peluang usaha yang potensial

22 Peluang Usaha yang Potensial dan Menguntungkan


Peluang usaha yang potensial adalah hal yang banyak dicari oleh orang dengan jiwa bisnis kuat. Ini tak lepas dari adanya kesempatan yang diambil agar bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Namun, agar bisa mencari peluang usaha yang potensial diperlukan riset dan diskusi yang tidak sebentar. Sedulur harus bisa membandingkan usaha satu dengan lainnya agar bisa mengetahui kekuatan bisnis tersebut supaya bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Lantas bagaimana cara mencari peluang usaha semacam ini? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 22 Ide Usaha Modal 1 Juta yang Menjanjikan & Menguntungkan

Apa itu peluang usaha potensial?

Aplikasi Super

Untuk bisa memahamai apa yang dimaksud dengan peluang usaha yang potensial maka Sedulur perlu menelahaan lebih dalam. Kata tersebut terdiri dua kata utama yaitu, peluang usaha dan potensial. Dimana peluang usaha adalah kesempatan yang bisa didapatkan seseorang untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan menjalankan usaha.

Lalu apa yang dimaksud dengan potensial? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), potensial memiliki arti kekuatan, kemampuan atau kesanggupan. Dalam beberapa situasi, kata ini juga bermankan sebagai daya berkemampuan.

Melihat arti dari dua kata tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa peluang usaha yang potensial adalah kesempatan usaha yang bisa didapatkan seseorang agar mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Usaha tersebut dengan melihat ceruk pasar yang belum diambil atau masih memiliki persaingan yang besar untuk dimasuki.

Ciri usaha potensial

Toko kelontong
Aplikasi Super

Dalam mencari bisnis yang baik atau memiliki porsentasi keuntungan yang besar, maka Sedulur juga harus memperhatikan ciri peluang usaha yang potensial.

Apa itu ciri peluang usaha potensial? Ciri peluang usaha yang potensial adalah tanda keuntungan yang dapat dilihat secara nyata pada sebuah bisnis. Biasanya ciri usaha ini bisa ditunjukkan lewat berbagai faktor seperti berikut ini.

1. Dibutuhkan masyarakat

Ciri-ciri peluang usaha yang baik juga dapat ditandai dari tingkat kebutuhan masyarakat, dimana produk, barang, atau jasa banyak dibutuhkan masyarakat secara luas. Karena, membuka bisnis tentunya Sedulur ingin mendapatkan keuntungan dan barang yang dijual pun laku dibeli, bukan?

Sebagai contoh sederhana, kebutuhan akan sayur-mayur atau sumber pangan. Semua orang jelas akan mencari dan membutuhkannya, sehingga peluang usaha jangka panjang bisa lebih langgeng. Meskipun, banyak pesaing yang menjalankan usaha ini. Sehingga tantangan yang akan Sedulur hadapi tetap ada.

Namun, jika Sedulur konsisten memberikan kualitas produk atau jasa dan memberikan pelayanan yang baik, maka usaha tersebut berpotensi akan sukses.

2. Punya keunikan

Ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya adalah orisinil atau asli alias tidak menjiplak hasil atau ide usaha orang lain. Selain harus menarik minat konsumen, usaha yang Sedulur buat juga harus asli dan memiliki keunikan sebagai pembeda dengan yang lain.

Jika Sedulur menawarkan sesuatu yang sama persis, bisnis akan sulit bertahan di era persaingan yang makin kuat. Setidaknya, usaha yang orisinil akan membuat konsumen menjadi lebih mudah untuk mengingat dan mengenali usaha Sedulur.

Selain itu, orisinalitas bisnis bisa menjadi ciri khas Sedulur di mata pasar atau konsumen. Sehingga ketika para konsumen sudah mengetahui dan hapal dengan produk Sedulur, maka peluang usaha akan lebih mudah berkembang.

Nilai otentik dan orisinalitas inilah yang menjadi salah satu ciri utama peluang usaha yang baik. Jadi jika Sedulur ingin membuat usaha, pastikan jangan terlalu mirip dengan milik orang lain.

