parfum vs eau de parfum

Ini Perbedaan Parfum vs Eau de Parfum, Jangan Sampai Salah!


Apakah Anda tahu perbedaan antara parfum dan eau de parfum? Meskipun keduanya adalah wewangian dan memiliki nama yang mirip, namun parfum dan eau de parfum berbeda.

Seperti yang Anda ketahui, penggunaan wewangian menjadi salah satu ritual yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi jika Anda ingin menghadiri acara penting atau bertemu seseorang. Nah, sebagai aturan umum, orang memilih parfum atau eau de parfum sebagai aroma yang mereka gunakan setiap hari.

Jadi, apa perbedaan antara parfum dan eau de parfum? Dan rasa apa yang ada di pasaran? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak info lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Untuk hasil yang maksimal, rutinitas perawatan kulit ini harus diikuti dengan benar.

Perbedaan antara parfum dan eau de parfum

pilih bebas

Extrait de parfum atau biasa disebut parfum dan eau de parfum (EDP) adalah dua jenis wewangian yang cukup populer. Karena keduanya dapat dengan mudah ditemukan di pasaran dengan merek dan rasa yang berbeda.

Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meskipun parfum dan eau de parfum terlihat sama, mereka tampaknya memiliki sejumlah perbedaan. Salah satunya terkait dengan konsentrasi aroma atau minyak esensial yang mempengaruhi kegigihan wewangian setelah disemprotkan ke tubuh.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang perbedaan eau de parfum dan extrait de parfum, berikut adalah pengertiannya masing-masing.

1. Extrait de Parfum (parfum)

parfum vs eau de parfum
pilih bebas

Bagi sebagian orang di Sedulur, nama “extrait de parfum” mungkin terdengar asing. Karena produk ini sering disebut hanya sebagai parfum.

Dihimpun dari berbagai sumber, “extrait de parfum” berarti “parfum murni”. Disebut demikian karena parfum memiliki konsentrasi keharuman atau minyak esensial yang cukup tinggi, yaitu dari 20% menjadi 40%. Hal ini menjadikan parfum wangi yang paling tahan lama, yaitu sekitar 6-8 jam setelah penyemprotan.

Baca juga  6 Spot Makan Sate Klopo Terenak, Kuliner Legendaris di Surabaya

Parfum juga memiliki kandungan alkohol yang rendah. Oleh karena itu, wewangian ini cocok untuk Sedulur yang memiliki kulit sensitif. Karena kandungan alkohol yang rendah menghindari risiko kulit kering dan iritasi.

Di sisi lain, konsentrasi wewangian yang tinggi menyebabkan parfum memiliki aroma yang cukup kuat. Konon aroma parfum pun bisa berpindah ketika Sedulur menyentuh atau memeluk orang lain.

Sedangkan dari segi harga, parfum juga dibandrol dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan wewangian lainnya. Tapi sebenarnya sebanding dengan kualitas yang dimilikinya. Terlebih lagi, daya tahan wanginya yang bisa mencapai 8 jam membuat Sedulur tidak terlalu sering menyemprotkannya saat berkendara.

2. Eau de Parfum (EDP)

parfum vs eau de parfum
pilih bebas

Selanjutnya, mari kita cari tahu apa itu Eau de Parfum atau biasa dikenal dengan EDP. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, EDP dan parfum memiliki perbedaan, salah satunya ada hubungannya dengan konsentrasi wewangian atau essential oil.

EDP โ€‹โ€‹rata-rata memiliki konsentrasi minyak esensial kurang dari wewangian, yaitu antara 10% dan 15%, atau menurut beberapa sumber hanya 15% hingga 20%. Dengan demikian, aroma EDP lebih ringan dari parfum dan hanya bertahan 4-6 jam. Namun, ini sebanding dengan harga yang diminta, di mana harga EDP umumnya lebih terjangkau daripada parfum murni.

Lalu dimana menggunakan eau de parfum untuk mendapatkan hasil terbaik? Meringkas data dari berbagai sumber, disarankan untuk menyemprotkan EDP pada pergelangan tangan, kedua sisi leher dan belakang telinga. Tips ini juga bisa Anda praktikkan untuk jenis wewangian lainnya.

Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa perbedaan utama antara parfum dan eau de parfum (EDP) adalah konsentrasi wewangian atau minyak esensialdi mana tarifnya? minyak esensial per parfum lebih tinggi daripada eau de parfum. Hal ini membuat parfum bertahan lebih lama dari EDP. Tidak hanya itu, biasanya harga parfum juga lebih mahal.

Baca juga  IHSG Hari Ini 11 Mei 2022 Dibuka Menguat ๐Ÿš€ di 6.833

BACA JUGA: 10 manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan

Kenali jenis wewangian lainnya

Selain memahami perbedaan antara parfum dan eau de parfum, Sedulur juga perlu mengetahui berbagai jenis wewangian lainnya. Karena selain eau de parfum atau eau de parfum (EDP), ada tiga jenis parfum lagi yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran. Tiga jenis wewangian: eau de toilette (EDT), cologne (eau de cologne) dan eau fraiche.

1. Air Toilet (EDT)

pilih bebas

Eau de toilette, atau disingkat EDT, menempati urutan ketiga setelah parfum dan EDP dalam hal ketahanan. Alasannya adalah bahwa EDT memiliki konsentrasi minyak esensial hanya 5% sampai 15%. Alhasil, wangi EDT hanya bertahan sekitar 3-4 jam. Ini juga salah satu perbedaan paling jelas antara parfum dan eau de toilette.

Perbandingan selanjutnya antara parfum dan eau de toilette adalah harganya. Seperti yang Anda ketahui, parfum dengan konsentrasi aroma tertinggi harganya cukup mahal. Di sisi lain, EDT mungkin bisa menjadi pilihan bagi Sedulur dengan anggaran terbatas. Namun, agar bisa tampil prima sepanjang hari, Sedulur tak lupa menyemprotkan kembali EDT selama sesinya.

2. Cologne atau cologne

pilih bebas

Eau de cologne atau cologne juga merupakan jenis wewangian yang cukup populer. Serupa dengan eau de parfum, Sedulur juga dapat menemukan berbagai merek cologne di pasaran. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli cologne, perhatikan dulu perbedaan eau de parfum dan cologne.

Bagi Anda yang sudah pernah menggunakan eau de parfum atau EDP mungkin akan kesulitan menggunakan cologne yang hanya bertahan sekitar 2 jam. Apalagi konsentrat minyak esensial Cologne yang kandungannya hanya 2% hingga 4%, memiliki wangi yang ringan dan mudah hilang. Oleh karena itu, sedulur perlu disemprotkan lagi setiap beberapa jam sekali agar badan tetap wangi.

Baca juga  Simak Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA Sebelum Tukar

3. Air sayur

pilih bebas

Jenis wewangian yang terakhir adalah eau fraiche, yang memiliki konsentrasi wewangian paling rendah. Menurut berbagai sumber, tingkat konsentrasi minyak esensial eau fraiche hanya berkisar antara 1% hingga 3%. Selain konsentrasi aroma yang rendah, eau fraiche juga mengandung banyak air. Oleh karena itu, wewangian ini lebih sering ditujukan untuk menyegarkan bau badan.

Itu adalah diskusi tentang parfum dan eau de parfum. Selain itu juga diberikan informasi mengenai jenis-jenis parfum dan karakteristiknya masing-masing. Mau pakai yang mana bro?

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org