan dukungan finansial kepada seseorang yang lebih muda. Sementara, sugar baby adalah orang yang menerima dukungan finansial tersebut. Umumnya sosok sugar baby memiliki gaya hidup yang mewah. Hal itu pun dapat dipenuhi dengan menjalin hubungan dengan seorang sugar daddy.

Perlu diketahui, hubungan antara sugar daddy dan sugar baby biasanya dijalin secara rahasia. Sebab tidak jarang seseorang yang menjadi sugar daddy sebenarnya telah memiliki pasangan resmi atau sudah berkeluarga. Sehingga sosok sugar baby ini juga kerap disebut sebagai “simpanan” dari sosok pria tersebut.

Asal-usul istilah sugar daddy

sugar daddy
Diadona

Meski baru populer beberapa tahun belakangan, istilah sugar daddy rupanya telah digunakan sejak lama. Menurut kamus Merriam-Webster, istilah ini sudah digunakan sejak tahun 1926.

Sementara menurut sumber lain, dikatakan bahwa istilah itu sudah ada sejak tahun 1908. Kemunculannya sendiri disebut bermula dari kisah Adolph Spreckels, seorang pengusaha gula asal Amerika Serikat. Kala itu, ia menikah dengan perempuan yang berusia 24 tahun lebih muda darinya, bernama Alma de Bretteville. Pernikahan tersebut pun menjadi perhatian publik. Di sisi lain, Alma yang berusia jauh lebih muda kerap memanggil Adolph dengan sapaan Sugar Daddy.

Beberapa tahun kemudian, “Sugar Daddy” populer sebagai nama permen yang menggantikan nama “Papa Sucker.” Selanjutnya pada 1926, istilah tersebut berkembang menjadi slang untuk menyebut sosok pria yang lebih tua yang memberikan uang atau hadiah kepada perempuan muda.

BACA JUGA: 8 Fakta & Arti Sugar Daddy dan Sugar Baby, yang Sempat Viral

Fakta-fakta tentang sugar daddy

Dzargon

Berikut ini adalah beberapa fakta-fakta menarik tentang sugar daddy serta hubungannya dengan sugar baby yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Termasuk tentang tujuan dan alasan seseorang masuk dalam hubungan antara sugar daddy dan sugar baby.

1. Perbedaan arti sugar daddy di Indonesia dan di Barat

Telah diketahui bersama bahwa sosok sugar daddy adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sosok pria mapan yang memberikan uang kepada perempuan muda. Namun, tahukah Sedulur? Ada perbedaan dalam memaknai istilah tersebut antara di Indonesia dengan di Barat.

Di Indonesia, istilah sugar daddy kerap disandingkan kepada sosok bapak muda dengan penampilan menarik serta sayang keluarga. Paras rupawan dan sikapnya kepada keluarga pun membuat banyak wanita tertarik.

Baca juga  Pengertian, Sejarah, Klasifikasi, Unsur & Sifatnya

Sementara itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengertian sugar daddy yang populer di masyarakat Barat adalah seorang pria dewasa yang rela menghabiskan uangnya untuk kekasih atau simpanan yang berusia jauh lebih muda darinya, yakni sugar baby. Sebagai gantinya, sugar baby akan berkencan dengan sugar daddy dan bahkan menjalin hubungan yang intim.

2. Tujuan hubungan sugar daddy dan sugar baby

New York Post

Hubungan antara sosok sugar daddy dan sugar baby sendiri bukan terjalin tanpa alasan. Sebab masing-masing dari mereka juga memiliki tujuan tersendiri. 

Umumnya, seorang sugar daddy bersedia menjalin hubungan tersebut lantaran membutuhkan sosok pendamping yang bersedia menemaninya. Sebagai gantinya, ia pun bersedia untuk menyokong kebutuhan hidup pasangan kencannya tersebut, mulai dari memberikan uang untuk biaya hidup, membayar tagihan, hingga memberikan barang-barang mewah sebagai hadiah.

Sementara itu, seseorang menjadi sugar baby lantaran merasa kondisi keuangannya tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Meski begitu, ada pula yang menjadi sugar baby dengan alasan untuk memenuhi gaya hidup.

3. Alasan seseorang menjadi sugar baby

Psikolog Elizabeth Santosa menjelaskan penyebab seorang perempuan muda bisa menjalin hubungan dengan sosok sugar daddy. Menurutnya ada beragam faktor selain masalah uang yang membuat seseorang bersedia menjadi sugar baby. Satu di antaranya adalah faktor tren atau hanya mencari kesenangan.

Di sisi lain, hal itu juga bisa turut dipengaruhi oleh hubungan seorang anak dengan orang tuanya. Seorang anak yang dalam hal ini adalah perempuan muda akan mencari pelampiasan untuk bisa mendapatkan perhatian dan kasih sayang. Sebab ia merasa tidak mendapatkan kasih sayang serta perhatian yang cukup dari keluarganya, khususnya orang tua.

