Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contohnya

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contohnya


Apakah Sedulur tahu tentang pasar oligopolistik? Jenis pasar ini merupakan pasar dengan persaingan tidak sempurna. Pasar ini hanya dikuasai oleh beberapa produsen atau perusahaan tertentu. Selain itu, dengan jumlah produsen dan konsumen yang tidak seimbang, persaingan di dalamnya menjadi sangat tidak sehat dan ketat.

Jadi bagaimana pasar oligopoli ini bekerja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Kegiatan ekonomi: definisi, jenis, tujuan dan contoh

Pengertian pasar oligopoli

foto deposit

Pasar oligopoli adalah salah satu jenis pasar di mana hanya ada sedikit produsen atau penjual, tetapi konsumen atau pembeli relatif lebih banyak. Ada yang menyebut pasar ini sebagai pasar persaingan tidak sempurna. Harga pasar jenis ini sangat tergantung pada celah atau perbedaan besar antara jumlah produsen dan jumlah konsumen. Jumlah yang tidak proporsional ini kemudian dapat menyebabkan persaingan yang ketat antara produsen dan harga yang lebih rendah.

Pasar akan dengan cepat didominasi oleh beberapa produsen. Mereka akan bersaing ketat untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Akibatnya, akan sangat sulit bagi produsen baru untuk masuk ke pasar. Tak heran, pemerintah kemudian melarang praktik pasar oligopolistik ini. Aturan-aturan ini kemudian tercantum dalam ayat 1 dan 2 Pasal 4 UU No. 5 1999.

Ciri-ciri pasar oligopoli adalah :

pasar oligopoli
foto deposit

Jenis praktik pasar oligopolistik dapat didefinisikan dengan memperhatikan beberapa karakteristik. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Menjual di pasar yang homogen

Barang yang dijual di pasar oligopoli hanya terdiri dari satu jenis. Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Jika konsumen tidak menemukan produk yang diinginkan, mereka akan segera menerima produk pengganti atau alternatif.

Ambil contoh, produk susu kemasan siap saji. Ada beberapa produsen susu kemasan siap minum yang menawarkan banyak variasi yang sangat baik. Akibatnya, ada banyak alternatif lain jika konsumen tidak dapat menemukan produk susu kemasan yang mereka butuhkan.

Baca juga  Gratifikasi adalah? Ini Pengertian, Dasar Hukum dan Contohnya


2. Ada dua atau lebih produsen

Sama seperti pasar normal, jenis pasar ini memiliki dua atau lebih produsen. Namun, perlu ditekankan bahwa koefisien konsentrasi pasar oligopoli dalam hal jumlah produsen kurang dari sepuluh atau sangat terbatas. Oleh karena itu, persaingan di pasar oligopolistik dianggap tidak sempurna.

Tidak mengherankan lagi bahwa di sebagian besar negara praktik oligopoli dilarang. Larangan tersebut diberlakukan agar pertumbuhan ekonomi dalam negeri dapat berjalan lancar dan adil dengan persaingan yang sehat antar produsen.

3. Memerlukan strategi pemasaran yang matang

Karena persaingan antar produsen sangat tinggi, strategi pemasaran yang harus mereka kembangkan dan terapkan juga harus benar-benar matang. Strategi pemasaran disini berfungsi untuk menarik perhatian pelanggan agar menjadi konsumen yang loyal.

Tanpa strategi pemasaran yang baik, sulit bagi produsen untuk bertahan di pasar ini. Tidak hanya sulit untuk bertahan, tetapi produsen cenderung sulit menembus pasar jika tidak memiliki strategi pemasaran yang jelas.

4. Harga bersaing relatif kecil

Poin ini masih berlaku untuk produk homogen di pasar oligopolistik. Karena jumlah barang yang terbatas, hal ini akan mempengaruhi harga. Seorang produsen tidak dapat memberikan harga suatu produk yang sangat berbeda dengan harga produsen lain karena jika harganya terlalu berbeda, maka konsumen jelas akan memilih produk yang lebih masuk akal di kantongnya.

5. Sulit bagi produsen baru untuk menembus

Disebutkan dalam diskusi sebelumnya bahwa ada dua atau lebih pabrikan di pasar jenis ini, tetapi tidak lebih dari sepuluh. Nah, keterbatasan jumlah pabrikan membuat pabrikan baru kesulitan masuk ke pasar ini. Produsen baru yang ingin memasuki pasar biasanya mempersempit pasar atau memangkas harga. Namun, risiko terbesar adalah kebangkrutan. Oleh karena itu, persaingan dalam pasar oligopolistik dianggap tidak sehat.