3. Resiko mudah diatasi

Salah satu ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah tingkat risiko yang kecil. Tidak bisa dipungkiri salah satu ketakutan untuk memulai bisnis adalah saat bicara tentang risiko kerugian.

Jika Sedulur masih tahap pemula, sebaiknya pilih usaha yang memiliki tingkat risiko kerugian rendah sehingga dapat menghindari kerugian besar. Faktor risiko yang kecil juga merupakan ciri-ciri peluang usaha yang potensial untuk dijalankan.

4. Realistis

Tentunya, bisnis tidak akan menjadi berhasil bila tidak nyata atau realistis. Nyata adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya. Karakteristik peluang usaha yang baik permintaan nyata ini menjadi salah satu yang terpenting bagi para businessman atau wirausaha.

Dalam hal ini, nyata memiliki arti bahwa segala sesuatunya sudah Sedulur rencanakan dengan matang. Pasalnya, sebesar apapun keinginan Sedulur, jika sebuah bisnis hanya ada dalam angan, maka tentu saja akan sia-sia.

Baca juga  Kumpulan Contoh Soal Psikotes Gambar dan Cara Menjawabnya

Karena itu, agar bisa mewujudkan dan menjalankan bisnis, maka Sedulur harus memiliki sikap fokus dan serius. Selain itu, supaya usaha semakin berkembang, tentu harus mengimbangi dengan konsistensi yang tinggi.

Ciri ini akan bisa terwujud dengan adanya dorongan dari diri sendiri. Jadi ketika usaha tersebut tidak realistis dan tidak mungkin dilakukan oleh diri sendiri, maka sudah barang tentu peluang usaha tersebut tidak akan pernah sukses.

BACA JUGA: 15+ Ide Jualan Online yang Menguntungkan & Tips Memulainya

5. Bahan baku tersedia

Toko kelontong
Aplikasi Super

Ketersedian sumber daya atau bahan baku yang tercukupi menjadi ciri peluang usaha yang potensial selanjutnya. Apalagi jika bisnis atau usaha yang akan Sedulur lakukan mengambil produk dari supplier atau membutuhkan bahan baku terbatas seperti kayu atau tanah liat, maka penting untuk memastikan bahwa ketersediaan produknya aman.

Hal tersebut penting diperhatikan karena jika terjadi kelangkaan bahan baku, maka produksi bisnis akan terganggu dan jelas berdampak pada keuntungan perusahaan. Dengan ketersedian bahan baku yang cukup maka Sedulur bisa memilih terlebih dahulu mana bahan yang bisa menjadi produk berkualitas tinggi atau bahan yang cocok untuk keperluan penjualan secara massal atau partai besar.

Selain itu, ketersediaan produk juga penting bagi Sedulur yang ingin membuat produk sendiri. Jangan sampai proses produksi terkendala karena bahan-bahan sulit untuk dicari. Sebaik apapun bisnismu berjalan, usaha pun akan menjadi terkendala jika ketersediaan barang tidak ada.

6. Bersinergi

ciri peluang usaha yang potensial adalah bisa bersinergi dengan masyarakat dan pihak lainnya. Kenapa ini menjadi faktor yang penting dalam usaha potensial? Karena dengan bisa bersinergi, maka manfaat yang didapat dari usaha tersebut akan bisa lebih maksimal.

Contohnya dalam beberapa tahun belakangan, kemajuan teknologi membuat banyak perusahaan start up bermunculan di Indonesia. Dengan berbagai macam terobosan yang dikeluarkan, maka produk dari perusahaan rintisan tersebut bisa memberikan dampak besar kepada masyarakat dengan mengkombinasikan kemajuan teknologi dengan produk konvensional.

Hal ini bisa dilihat dengan penggunaan fitur belanja bulanan yang bisa dilakukan di aplikasi seperti Aplikasi Super. Hanya dengan mengunduh aplikasinya lewat ponsel, Sedulur bisa memenuhi kebutuhan belanja bulanan dengan cepat dan mudah. Bahkan, Aplikasi Super juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memulai usaha dengan opsi kulakan berbagai macam barang.