BACA JUGA: Pengertian Split Bill Serta Etikanya di Pertemanan & Hubungan

4. Ada kesepakatan dalam menjalin hubungan

Suara

Hubungan antara sugar daddy dan baby biasanya terjalin dengan adanya kontrak atau kesepakatan antara kedua belah pihak. Sebab hubungan tersebut biasanya tidak akan berlanjut ke tahap yang serius apalagi sampai ke pernikahan. Dengan kata lain, hubungan tersebut bukan terjalin secara romantis layaknya sepasang kekasih ataupun suami istri.

Selain itu tidak jarang sosok sugar daddy sebenarnya telah memiliki pasangan resmi bahkan sudah berkeluarga. Meski ada pula yang memang memutuskan untuk tetap melajang tanpa ikatan resmi hingga tua.

5. Bisnis situs kencan sugar daddy

Fenomena hubungan antara pria dewasa dengan perempuan yang berusia jauh lebih muda rupanya ditanggapi sebagai sebuah ide bisnis oleh seorang pria asal Amerika Serikat, Brandon Wade. Tepatnya pada 2006, ia meluncurkan situs bernama Seeking Agreement, sebuah situs kencan yang bertujuan untuk mempertemukan sugar daddy dengan sugar baby dan sebaliknya.

Situs yang sempat viral di media sosial itu memiliki aturan yaitu adanya kontrak yang harus disetujui oleh si pria kaya dengan perempuan muda yang menjadi teman kencannya. Dalam kontrak dinyatakan bahwa sang pria bersedia untuk menghabiskan sejumlah uang untuk pasangan kencannya itu.

Baca juga  Cara Clear Cache di Windows 10, Lebih Cepat & Tidak Lemot

Adapun seiring dengan meningkatnya tren sosok sugar daddy, situs tersebut pun juga semakin populer hingga saat ini. Sejumlah sumber menyebut, aplikasi buatan Brandon Wade itu berhasil menarik banyak pria kaya raya untuk bergabung, bahkan termasuk salah seorang pemilik gelar pria terkaya versi Forbes Amerika.

6. Jumlah sugar daddy di Indonesia terbanyak kedua di Asia

Pikiran Rakyat

Fakta menarik selanjutnya adalah ternyata Indonesia menjadi negara Asia kedua dengan jumlah populasi sugar daddy atau gadun terbanyak. Dilansir Kompas TV, aplikasi kencan Seeking Arrangement melakukan survei tersebut pada 2021 lalu. Hasilnya menunjukkan bahwa ada lebih dari 60 ribu sosok sugar daddy di Indonesia.

Jumlah ini menempati posisi kedua setelah India yang mencatat adanya 338 ribu gadun. Angka tersebut bahkan setara dengan 61 persen dari total 556 ribu gadun yang tercatat di Asia.

BACA JUGA: 35 Pantun Buat Pacar Biar Hubungan Makin Langgeng

7. Daftar 10 besar negara dengan sugar daddy terbanyak di Asia

Sebelumnya sudah disinggung bahwa India tercatat sebagai negara dengan populasi gadun terbanyak di Asia, yakni mencapai 338 ribu orang. Hal itu didasarkan pada survei yang dilakukan oleh situs kencan Seeking Arrangement pada 2021 lalu. Sementara, berikut adalah daftar 10 besar negara dengan gadun terbanyak di Asia.

  • India – 338.000 orang
  • Indonesia – 60.250 orang
  • Malaysia – 42.500 orang
  • Jepang – 32.500 orang
  • Hong Kong – 28.600 orang
  • Taiwan – 27.300 orang
  • Vietnam – 12.000 orang
  • Korea Selatan – 7.000 orang
  • Sri Lanka – 5.000 orang
  • Kamboja – 3.500 orang

8. Malaysia tangkap pendiri situs kencan sugar daddy

sugar daddy
The Asian Parent

Tren sugar daddy atau gadun di Malaysia rupanya mendapat reaksi tegas dari pemerintah setempat. Dilaporkan Kompas.com pada Februari 2021, Kepolisian Malaysia menangkap pemilik situs kencan bernama Sugarbook.

Penangkapan bos Sugarbook itu bermula dari penemuan fakta bahwa ribuan pelajar telah bergabung di aplikasi tersebut untuk mencari uang. Data tersebut pun mendapat kecaman dari sebuah universitas lantaran jasa sugar daddy dianggap sebagai hal yang ilegal. Adapun bos Sugarbook dijerat dengan dakwaan mengelola prostitusi dan penyalahgunaan jaringan dunia maya.

Itu dia pembahasan seputar sugar daddy termasuk fakta-fakta menariknya. Dapat diketahui bahwa sugar daddy telah menjadi tren yang populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Adapun perlu sikap bijak dalam menanggapi tren ini, mengingat banyak hubungan antara pria dewasa dan perempuan muda yang tidak sesuai norma.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org