6. Kebijakan produsen besar berdampak signifikan

Sebagai produsen tunggal/utama yang menguasai pasar, tentunya akan menerapkan kebijakan yang berbeda-beda sesuai keinginannya. Tentu saja, politik sangat mampu mempengaruhi keputusan produsen lain. Misalnya, keputusan untuk menentukan kisaran harga barang. Jika produsen utama menjual 10.000 rupee, maka produsen lain akan menjual produknya dengan harga yang mendekati angka ini.

Baca juga  Cek Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA Sebelum Tukar Valas

BACA JUGA: Pengertian ekonomi maritim dan kegiatannya serta contohnya

Jenis-jenis pasar oligopoli

foto deposit

Setelah memahami karakteristiknya, pada bagian ini Sedulur akan diajak untuk mendalami beberapa jenis pasar oligopolistik. Berikut adalah ikhtisar.

1. Dibedakan

Pasar oligopolistik yang terdiferensiasi berarti mereka mudah dibedakan dari yang lain. Dalam beberapa hal, ketika harga yang ditawarkan tidak berbeda jauh dari satu produk pabrikan ke produk lainnya, atau mungkin variasi barang yang ditawarkan.

2. Tidak ada kolusi

Jenis pasar non-kolusif ini dapat dilihat ketika produsen bermain-main dengan harga hanya dengan mengamati perubahan harga produsen lain. Tujuannya sangat jelas: untuk mengembangkan bisnis mereka sendiri dan menghilangkan kesempatan bagi produsen lain untuk bersaing di pasar.

3. Seragam

Pasar oligopolistik homogen kadang-kadang disebut oligopoli murni. Secara umum, produsen di pasar jenis ini menjual banyak produk yang identik satu sama lain tetapi sulit dibedakan. Contoh produknya adalah air mineral, semen, rokok dan lain sebagainya.

4. Kolusi

Kolusi adalah praktik di mana produsen bekerja sama untuk menaikkan harga produk mereka. Alhasil, bisnis mereka bisa berjalan lancar dan tidak ada persaingan yang ketat.

Manfaat pasar oligopoli

pasar oligopoli
foto deposit

Meski masuk dalam kategori illegal, namun tidak bisa dipungkiri bahwa jenis pasar ini memiliki kelebihan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Terjadi persaingan pasar yang cukup ketat untuk memastikan setiap produsen selalu memberikan yang terbaik kepada konsumen. Produsen sadar akan pentingnya menciptakan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi konsumen.
  • Perkembangan produk di pasar jenis ini cukup cepat. Hal ini sangat dipengaruhi oleh inovasi-inovasi produsen yang terus menarik perhatian konsumen.
  • Meskipun mereka cenderung menjual produk yang homogen, konsumen masih dapat menemukan banyak merek yang berbeda. Konsumen dapat memilih merek pilihan mereka.
Baca juga  Kata Sapaan: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

BACA JUGA: Faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional, apa yang perlu Anda ketahui

Kelemahan pasar oligopoli

foto deposit

Ada beberapa kelemahan pasar oligopoli.

  • Untuk merebut perhatian konsumen dan mendapatkan pelanggan, setiap produsen membutuhkan biaya dan strategi promosi yang besar.
  • Perang harga antar produsen sering terjadi untuk menarik lebih banyak konsumen.
  • Sangat sulit bagi produsen baru untuk masuk, berkreasi, mengikuti bahkan bertahan di pasar karena ketatnya persaingan di dalamnya.

Contoh pasar oligopoli.

foto deposit

Seperti yang kami katakan sebelumnya, pasar oligopoli adalah pasar dengan persaingan dan penawaran yang ketat. Konsumen akan selalu memilih produk dengan penawaran terbaik menurut mereka. Apalagi jika produsen produk tersebut mengutamakan kualitas.

Apakah ada contoh pasar oligopolistik di sekitar kita? Tentu saja memiliki. Contohnya adalah industri rokok, industri semen, industri otomotif, jasa telekomunikasi, jasa penerbangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, Sedulur, ini adalah diskusi tentang definisi pasar oligopoli, karakteristiknya, jenisnya, kelebihan dan kekurangannya, dan beberapa industri di sekitar kita yang termasuk dalam pasar tersebut. Semoga artikel ini membantu Sedulur memahami ilmu ekonomi, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super keputusan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini Sekarang!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini baru saja!




https://wvmuseums.org