Fitur-fitur semacam ini bersinergi dengan program pemerintah terkait terciptanya kemudahan akses pada kebutuhan pokok kepada masyarakat.

7. Mudah beradaptasi

Peluang usaha yang baik juga dapat diidentifikasi dengan kemampuan untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan berbagai situasi yang tidak terduga. Bagi pelaku usaha pemula, hal ini akan kesulitan untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar.

Kemampuan adaptasi sangat penting dan perlu dipersiapkan sejak awal. Ada banyak hal tidak terduga selama menjalankan usaha, termasuk perubahan harga secara tiba-tiba. Baik persaingan antar pengusaha hingga kualitas barang yang perlu diantisipasi dan dipersiapkan penanganannya.

Fleksibilitas dalam beradaptasi ini sering diremehkan oleh para pengusaha lama. Mereka beranggapan dengan bisa tetap menjual barang kepada pelanggan tanpa adanya inovasi dan adjustment pada kondisi pasar, usahanya akan aman saja. Padahal ada banyak kemungkinan yang tidak kita ketahui di masa depan.

Sehingga salah satu ciri peluang usaha yang baik adalah bisa memiliki fleksibilatas yang tinggi pada berbagai macam kondisi pasar.

8. Bisa berkembang

Aplikasi Super
Aplikasi Super

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat berkembang dari waktu ke waktu. Usaha yang baik bukan serta merta langsung terjun dalam skala yang besar. Tidak semua jenis usaha dapat langsung berkembang ke tahap tersebut.

Hal yang terpenting adalah cara melihat potensi perkembangan bisnis di masa yang akan datang. Saat Sedulur memiliki ide usaha, coba pikirkan terlebih dahulu seberapa jauh usaha tersebut dapat berkembang dan ditingkatkan.

9. Pasarnya besar

Peluang usaha yang baik harus memiliki pasar, karena tanpa pembeli suatu usaha tidak akan berjalan dengan lancar. Berdasarkan penelitian para pakar ekonomi, mengetahui yang diinginkan dan dibutuhkan pasar, menemukan target pasar, dan menentukan proporsi penjualan yang unik sangat penting bagi kesuksesan usaha.

Untuk itu mengetahui adanya potensi pasar yang besar merupakan salah satu ciri ciri peluang usaha yang baik. Jadi ketika tahu ada sebuah produk yang memiliki pasar besar dan belum ada kompetitor di dalamnya, maka Sedulur wajib mengambil peluang tersebut.

Baca juga  Dijamin Untung! Ini Jenis Ikan yang Cocok Dibudidayakan

BACA JUGA: 10 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Contoh usaha potensial

Setelah mengetahui ciri usaha yang potensial, Sedulur pasti penasaran apa saja sih usaha potensial yang bisa dicoba sekarang ini. Sebenarnya dengan perkembangan zaman yang sudah sangat maju, ada banyak lini usaha yang bisa dicoba seperti berikut ini.

1. Make up artist

Peluang usaha yang potensial adalah
Unsplash

Usaha merias wajah atau yang kini lebih populer disebut dengan make up artist atau MUA jadi peluang usaha memiliki potensi besar. Kenapa usaha satu ini punya peluang mendapatkan keuntungan besar, karena banyak masyarakat mulai memperhatikan penampilan dalam berbagai macam acara seperti pernikahan, kelulusan, sampai acara pesta.

Dengan permintaan yang cukup besar dari masyarakat, tentu peluang usaha satu ini memiliki potensi yang besar bagi Sedulur yang memang suka dengan kegiatan yang berbau kecantikan dan fashion.

Untuk bisa sukses dalam menjalankan usaha ini, Sedulur harus mengikuti tren agar bisa membuat produk yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Jadi dengan keberadaan media sosial dan internet, Sedulur bisa membuat produk MUA yang unik dan berkesan untuk para pelanggan.

2. Laundry kiloan

Peluang usaha yang potensial adalah
Unsplash

Contoh peluang usaha yang potensial selanjutnya adalah laundry kiloan. Usaha ini memang identik dengan usaha kecil menengah atau UMKM, tapi jangan salah karena keuntungan yang didapatkan dari usaha ini tergolong besar lho.

Selain itu, usaha laundry kiloan memiliki potensi resiko yang kecil dengan kekuatan sustainability yang tinggi. Hal ini lantaran semakin kesini, budaya masyarakat yang dahulu sering mencuci baju sendiri mulai bergeser dengan memanfaatkan jasa laundry.

Jasa laundry juga tidak akan mati karena perubahan zaman karena pasti dalam setiap generasi orang-orang perlu mencuci baju dan pakaian dengan cepat. Untuk itu, usaha satu ini sangat berpotensi besar menjadi peluang bisnis untuk Sedulur.

3. Berjualan beras

Beras buncit
Aplikasi Super

Kebutuhan dasar seperti sembako atau kebutuhan pokok sehari-hari menjadi hal esensial yang tak bisa dilewatkan seorang manusia. Misalnya kebutuhan seseorang akan makanan seperti nasi yang terbuat dari beras.

Melihat masalah di atas, tentu bisa menjadi peluang usaha yang cocok dilakukan. Bahkan, bisa dibilang berjualan beras bisa menjadi usaha modal 1 juta di kampung yang bisa Sedulur coba.

Bila Sedulur tertarik untuk berjualan sembako seperti beras, maka bisa mencoba memanfaatkan Aplikasi Super sebagai platform berusaha. Lewat aplikasi ini, Sedulur bisa kulakan beras dengan jumlah yang banyak dengan harga yang relatif lebih murah.

Super sendiri memiliki jenis beras berkualitas yang memiliki harga yang sangat bersaing seperti beras buncit dan beras karya alam. Jika Sedulur berminat, langsung saja cari aplikasinya di Play Store atau kunjungi langsung toko kelontong Super Agen yang ada di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

4. Preloved fashion

peluang usaha yang potensial adalah
Unsplash

Nah, ini dia bisnis yang terbilang sedang naik daun. Bisnis preloved fashion adalah bisnis jual beli pakaian dan aksesoris yang telah terpakai atau dengan kata lain jual beli barang bekas.

Jika Sedulur memiliki pakaian yang Sedulur rasa sudah tidak ingin lagi memakainya, Sedulur dapat mempertimbangkan untuk menjualnya. Pastikan pakaian ataupun aksesoris tersebut masih layak dipakai ya. Tentunya, Sedulur dapat menentukan harga jual dibawah harga beli awal produk.

5. Berjualan dessert

peluang usaha yang potensial adalah
Unsplash

Peluang usaha yang potensial selanjutnya adalah berjualan dessert. Nah, kalau peluang bisnis satu ini akan cocok banget kalau Sedulur juga memiliki hobi memasak atau membuat kue.

Beberapa waktu terakhir memang banyak orang yang suka berburu kuliner, khususnya makanan dessert yang memiliki tampilan menarik saat difoto. Jadi tidak heran jika berjualan dessert seperti pudding, kue kering, cup cake, sampai roti tart dengan tampilan yang menawan sedang banyak digandrungi.

6. Minuman kekinian

peluang usaha yang potensial adalah
Unsplash

Sedulur juga bisa mencoba usaha minuman kekinian untuk bisnis modal 1 juta untuk mahasiswa. Bisnis ini memang tergolong sangat cepat berubah, tapi jika Sedulur memiliki resep minuman yang segar dan disukai masyarakat maka bisa saja usaha ini bertahan lama dan berkembang pesat.

Baca juga  Tertarik Franchise Indomaret? Ini Estimasi Biaya dan Syaratnya

Usaha ini memang sangat cocok untuk mahasiswa karena bisa menyesuaikan dengan cepat selera pasar. Beberapa minuman kekinian yang bisa dicoba adalah minuman boba, milk tea, sampai es teh dengan berbagai rasa. Usaha ini sangat cocok dibuka ketika rumah Sedulur berada dekat dengan sekolah atau wilayah perkantoran.

Selain itu, usaha minuman kekinian juga tidak memerlukan modal yang besar. Sedulur hanya perlu menyiapkan bahan minuman berbagai rasa, gelas atau botol plastik, dan akun media sosial untuk memasarkannya.

7. Fotografer & videografer

peluang usaha yang potensial adalah
Unsplash

Peluang usaha yang potensial adalah bersifat fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dengan melihat era sekarang yang sangat menggaungkan visual, maka Sedulur bisa mencoba usaha sebagai seorang fotografer atau videografer.

Peluang bisnis foto dan video ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, namun usaha ini bisa bertahan lama apalagi kalau hasil yang Sedulur tunjukkan memang sangat memukau.

Dalam bisnis foto dan video juga ada banyak hal yang bisa dikembangkan, dimana hasil foto dan video bisa menjadi asset yang digunakan untuk mencari pendapatan pasif seperti lewat fitur NFT atau platform jual beli foto digital.

8. Toko kelontong

Toko kelontong
Aplikasi Super

Toko kelontong adalah salah satu jenis usaha modal 1 juta rumahan yang sangat wajib Sedulur coba. Hal ini karena warung kelontong selalu dicari oleh masyarakat, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pokok hariannya.

Keberadaan toko kelontong juga tak hanya membantu masyarakat agar bisa berbelanja bulanan atau harian secara mudah, tapi juga membantu pemerintah dalam menjaga siklus ekonomi mikro di tengah masyarakat.

Belum lagi, sekarang ada beberapa platform yang telah berhasil mengembangkan toko kelontong menjadi lebih modern lewat fitur bernama Aplikasi Super. Sedulur bisa mendapatkan banyak kemudahan berbelanja atau kulakan hanya lewat aplikasi dengan berbagai macam keuntungan. seperti gratis pengantaran sampai potongan harga.

Konsep toko kelontong dari Aplikasi Super yang diberi nama Super Agen juga memberikan banyak kemudahan dalam berbelanja karena bisa dilakukan lewat ponsel. Tentu ini menjadi usaha rumahan modern yang menarik dicoba kan Sedulur.

9. Usaha frozen food

peluang usaha yang potensial adalah
Unsplash

Hidup serba praktis kini sudah seperti slogan bagi masyarakat modern yang kekinian. Termasuk untuk makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satu ide usaha modal 1 juta di rumah yang sedang hype adalah menjual makanan frozen food atau makanan ready to cook. Sebagai permulaan dalam merintis usaha ini, gunakan dulu freezer kulkas di rumah untuk penyimpanan sementara.

Seiring bertambahnya permintaan Sedulur bisa mulai pertimbangkan membeli freezer dengan ukuran penyimpanan yang lebih besar besar. Tak harus baru, freezer bekas dengan kualitas yang bagus juga bisa jadi pilihan untuk menekan biaya modal bisnis frozen food.

10. Hampers & kerajinan tangan

peluang usaha yang potensial adalah
Unsplash

Bisnis kecil-kecilan seperti pembuatan parsel atau hamper menjadi peluang usaha yang potensial untuk dicoba. Sedulur hanya butuh modal untuk membeli keranjang dan peralatan pendukung lainnya.

Bisnis yang satu ini bisa mendulang keuntungan yang sangat besar menjelang hari raya. Bahkan, jika Sedulur jeli melihat peluang dan pintar menyusun strategi pasar, bisnis parsel ini dapat berkembang dalam skala yang intens seperti parsel untuk pernikahan, hantaran, atau acara lainnya.

Dengan banyaknya acara atau momen setiap bulan bahkan minggu yang membutuhkan kehadiran hamper, tentu bisnis ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Apalagi pembuatan hampers atau parsel cenderung mudah dan bisa sangat fleksibel.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang peluang usaha yang potensial itu apa. Bila dibahas secara singkat, maka peluang usaha yang potensial adalah kesempatan usaha atau bisnis yang memiliki keuntungan besar tapi belum dilirik banyak orang.

Semoga dengan mengetahui berbagai macam ciri dan contoh usaha potensial seperti di atas, Sedulur jadi bisa memulai bisnis yang sesuai dengan karaktermu.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah!




https://wvmuseums.org